5 Bahaya Ikan Asin Bagi Kesehatan

Ikan-ikanan merupakan salah satu makanan khas negara Jepang. Mereka melahirkan banyak generasi pintar, cerdas, jenius yang mana mampu memimpin bangsa dengan baik. Siapa sangka setelah di amati, di lakukan penelitian, ini merupakan hasil dari kerja keras dan penunjang lainnya yang membuat negara macan asia itu besar. Mereka yang bekerja tanpa kenal waktu, lelah, dan etos kerja yang unggul. Juga pada konsumsi makan yang baik dan seimbang.

Jika anda tahu, makanan apakah yang mampu menciptakan manusia jenius seperti orang Jepang? Makanan sehat yang mengandung omega 3, omega 6, DHA, EPA dan asam folat. Berbagai jenis kandungan dan nutrisi ini ternyata sangat baik untuk otak. Mereka mampu bekerja dan membuat otak tetap bekerja dengan baik. Membuat ingatan bertambah tajam. Menyebabkan orang akan merasa betah untuk melakukan aktivitas otak. Misalnya adalah membaca dan menulis.

Siapa sangka bahwa gizi tadi merupakan makanan utama untuk otak. Makanya jika keadaan otak terus dan tetap di rangsang dengan makanan tadi, malah menjadi pintar. Tak salah jika beberapa orang tua yang ada di Indonesia juga ikut ikutan untuk mengkonsumsi ikan ikanan. Selain rasanya yang enak, segar, dan gurih juga mendatangkan manfaat dan khasiat lain. Seperti membuat orang akan bertambah pintar.

Apakah memakan ikan asin secara terus menerus berbahaya?

Meskipun Jepang di kenal sebagai negara yang kerap memakan ikan ikanan untuk menunjang keberhasilan otak mereka, bukan berarti mereka akan memakan makanan ini setiap hari. Bukan berarti jika 7 hari dalam satu minggu, mereka akan mengkonsumsi jenis makanan yang sama selalu. Tetap saja di elingi oleh makanan lainnya. Misalnya telur, sayuran, juga mie yang di jual di pasaran.

Mengapa? Sebab kita sepenuhnya tahu bahwa memakanan satu jenis makanan yang terlalu banyak dan terlalu sering juga tidak baik. Yang ada malah over pada satu nutrisi saja. Padahal tubuh anda selalu menuntut untuk di penuhi semua kebutuhannya. Bukan Cuma berfokus pada satu jenis makanan saja.

Seperti apakah bahayanya? Simak bahaya ikan asin dengan penjelasannya sebagai berikut ini :

  1. Kandungan garam yang terlalu tinggi

Ikan merupakan hewan yang hidup di perairan. Maka tidak bisa sekali tangkapan, harus di makan saat itu juga. Apalagi ini adalah ikan asin, yang mana kandungan garamnya cukup banyak.


Mengapa? Karena pada ikan asin, menggunakan Garam untuk mengawetkan secara alami. Sayangnya inilah yang ternyata malah bisa membahayakan kesehatan. Menurut pengakuan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, sangat menyarankan untuk memberi batas konsumsi garam. Hanya boleh sampai 5 gram setiap hari. Sedangkan pada ikan asin, ternyata jumlah garam bisa jadi lebih dari itu.

  1. Rentan tercemar logam berat

Memang ikan asin adalah salah satu makanan yang cukup banyak di gemari dan di senangi. Selain murah, rasaya yang menjanjikan lidah tidak ada yang mampu menandingi. Maka tak salah, banyak ibu ibu yang pandai mengolah bahan membeli bahan ini. Sayangnya tidak semua kandungan yang ada pada ikan asin ini baik untuk tubuh. Beberapa penelitian yang baru baru ini di lakukan, menyebutkan bahwa ada ikan asin yang berbahaya. Yakni mereka yang tinggal di sekitar industri, atau berada pada pembuangan limbah industri. Biasanya ikan ikanan ini juga ikut tercemar oleh logam berat. sangat berbahaya jika sampai di konsumsi oleh manusia.

  1. Resiko tinggi terkena penyakit darah tinggi

Sudah di jelaskan, bahwa bahaya ikan asin merupakan makanan yang mengandung garam yang tinggi. salah satunya di buktikan dengan model penyimpanan makanan ini menggunakan banyak garam untuk mengawetkannya. Bahkan melebihi target batas normal konsumsi garam. Jika manusia terus menerus mengkonusumsinya, ternyata tidak baik untuk tubuhnya. Salah satunya adalah beresiko terkena penyakit darah tinggi. salah satu penyebab pasien terkana darah tinggi ini adalah memiliki keadaan garam yang tinggi dalam tubuhnya.

  1. Beresiko tinggi terkena kanker

Kandungan satu jenis nutrisi pada tubuh tidak akan berdampak baik pada diri anda. karena seharusnya di hidangkan dalam proporsi yang pas, tepat, dan balance atau seimbang. Sayangnya, jika anda sudah berada di depan ikan asin, jawaban untuk menolak makana ini susah. Citra diri ikan asin sangat lidah dan menggiurkan lidah anda. padahal terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin tidak baik untuk tubuh anda. mengapa?


Dalam ikan asin mengandung banyak kandungan garam. Padahal normalnya seseorang hanya boleh sampai 5 gram setiap harinya. Jumlah ini lebih banyak dari porsi ikan asin di awetkan dalam kotak penyimpanan. Sayangnya jika tubuh anda kelebihan proporsi kandungan garam, akan berdampak negatif. Salah satunya adalah resiko terkena kanker. Ini sudah di kupas dalam American Journal of Clinical Nutrition. Kandungan garam yang terlalu banyak akan meningkatkan resiko kanker sebanyak 15%.

  1. Resiko tinggi pada penyakit jantung

Kandungan garam yang banyak dalam ikan asin bukanlah suatu mitos atau hanya spekulasi yang tidak berdasar. Karena memang garam pada makanan ikan asin yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung anda. menurut penelitian yang di lakukan di Amerika, bahwa kelebihan garam ini bisa meningkatkan resiko penyakit. Bahkan sampai 20% pada masalah jantung anda. 

Ada baiknya untuk memakan segala sesuatu pada porsi yang pas. Tidak terlalu menyenangi satu jenis makanan saja. Sehingga nutrisi dan gizi yang ada pada tubuh anda bisa pas.

, , , , ,
Post Date: Monday 15th, February 2016 / 08:52 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya