Sponsors Link

13 Bahaya Makan Mie Instan Mentah Bagi Kesehatan

ads

Bahaya makan mie instan mentah terjadi karena bentuk reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh dan menimbulkan ketidaknyamanan organ internal. Pada awalnya ketika makan mie instan dalam keadaan mentah lidah akan merasakan sensasi gurih seperti sedang mengkonsumsi kerupuk. Hal inilah yang menyebabkan mengapa mie instan mentah sangat disukai banyak orang. Mie instan sangat mudah dicari diberbagai toko dan supermarket dengan pilihan rasa yang berbeda serta harga yang ramah dikantong.

Gejala awal gangguan keseimbangan tubuh yang diakibatkan karena terlalu sering makan mie instan :

1. Cepat merasa lapar

Makan mie dapat mengganjal perut yang sedang dilanda lapar namun tidak akan bertahan lama karena komposisi bahan pengawet yang ada didalamnya justru menghancurkan efek kenyang dengan cepat. Seseorang yang sering makan mie instan dalam keadaan mentah cenderung akan menyantap mie yang baru kembali satu jam kemudian.

2. Perut mual mual

Makan mie instan setiap hari dapat menyebabkan perut menderita mual mual, terutama pada analk anak usia dini yang mengkonsumsi mie instan mentah pada pagi hari.

3. Nafsu makan berkurang

Terlalu sering makan mie instan mentah dapat membuat seseorang menjadi ketagihan dan akan menyantapnya dihari hari berikutnya. Kandungan MSG yang tinggi serta nbahan pengawet lain adalah pemicu seseoarng terserang syndrom kecanduan mie, Dimana seseorang tidak memiliki selera lagi untuk makan nasi.

Kandungan zat pada mie instan :

  • Natrium plifosfat – digunakan sebagai pengembang dan bahan tambahan untuk aroma mie yang khas
  • Natrium karbonat – digunakan sebagai pengontrol keseimbangan keasaman agar citarasa pada mie instan tetap terasa lezat dab gurih dalam keadaan mentah.
  • Kalium karbonat – digunakan sebagai pengontrol dan pengatur keasaman pada mie agar citarasa gurihnya tetap terjaga walaupun dalam keadaan mentah.
  • Zat Tartazine – digunakan sebagai bahan pewarna yang menciptakan sebuaah tampilan mie yang menggoda , tetapi pewarna yang digunakan adalah jenis yang a,man dan khisus untuk pembuatan mie instan.
  • Monosodium glutamat atau MSG – digunakan sebagai penyedap rasa atau penguat rasa sehingga mie instan terasa sangat nikmat ketika direbus atau tetap gurih menggoda ketika disantap dalam keadaan mentah. dalam mie instant kadar MSG adalah yang paling tinggi.
  • Propylene glycol – digunakan khusus untuk menjaga kondisi mie instan agar tertap terjaga kelembabanya dan terhindar dari pertumbuhan jamur.

Apakah ada kandungan nutrisi pada mie instan?

1. Mie instan sebenarnya mengandung beberapa vitamin (vitamin A, C dan D) dan mineral tetapi dalam kadar yang sedang dan ketika mie mengalami proses perebusan maka kandungan nurisi tersebut cenderung berkurang, Hal inilah mengapa nutrisi dalam mie instan dinilai sangat sedikit.

2. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ketika sedang menyanatap mie instan sebaiknya mengkonsumsi mie instan ditambahkan dengan beberapa bahan makanan lain yang mengandung gizi tinggi misalnya menambahakaan telur, daging, sayuran sawi, wortel,ikan dan sebagainya.

Inilah bahaya makan mie instan mentah jika dikonsumsi setiap hari atau jangka panjang :

Bahaya makan mie instan mentah setiap hari dapat tetap terjadi walaupun seseorang mengkonsumsi buah buahan atau sayuran setelahnya. Mie instan dapat berbahaya karena zat yang terkandung didalamnya bersifat tajam yang dapat mengiritasi serta mengganggu kelancaran aliran darah dalam tubuh.

Sponsors Link

1. Menyebabkan diabetes

Mengkonsumsi mie instan mentah setiap hari dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika terus menerus mengkonsumsinya tanpa proses perebusan maka akan memicu munculnya penyakit diabetes, Karena mie instan mengandung kadar gula yang tinggi.

Baca juga : Ciri ciri diabetes

2. Menyebabkan tekanan darah tinggi

Kandungan garam yang tinggi pada mie instant dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Kondisi tersebut disebabkan karena kandungan garam, lemak dan minyak dapat bergabung dan membentuk gumpalan yang dapat menghalangi aliran darah.

3. Menyebabkan kegemukan

Seseorang yang gemar mengkonsumsi mie instan dalam keadaan mentah pada malam hari maka kemungkinan besar akan mengalami kegemukan dengan cepat. Karena didalam mie instan terkandung karbohidrat dan lemak tinggi.

4. Menyebabkan usus luka

Zat pengawet dan garam yang ada pada mie instan yang dikonsumsi secara mentah dan dilakukan setiap hari atau jangka panjang dapat menyebabkan dinding usus luka dan teriritasi yang nantinya dapat menurunkan kualitas kinerja usus.

5. Menyebabkan penyakit kanker

Seseorang yang rajin makan mie dalam keadaan mentah dapat beresiko terkena kanker. Bahan pengawert dan bumbu yang ada pada mie dapat berubah menjadi racun jika dimakan dalam kondisi tanpa melalui proses perebusan. Bahan pengawet tersebut mampu memicu pertumbuhan sel baik dalam tibuh menjadi sel abnormal yang perlahan lahan berubah menjadi sel kanker.

6. Menyebabkan gangguan saraf otak

Anak anak yang mengkonsumsi mie instan dalam keadaan mentah dan telah dilakukan selama bertahun tahun, Dapat beresiko mengalami gangguan pada saraf saraf otaknya. Kandungan penguat rasa (MSG) dapat merusak jaringan otak dan mempengaruhi daya ingat serta kecerdasan anak anak.

7. Menyebabkan sakit tenggorokan

Makan mie instan mentah secara berlebihan dapat mengiritasi saluran tenggorokan.Zat MSG dan bahan pengawet dapat melekat pada dinding sluran kerongkongan dan menyebabkan gatal , serak dan nbatuk batuk. Tenggorokan yang teritasi akan terus meradang jika makan mie instan dalam keadaan mentah tidak segera dihentikan.

8. Menyebabkan peningkatan kolesterol

Menyantap mie instan dalam keadaan mentah ataupun direbus setiap hari lebih dari 3 mangkuk dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu munculnya stroke ringan.

Baca juga : Penyebab kolesterol tinggi.

sponsored links

9. Menyebabkan tubuh kurang gizi

Mengkonsumsi mie instan mentah setiap hari dan jangka panjang dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi karena nutrisi yang ada pada mie sangat sedikit dan butuh penambahan bahan makanan lain sehingga mie yang disantap dapat mengandung gizi yang memadai. Caranya melakukan proses perebusan terlebih dahulu lalu ditaambahakan telur atau jenis daging dagingan sesuai selera.

Baca juga :akibat kurang gizi

10. Menyebabkan penyakit jantung

Kandungan garam, lemak dan bahan pengawet yang ada pada mie instan mampu menyumbat aliran darah atau pembuluh arteri menuju jantung.

Baca juga : Ciri ciri penyakit jantung

11. Menyebabkan gigi rusak

Makan mie instan dalam keadaan mentah dan dilakukan tanpa menggosok gigi setelahnya dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sisa makanan mie mentah lebih mudah merusak gigi karena bahan pewngawet dan kadar gula didalmnya yang tersisa pada sela sela gigi mampu mengurai menjadi proses pembusukan yang nantinya dapat menjadi sarang bakteri. Kondisi ini jika dibiarkan dapat merusak akar dan lapisan gigi.

12. Menyebabkan Sembelit

Makan mie instan mentah setiap hari dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit buang air besar secara lancar karena kandungan zat yang ada pada mie instan cenderung menarik dan mengikat cairan disekitar sistem kandung kemih yang akhirnya mempengaruhi kesehatan jaringan dibawah perut sehingga dapat mempengaruhi kondisi feses disaluran anus yang terus mengeras.

13. Menyebabkan asam lambung naik

Seseorang yang memiliki lambung yang sensitif terhadap bahan pengawet jenis sodium dan natrium, Sebaiknya menghindari atau tidak mengkonsumsi mie instan dalam keadaan mentah karena dapat mempercepat peningkatan asam lambung .

Benarkah mie instan adalah makanan alternarif pengganti nasi ? 

Makanan mie instan bisa dijadikan sebagai makanan alternatif pengganti nasi, namun tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari apalagi dalam jangka panjang. Mie instan hanya cocok disantap dalam situasi yang terjepit atau kondisi genting misalnya ketika sedang tidak mempunyai nasi, roti atau makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi.

Walaupun mie instan merupakan makanan alternatif pengganti nasi namun tidak dianjurkan untuk dimakan bersama nasi. Mie instan mengandung lemak, kalori dan gula yang tinggi dan nasipun mengandung kalori dan kadar gula yang tinggi. Jika seseorang sering menyantap nasi bersama mie maka akan terjadi peningkatan kadar gula dalam darah yang kelak dapat memicu munculnya penyakit diabetes serta mempercepat seseorang menjadi terserang obesitas dengan cepat. Kondisi inilah yang menyebabkan mengapa mie instant tidak bisa dimakan bersamaan dengan nasi.

Sebaiknya mie instan direbus terlebih dahulu sesuai dengan aturan yang telah disarankan pada kemasan plastik mie tersebut, Agar bahan pengawet yang ada didalamnya tersebut dapat berkurang dan memperkecil resiko gangguan kesehatan terutama pada organ internal. Mie instan yang telah direbus justru lebih nikmat dan relatif aman jika disantap tidak bersama nasi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 02:04 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya