Sponsors Link

29 Bahaya Cokelat Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

ads

Bahaya cokelat bagi kesehatan tidak boleh diabaikan walaupun memiliki banyak manfaat. Cokelat adalah makanan favorit semua orang diseluruh dunia, karena kaya dengan nutrisi dan banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi kebanyakan orang hanya tahu tentang manfaatnya saja dibandingkan bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sudah saatnya anda tahu bahwa cokelat juga bisa menjadi musuh untuk kesehatan tubuh jika dimakan dalam takaran yang terlalu banyak. Inilah bahaya yang harus anda tahu sebagai acuan agar mengkonsumsinya dengan bijak.

1. Menyebabkan kecemasan dan depresi

Makan cokelat dalam takaran wajar (dua sampai tiga potong saja setiap hari) dapat membuat hormon srotonin aktif menyehatkan aliran darah ke otak yang bersifat menenangkan. Tetapi jika dimakan berlebihan yang terjadi justru sebalikknya, hormon serotonin akan meningkat tajam dan mengganggu keseimbangan hormon itu sendiri sehingga memicu perasaan gelisah, khawatir, emosi yang tidak stabil bahkan depresi.

Baca : Penyebab depresi – gejala depresi

2. Menyebabkan darah tinggi

Cokelat mempunyai kandungan kafein yang tinggi tidak cocok bagi orang yang mempunyai penyakit darah tinggi atau tensi darah yang tidak stabil. Bagi seseorang yang sehat dapat menyebabkan kesulitan tidur (insomnia) dan perasaan selalu gelisah dan berkeringat. Makanlah cokelat sewajarnya!

Baca ; Cara mencegah darah tinggi – Makanan untuk darah tinggi – Bahaya darah tinggipantangan darah tinggi – cara mengatasi darah tinggi – Penyebab darah tinggiciri ciri darah tinggi – makanan penurun darah tinggi – makanan penyebab darah tinggi

3. Menyebabkan bobot tubuh naik

Cokelat mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi yang dapat menyebabkan bobot tubuh meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan daalaam jangka panjang akibat yang ditimbulkan adalah anda akan terserang obesitas.

Baca : bahaya obesitas – cara mengecilkan perut buncit

4. Melemahkan kinerja pencernaan

Bahaya cokelat untuk pencernaan juga harus menjadi perhatian anda. Tidak semua orang memiliki sistem pencernaan yang cepat dalam mencerna makanan. Faktor yang membedakan adalah usia, bobot tubuh, daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh. Jika pencernaan anda tergolong lambat dalam mencerna jangan coba coba makan cokelat dalam jumlah banyak jika tidak ingin pencernaan anda semakin melemah. Perlu dicatat , bahwa sebenarnya Cokelat sangat sulit dicerna, tubuh tidak memiliki enzim khusus untuk bisa mencerna cokelat dengan baik.

5. Menyebabkan gigi cepat rusak

Sekuat apapun gigi manusia jika diterjang terus menerus oleh kandungan gula maka enamel gigi akan terkikis dan menjadi tipis dan memicu gigi berlubang.  Karena kadar gula tinggi dapat menyebabkan pembusukan sisa makanan yang ada disela gigi cepat membusuk dan mengandung kuman dan bakteri.

Baca : Bahaya cabut gigi – Penyebab abrasi gigi

6. Menyebabkan batu ginjal

Cokelat mengandung zat asam Oxalate dan Oksalat yang memicu batu ginjal dan penyumbatan pada aliran darah menuju ginjal.

Baca : Penyebab batu ginjal – Jenis jenis penyakit ginjal

7. Dapat menyebabkan alergi

Bagi sebagian orang ada yang harus pantang untuk makan cokelat dikarenakan alergi pada zat tertentu yang ada pada cokelat. Jika tetap ingin makan cokelat makanlah secukupnya dan segeralah minum obat anti alergi untuk mencegah tumbuhnya jerawat, sakit kepala, gatal gatal dikulit dan nyeri pada perut.

Baca : Cara tes alergi – cara mencegah alergi – penyebab alergi

8. Dapat menyebabkan mual dan muntah

Pada sebagian orang ada yang sistem pencernaan dan lambungnya tidak bisa menerima kandungan zat yang ada pada cokelat, ini berhubungan dengan alergi yang dibawa sejak lahir. Jika tetap ingin mengkonsumsinya maka akibat yang ditimbulkan adalah perut menjadi mual mual dan muntah. Perut menjadi kembung dan merasa tidak nyaman yang pada akhirnya akan menimbulkan demam.

9. Menyebabkan gagal jantung

Cokelat mengandung kadar konsentrasi senyawa flovanoid yang sangat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung, tetapi jika mengkonsumsi lebih dari 30 gram per pekan justru manfaat dari senyawa flavonoid menjadi terbalik berbahaya yaitu dapat menyebabkan gagal jantung.

Baca : Gejala gagal jantung – Jantung membesar – Jantung bocor – Ciri ciri jantung bengkak

10. Menyebabkan kadar insulin naik

Mengkonsumsi cokelat berlebih akan menyebabkan Kadar gula pada cokelat mempercepat gula masuk kedalam jaringan tubuh dan meningkatkan jumlah insulin, kondisi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gula mengendap menjadi lemak dan tidak mengalami proses pembakaran agar dapat bermanfaat menjadi energi. Pengendapan gula yang menjadi lemak dapat mengacaukan emosi yang sedang stabil dan menyebabkan perut selalu merasa lapar.

Sponsors Link

11. Menyebabkan kolesterol tinggi / naik

Umumnya Cokelat mendapat bahan tambahan yang mengandung kolesterol ketika proses pembuatannya. jika Kandungan lemak tinggi yang ada pada cokelat dapat bergabung dengan kolesterol tersebut maka akan meningkatkan kadar lemak darah Trigliserida yang juga berpotensi menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka disarankan makanlah cokelat secara wajar.

Baca : Ciri ciri kolesterol tinggi – Gejala kolesterol tinggi – Jenis penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi – Pantangan kolesterol tinggi

12. Menyebabkan migren (sakit kepala sebelah)

Mengkonsumsi cokelat secara berlebihan misalnya diatas  100 gram, akan mengacaukan kinerja hormon esterogen pada wanita yang akhirnya menimbulkan penyempitan aliran darah di kepala yang tidak rata yang menyebabkan munculnya sakit kepala sebelah atau migren.

Baca : Penyebab sakit kepala

13. Menyebabkan Sindrom iritasi perut

Ketika menyantap cokelat berlebihan usus kecil tidak bisa menghasilkan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna Laktosa, Cokelat juga menyebabkan mengganggu pencernaan lalu mempengaruhi kinerja usus besar, maka bakteri yang ada dalam tubuh justru akan mengambil alih dan menyebabkan kram perut, mual,muntah, nyeri perut dan menyebabkan diare yang sulit untuk ditahan.

14. Menyebabkan asam lambung naik

Cokelat memang mempunyai cita rasa yang manis tetapi juga bersifat asam yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Bagi yang asam lanmbungnya sudah naik jangan coba coba mengkonsumsi cokelat walauoun cuma sedikit, karena hanya akan membuat kondisi lambung anda semakin nyeri,  kembung, sering buang gas  dan tidak nyaman.

Baca : Makanan penyebab asam lambung – bahaya asam lambung naik – gejala asam lambungcara mengobati asam lambung – pantangan asam lambung

15. Menyebabkan diabetes kehamilan

Khusus bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi cokelat tidak diperbolehkan setiap hari dalam jumlah yang banyak, walaupun manfaat cokelat baik bagi kesehatan janin. Jika mengkonsumsinya berlebihan maka yang terjadi adalah resiko terserang diabetes kehamilan yang diikuti dengan naiknya tekanan darah yang melambung tinggi.

Baca : Gejala diabetes – Bahaya madu untuk diabetes – Makanan untuk mencegah diabetes – Sayuran untuk diabetes – Jenis jenis penyakit diabetes – Diabetes penyakit keturunan

16. Tidak baik dikonsumsi ibu menyusui

Cokelat tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. kadar cafein didalamnya cukup tinggi antara 5 sampai 35 mg didalam 30 gram cokelat. Bayi akan mengalami rewel, sering menangis dan kesulitan untuk tidur.

sponsored links

17. Menyebabkan janin gugur

Pada ibu yang Usia kehamilannya  belum mencapai 20 minggu tidak dianjurkan untk makan cokelat walaupun dalam jumlah sedikit. Karena dapat menyebabkan kematian pada janin yang belum terbentuk dengan organ tubuh yang sempurna dan jika  kondisi janin ternyata baik baik saja ,  namun efek buruknya akan terlihat ketika dilahirkan yaitu bayi mengalami cacat.


Mengkonsumsi Cokelat berlebihan dapat menyebabkan bayi usia diatas satu tahun menderita alergi, dan perlu penanganan dokter karena berhubungan dengan organ organ tubuhnya yang relatif masih rawan, diantaranya:


1. Menyebabkan sistem pernafasan terganggu

  • Terjadi mimisan atau keluar darah dari rongga hidung
  • Menyebabkan sesak nafas
  • Menyebabkan dada terasa berat dan tertekan
  • Menyebabkan kesulitan bernafas dengan normal karena hidung tersumbat (pilek)

2. Menyebabkan sistem pencernaan terganggu

  • Perut terasa nyeri dan perih
  • Sulit buang air besar
  • Perut kembung
  • Muntah muntah
  • Timbul sariawan

3. Menyebabkan saluran kemih terganggu

  • Nyeri berkepanjangna pada alat kelamin
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Timbul gatal gatal disekitar kemaluan

4. Menyebabkan jaringan mata terganggu

  • Kantung mata berwarna gelap
  • Mata terasa sakit
  • Mata terasa gatal gatal dan berair
  • Menumpuknya tahi mata dalam jumlah banyak disudut mata
  • Timbul bintil bintil kemerahan disekitar tumbuhnya bulu mata

5.  Menyebabkan Susunan saraf pusat terganggu

  • Mudah rewel
  • Sering menangis
  • tubuh merasa tidak nyaman
  • Prilaku menjadi hiperaktif
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Mudah cemas

Bahaya cokelat jika anda santap bersamaan dengan makanan lain, diantaranya :

  • Makanlah cokelat tetapi tidak bersamaan dengan produk susu, karena Susu dapat menghambat penyerapan antioksidan didalam tubuh. Bahkan susu mampu menurunkan kualitas dari manfaat cokelat itu sendiri.
  • Makan cokelat setelah makan mie instan atau sebaliknya sebaiknya dihindari, karena lemak pada cokelat mengakibatkan penumpukan kolesterol sedangkan mie instan mempunyai bahan pengawet berbahaya bernama  natrium. Jika kolesterol lemak dari cokelat dan natrium bercampur dalam jumlah berlebihan maka yang terjadi pembuluh darah akan pecah, menimbulkan keracunan dan berakhir dengan kematian.
  • Jangan menyantap cokelat ketika hendak tidur, karena dipastikan akan menyebabkan anda selalu terbangun ditengah malam beberapa kali dan mengalami kesulitan untuk tidur lagi.

Beberapa jenis cokelat dengan kadar bahaya yang berbeda jika dikonsumsi berlebihan

  • Cokelat Couverture

Jenis cokelat ini adalah yang sering dimakan oleh banyak orang karena mempunyai persentase lemak yang tinggi dan memiliki flavor yang tinggi juga, sehingga rasanya lebih gurih dan lezat. Tetapi jika dimakan berlebihan akan menyebabkan kondisi tubuh cepat mendapat serangan gagal jantung, menibgkatnya insulin, meningkatnya kolesterol dan sebagainya.

  • Cokelat tawar

Cokelat ini sering dibuat untuk bahan campuran pembuatan kue, atau makanan lain. Cokelat tawar mempunyai persentase masa kakaoantara 30 sampai 70 persen . Cukup aman untuk dikosumsi tetapi tetap saja tidak dianjurkan berlebihan,

  • Cokelat Susu

Cokelat yang memilki masa kakao yang rendah dan aman dimakan oleh anak anak , tetapi lebih baik lagi jika dikonsumsi dala takaran seimbang. Cokelat ini mengandung banyak susunya ketimbang cokelatnya.

  • Cokelat Cair

Cokelat cair biasa digunakan untuk pembuatan minuman. Mempunyai persentasi kakao sangat tinggi dan kadar gula yang tinggi juga . Ini sangat berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah walaupun dikonsumsi dengan takaran sedikit. Berhati hatilah bagi pengidap hipertensi, lebih baik lupakan cokelat ini!

  • Cokelat putih

Dalam cokelat putih tidak mengandung kako (cokelat) yang tinggi dapat dikonsumsi langsung. Cokelat putih hanya sedikit menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya. Rasa cokelatnya tidak terlalu terasa tetapi tetap saja memiliki kadar gula yang tinggi.

Catatan penting :  Manfaat cokelat memang sangat banyak tapi alangkah baik lagi jika anda mengetahui dampak buruk dari cokelat jika disantap dengan porsi yang tidak tepat. Memahami efek negatifnya lebih baik daripada hanya mengetahui manfaatnya saja.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 11th, December 2015 / 12:44 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya