Sponsors Link

24 Makanan Untuk Diet Cepat dan Sehat dengan Kalori Rendah

Sponsors Link

makanan dietPada jaman ini, diet merupakan suatu gaya hidup yang sepertinya wajib dijalankan oleh banyak kalangan masyarakat. Diet merupakan suatu pola pengaturan makan untuk mencapai tujuan tertentu. Ada orang yang melakukan diet untuk sembuh dari penyakit, sebagai pendukung gaya hidup sehat, dan banyak juga yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

ads

Makanan untuk diet cepat dan sehat yang biasa dikonsumsi  biasanya memiliki kandungan protein, serat dan vitamin yang tinggi, namun dengan kadar kalori yang rendah.

Apa saja jenis makanan-makanan yang cocok untuk diet sehat dan cepat anda? berikut ini daftar – daftar nya :

Buah Diet

Buah memiliki kandungan serat dan vitamin yang sangat tinggi, sehingga cocok sebagai makanan untuk diet cepat dan sehat anda. Berikut ini daftar buah-buahan tersebut :

1. Raspberry (10 kkal, 1% AKG)

Merupakan salah satu jenih buah berry yang sangat baik bagi program diet. Raspberry ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Buah raspberry mengandung 20 % serat per berat buahnya. Selain itu, makanan ini termasuk buah yang mengandung vitamin A tertinggi.

2. Alpukat (160 Kkal, 8% AKG)

Mengandung sangat banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi akan membuat anda merasa lebih kenyang ketika mengkonsumsi alpukat.

3. Apel (52 Kkal, 2.6% AKG)

Kandungan vitamin dan mineralnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk kebutuhan diet, anda bisa memakan satu buah apel pada jam tanggung, seperti pukul 10 pagi, setelah sarapan dan sebelum makan siang.

4. Pisang (105 kkal, 5% AKG)

PIsang mengandung potassium, kalsium, kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Makanlah pisang, dan anda akan meras kenyang, tanpa perlu mengkonsumsi tambahan makanan lain lagi, seperti nasi dan sebagainya.

5. Pepaya (39 Kkal, 1.95% AKG)

Buah berdaging oranye ini sangatlah baik bagi tubuh anda. dengan kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, anda bisa menggabungkan papaya dengan buah – buahan yang lainnya sebagai hidangan salad.

6. Tomat (22 kkal, 1% AKG)

Kandungan gizi tomat memiliki kadar kalori yang rendah, namun tetap memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi, topat dapat menjadi pilihan bagi anda yang sedang melakukan diet. Buatlah menjadi jus, tanpa ditambah gula, dan minum di pagi hari sesudah sarapan. Tubuh anda akan terasa segar dan sehat.

7. Jeruk (47 Kkal, 2.35% AKG)

Jeruk merupakan buah yang dikenal memiliki vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu jeruk juga memiliki kadar serat yang tinggi, dimana bisa membantu anda dalam melakukan diet sesuai dengan apa yang anda harapkan. Buatlah menjadi sebuah jus jeruk lalu minum di pagi hari atau di siang hari untuk merasakan manfaatnya, dan membuat anda menjadi lebih kenyang.

Sayuran Diet

Sayuran merupakan produk – produk yang sangat penting bagi pencernaan dan sebagai makanan penurun berat badan, karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Pada dasarnya, semua jenis sayuran hijau sangat baik bagi program diet, namun beberapa contoh sayuran hijau ini lebih mengoptimalkan hasil diet yang lebih cepat :

8. Brokoli (34 Kkal, 1.7% AKG)

Dengan 100 gr brokoli, anda akan mendapatkan manfaat sebanyak 09 gr serat yang membantu anda dalam menjalankan diet. Rebuslah brokoli dan makanlah sebagai camilan, atau sebagai campuran dari sup yang anda buat untuk program diet anda.

ads

9. Kangkung (29 Kkal, 1% AKG)

Walaupun memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, namun kangkung memiliki kandungan serat yang tidak bisa diremehkan. Serat dalam kangkung akan membantu memperlancar pencernaan anda dan mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh anda.

10. Bayam (23 Kkal, 1.15% AKG)

Sudah pasti sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi membuat sayur hijau ini banyak digemari oleh masyarakat. Kandungan serat yang terdapat pada bayam akan membantu anda memperlancar diet anda dengan cepat dan sehat tentunya.

11. Paprika (27 Kkal, 1.35% AKG)

Paprika dapat anda gunakan sebagai bahan pelengkap dari salad yang anda buat untuk pola diet sehat dan cepat anda. Paprika memiliki banyak vitamin, dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan termasuk makanan rendah kolesterol .

12. Seledri (16 Kkal, 0.8% AKG)

Seledri yang dapat anda buat menjadi garnish dan tambahan pada salad atau sup yang anda buat, memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan sangat baik bagi tubuh anda. 100 gr seledri dapat menghasilkan 1.5 gr serat yang pastinya dapat membantu melancarkan diet anda.

