Sponsors Link

20 Makanan Pembentuk Otot Tubuh Pria Paling Cepat

Sponsors Link

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Bagi pria, tubuh ideal digambarkan dengan memiliki otot tubuh yang kekar, padat, berisi. Pria yang memiliki tubuh yang seperti itu akan lebih menarik di mata perempuan di bandingkan dengan pria yang kurus, atau bahkan terlalu gemuk. Banyak manfaat yang ingin di dapat oleh pria dengan membentuk otot tubuhnya. Selain untuk menunjang performance di mata lawan jenisnya, juga untuk upaya perlindungan diri dari hal-hal yang menuntut adu fisik di lakukan.

ads

makanan pembentuk ototUntuk membentuk otot tubuhnya, para kaum pria memasukkan latihan fitness ke dalam agenda mingguannya atau bahkan setiap harinya. Gym memang tempat yang cocok untuk melatih kekuatan otot kita. Namun olahraga fitness saja tidak akan cukup efektif jika tidak di tunjang dengan asupan nutrisi untuk otot.

Oleh karena itu olahraga fitness tetap harus di imbangi dengan makanan yang memberikan nutrisi yang baik untuk membentuk otot tubuh kita. Dilansir dari berbagai sumber terpecaya, Inilah 20 makanan pembentuk otot tubuh pria yang sangat efektif dan cepat.

#1. Putih Telur

Telur merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Bagian putih dan kuningnya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Namun jika ingin menambah massa otot, sebaiknya konsumsi putih telurnya saja. Karena kandungan putih telur kaya akan protein, selain itu karena kandungan putih telur hampir tidak memiliki kolesterol dan lemak daripada kuning telurnya. Putih telur adalah makanan paling ampuh untuk membentuk otot tubuh paling cepat.

Tips Konsumsi Putih Telur

Konsumsi putih telur sangat baik dilakukan ketika sebelum berolahraga atau fitness. Pisahkan putih telur dan kuningnya, konsumsi berbarengan dengan susu atau madu jika anda mengalami kesulitan. Atau dapat konsumsi setelah direbus.

#2. Susu

Susu memang dikenal memiliki banyak kandungan protein dan vitamin. Susu sangat enak di konsumsi apalagi setelah berolahraga. Kandungan proteinnya membantu membentuk otot Anda, sedangkan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya membantu proses pemulihan dan perkembangan otot. Jadi tidak hanya anak kecil saja yang butuh susu, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang padat berisi perlu meminumnya juga.

#3. Ikan Tuna

Tuna memiliki kandungan gizi yang kaya akan protein, kandungan lemaknya sedikit, dan Vitamin D serta zat besi yang cukup kompleks. Ikan tuna tergolong ikan laut yang mana juga kaya akan omega-3. Menurut Christine Rosenbloom, PhD bahwa protein baik untuk membentuk otot tubuh pria dan sama ampuhnya dengan susu dan putih telur.

#4. Yogurt

makanan pembentuk otot - yogurtMerupakan minuman susu yang dihasilkan dari fregmentasi bakteri. Anda bisa mendapatkannya di swalayan terdekat. Yogurt memiliki banyak kandungan vitamin B6 yang baik untuk membantu proses metabolism tubuh.

Namun jika untuk mendukung pertumbuhan otot, para pakar gizi menganjurkan Anda untuk minum Yogurt dengan rasa tawar atau jangan yogurt yang memiliki rasa.

Alasannya, karena yang tawar lebih murni dan kaya akan kandungan protein dan nutrisinya. Namun ingat, jika anda mengkonsumsi yogurt, ada baiknya anda mencari yogurt yang original tanpa rasa atau pewarna, saran kami lebih baik memilih yogurt berwarna putih yang mungkin lebih dibutuhkan tubuh.

#5. Brokoli

Sayuran ini juga kaya akan kandungan proteinnya yang baik untuk menambah massa otot. Selain menyehatkan, sayur ini juga enak untuk di makan. Kandungan vitamin pada sayuran ini juga sangat kompleks, yaitu Vitamin A, B-kompleks, C, E, K. Viatmin E inilah yang baik untuk pertumbuhan otot kita. Para ahli gizi menyarankan sebaiknya brokoli ini direbus saja dan tidak di goreng dengan minyak, agar tidak menghilangkan kandungan vitaminnya.

6. Kacang Arab

makanan pembentuk otot - kacang arabJika kita amati, orang-orang di darah Arab memiliki tubuh yang besar dan kekar. Ternyata ada sumber makanan disana yang baik untuk membentuk otot tubuh mereka, yaitu kacang arab.

Pastinya anda pernah melihat kacang-kacangan jenis ini kan ? memang cukup banyak saat lebaran tiba. Namun saat ini anda dapat mencarinya dengan mudah, walaupun belum hari lebaran. Kacang arab merupakan salah satu kacang dengan protein tertinggi, sangat efektif untuk membentuk otot tubuh.

Kandungan protein dan serat cukup banyak untuk membantu membentuk otot tubuh Anda. Selain itu, kacang arab juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

7. Dada Ayam

Daging ayam memang nikmat untuk di konsumsi. Di rebus, di goreng, di panggang, semuanya tetap enak untuk menyantap daging ayam ini. Namun, setiap bagian tubuh ayam memiliki kadar kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin memperkuat massa otot, sebaiknya konsumsi daging ayam bagian dada. Karena lebih kaya kandungan proteinnya.

Tips Pengolahan

Untuk pengolahannya, lebih baik di kukus atau di panggang karena untuk mempertahankan kandungan nutrisinya, jangan digoreng.

8. Daging Ayam yang berwarna gelap

makanan pembentuk otot - daging ayam berwarna gelapPernah melihat daging ayam seperti gambar di samping ? nah bagi anda yang penasaran sebaiknya baca bagian ini dengan seksama.

Selain Daging ayam bagian dada, Pilihlah Daging ayam yang berwarna gelap. Mengapa? Karena daging ayam yang berwarna gelap tersebut mampu meningkatkan zat besi hingga 25%, Selain itu juga membantu meningkatkan 3 kali zink yang baik untuk menjaga system kekebalan tubuh Anda.

Hal itu baik, untuk menjaga kebugaran anda saat berlatih meningkatkan massa otot Anda, konsumsi makanan tinggi protein seperti ayam sangat penting untuk membantu tubuh dalam mengembangkan masa otot.

9. Daging Sapi

Tidak hanya daging Ayam yang kaya akan protein. T Brock Symons dari Universitas texas Amerika Serikat menemukan bahwa setelah menkonsumsi 120 gram daging sapi minim lemak akan meningkatkan 51% sintesis protein dalam tubuh. Hal itu tergantung dari kualitas daging sapi yang di konsumsi. Pilihlah daging sapi yang di beri konsumsi rumput bukan yang glondongan. Karena sapi yang sehat karena konsumsi rumput, kaya akan kandungan omega3, vitamin A, E, serta kandungan lemak jenuhnya tidak terlalu tinggi.

10. Daging Kerbau dan Rusa

ads

Dari kerabat sapi, Kerbau dan Rusa juga memiliki daging yang kaya akan protein. Dagingnya mengandung vitamin B, Fosfor, Zat besi, zinc, dan kandungan tembaga selain kandungan proteinnya. Nutrisi yang kompleks tersebut bisa menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk membentuk otot tubuh Anda.

11. Daging kalkun

makanan pembentuk otot - daging kalkunKalkun dapat kita kategorikan sebagai bangsa unggas, seperti halnya ayam, kalkun juga memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa.

Kalkun memiliki daging yang mengandung protein tinggi yang baik untuk pembentukan otot. Memang harganya cukup mahal, namun sebanding dengan kandungan gizi seperti 11 vitamin dan mineral yang terdapat di dagingnya.

Bahkan khasiat lainnya selain untuk membentuk otot juga untuk mengurangi resiko kanker karena kandungan seleniumnya yang cukup tinggi. Konsumsi daging kalkun dapat anda lakukan secara rutin sebelum dan sesudah latihan untuk membantu merangsang otot tubuh.

12. Daging Kelinci

Tahukan anda bahwa kandungan kelinci memiliki nilai gizi yang kaya akan protein yang lebih besar dari daging sapi. Bahkan daging kelinci juga ampuh untuk mengontrol tekanan darah Anda. Konsumsi daging kelinci yang baik bisa dengan cara merebus atau memanggangnya. Sate kelinci yang biasa di jual juga bisa memberikan kelezatan di lidah kita. Selain enak, dagingnya juga membantu membentuk massa otot kita.

13. Minyak Ikan

Minyak ikan digunakan para pemerhati kesehatan untuk memulihkan kebugaran tubuhnya setelah beraktivitas keras seperti olahraga. Karena minyak ikan memiliki sifat antiradang yang mampu memulihkan stamina tubuh. Minyak ikan juga mampu membuat metabolism tubuh lebih cepat. Hal itu yang membuat minyak ikan baik untuk membangun massa otot.

14. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu ikan laut lainnya yang baik untuk membentuk otot Anda. Kandungan ikan laut yang kaya akan omega3 dan protein poton bermanfaat sebagai nutrisis bagi otot Anda. Selain Ikan Tuna yang sebelumnya di bahas, Ikan Salmon pun enak untuk di konsumsi dan baik untuk proses metabolism tubuh.

15. Almond

makanan pembentuk otot - kacang almondKacang-kacangan memang mengandung vitamin E yang banyak. Vitamin E sangat baik untuk kekuatan otot. Kacang almond pun demikian, memiliki kandungan protein dan lemak yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan kandungan antioksidan di dalam almond juga membantu Anda untuk tetap bugar dalam berlatih membentuk otot Anda.

Selain untuk membantu pembentukan otot tubuh pada pria, almond juga bermanfaat untuk membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

Konsumsi almond secara rutin akan berdampak pada pembentukan otot yang lebih sempurna, terutama bagi anda yang sering dan rutin fitnes

16. Keju

Klinik Mayo memaparkan bahwa keju bisa menjadi pengganti makanan daging untuk memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh kita. Setiap 30 gram keju mengandung 7 gram protein yang baik untuk otot, serta makanan juga ini rendah lemak.

17. Kuinoa

makanan pembentuk otot - kuinoaSumber karbohidrat lain selain ubi yang bermanfaat untuk pembentukan otot yaitu Kuinoa. Apa itu kuinoa? kuinoa adalah makanan sejenis biji-bijian yang berasal dari keluarga padi-padian. Biasanya sudah diolah dalam bentuk sereal.

Setiap 100 gram kuinoa terkandung 14 gram protein serta asam amino esensial. Kandungan tersebut cukup penting untuk membentuk massa otot Anda. Konsumsi secara rutin kemungkinan besar akan membantu anda membentuk otot lebih sempurna.

Kuinoa merupakan salah satu makanan yang mengandung asam amino yang tinggi untuk membantu pembentukan otot tubuh.

Sponsors Link

18. Ubi

Saat proses latihan pembentukan otot, Anda memerlukan stamina dan energy yang prima. Ubi adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan juga turut membantu membentuk massa otot. Kandungan lainnya pada ubi yang cukup penting untuk masa pembentukan otot adalah kandungan vitamin dan mineral yang menjaga kadar gula darah agar seimbang di dalam  tubuh. Sehingga Anda akan lebih fit untuk terus berlatih.

19. Bayam

Hasil riset yang dilakukan oleh Rutgers University menemukan bahwa konsumsi bayam bisa membantu pertumbuhan sel otot hingga 20%. Syaratnya, asupan bayam yang dimakan harus banyak sekitar 1 kg per harinya.

20. Nanas

Memang tidak bermanfaat langsung untuk pertumbuhan massa otot Anda. amun buah nanas bisa menjadi pelengkap makanan yang anda butuhkan selama proses pembentukan Anda berlangsung. Nanas memiliki kandungan bromelin yang membantu tubuh untuk mengeluarkan enzim yang berfungsi untuk mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, agar makanan kaya akan protein yang Anda konsumsi mudah di cerna dengan baik, perlu sekiranya anda menyertakan buah nanas sebagai pelengkap.

Apa Saja Kategori Makanan Pembentuk Otot?

  1. Tinggi protein. Pilih segala jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.
  2. Mengandung lemak sehat.
  3. Segala jenis ikan dapat dipertimbangkan.
  4. Kacang-kacangan sangat pentingu untuk otot tubuh.
  5. Putih telur adalah makanan terbaik untuk otot.

Pantangan dalam membentuk otot tubuh ?

  1. Jangan gunakan cara instan, pasti memiliki efek samping.
  2. Jangan ingin hasil cepat tanpa usaha.
  3. Proses pembentukan otot pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi latihanlah secara rutin.

Bagi anda yang ingin membantu membentuk otot tubuh agar ideal, makanan menjadi salah satu yang paling penting. Hindari makanan berlemak agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan proses pembentukan otot tidak terganggu.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 21st, February 2015 / 14:14 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat