Efek Bahaya Jeruk Nipis untuk Rahim Wanita

Jeruk nipis yang biasanya kita gunakan sebagai penambah rasa sedap menu soto yang kita nikmati. Diketahui pula bahwa jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati anyang-anyangan serta termasuk salah satu buah untuk obat batuk. Namun jeruk nipis tak seaman itu karena ada juga bahaya jeruk nipis bagi penderita maag yang perlu diwaspadai.

Bahkan bahaya jeruk nipis untuk rahim juga cukup menjadi penasaran karena pada dasarnya banyak beredar kabar bahwa jeruk nipis mampu membuat rahim kering. Benarkah kabar tersebut atau hanya ketakutan dan perkiraan kita saja? Rahim kering sendiri tidak ada dalam istilah medis karena istilah yang tepat adalah infertilitas atau ketidaksuburan. Jeruk nipis sendiri diketahui menjadi satu bahan alami yang kalau dikonsumsi secara normal akan sangat bagus bagi tubuh.

(Baca juga: obat batuk)

Karena kaya akan kandungan vitamin C serta sifatnya yang natural, jeruk nipis pada dasarnya tak berbahaya. Hanya saja, mengonsumsi terlalu banyak memang akan menyebabkan munculnya beberapa efek samping seperti:

  1. Sering Buang Air Kecil. Perasan air jeruk nipis kerap dijadikan obat bagi beberapa kondisi penyakit. Dan meminumnya justru akan membuat kita bolak-balik kamar mandi lebih sering. Otomatis dengan minum air perasan tersebut, ada efek yang membuat kita lebih sering buang air kecil.
  2. Naiknya Zat Besi. Jeruk nipis pada dasarnya menawarkan begitu banyak hal baik bagi tubuh manusia. Namun dengan catatan bahwa pemakaian atau konsumsinya pada takaran atau dosis yang tepat. Jeruk nipis bakal menjadi berbahaya dan berefek samping buruk bagi tubuh kalau dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi jeruk nipis yang terlalu banyak dan sering hanya akan merugikan tubuh, terutama meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh. Bagi yang menderita anemia, jeruk nipis dapat menjadi solusi dengan mengonsumsinya setiap hari. Tapi untuk yang memiliki kadar normal akan zat besi, mengonsumsi jeruk nipis terlalu banyak bakal membuat penyerapan zat besi menjadi lebih dari biasanya oleh sistem pencernaan.
  3. Terbakarnya Kulit. Jeruk nipis diketahui baik juga untuk perawatan kecantikan kulit, namun saat pemakaiannya terlalu berlebihan, jeruk nipis justru memberikan efek samping. Hati-hati bagi yang melakukan perawatan kulit menggunakan bahan alami satu ini. Walau bahannya adalah bahan alami, pemakaian terlalu banyak justru akan memberikan efek terbakar bagi kulit. Oleh karena itu, membatasi penggunaan untuk kulit sangat penting. (Baca juga: bahaya sinar matahari langsung)
  4. Sakit Perut. Konsumsi berlebihan jenis makanan apapun tentu tak akan nyaman di perut, begitu juga saat kita mengonsumsi jeruk nipis. Jeruk yang bersifat asam rata-rata akan memberikan efek sakit pada perut bila dikonsumsi tidak pada takaran yang seharusnya. Sifat zat asam sitrat dari jeruk nipis akan menguasai perut yang juga bakal menjadi asam kondisinya. Bila dibiarkan terlalu lama tanpa adanya penanganan, akan terjadi iritasi di bagian saluran pencernaan. Yang biasanya akan terserang iritasi justru adalah bagian selaput lendirnya.

  5. Sakit Kepala/Migrain. Konsumsi jeruk nipis yang tidak pada porsi normalnya alias terlalu banyak dan sering dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di mana memang ditemukan bahwa tyramine-lah senyawa asam amino yang menyebabkan sakit kepala.Sering sakit kepala bisa juga dikarenakan tubuh kita menerima terlalu banyak tyramine dari jeruk nipis. Tyramin adalah senyawa yang biasanya bisa dijumpai pada jeruk nipis dan ini bukanlah senyawa yang baik kalau diperoleh terlalu banyak. Kandungan tersebut mampu membuat aliran darah meningkat sehingga menyebabkan sakit kepala kronis maupun migrain akut. Apabila terjadi hal seperti ini, segera periksakan ke dokter atau secara simpel menghentikan konsumsi jeruk nipis. (Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)
  6. Sakit Maag. Konsumsi berlebihan tak akan berbahaya bagi rahim, tapi justru berbahaya bagi lambung. Kebanyakan makan jeruk nipis akan menyebabkan kambuhnya sakit maag. Iritasi lambung adalah istilah lainnya dan ini terjadi akibat rasa asam dari jeruk ini. (Baca juga: pantangan asam lambung)
  7. Perut Kembung. Banyak-banyak makan jeruk nipis tak akan memengaruhi bagian rahim karena sampai sekarang belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan keduanya. Selain dari sakit maag dan sakit perut, perut kembung juga adalah potensi kondisi yang bakal terjadi. (Baca juga: cara mengatasi perut kembung)

(Baca juga: buah yang mengandung vitamin c super tinggi)

Perlu ditekankan juga bahwa jeruk nipis sampai saat ini tak ditemukan hubungannya dengan masalah subur tidak suburnya seseorang. Infertilitas yang dialami oleh sebagian pria dan wanita diakibatkan lebih kepada gangguan sel telur maupun sperma. Adapun masalah rahim yang terjadi dan menimbulkan infertilitas adalah keadaannya yang sama sekali tak dapat ditinggali sel hasil pembuahan.

, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, July 2016 / 06:40 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya