Sponsors Link

Bahaya Makan Nasi dengan Mie Instan Secara Bersamaan

Sponsors Link

Mie instan merupakan makanan yang bisa jadi dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Ada beberapa kelebihan dari mie instan sehingga menarik di pasaran dan menarik bagai paran penikmatnya. Mie instan ini selain praktis juga mempunyai banyak pilihan rasa dan ada dua jenis yakni kuah dan goreng. Hal ini akan membuat penikmatnya menjadi terhindar dari kebosanan. Selain itu, mie instan mempunyai rasa yang enak dan ditambah dengan harganya yang murah sehingga akan menjadi tambahan positif dari mie instan tersebut.

ads

Mie instan dapat kita temui dengan mudah di berbagai tempat. Mie instan ini banyak dijual di supermarjet, minimarket, hingga warung-warung kecil. Selain bisa dimasak secara original, mie instan juga bisa diolah dan dijadikan berbagai olahan makanan. Mie instan ini sangat bosa dikreasikan menjadi makanan lain yang inovatif. Saking populernya mie instan, sampai ada warung makan yang menu andalannya adalah mie instan ini. (baca juga: efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan)

Bahaya Mengonsumsi Mie Instan dan Nasi secara Bersamaan

Bagi sebagian orang, terlebih orang- orang yang mempunyai porsi makan jumbo, makan mie instant saja pastilah belum memenuhi kadar kekenyangan. makan mie instan secara umum memang dapat membuat kenyang, namun kenyangnya mie instan hanya bersifat sementara. Kenyangnya mie instan ini hanya bertahan beberapa jam saja, setelah itu rasa kenyang tersebut akan hilang dengan sendirinya. Oleh karena hal itu, banyak orang yang mengonsumsi mie instan ini ditambahkan dengan nasi demi memperoleh kekenyangan yang lebih lama. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata memakan mie instan yang disertai dengan nasi adalah tindakan yang buruk dan tidak baik bagi kesehatan?  (baca juga: 20 bahaya makan mie instan sangat mematikan)

Dari berbagai sumber dan pengamatan, makan mie instan bersama dengan nasi dapat membahayakan kesehatan kita. Hal itu juga dapat menimbulkan beberapa penyakit tertentu. Beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari tindakan mengonsumsi mie instan dengan dalam waktu yang bersamaan adalah sebagai berikut:

  1. Menyebabkan penyebab obesitas atau kegemukan

Mengkonsumsi nasi memang akan terasa hambar jika tidak dengan lauk. Namun apabila lauk digunakan berupa mie maka hal ini akan memberikan bonus berkali-lipat bagi kita. Bonus tersebut berupa rasa kenyang yang dobel dan kemungkinan besar berat badan kita akan naik. Hal ini karena kalori yang terkandung dalam nasi dan juga mi sangat tinggi karena mereka berdua adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat.

Karbohidrat dikenal sebagai zat yang dapat membuat berat badan kita menjadi bertambah. Apabila kita mengonsumsi nasi atau mie dengan tidak ditambahkan sayuran atau lauk lain maka akan menambah berat badan kita. Hal ini karena asupan gizi lain seperti vitamin, lemak, serat, dan protein yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi.

Sponsors Link

Dalam satu porsi mie instan terkandung  kurang lebih 400 kalori dalam sekali makan. Jumlah 400 kalori ini setara dengan satu porsi kalori dalam nasi ukuran sedang beserta lauknya. Jika satu porsi mi ditambah dengan nasi, Ada bisa menghitung sendiri berapa besar kalori yang terkandung di dalamnya. Jumlah kalori ini tentu akan melebihi yang kita butuhkan dalam setiap harinya. (baca juga: 24 makanan yang mengandung kalori tinggi)

  1. Menyebabkan diabetes

Mengonsumsi mie instan yang ditambah dengan nasi dapat membuat seseorang mudah terkena serangan diabetes pada anak. Hal ini karena indeks glikemik akan terpacu sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah akan semakin tinggi, dan otomatis menyebabkan resiko terkena serangan ciri-ciri diabetes akan semakin besar.

Itulah beberapa akibat yang dapat ditimbulkan ketika kita mengonsumsi nasi dengan disertai dengan mi dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu lebih baik jika mengonsumsi keduanya dengan terpisah. Namun perlu Anda ketahui juga bahwasannya mengonsumsi mie instan ini juga tidak boleh terlalu sering. Karena hal ini lambat laun akan merusak kesehatan kita.

Tips Konsumsi Mie Instan secara Sehat

Jika Anda kebetulan ingin sekali mengkonsumsi mie instan dan karena pada saat itu Anda sangat merasa lapar, maka sesekali saja Anda boleh mengonsumsi mie instan dengan nasi. Namun ada hal- hal yang harus diperhatikan agar mi dan juga nasi yang Anda konsumsi tetap sehat dan tidak terlalu beresiko buruk. Beberapa tips tersebut adalah:

  • Dicampur dengan sayuran

Makan mie ini dapat dicampur dengan sayuran yang akan melengkapi kebutuhan zat yang dibutuhkan kita, seperti vitamin dan protein. selain itu makan mie dengan menggunakan sayuran akan menambah warna dan juga cita rasa dalam mi yang kita makan tersebut. (baca juga: sayuran untuk lemah jantung)

Sponsors Link

  • Dalam posri yang sedikit

Makan mie bisa saja dicampur dengan nasi, asal memperhatikan aturan- aturan. Salah satunya adalah porsi nasi yang sedikit dan juga porsi mi hanya ¾ saja. Hal ini akan menyebabkan kalori yang ada di dalam tubuh menjadi tidak terlalu banyak tertimbun.

  • Tidak terlalu sering

Makan mi dengan menggunakan nasi ini dalam porsi yang sedikit ini boleh dilakukan asalkan tidak sering. Hal ini akan menyebabkan efek negatif yang ditimbulkan akan tidak terlalu terasa sehingga lebih aman.

baca juga:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, April 2016 / 07:26 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya