Sponsors Link

7 Buah untuk Obat Batuk Kering dan Berdahak

Sponsors Link

Batuk menjadi salah satu gejala yang sangat umum dan biasanya menyertai flu atau tubuh yang lelah. Namun batuk terkadang menjadi sangat menjengkelkan karena sulit sembuh. Selain itu batuk akan membuat tubuh menjadi lelah karena tidak nyaman saat melakukan berbagai aktifitas. Terkadang batuk bisa membuat penderita tidak nafsu makan karena batuk yang mengganggu saat makan. Sehingga dampak batuk bisa menjadi sangat komplek seperti berat badan yang menurun, sulit istirahat dan depresi. Terlebih batuk bisa bertahan lama meskipun sudah diobati, namun pernahkan Anda mencoba untuk mengobati batuk dengan buah-buahan.

ads

Selain karena flu dan kelelahan, batuk juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

Berikut ini adalah beberapa buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk.

  1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah. Jeruk yang mengandung vitamin C bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama. Vitamin C dalam buah jeruk juga akan melawan semua bakteri yang ada di lendir pada tenggorokan.

Cara Konsumsi : Makan jeruk biasa atau jadikan jeruk menjadi segelas jus tanpa gula. Jika Anda suka maka bisa menambahkan sesendok madu.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa mengobati batuk dalam waktu yang sangat cepat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sama seperti jenis jeruk biasa, namun kadarnya lebih tinggi yaitu sekitar 57 gram / 100 gram. Selain itu jeruk nipis juga banyak mengandung flavonoid yang bisa bersifat melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Sementara kandungan kaempferol membantu melembutkan lendir kental di tenggorokan. Bahkan jeruk nipis juga bisa membantu mengatasi mual karena batuk terus menerus.

Cara Konsumsi

  • Peras jeruk nipis dan campur dengan satu sendok madu lalu minum selama tiga atau dua kali dalam sehari.
  • Peras jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit lada hitam kemudian hirup aromanya sedikit demi sedikit.
  1. Jeruk Lemon
Sponsors Link

Jeruk memang mengandung khasiat yang sangat besar untuk mengobati batuk, termasuk jenis jeruk lemon yang sangat terkenal. Jeruk lemon bisa mengatasi berbagai jenis gejala flu seperti batuk, sakit kepala dan hidung yang tersumbat. Jeruk lemon bisa mengatasi flu karena memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Selain itu lemon juga bisa memerangi infeksi di tenggorokan sehingga mengurangi batuk yang parah.

Cara Konsumsi : Campur air perasan jeruk lemon dengan segelas air hangat dan tambahkan madu lalu diminum seperti biasa. Bisa diminum dua kali sehari hingga batuk mereda.

  1. Tomat

Tomat mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan berperan sebagai sumber antioksidan yang akan memerangi infeksi penyebab batuk dan nyeri tenggorokan. Bahkan tomat bisa menjadi obat batuk tanpa menyebabkan efek samping untuk tubuh. Tomat bisa menyembuhkan batuk dengan cepat karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu kandungan vitamin C dan A dalam tomat bisa menjadi sumber penyerang radikal bebas dalam darah.

Cara konsumsi : Pilih jenis tomat merah yang sudah matang karena kaya kandungan beta karoten. Makan tomat mentah untuk mempertahankan vitamin dan hindari konsumsi tomat yang sudah dimasak.

  1. Kiwi

Kandungan vitamin C alami dalam buah kiwi juga bisa meredakan batuk yang membandel. Vitamin C akan berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh. Makan buah kiwi yang mengandung vitamin C juga akan melindung tubuh dari resiko tertulas beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Buah kiwi bisa membantu meredakan batuk karena mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk, dan kandungan vitamin C yang bisa memerangi semua virus dan bakteri penyebab batuk.

Cara Konsumsi : Potong kecil-kecil buah kiwi dan makan seperti biasa. Pastikan Anda memilih buah kiwi yang masih segar.

  1. Nanas

Banyak orang tidak makan buah nanas ketika sedang batuk, tapi ternyata buah nanas sangat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan. Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

Sponsors Link

Cara Konsumsi : Makan buah nanas seperti buah camilan biasanya, dan jangan makan kentang atau semua makanan dari kedelai bersamaan dengan buah nanas karena bisa menghambat kerja enzim bromelain dalam tubuh.

  1. Blueberry

Blueberry dikenal sebagai buah yang banyak mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sangat penting untuk tubuh karena bisa menghambat sel kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Tapi selain itu blueberry juga mengandung vitamin C hingga lebih dari 25 % yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh. Blueberry juga mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi buah bluberry saat flu sangat baik untuk mengatasi tubuh yang lemah saat sedang flu.

Cara Konsumsi : Makan buah blueberry seperti buah camilan biasa atau jus.

Makanan yang Dilarang Saat Batuk

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari perawatan batuk dengan buah-buahan ,maka Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan pemicu batuk. Berikut ini beberapa contoh jenis makanan yang tidak boleh dimakan selama batuk.

  1. Makanan yang diolah dengan cara digoreng karena minyak bisa menyebabkan iritasi dan luka untuk bagian dalam tenggorokan.
  2. Semua jenis minuman yang mengandung bahan pemanis buatan seperti sakarin.
  3. Es atau semua jenis minuman yang memakai es karena bisa menyebabkan infeksi semakin parah dan flu juga menjadi semakin berat.
  4. Permen, makanan ringan dan semua jenis camilan yang mengandung bahan pengawet.
  5. Susu karena susu mengandung protein hewani yang bisa memicu produksi lendir berlebihan di saluran pernafasan dan tenggorokan.
  6. Minuman yang mengandung kafein, soda dan semua jenis minuman berenergi karena bisa membuat efek tenggorokan menjadi lebih kering sehingga bisa membuat batuk menjadi lebih parah.

Jadi batuk karena flu atau kelelahan memang bisa diatasi dengan berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C. Namun memperhatikan semua makanan selama batuk juga penting untuk membantu penyembuhan batuk lebih cepat dan menghindari infeksi karena batuk.

Baca juga : Makanan yang mengandung vitamin C

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 06:35 Oleh :
Kategori : Buah Sehat