Sponsors Link

20 Buah Pelancar BAB selain Pepaya

Sponsors Link

Sulit buang air besar merupakan salah satu masalah pencernaan yang cukup mengganggu dan kita kerap menyebutnya sebagai kondisi sembelit. Ada banyak faktor yang mampu menyebabkan seseorang mengalami kesulitan BAB di mana salah satunya adalah kekurangan asupan serat.

ads

Seperti kita tahu, pepaya selalu menjadi buah yang pertama kali terekomendasikan ketika Anda mengeluh tentang pencernaan tak lancar atau sembelit. Untuk Anda yang mengalami sulit BAB, ada beberapa rekomendasi jenis buah pelancar BAB selain pepaya untuk bisa dimasukkan ke daftar diet seperti di bawah ini.

Baca juga:

  1. Aprikot

Buah ini memang belum begitu terkenal akan manfaatnya sebagai pelancar BAB, tapi akhir-akhir ini, buah ini mulai kerap dimanfaatkan untuk hal tersebut. Supaya gangguan pencernaan dapat diatasi dan pengeluaran feses juga menjadi lebih mudah, Anda bisa mencoba mengonsumsi aprikot sesering mungkin. Selain berserat tinggi, aprikot bakal membuat cacing usus di dalam pencernaan dapat terbasmi secara alami.

  1. Apel Merah

Apel yang berwarna merah diketahui mengandung serat lebih tinggi dan serat pada apel merah ini merupakan serat larut air. Selain itu, masih ada pula kandungan asam organik serta kalium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsilah 1-2 buah dalam sehari setiap harinya agar feses menjadi lebih lunak sehingga BAB pun menjadi jauh lebih lancar. Tak hanya itu, Anda pun dapat mengonsumsi apel merah untuk membuat lemak-lemak jahat yang bersarang di dalam tubuh berkurang secara alami.

  1. Pisang

Banyak orang yang meyakini dan bahkan telah membuktikan bagaimana pisang merupakan buah yang sangat ampuh dalam mengatasi sulit buang air besar. Supaya BAB lancar, pisang bisa Anda konsumsi secara rutin. Hanya saja bagi Anda yang ingin menggunakan pisang sebagai pelancar BAB pada bayi, sebaiknya jangan karena pisang tak terlalu efektif dalam membantu BAB pada bayi.

  1. Tomat

Buah sekaligus sayur ini juga merupakan sumber serat tinggi yang bisa membantu melancarkan BAB yang jarang maupun sulit. Bukan hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tomat juga dapat dikonsumsi bagi para penderita gangguan fungsi hati. Jadi, tak salah kalau Anda mulai mengonsumsinya baik secara langsung atau dijus.

(Baca juga: obat tradisional sembelit)

  1. Mangga

Buah ini memang musiman, tapi sekalinya sedang musim, Anda tak boleh sampai melewatkan untuk mengonsumsinya. Nikmati buah mangga segar baik langsung atau dijus karena kandungan serat serta vitamin C begitu tinggi di dalamnya. Selain melancarkan BAB, mangga sangat bagus dalam mencegah sembelit sekaligus mencegah bahaya dehidrasi.

  1. Alpukatser

Buah yang terkenal mengandung vitamin E dan lemak baik tinggi ini sangat berkhasiat dalam melancarkan BAB apabila dikonsumsi secara sering. Kandungan seratnya yang tinggi dengan 2,2 gram per 100 gram akan membantu kelancaran sistem pencernaan. Saat pencernaan sudah mulai bermasalah dan sulit BAB, mulailah mengonsumsi alpukat agar BAB segera lancar kembali.

  1. Lemon

Kita semua pasti sudah tahu dan tak ragu lagi bahwa lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi berikut juga antioksidan. Selain sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, lemon juga bisa digunakan sebagai pelancar BAB. Ini semua karena adanya kandungan serat asam yang bakal menjadi penolong bagi kelancaran pencernaan Anda.

  1. Stroberi

Buah merah berukuran kecil ini sangat menyegarkan dan menjadi favorit banyak orang. Selain kandungan airnya tinggi, terkandung juga jenis serat yang memang berguna bagi kesehatan, khususnya pencernaan. Nikmati langsung buahnya atau bisa juga dibuat jus; Anda bisa mengonsumsinya sesering mungkin tanpa perlu khawatir akan kandungan kalorinya.

(Baca juga: makanan penyebab sembelit)

Sponsors Link

  1. Buah Naga

Banyak yang telah membuktikan bahwa buah naga merupakan jenis buah yang mampu menurunkan sejumlah risiko penyakit dari yang ringan hingga yang kronis. Naik daunnya buah naga tak lepas dari manfaatnya yang benar-benar luar biasa. Serat dan vitamin terkandung di dalam buah ini sehingga mampu membuat pencernaan dan BAB lebih lancar juga.

  1. Melon

Buah satu ini memang berkadar air tinggi, tapi juga memiliki kandungan serat yang dapat dimanfaatkan untuk melancarkan BAB yang sulit. Melon juga adalah buah yang mampu menjadi penetral keasaman tubuh, khususnya asam lambung. Jadi untuk kesehatan pencernaan maksimal, konsumsilah melon setiap hari.

  1. Belimbing

Buah satu ini sangat gampang dijumpai dan perpaduan dari rasa asam dan manisnya akan sangat menyegarkan ketika dinikmati. Selain nikmat dan segar, bagi penderita sulit BAB buah ini sangat berguna dan mampu membuat BAB lancar kembali. Selain itu, keuntungan yang bisa didapat adalah kadar kolesterol yang stabil begitu juga beberapa penyakit yang bisa sembuh lebih cepat.

(Baca juga: bab berdarah)

  1. Nanas

Buah lainnya yang juga bisa dikonsumsi agar BAB bertambah lancar adalah buah nanas. Kaya akan serat, buah ini sangat berkhasiat sebagai pencegah sembelit karena per 100 gramnya mengandung 1 gram serat. Supaya feses lebih mudah keluar dari dalam usus, konsumsilah nanas baik dimakan langsung atau dijus.

  1. Blueberry

Selain stroberi, ada pula jenis buah berry lain yang bisa dikonsumsi sebagai obat pencahar alami juga, yakni blueberry. Meski ukurannya kecil, namun blueberry adalah salah satu buah yang menyehatkan tubuh. Masalah konstipasi dapat Anda atasi secara alami dan efektif hanya dengan memakan buah ini setiap hari.

  1. Jeruk

Buah jeruk dengan ukuran sedang memiliki kandungan serat sebanyak 3 gram banyaknya sehingga kalau Anda mengonsumsi 1-3 buah dalam sehari, ini akan sangat membantu dalam memperlancar BAB. Selain itu, jeruk juga merupakan makanan yang mengandung vitamin C tinggi dengan sifat laksatif yang berkhasiat bagi pencernaan.

(Baca juga: penyebab mencret)

  1. Blackberry

Masih ada lagi buah berry yang siap melancarkan BAB Anda, yakni blackberry dengan kandungan nutrisi esensial sekaligus serat tinggi. Di dalam blackberry juga diketahui ada kandungan xylitol yang memiliki efek laksatif sehingga memang dapat diandalkan ketika sembelit menyerang. Secangkir blackberry setiap hari akan melunakkan feses yang keras dan sulit keluar.

Sponsors Link

  1. Pir

Rasa dan teksturnya hampir mirip dengan buah apel, namun memang buah pir merupakan jenis buah yang berkandungan air lebih banyak. Bukan hanya itu, vitamin dan seratnya pun begitu tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh yang mengalami masalah pencernaan. Ada 6 gram serat di dalam sebuah pir berukuran sedang atau 180 gram. Makanlah bersama kulitnya agar manfaatnya bisa dirasakan.

  1. Raspberry

Buah berry lainnya lagi yang juga bisa Anda konsumsi secara harian adalah raspberry. Buah ini sangat lezat dan kaya akan serat, vitamin serta sifat antioksidan. Makanlah 100 gram raspberry agar memperoleh serat sebanyak 6 gram. Pada takaran tersebut, tubuh juga menerima 32 mg vitamin C di saat yang sama.

(Baca juga: cara melancarkan buang air besar secara alami)

  1. Anggur

Kaya akan air, buah anggur juga bagus dikonsumsi untuk melancarkan BAB. Justru karena kandungan airnya yang tinggi, banyak orang kemudian mengonsumsinya sebagai pencahar alami. Secangkir buah anggur yang dalam kondisi segar dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari supaya melancarkan pencernaan sekaligus menurunkan risiko paparan radikal bebas.

  1. Kiwi

Buah kiwi juga bagus untuk membuat pencernaan lebih lancar, yang artinya BAB pun menjadi lebih mudah. Untuk melawan masalah pada pencernaan penyebab sulitnya BAB atau penyebab sembelit, silakan mulai mencoba mengonsumsi kiwi setiap hari. Baik dimakan langsung atau dijus, semuanya nikmat dan Anda pun bisa menikmati khasiatnya juga setelah beberapa hari mengonsumsi rutin.

  1. Delima

Buah delima memang terkenal sebagai buah yang mampu melindungi tubuh dari serangan kanker maupun penyakit Alzheimer. Tapi bukan hanya itu saja manfaat yang ditawarkannya, melainkan juga delima mampu memberikan asupan antioksidan, vitamin C sekaligus serat untuk kelancaran pencernaan Anda. Konsumsilah delima 100 gram di mana per 100 gramnya ada kandungan 4 gram serat.

Baca juga:

Itulah daftar 20 buah pelancar BAB yang bisa menolong Anda ketika tengah dilanda konstipasi alias sembelit. Berdiet dengan mengonsumsi buah-buahan segar dan menyehatkan ini juga bakal memberikan keuntungan lain bagi tubuh, jadi tak ada ruginya untuk mencoba.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, May 2017 / 18:02 Oleh :
Kategori : Buah Sehat