Sponsors Link

8 Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan bagi Kesehatan

Sponsors Link

Apakah anda hobi mengkonsumsi telur? Telur adalah salah satu jenis makanan favorit orang Indonesia. Telur sering dijadikan sebagai santapan untuk sarapan karena kaya akan nutrisi yang baik untuk menunda lapar. Telur sering diolah dengan cara direbus, digoreng, atau dicampurkan dengan jenis makanan lain.

ads

Telur mengandung beberapa jenis nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam satu butir utuh telur terkandung lebih dari 90% kalsium serta zat besi di bagian kuning telurnya. satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan 9 asam amino essensial. Selain zat besi, telur juga kaya akan zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta mineral fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dalam satu butir telur terdapat 70 hingga 85 kalori. Maka tidak heran jika mengkonsumsi telur membuat kita merasa cepat kenyang.

Akan tetapi, meskipun telur mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata mengkonsumsi telur secara berlebih justru berdampak buruk pada kesehatan. Adapun beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat konsumsi telur berlebih adalah:

  1. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Tahukah Anda bahwa telur bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah? Dalam satu butir telur terkandung 200 mg lemak. Kandungan lemak pada telur memang relatif tinggi, terutama di bagian kuning telurnya. Batas maksimal mengkonsumsi telur adalah 6 butir per minggu. Itupun akan lebih baik jika diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur serta melakukan olah raga secara rutin.

Baca : Bahaya kolesterol LDL tinggiPenyebab kolesterol tinggi Gejala kolesterol tinggi

  1. Hormon yang Tidak Seimbang

Konsumsi terlalu banyak telur ternyata juga dapat menyebabkan produksi hormon tidak seimbang. Kondisi semacam ini biasanya sering dialami oleh para wanita. Jika ingin mengkonsumsi telur tanpa harus khawatir timbul permasalahan pada produksi hormon maka ada baiknya Anda mengimbangi konsumsi telur dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

  1. Pemicu Alergi

Alergi terhadap telur biasanya dialami oleh anak-anak pada usia balita. Orang dewasa juga bisa terkena alergi telur ketika telur yang dikonsumsi ternyata jenis telur imitasi. Pada anak-anak, alergi telur biasanya akan segera sembuh seiring dengan pertambahan usia.

Baca: Alergi telurObat alergi gatalCara tes alergi

  1. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Kandungan lemak yang cukup tinggi pada telur dapat memicu obesitas atau berat badan berlebih. Ada baiknya Anda mengkonsumsi telur setiap 2 atau 3 hari sekali. Perlu Anda tahu, kebanyakan orang telah memiliki cadangan lemak yang cukup, bahkan cenderung berlebih di dalam tubuhnya. Konsumsi telur yang mengandung banyak lemak dapat memicu kenaikan berat badan.

Baca : Penyebab obesitasBahaya obesitas

Sponsors Link

  1. Resiko Penyakit Diabetes

Kandungan lemak yang tinggi di dalam telur dapat memicu penyakit kencing manis. Wanita lebih beresiko terhadap penyakit diabetes. Pria yang mengkonsumsi telur setiap hari 55%  lebih beresiko terkena diabetes. Sedangkan wanita 77% lebih beresiko terkena diabetes karena asupan telur yang berlebih.

Baca: Ciri ciri gula darah tinggiCiri ciri diabetesMakanan penyebab diabetes

  1. Memicu Pertumbuhan Jerawat

Kandungan lemak yang tinggi serta sistem hormonal yang tidak seimbang akibat konsumsi telur berlebih dapat memicu pertumbuhan jerawat. Selain itu, wajah juga nampak lebih berminyak.

  1. Penyakit Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsumsi telur berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu munculnya gangguan jantung. Jumlah kolesterol yang berlebih akan menyebabkan penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri. Kondisi tersebut jika semakin parah dan tidak ditangani dapat menyebabkan gangguan pada jantung, salah satunya serangan jantung koroner.

Baca : Ciri ciri penyakit jantungPenyakit jantung koroner

  1. Menyebabkan Kanker

Penelitian mengenai konsumsi telur berlebih yang dapat menyebabkan kanker memang belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa studi menunjukkan konsumsi telur berlebih dapat meningkatkan resiko pria untuk terkena kanker prostat.

Sponsors Link

Tips Aman Mengkonsumsi Telur

Berikut ini ada tips aman dalam mengkonsumsi telur agar terhinda dar bahaya konsumsi telur berlebihan :

  • Batasi asupan telur khusus penderita kolesterol. Bagi Anda yang sensitif terhadap kolesterol ada baiknya Anda membatasi asupan telur, terutama bagian kuning telurnya.
  • Cuci bersih cangkang telur. Jika Anda hendak memasak telur, sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu telur yang akan dimasak agar dapat meminimalisir infeksi penyakit.
  • Matang. Masaklah telur sampai kuning telur dan putih telur mengeras. Mengkonsumsi telur setengah matang sangatlah tidak disarankan.
  • Tidak lebih dari 4 butir dan imbangi dengan sayuran. Karena kadar kolesterolnya yang relatif tinggi, banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi telur. Sebenarnya mengkonsumsi telur tetap diperbolehkan, bahkan sangat disarankan ketika jumlah telur yang dikonsumsi masih dalam jumlah yang wajar. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi telur lebih dari 4 butir per minggu. Bila perlu, seimbangkan asupan telur tersebut dengan mengkonsumsi sayur dan buah agar kadar kolesterol tinggi yang dibawa oleh telur dapat dinetralkan oleh sayur dan buah yang kita konsumsi.
  • Hindari saat diet. Bagi Anda yang sedang diet, sebaiknya Anda tidak memasukkan menu telur dalam tatanan diet Anda. Kenapa telur tidak dimasukkan dalam menu tatanan diet? Karena telur kaya akan kalori yang justru dapat menggagalkan program diet Anda.
  • Telur rendah kolesterol. Ada beberapa jenis telur yang sering kita konsumsi, di antaranya telur ayam, telur puyuh, dan telur itik. Jika Anda harus memilih satu dari ketiga telur tersebut sebaiknya Anda memilih telur ayam karena memiliki kadar kolesterol yang paling rendah. Telur puyuh, meskipun memiliki bentuk paling kecil namun memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi jika dibandingkan jenis telur yang lainnya.

Itulh berbagai macam bahaya konsumsi telur berlebihan yang harus kita ketahui, memang hal yang berlebihan itu tidak bagus oleh sebab itu konsumsi dalam batas yang wajar saja.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, April 2016 / 07:20 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya