Sponsors Link

10 Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu Sangat Mematikan

ads

Bahaya siomay ikan sapu sapu merupakan efek buruk yang ditimbulkan karena daging ikan yang diolah dan dikonsumsi telah terkontiminasi partikel berbahaya.
Ikan sapu sapu atau Hypostomus plecostamus merupakan hewan air yang dapat bertahan hidup dalam cuaca ekstrim dan kondisi air yang kotor, Dinama air tersebut telah tercemar oleh berbagai logam berat misalnya logam tembaga, Logam Kadmium dan Timbal, limbah industri, Dari berbagai macam sampah rumah tangga, Kotoran manusia, Bangkai hewan lain dan lain lain. Ikan sapu sapu mudah dijumpai pada sungai, Kali, Parit atau wilayah berlumpur.

Ciri ciri ikan sapu sapu

  1. Hanya hidup diair jenis tawar
  2. Menyukai pelet dan lumut
  3. Dapat hidup dilumpurtanah merah dan air kotot
  4. Tubuhnya dapat tumbuh sepanjang 30 cm
  5. Mulutnya berada pada bawah dan cenderung menyentuh dasar sungai, kali dan lain lain
  6. Memiliki 2 alat pernafasan yaitu ingsang untuk bernafas dalam air jernih dan pernafasan labirin untuk air yang keruh dan lumpur.
  7. Memikliki aneka macam warna dan motif tubuh yang unik dan berbeda beda misalnya berwarna hitam, Cokelat,Kuning dan kombinasi Hitam putih dengan Motif bintik bintik, garis garis dan bulat bulat.
  8. Memiliki bau khas yang sangat amis daripada jenis ikan lain seperti tuna dan tengiri yang biasa dipakai untuk pembuatan siomay.

Macam macam Bahaya akibat mengkonsumsi ikan sapu sapu
Para pedagang siomay yang nakal kerab memakai daging ikan saapu sapu didalam pengolahannya. Hal itu disebabkan ikan tersebut mudah didapat disepanjang kali, Got, Parit dan sungai.

Ikan sapu sapu yang hidup dalam kondisi air yang keruh dan telah berinteraksi dengan berbagai macam partikel berbahaya misalnya limbah industri dan logam berat misalnya tembaga, Kadmium dan timbal maka didalam tubuh ikan tersebut akan memgandung berbagai partikel logam yang dapat membahayakan kesehataan organ internal jika dikonsumsi terus menerus. Para pedagang siomay yang nakal kerab memakai daging ikan saapu sapu didalam pengolahannya. Hal itu disebabkan ikan tersebut mudah didapat disepanjang kali, Got, Parit dan sungai.

1. Gatal gatal kulit
Ikan sapu sapu yang telah terkontiminasi dengan sisa bahan industri dan terpapar oleh logam berat , Maka dapat menyebabkan munculnya gatal gatal diseputar rongga mulut.
Baca juga : makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit

2. Tukak lambung
Siomay Ikan sapu sapu yang telah terkontiminasi dengan logam berat jenis Kadmium (cd) dapat mengiritasi dinding dan dasar lambung sehingga memicu peradangan dan peningkatan kadar asam lambung.
Bacaa juga : cara mengatasi tukak lambung secara alami

Sponsors Link

3. Kerusakan otak
Mengkonsumsi siomay ikan sapu sapu yang telah tercemar limbah industri yang mengandung logam berat seperti timbal dan Tembaga dapat menyumbat aliran darah seputar otak, Menyebabkan iritasi, Meracuni darah dan oksigen yang masuk dalam kepala dan merusak pembuluh darah otak yang nantinya dapat menyebabakan kerusakan otak permanen.

4. Anemia
Mengkonsumsi terus menerus sioamy yang menggunakan bahan dasar ikan sapu sapu yang telah tercemari logam berat seperti Tembaga, Logam kadmium dan timbal dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel drah merah. Logam berat mampu menyerap, Mencemari dan mengikat sel darah merah dalam tubuh sehingga jumlah sel darah merah berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkaan seseorang terserang anemia.
Baca juga : cara mengatasi Anemia

5. Tulang mudah rapuh
Mengkonsumsi siomay ikan sapu sapu yang telah tercemar bahan logam berat jenis kadmium secara berlebihan dan jangka panjang dapat mempercepat pengikisan kalsium dalaam tulang sehingga tulang mudah keropos dan rapuh. Logam jenis kadmium dapat merusak kekuatan permukaaan tulang secara bertahap hingga dasar tulang.

6. Gangguan fungsi hati
Mengkonsumsi siomay ikan sapu sapu yang telah terkontiminasi logam berat jenis Tembaga dan kadmium secra bersamaan dapat melukai dinding liver atau hati. Hati yang mengalami peradangan akan menurunkan kualitas fungsinya. Jumlah logam berat yang telah mengendap dalam jaringan hati dapat menyumbat,m Memperlambat bahkan memblokir kelancaran aktifitas hati ketika sedang membersihkan darah serta menguraikan sel darah merah dan hormon dalam tubuh.
Baca juga : penyakit akibat gangguan fungsi hati

7. Kerusakan email gigi

Terlalu sering mengkonsumsi ikan sapu sapu yang telah tercemar berbagai sisa limbah industri, Kotoran manusia serta bangkai hewan lain dapat menyebabkan mempercepat kerusakan lapisan gigi. Logam berat seperti tembaga mampu merubah warna gigi menjadi lebih keruh dan menguning. Eamail gigi kaan mudah terkikis dan menjadi tipis secara bertahap dimana kondisi ini dapat merusak kekutan gigi bagian tengah.

Sponsors Link

8. Ginjal rusak
Siomay ikan sapu sapu yang didalamnya terkandung banyak logam berat jenis kadmium jika dikonsumsi anak anak dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal dan ginjal itu sendiri. Logam kadmium dapat mengiritasi ginjal dan menembus dan mengakibatkan luka serta peradangan internal dimana secara bertahap ginjal akan kehilangan kemampuannya dalam menjaga keseimbangan kadar air didalam air dan kesulitan dalam menyaring darah secara normal.
Baca juga :Penyebab ginjal rusak

9. Kanker
Siomay yang berbahan dasar ikan sapu sapu yang didalam dagingnya mengandung merkuri dapat bersifat karsinogen dan merusak sel sel tubuh menjadi abnormal, Dimana sel abnormal didalam DNA dapat berubah dan memicu menjadi sel kanker. Misalnya kanker hati.

10. Keracunan
Anak anak atau orang dewasa yang menyukai siomay berbahan dasar ikan sapu sapu dan mengkonsumsinya setiap hari dapat menyebabkan keracunan yang diawali dengan mual dan muntah muntah, Karena kandungan logam berat didalamnya mampu menyumbat perdaran darah, Pembuluh darah dan jaringan internal disekiar organ pencernaan.
Baca juga : pertolongan pertama keracunan makanan pada anak dan dewasa

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 27th, June 2016 / 13:10 Oleh :
Kategori : Daging Berbahaya