13. Selada (3 Kkal,0.15% AKG)

Selada merupakan sayuran hijau berikutnya yang dapat menjadi bahan makanan pilihan anda yang sedang melakukan diet. Selada memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kalorinya juga sangat rendah cocok untuk makanan penderita diabetes.

14. Buncis

Anda juga dapat menambahkan buncis ke dalam menu makanan diet anda. sayuran panjang ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan akan membantu proses pengikatan lemak, dan pastinya akan memperlancar diet anda.

Makanan Diet Lainnya

Tidak hanya buah dan sayur saja, beberapa produk hewani dan produk nabati lainnya dan produk hasil olahan manusia juga memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah. Makanan untuk diet sehat dan cepat ini dapat diberlakukan sebagai cemilan di sela-sela makanan utama. Berikut ini diantaranya :

15. Dada Ayam tanpa Kulit (75 Kkal,3.75% AKG)

Dada ayam merupakan bagian pada daging ayam yang memiliki protein yang tinggi. Protein sangat penting bagi anda yang sedang melakukan diet, karena menjadi sumber energi. Panggang dada ayam tersebut tanpa kulitnya, karena kulitnya mengandung lemak yang cukup tinggi.

16. Ikan Salmon (171 Kkal, 9% AKG)

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer dikalangan pecinta diet. Salmon memilikki kadar lemak yang rendah, nammun dengan protein yang tinggi. Selain itu, mineral dan vitamin lain yang terkandung pada salmon juga akan sanggup membantu dalam mencukupi kebutuhan tubuh anda akan nutrisi selama program diet,

17. Minyak Zaitun (119 Kkal, 6% AKG)

Untuk menghindari kalori yang tinggi, anda harus menghindari lemak. Lemak terdapat di dalam produk – produ yang berminyak, namun tidak dengan minyak zaitun. Konsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan hormone leptin yang berfungsi untuk menekan rasa lapar dan membakar kalori. Selalu gunakan minyak zaitun bagi anda yang ingin melakukan diet secara cepat dan sehat.

18. Putih Telur (52 Kkal, 3% AKG)

Putih telur memiliki kandungan protein yang lebih sedikit daripada kuningnya, namun putih telur memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang melakukan diet. Konsumsilah putih telur rebus pada saat sarapan atau makan siang untuk asupan protein yang tinggi bagi tubuh anda.

Sponsors Link

19. Kedelai dan Produk Kacang-kacangan (471 Kkal, 24% AKG)

Produk kacang-kacangan, terutama kedelai memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Walaupun kecil, ternyata produk kacang-kacangan sanggup membantu tubuh dalam melakukan diet. Makanlah produk kacang-kacangan ini setiap hari untuk meningkatkan kadar serat dalam tubuh.

20. Roti Gandum (67 Kkal, 3% AKG)

Roti gandum merupakan salah satu produk dari gandum yang digemari. Janganlah mengkonsumsi roti putih biasa untuk diet anda, karena memiliki kandungan kalori yang tinggi. Roti gandum memiliki kandungan kalori rendah dan serat yang tinggi. Memiliki sifat mudah mengenyangkan dan cocok untuk dijadikan sarapan atau sekedar camilan saja.

21. Oatmeal (145 Kkal, 7% AKG)

Oatmeal merupakan salah satu bentuk makanan sereal yang dibuat dari bahan dasar gandum. Sangat cocok dijadikan sarapan, karena memiliki kadar serat dan protein yang tinggi, dan tentunya rendah kalori. Hal ini membuat oatmeal sangat populer dikalanagan program diet.

22. Beras Merah (110 Kkal, 6% AKG)

Apabila anda tidak suka oatmeal dan gandum, dan merupakan tipe orang Indonesia yang rasanya belum kenyang kalau tidak ketemu nasi, maka beras merah sangat cocok ntuk anda. dengan kandungan serat tinggi, beras merah membuat anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan beras putih biasa.

23. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat dicintai oleh para diet mania. Bagaimana tidak, yoghurt memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, namun memiliki serat yang sangat tinggi, sehingga sangat berguna bagi anda dalam melancarnakan pencernaan dan mengikat lemak. Minumlah yoghurt secara teratur baik ketika anda sedang dalam program diet ataupun sedang tidak dalam program diet.

24. Beras Hitam

Hampir sama dengan beras merah, namun kandungan seratnya jauh lebih banyak daripada beras merah. Namun memiliki rasa yang aneh bagi anda yang belum terbiasa. Anda bisa mencampur beras hitam dengan beras merah atau beras putih biasa agar rasanya lebih enak dan sedap.

 

Pada dasarnya diet dilakukan untuk mengatur pola makan dan pola kesehatan sehari-hari agar tercipta suatu kondisi tubuh yang sehat dan ideal. Banyak sekali cara yang dilakukan dalam melakukan diet, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makan alami yang baik bagi tubuh secara teratur.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 25th, February 2015 / 06:11 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat