Sponsors Link

Bahaya Kangkung Bagi Tubuh

ads

Siapa yang tidak kenal dengan sayur kangkung. Kangkung adalah salah satu jenis sayuran hijau yang begitu terkenal di seluruh dunia. Sayur kangkung sangat terkenal terutama di negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Sayuran hijau yang satu ini sering dijadikan sebagai teman makan nasi oleh banyak orang. Tidak hanya di kawasan Asia Tenggara saja, di daratan Cina, kangkung juga sering dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun apakah mengkonsumsi kangkung sepenuhnya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh?

Kangkung memang terbukti secara ilmiah mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun terlepas dari kandungan mineral dan juga nutrisinya yang bermanfaat bagi kesehatan, ternyata sayur kangkung juga bisa memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat asupan sayur kangkung.

(Baca juga: khasiat dan kandungan kangkung)

1. Menyebabkan Kantuk

Asupan sayur kangkung ternyata bisa menyebabkan efek samping berupa rasa kantuk. Banyak orang yang telah membuktikan dan juga merasakan bahwa setelah mengkonsumsi kangkung mereka akan merasakan kantuk. Hal tersebut memang belum teruji dan terbukti secara klinis. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Perlu Anda tahu bahwa sayur kangkung mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral, salah satunya adalah mineral kalium. Bahkan menurut data, dalam 1 cup kangkung terkandung 175 mg kalium.

Secara medis, kalium terbukti dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi sayur kangkung maka kemungkinan besar orang tersebut akan memiliki tekanan darah rendah sehingga akan merasakan kantuk. Asupan kangkung mungkin saja sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah normal atau bahkan tekanan darah rendah sebaiknya membatasi atau sebaiknya menghindari asupan sayur kangkung. Asupan sayur kangkung berlebih bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan sehingga menyebabkan mengantuk.

(Baca juga: penyebab sering ngantukcara mengatasi darah rendah)

2. Gangguan Pencernaan

Bahaya asupan sayur kangkung sebenarnya lebih sering disebabkan oleh metode pengolahan yang dilakukan sebelum sayur kangkung dikonsumsi. Apabila Anda tidak membersihkan kangkung secara maksimal, bukan tidak mungkin Anda harus melakukan perawatan di rumah sakit akibat kasus Fasciolopsiasis. Penyakit tersebut adalah kondisi yang disebabkan oleh kuman Fasciolopsis buski, yakni parasit pada larva yang berasal dari kotoran manusia atau babi yang telah terinfeksi. Kuman-kuman tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan menempel pada dinding usus hingga menyebabkan gangguan pencernaan, reaksi alergi, hingga sakit perut hebat.

Sponsors Link

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi tersebut. Berbagai kondisi tersebut bisa diatasi atau dicegah dengan cara memastikan kebersihan kangkung sebelum dimasak. Selain itu, Anda sebaiknya memasak kangkung hingga benar-benar matang sehingga kuman-kuman yang masih tertinggal di dalam kangkung akan mati pada suhu tinggi.

3. Lemas

Dampak lain yang mungkin akan terjadi akibat asupan sayur kangkung adalah tubuh menjadi lemas. Asupan sayur kangkung terbukti dapat menurunkan kadar gula darah. Jika asupan sayur kangkung berlebih bisa jadi tubuh Anda akan menjadi lemas karena kadar gula di dalam tubuh menurun. Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah relatif normal sebaiknya tidak mengkonsumsi sayur kangkung secara berlebihan karena mungkin saja kadar gula darah Anda akan menurun dan membuat tubuh menjadi lemas atau cepat lelah. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi tersebut.

Kondisi kadar gula darah menurun secara drastis akan mungkin terjadi ketika Anda mengkonsumsi sayur kangkung tidak bersama dengan nasi. Padahal sayur kangkung selama ini lebih sering dikonsumsi bersama dengan nasi putih sehingga kadar gula yang menurun akibat asupan sayur kangkung akan pulih kembali dengan mengkonsumsi nasi. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit diabetes, maka sayur kangkung bisa saja menjadi solusi karena sayur kangkung efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

(Baca juga: sayuran untuk diabetes)

Itulah bahaya sayur kangkung bagi kesehatan tubuh. Sebelumnya sempat beredar berita bahwa sayur kangkung berbahaya bagi kesehatan tubuh karena pernah terjadi suatu kasus ketika seseorang meninggal setelah mengkonsumsi sayur kangkung.

Sponsors Link

Kabar tersebut menyebutkan bahwa kangkung yang dikonsumsi mengandung lintah berbahaya dan termakan hingga berkembangbiak di dinding usus. Apakah hal tersebut benar dan bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kabar tersebut. Pada dasarnya kebenaran berita tersebut belum bisa dibuktikan kebenaran sekaligus keakuratannya.

Secara ilmiah, lintah akan mati bila terkena garam, kecuali mungkin saja Anda memasak kangkung tanpa garam sedikitpun. Lintah adalah hewan yang mengandung cairan dengan konsentrasi rendah. Jika garam dibubuhkan pada permukaan kulit lintah maka cairan akan keluar dari tubuh lintah karena cairan diikat oleh garam, akibatnya lintah akan kering dan mati. Selain itu, tubuh kita terorganisir dengan sedemikian rupa, termasuk dalam sistem pencernaan kita. Sistem pencernaan kita, yakni di lambung, menghasilkan asam lambung sehingga dengan berbagai proses pencernaan di dalam tubuh yang dilalui oleh lintah kemungkinan besar lintah akan mati.

Dari penjelasan ilmiah tersebut bisa dikatakan bahwa asupan kangkung memang bisa membahayakan tubuh namun tidak menimbulkan dampak yang fatal. Jika Anda ingin merasa aman ketika mengkonsumsi kangkung maka terlebih dahulu pastikan kebersihan kangkung sebelum dimasak. Usahakan agar kangkung benar-benar matang ketika dimasak, jangan mengkonsumsi kangkung dalam keadaan mentah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 15th, July 2016 / 14:27 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya