Sponsors Link

22 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Setiap Hari

Sponsors Link

Telur puyuh secara umum memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap yang tiga kali lebih besar daripada gizi yang ada pada telur ayam, misalnya protein yang lebih tinggi 3 persen dan kandungan vitamin B1 yang 50 persen lebih besar daripada telur ayam. Namun jika anda hobi mengkonsumsi telur puyuh setiap hari, ternyata akan menimbulkan efek kurang baik.

ads

Inilah bahaya yang harus anda ketahui jika mengkonsumsi telur puyuh setiap hari secara berlebihan :

1. Kolesterol tinggi

Telur puyuh mempunyai kolesterol tinggi sekitar 3640 mg yang lebih tinggi daripada kuning telurnya yaitu sekitar 2000 mg dan cumi cumi sekitar 1.170 mg. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan peningkatan hormon testosteron yang bisa menjadi pemicu awal terjadinya meningkatnya kolesterol didalam tubuh yang  kemudian akan menyebabkan penyakit jantung dan beresiko terjadi serangan stroke.

2. Menimbulkan keguguran

Telur puyuh memilki zat kolin yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan yaitu dapat menimbulkan keguguran pada janin yang masih berusia dibawah 20 minggu

3. Diabetes tipe 2

Jika berlebihan dalam mengkonsumsi telur puyuh berarti meningkatkan kadar kolin yang mampu menyebabkan diabetes (gejala kencing manis) yaitu masuk sebagai diabetes tipe2 yang sering terjadi 77 persen pada wanita usia produktif.

4. Radang tenggorokan

Telur puyuh mengandung zat albumin yang dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh misalnya wajah atau tangan. Juda dapat menimbulkan  peradangan pada bagian dalam tenggorokan

5. Tekanan darah menurun

Mengkonsumsi terlalu banyak telur puyuh beresiko menimbulkan tekanan darah yang rendah mendadak dan  bisa menyebabkan sakit kepala, mual, muntah dan pingsan.

6. Protein tinggi

Telur puyuh merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Ginjal akan kesulitan menyaring darah yang terlalu banyak protein,karena ginjal akan bekerja ekstra terus menerus yang hanya akan merusak fungsi ginjal.

7. Penurunan memori otak

Mengkonsumsi telur puyuh berlebihan dapat menurunkan fungsi otak pada anak anak dan balita. Dapat mempercepat penurunan memori otak dan mempercepat timbulnya penyakit Alzheimer pada orang orang lanjut usia.

8. Kerusakan mata

Mengkonsumsi terlalu banyak telur puyuh dapat mengaakibatkan zat lutein dan zeaksantin tidak mampu melindungi mata dari kerusakan akibat kuatnya sinar biru dari bahaya sinar matahari. Akibat terlalu sering terpapar oleh radiasi layar televisi dan layar terang komputer yang digunakan pada tempat yang kurang terang.

9. Alergi

Menyebabkan hormon menjadi tidak stabil yang dapat menyebabkan alergi pada kulit karena peningkatan protein ovomucoid pada telur puyuh. Alergi yang ditimbulkan berupa gatal-gatal, kesulitan bernafas, diare, dan ruam ruam kemerahan dipermukaan kulit yang jika digaruk akan terasa pedih dan panas. Jika alergi sudah parah dapat menjalar pada terganggunya sistem pencernaan.

10. Plak pada pembuluh darah

Mengkonsumsi telur puyuh sebanyak lebih dari lima butir dalam sepekan akan menyebabkan banyak timbul plak dipembuluh arteri. Kondisi ini akan menyebabkan penyumbatan aliran darah atau sirkulasi darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

11. Jantung koroner

Mengkonsumsi kuning telur dari telur puyuh dapat meningkatkan penyumbatan pada pembuluh arteri. Jika sudah menyerang dinding arteri maka akan menyebabkan terjadinya jantung koroner atau resiko terserang jantung iskemik

Sponsors Link

12. Keracunan tubuh

Mengkonsumsi  kuning telur dari telur puyuh dapat menimbulkan keracunan pada tubuh yang menyebabkan penyakit tifus dan disentri yang diawali dengan gejala mual, muntah, dehidrasi, sering buang air besar dan demam tinggi.

13. Penyebab batu ginjal

Mengkonsumsi banyak telur puyuh dapat meningkatkan zat melamin dan memicu pengendapan semacam kista dalam ginjal yang dapat menyebabkan batu ginjal dan resiko terserang gagal ginjal.

14. Menghambat penyerapan vitamin

Mengkonsumsi terlalu berlebihan kuning telur pada telur puyuh dapat menyebabkan buruknya zat avidin yang dapt mengikat biotin lalu menghambat penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jumlah banyak,  kebotakan dan memicu kesulitan akar rambut untuk tumbuh dan berkembang kembali.

15. Alergi pada anak

Pemberian telur puyuh yang berlebihan pada anak yang berusia belum mencapai satu tahun beresiko terjadinya alergi. Alergi ini menyerang rongga mulut dan bagian luar mulut berupa gatal-gatal dan luka yang menyebabkan pedih dan kaku.

16. Mengganggu perkembangan otak janin

Mengkonsumsi banyak telur puyuh setiap hari pada ibu hamil dapat berdampak buruk bagi perkembangan organ otak janin ketika usianya sudah mencapai 5 bulan sampai masa persalinan tiba.

17. metabolisme terganggu

Pada sebagian orang akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia karena akibat terganggunya metabolisme dari makronutrien yang diakibatkan terlalu berlebihan menyantap telur.

18. Nyeri otot

Pada sebagian anak anak akan menyebabkan nyeri pada otot dan mudah mengantuk ketika zat makronutrien meningkat pada jaringan otot yang bisa terjadi karena ketidakstabilan metabolisme tubuh. Jangan makan telur berlebihan setiap hari.

19. Penurunan berat badan

Pada sebagian anak anak akan mengalami penurunan berat badan jika mengkonsumsi terlalu banyak telur setiap hari, ini diakibatnya karena metabolisme sedang terganggu akibat dari terlalu berlebihan mengkonsumsi telur.

Sponsors Link

20. Menimbulkan darah tinggi

Jangan mengkonsumsi sate telur puyuh berlebihan apalagi setiap hari karena dapat mengakibatkan kolesterol yang ada pada telur meningkat dua kali lebih kuat. Kondisi ini mampu mempercepat timbulnya penyakit darah tinggi, meningkatkan kolesterol dalam darah dan serangan gejala stroke mendadak.

21. Memicu sakit perut

Omega 3 memang sangat baik kesehatan tubuh tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sakit perut berupa perut kembung dan sering buas gas.

22. Memicu kadar glukosa dalam darah meningkat

Kadar kolesterol yang tinggi pada telur puyuh mampu meningkatkan kadar glukosa dalam darah secara bertahap. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka glukosa akan cepat terbentuk menjadi berbentuk seperti kristal dan menjadi endapan yang tidak lagi mampu hancur untuk tersebar merata dalam aliran darah. Inilah yang akan mengakibatkan kadar gula darah tinggi dan menjadi berlebihan dalam tubuh.

Catatan Penting !

Telur mengandung omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung, meningkatan kecerdasan dan sebagainya. Namun tidak selamanya minyak tak jenuh tunggal yang ada pada telur mampu melindungi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Makanlah telur secara wajar misalnya hanya sebutir satu hari, agar tubuh dapat menikmati manfaatnya dengan baik.

Apapun makanannya tidaklah  baik jika dikonsumsi dengan berlebihan karena manfaat yang didapat adalah resiko terserangnya gangguan pada tubuh. Konsumsilah telur puyuh dengan wajar dan sebaiknya tidak dijadikan sate yang diolesi oleh minyak kelapa sawit, minyak babi atau bumbu yang banyak mengandung bahan pengawet, karena hanya akan menggandakan jumlah kolesterol yang ada pada telur. Ini tidak baik untuk kesehatan jantung dan penyakit hipertensi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, January 2016 / 05:15 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya