Sponsors Link

9 Bahaya Permen Karet Jika Tertelan Bagi Kesehatan dan Gigi

ads

Perment karet merupakan salah satu makanan yang disukai mulai dari kalangan anak – anak hingga orang dewasa. Saat sedang mengunyah permen karet, kita mungkin tidak terlalu peduli dengan bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan permen karet. Apalagi kita tidak perlu menelan permen karet saat setelah kita mengunyahnya. Kabar buruknya, ternyata bahan – bahan yang digunakan untuk membuat permen karet ini merupakan bahan – bahan yang relatif berbahaya. Walaupun tidak ditelan, tetap saja ada bahan yang yang masuk ke dalam tubuh dan bersarang di dinding – dinding mulut kita.

Bahan – bahan di dalam permen karet bisa masuk ke dalam tubuh dan secara cepat dapat langsung diserap tubuh. Untuk itu, bagi anda para penggemar permen karet, ada baiknya jika anda terlebih dahulu melihat komposisi yang terkandung di dalam permen karet yang hendak anda konsumsi.

Bahan – Bahan Pembuat Permen Karet

Berdasarkan laporan ‘The Health Wyze’ menemukan berbagai kandungan berbahaya bagi kesehatan jika anda mengonsumsi permen karet. Berikut ini beberapa bahan – bahan yang paling umum ditemukan di dalam permen karet:


Aspartame

Jika permen karet yang anda konsumsi merupakan permen karet yang bebas gula, ada kemungkinan besar jika pemanis yang digunakan di dalam permen karet tersebut adalah pemanis buatan yakni aspartame. Aspartame jika masuk ke dalam tubuh bisa menjadi racun dan memiliki sifat karsinogenik dan dapat berakibat buruk pada kesehatan. Baca : Bahaya Aspartam


BHT

BHT atau Butylated Hydroxytoluene merupakan bahan yang sangat beracun. Bahkan penggunaan bahan yang satu ini sudah dilarang untuk pembuatan makanan. BHT digunakan d dalam makanan sebagai bahan pengawet dan mencegah pembusukan. Penggunaan bahan yang satu ini tidak hanya untuk permen karet saja melainkan juga banyak digunakan dalam pembuatan berbagai jenis makanan ringan.


Calsium Casein Peptone

Calsium casein peptone juga sering disebut dengan itilah Calsium Phosphate. Bahan yang satu ini merupakan bahan yang berasal dari olahan susu. Tetapi parahnya, bahan yang satu ini merupakan bahan beracun yang bahkan ditemukan pada kasusu susu formula bayi di Cina.


Bahan Dasar Permen Karet Titanium Dioxide

Tidak banyak perusahaan yang terbuka mengenai apa yang mereka gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat permen karet. Sejauh yang dapat diketahui, ternyata bahan utama pembuatan permen karet adalah elastomer, pembuat plastik, hingga filler. Parahnya lagi, para ahli menduga jika banyak perusahaan yang menggunakan bahan seperti lilin paraffin, polyvinyl acetate (lem kayu), bahkan talk.

Bahan yang satu ini sering digunakan sebagai bahan pemutih dalam pembuatan permen karet. Para ahli menyebutkan jika Titanium Dioxide sama berbahayanya dengan bahan – bahan pembuat permen karet lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Bahaya

Setelah mengetahui berbagai bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan permen karet, ada baiknya jika kita mengetahui berbagai bahaya yang mengintai kesehatan kita jika kita mengkonsumsi si manis yang satu ini. Rasanya yang manis memang tidak menggambarkan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa efek berbahaya jika anda mengkonsumsi permen karet:

  1. Tubuh kekurangan nutrisi

Ada mitos mengatakan jika mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata mitos tersebut salah besar. Orang yang mengkonsumsi atau mengunyah peremen karet akan kehilangan selera makannya. Sehingga ia akan cenderung untuk tidak makan. Bahkan malah dia cenderung hanya mengunyah peremn karet, yang artinya tubuh akan kekurangan banyak nutrisi yang padahal sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

  1. Dapat menyebabkan TMJ pada tulang rahang
Sponsors Link

Apa itu TMJ? TMJ merupakan singkatan dari Temporomandibular Joint Disorder yang artinya yaitu gangguan yang terjadi pada sendi. TMJ ini bisa menyerang sendi – sendi pada tulang rahang anda jika anda terlalu sering mengunyah permen karet.TMJ yang sudah parah bisa terasa sangat menyakitkan. Bahkan pada level tertentu, gangguan rahang sendi yang satu ini bisa menyebabkan sakit kepala, sakit telinga hingga sakit gigi.

  1. Menyebabkan Permasalahan Gastrointestinal

Mengunyah permen karet bisa menyebabkan kembung. Ini karena saat mengunyak peremen karet akan banyak udara yang masuk ke dalam perut yang bisa menyebabkan sakit perut, kembung hingga iritasi pada usus. Selain itu, saat kita mengunyah saat itu juga enzim – enzim pencernaan akan dilepaskan guna mencerna makanan. Namun saat mengunyah peremn karet, enzim – enzim pencernaan sudah terlanjur keluar tanpa ada makanan yang dicerna.

Hal tersebut bisa menyebabkan perut menjadi kembung, dan produksi asam di perut menjadi berlebihan. Gejala – gejala yang mungkin ditimbulkan saat seseorang mengalami permasalahan gastrotestinal ini adalah berupa diare.

  1. Menyebabkan kerusakan pada gigi

Jika permen karet yang anda kunyah mengandung gula, maka secara tidak langsung anda ‘membanjiri’ gigi – gigi anda dengan gula. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi membusuk. Bahkan jika anda mengunyah permen karet dengan label ‘sugar-free’ atau bebas gula, masih besar resiko anda terkena kerusakan gigi. Karena di dalam permen karet sugar-free sekalipun bisa menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan bahkan perasa asam buatan. Bahan – bahan tersebut bisa mengarah pada terjadinya erosi gigi.

  1. Menurunkan selera makan

Beberapa produk permen karet ada yang mengandung lanolin. Lanolin ini merupakan zat seperti lilin yang berasal dari wol domba. Zat lanolin ini digunakan untuk membuat tekstur permen karet tetap terasa lembut. Walaupun zat yang satu ini tidak berbahaya, tetap saja bahan permen karet dari domba ini sedikit menjijikan.

Sponsors Link
  1. Menghancurkan tambalan gigi

Jika anda pernah melakukan penambalan pada gigi dengan menggunakan merkuri, penting untuk anda ketahui jika mengunyah permen karet bisa menimbulkan pelepasan neurotoksin dari tambalan gigi yang terbuat dari merkuri. Neurotoksin tersebut bisa masuk ke dalam tubuh, dan menurut sebuah penelitian hal tersebut sangat berbahaya untuk Kesehatan kita karena neurotoksin bisa sangat beracun di dalam darah manusia.

  1. Penyakit Mematikan

Kandungan zat aditif pada makanan sangat berbahaya bagi tubuh hingga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker hingga kerusakan fungsi hati dan ginjal. Jadi ada baiknya anda menghindari konsumsi permen karet karena pasti memiliki zat tersebut

  1. Diabetes

Pantangan diabetes yang paling harus diperhatikan salah satunya adalah makanan atau minuman yang terlalu manis. Terutama yang manisnya terbuat dari pemanis buatan yang pasti terdapat pada permen karet. Hindari permen karet agar terhindar dan tidak menambah kronis penyakit diabetes anda.

Mengapa bahaya permen karet harus di hindari ? hal ini dikarenakan bahan yang terdapat pada permen karet sudah pasti memuat berbagai pewarna dan zat aditif yang dapat berdampak buruk bagi tubuh. HINDARI

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 16:08 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya