12 Bahaya Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Bahaya kacang tanah yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita rupanya amatlah beragam. Mungkin saja ada dari beberapa daftar di bawah ini yang belum pernah kita ketahui ternyata bisa disebabkan hanya dengan mengkonsumsi kacang tanah secara asal. Pada dasarnya kandungan kacang tanah memiliki nutrisi melimpah namun jangan lupa pula untuk memperhatikan porsi serta cara penyajian yang sehat demi menghindari beberapa daftar penyakit yang mengancam seperti di bawah ini ya:

1. Kontaminasi mikroba

Pada umumnya kacang tanah masih sama sejenis dengan ragam tanaman polong yang mana memiliki tekstur tidak begitu keras untuk menjadi bahan makanan. Namun dengan kondisi tanaman ini yang memiliki biji untuk dijadikan bahan makanan justru terletak pada bawah tanah maka sangatlah rentan terhadap ragam paparan mikroba.

Hal ini didukung dengan suasana bawah tanah yang biasa lembab dan jauh dari sinar matahari dan juga kulit kacang yang tidak begitu kuat maka sangat mungkin untuk justru menjadi tempat sembunyi beberapa jenis mikroba berbahaya. Dan hal ini dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh jika faktor higienitas tidak benar-benar diperhatikan secara serius saat menyantap jenis bahan makanan yang satu ini.

Beberapa jenis mikroba yang pernah ditemukan dalam kacang tanah:

  • Kelompok bakteri Salmonella
  • Kelompok parasit jamur beracun

2. Demam typhoid

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa kacang tanah berpotensi menjadi tempat berkembang kelompok bakteri jenis Salmonella. Jadi ancaman kesehatan yang sering menyertai yakni seputar mengenai gejala demam typhoid jika memang cara konsumsi jenis makanan ini tidak benar dalam proses kebersihannya. Secara penularan dan penyebaran jenis demam yang satu ini juga erat sekali kaitannya dengan rendahnya higienitas yang utamanya berkaitan dengan bahan makanan yang dikonsumsi.

Pengobatan demam yang satu ini biasa dengan pemberian resep antibiotik, penurun panas dan juga menjaga asupan pasien dengan ragam makanan yang lembut sehingga tidak membahayakan bagi sistem cerna yang sedang dalam kondisi lebih lemah dibanding sebelumnya.

Beberapa gejala demam typhoid:

  • Demam yang variatif, pada beberapa pasien kebanyakan demam semakin parah dirasakan pada malam hari lantaran aktifitas bakteri penyebabnya di dalam persebaran mengikuti aliran pembuluh darah.
  • Disertai dengan keluhan lemas, pusing serta sakit kepala.
  • Gejala mual sampai muntah juga biasa menyertai akibat sedang tidak stabilnya kondisi sistem cerna akibat keberadaan bakteri dalam sekitaran lambung juga.
  • Sakit perut yang terkadang disertai kembung juga menjadi gejala yang khas.

Topik lainnya terkait demam typhoid: Ciri-ciri Tipes Cara Mencegah Tipes Cara Mengobati Tipes

3.Kanker hati

Tak jauh juga tentang isu ancaman perihal higienitas. Di samping rentan terpapar bakteri, kacang tanah juga tidak jauh dari ancaman kontaminasi dari jenis jamur beracun. Salah satu yang paling populer yakni jenis aflatoksin. Jenis racun ini memiliki andil sebagai pemicu kanker ataupun zat karsinogen. Yang paling utama tersasar yakni tentu saja organ hati yang utamanya bekerja keras untuk menetralkan ragam zat racun yang berbahaya di dalam tubuh.

Jika fungsi hati menjadi turun drastis maka gejala kuning juga bisa saja menyertai kondisi pada penderita dengan ditambah pula keluhan lain semisal pada gangguan cerna dan seterusnya juga semakin tambah melemahnya kondisi badan. Jadi faktor kebersihan harus sangat diperhatikan saat mengkonsumsi kacang tanah sehingga dapat menikmati manfaat nutrisi di dalamnya tanpa harus mengalami dampak tak sehat yang tentunya tidak kita inginkan.

Topik lainnya terkait kanker: Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan Evening Primrose Oil


4.Menghambat pertumbuhan

Hal ini utamanya terjadi pada anak di usia yang pesat pertumbuhan. Di samping sebagai zat karsinogen bagi organ hati, jenis racun aflatoksin dari jamur yang mungkin ditemukan dalam kacang tanah juga berpengaruh buruk bagi laju pertumbuhan anak-anak. Terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak ataupun berkepanjangan tanpa disadari hal ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak yang tidak optimal. Kita disarankan untuk lebih teliti lagi ya dalam memberi perhatian pada hal kecil yang ternyata bisa saja tanpa disadari dapat berimbas pada hal yang merugikan kesehatan kita apalagi dalam jangka panjang.

5. Permasalahan alergi

Kacang tanah merupakan suatu kudapan ringan yang kaya akan nutrisi bermanfaat. Namun di balik itu terdapat tidak sedikit pula orang yang memiliki alergi yang tidak dapat ditolerir jika bersinggungan dengan kacang tanah. Tingkat alergi berbeda pula mulai dari rendah hingga sampai sangat sensitif. Bisa dengan mengkonsumsi kacang tanah pada ukuran tertentu sampai pada tingkat parah yang hanya dengan menghirup udara yang terkandung sedikit saja unsur kacang tanah di dalamnya saja sudah mampu untuk menimbulkan reaksi alergi. Yang perlu diperhatikan bahwa reaksi alergi akut seperti jenis anafilaksis ini bisa saja sangat berakibat fatal bagi keselamatan jiwa pengidap alergi.

Topik lainnya terkait permasalahan alergi: Obat Alergi Makanan Ciri-ciri Alergi

6. Radang rematik

Dalam kandungan kacang tanah terdapat suatu senyawa bernama lektin. Lektin sangat berguna bagi tanaman kacang untuk melindungi diri dari ancaman ragam hama yang menyerang. Penampang lektin biasanya memiliki struktur mendekati lengket dan saat kita mengkonsumsi kacang tanah kemungkinan besar lektin ini akan beredar dalam aliran darah dan mengikat glukosa darah kita sehingga dapat menimbulkan suatu reaksi peradangan. Lebih lanjut kita mengenalnya dengan radang rematik yang biasa menyerang sendi tulang kita. Penderita rematik juga biasa disarankan untuk mengurangi ragam makanan rendah purin selain kacang-kacangan juga ada kelompok seafood, makanan instan maupun sayuran tertentu semacam melinjo yang dapat semakin memperparah gejala yang ada. Imbangi minum lebih banyak air putih juga disarankan.

Topik lainnya terkait radang rematik: Gejala Rematik Kaki Obat Herbal Rematik

7. Permasalahan berat badan

Dalam beberapa kasus lain kandungan lektin dalam kacang tanah juga ternyata tidak dapat dicerna secara sempurna oleh sistem pencernakan kita lantaran strukturnya yang mendekati lengket. Dan juga kandungan lektin ini berpotensi untuk mengacaukan sistem tubuh yang erat kaitannya dengan fungsi insulin dan berujung pada kacaunya sistem tubuh dalam mengontrol pengaturan berat badan.

Topik lainnya terkait permasalahan berat badan: Penyebab Obesitas pada Anak Penyebab Badan Kurus

8. Penyakit jantung

Kacang tanah memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega 6 namun berbanding terbalik dengan kandungan asam lemak omega 3 yang cenderung rendah. Padahal keduanya harus dalam jumlah seimbang keberadaannya di dalam tubuh demi memaksimalkan kinerja sistem tubuh secara keseluruhan.

Konsumsi kacang tanah berlebihan akan meningkatkan kadar asam lemak omega 6 yang justru dapat menghambat kinerja asam lemak omega 3 dalam pembentukan DHA dan EPA yang penting bagi tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat timpangnya jumlah kedua asam lemak ini adalah dengan berpotensinya masalah peradangan pada tubuh dan juga manifestasi pada permasalahan sakit jantung.

Berikut kami sertakan beberapa jenis bahan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 cukup tinggi demi menyeimbangkan kadarnya untuk setara dengan jumlah asam lemak omega 6:

  • Labu
  • Minyak mustard
  • Minyak ikan
  • Biji chia
  • Herbal biji rami

9. Ancaman pestisida

Sedari tadi telah dibahas bahwa tanaman kacang tanah sangat rentan terhadap serangan hama maupun parasit jamur. Tak pelak maka jamak sekali ditemui petani yang mencoba untuk menggunakan pestisida demi menyelamatkan tanaman kacang tanah mereka. Padahal pestisida merupakan suatu senyawa racun yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Berikut beberapa permasalahan kesehatan yang dapat diakibatkan oleh masuknya pestisida ke dalam tubuh manusia:

  1. Munculnya pandangan mata yang kabur
  2. Timbul gejala mual sampai pada muntah
  3. Berkucurnya keringat berlebih yang abnormal
  4. Sering timbul gejala lemas dan gampang sekali merasa kelelahan
  5. Muncul gangguan psikis ringan semisal lebih cenderung rentan gugup
  6. Potensi terjangkit gejala diare
  7. Memiliki kecenderungan gampang haus karena mulut menjadi terasa lebih kering
  8. Munculnya iritasi pada sekitar kulit, mata, tenggorokan maupun juga hidung.
  9. Muncul gejala mulai pusing sampai pada sakit kepala yang berat

10. Masalah Kardiovaskular

Hal ini tak terlepas dari kandungan lemak jenuh pada kacang tanah yang cukup tinggi. Dan sebagai sasaran utama yang akan mengalami masalah kesehatan jika kandungan lemak jenuh dalam tubuh melonjak naik yakni ragam masalah pada sistem kardiovaskular. Namun sebenarnya dalam kacang tanah sudah pula terkandung mineral tembaga yang ampuh juga dalam menetralisir beberapa efek bahaya dari lemak jenuh berlebih. Namun untuk tetap menjaga kesehatan terjamin maka konsumsi kacang tanah hanya dianjurkan pada porsi secukupnya saja dengan catatan tidak boleh berlebihan.

Berikut beberapa daftar masalah kesehatan kardiovaskular yang bisa mengancam akibat berlebihnya kadar lemak jenuh dalam tubuh:

  1. Melonjaknya tekanan darah tinggi
  2. Memicu pula permasalahan pada sistem cerna
  3. Muncul kebuntuan ataupun sumbatan pada pembuluh darah arteri
  4. Dapat memicu timbulnya pecah pembuluh darah otak ataupun stroke
  5. Menjadi pemicu timbulnya serangan jantung mendadak

Topik lainnya terkait masalah kardiovaskular: Gejala Jantung Tidak Sehat Gejala Jantung Bermasalah


11. Beresiko pada program diet

Utamanya saat mengonsumsi kacang tanah berbumbu maka kita akan tersugesti untuk susah berhenti dan ingin terus memakannya berapapun jumlah yang ada sampai tak bersisa. Hal ini sangat buruk dampaknya bagi orang yang sedang menjalani program diet menjaga berat badan. Alih-alih daripada menjadikan kacang tanah sebagai cemilan akan lebih baik untuk mengkonsumsi ragam buah yang memiliki kandungan air serta serat tinggi yang sangat bagus untuk mendukung program diet.

Perlu diketahui bahwa per 100 gram kacang tanah saja sudah mengantongi kalori sebesar 567. Sungguh angka yang sangat tinggi. Mari bandingkan saja kalori yang terkandung dalam kedua bahan makanan berbeda yakni semisal kacang tanah dengan apel dalam takaran yang sama yakni sekitar dua puluh ons pada masing-masingnya. Kita akan mendapati hasil kalori yang mencengangkan dan cukup jauh berbeda yakni apel mengandung 320 sedangkan kacang tanah tak tanggung-tanggung memiliki kandungan sebesar 3400 kalori. Jadi jika anda sedang dalam program diet, maka pandai-pandailah dalam memilih jenis bahan makanan, takaran yang sama namun berbeda jenis makanan memiliki timbangan kalori yang jauh berbeda pula.

12. Gangguan ginjal

Mengkonsumsi kacang tanah terlebih yang telah dibumbui dapat mengancam kesehatan organ ginjal serta masalah kesehatan lainnya lantaran kandungan sodium tinggi di dalamnya. Beberapa masalah kesehatan lainnya yang mungkin muncul yakni seperti kanker pada saluran cerna, kerapuhan dan keropos tulang atau osteoporosis, sakit jantung, serangan jantung, stroke hingga pada hipertensi.

Namun juga perlu diingat jika dikonsumsi dalam batas sewajarnya maka kandungan mineral sodium juga sejujurnya bermanfaat bagi keseimbangan kinerja sistem tubuh. Seperti menjaga kinerja otot secara lebih maksimal, meningkatkan performa persyarafan dalam otak, menyeimbangkan kondisi cairan tubuh dan seterusnya. Untuk itu mari atur untuk senantiasa lebih bijak lagi dalam penerapan porsi kudapan kita ya.

Topik lainnya terkait gangguan ginjal: Perbedaan Sakit Pinggang dan Ginjal

Demikianlah beberapa daftar dari bahaya kacang tanah yang mungkin mengintai kita jika tidak bijak dan memperhatikan betul faktor takaran serta higienitas saat mengkonsumsinya. Semoga dengan tahu beberapa dampak bahayanya kita akan semakin lebih teliti lagi dalam menentukan apa saja yang kita konsumsi demi menjaga kesehatan kita tetap terjaga.

, , , , ,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 09:17 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya