Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Efek Samping Buah Naga bagi Kesehatan

ads

Siapa yang tidak mengetahui buah naga? Buah yang memiliki bentuk dan warna yang nyentrik ini sudah lama dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi. Buah naga juga bisa dijadikan berbagai olahan baik dalam bentuk makanan atau minuman bahkan dimakan saat buah segar pun sudah sangat nikmat. Apa sajakah manfaat yang akan didapatkan dari mengkonsumsi buah naga ini? simak selengkapnya berikut ini:

  • Kaya akan vitamin dan juga mineral penting untuk tubuh

Manfaat pertama dari buah naga adalah dari kandungan vitamin dan juga mineralnya. Ya, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin serta mineral yagn sangat kaya dan juga tinggi. hal ini membuat buah naga menjadi salah satu jenis buah yang populer dan banyak dikonsumsi oleh khalayak ramai. Buah naga mampu untuk menyokong kebutuhan akan nutrisi vitamin dan juga mineral kita sehari – hari, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi begitu saja, terutama setelah makan berat, selain sebagai pencuci mulut, dan juga sebagai pelengkap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. (baca juga: macam-macam mineral dan fungsinya bagi tubuhkandungan vitamin B6 pada makanan)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C memiliki peran dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda. meningkatnya daya tahan tubuh ini akan membantu anda terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga anda pun akan menjadi lebih sehat dan juga segar. (baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)

  • Mencegah penyakit kanker

Manfaat lainnya dari buah naga adalah mencegah penyakit kanker. bagaimana bisa? Rupanya, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. kandungan antioksidan ini merupakan salah satu zat penting yang harus masuk ke dalam tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, dimana salah satunya adalah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. karena itu, konsumsi buah naga sangat efektif untuk anda yang ingin memulai menjalani pola hidup sehat, terutama bagi anda yang ingin terbebas dari resiko terserang penyakit kanker akibat pola hidup yang tidak sehat trersebut. (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)

  • Meningkatkan imunitas

Imunitas tubuh anda pun akan menjadi lebih baik lagi apabila anda rajin mengkonsumsi buah,  seperti buah naga ini. imunitas sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena bersama dengan zat antioksidan, imuniatas akan membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh yang ada, sehingga menjadi lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit, yang disebabkan oleh bakteri, kuman, ataupun virus berbahaya. (baca juga: 12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya)

Sponsors Link

  • Kaya akan serat, sehingga baik untuk pencernaan

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, buah naga ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. anda pasti sudah paham betul mengenai manfaat dari kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah naga ini. ya, serat merupakan zat yang sangat penting dalam melancarkan pencernaan, sintesa protein dan juga proses pengolahan makanan di dalam tubuh. serat dapat membantu seseorang menjadi lebih kenyang, dan pastinya, serat sangat baik untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti diare, wasir, dan juga gangguan pencernaan lainnya aygn mengganggu. (baca juga: makanan yang mengandung serat tinggi20 akibat kurang serat bagi tubuh)

  • Baik untuk pasien dalam masa penyembuhan, karena mengenyangkan dan juga bergizi tinggi

Bagi anda yan gmungkin sedang berada dalam masa pemulihan dari suatu penyakit, maka buah naga merupakan salah satu jenis buah yang tepat dan juga cocok untuk anda. kandungan vitamin dan juga mineral yang ada dan terkandung di dalam buah naga akan membantu tubuh anda dalam mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, tekstur buah naga yang lembut juga akan sangat membantu anda dalam mengunyah, dan juga mudah untuk dicerna, apalagi bagi anda yang harus mengkonsumsi makanan lunak, seperti penyakit bahaya tifus ataupun gejala amandel.

Efek Samping Buah Naga

  1. Menyebabkan perut kembung

Efek samping pertama dari buah naga adalah dapat menyebabkan perut menjadi kembung alias begah. Hal ini bisa terjadi pada anda, terutama apabila anda mengkonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan. Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga memang sangat baik dan juga bermanfaat untuk kesehatan anda, namun apabila anda mengkonsumsinya terlalu banyak.

sponsored links

Hal ini akan menyebabkan mineral yang masuk k dalam tubuh anda menjadi terlalu banyak dan berlebihan. Hal ini akan menyebabkan perut anda menjadi akan terasa kembung dan juga begah akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah naga ini. (baca juga: cara mengatasi perut kembung)

  1. Dapat menyebabkan maag menjadi kambuh

Mengapa buah naga bisa menyebabkan maag menjadi kambuh? Hal ini disebabkan karena buah naga juga memiliki kandungan asam di dalamnya. Mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, akan menyebabkan anda terkena maag, apalagi aabila anda memang memiliki riwayat penyakit maag. Selain itu, karena tingginya kandungan asam pada buah naga, hal ini juga akan menyebabkan kadar asam lambung anda menjadi naik, yang akan menyebabkan munculnya gejala mual – mual pada diri anda. (baca juga: kopi bagi penderita maagobat maag tradisional paling ampuh)

Sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam megkonsumsi buah naga ini. dan disarankan pula, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau gangguan pada asam lambung, maka ada baiknya anda makan berat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah naga ini, baik dimakan langsung ataupun dijus da dibuat salad buah. Hal ini akan membantu mencegah meningkatnya resiko maag dan juga naiknya asam lambung pada tubuh anda.

  1. Menyebabkan diabetes apabila dikonsumsi secara tidak wajar

Buah naga juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, apalagi tanpa memperhatikan kadar gula di dalam darah tentu saja akan sangat berbahaya. Terlebih lagi jika anda mengkonsumsi buah naga tersbut bersama dengan pemanis, alias gula, dan tanpa dikontrol kadar gulanya. Hal ini akan menyebabkan gula darah anda akan menjadi naik.

Hal ini juga sangat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan atau gejala penyakti gejala diabetes pada diri anda. karena itu, bijaklah dalam mengkonsumsi buah naga, usahakan jangan mencampur buah naga dengan gula dan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena hal ini bisa saja akan menyebabkan kemunculan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi diri anda.

  1. Menyebabkan sakit perut

Selain dapat memberikan efek amping berupa kembung, mual dan juga asam lambung yang naik, konsumsi dari buah naga secara berlebihan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan anda menjadi merasa sakit perut. Hal ini disebabkan karena prut anda akan terlalu banyak menerima asupan makanan, sehingga tentu saja kan menyebabkan perut anda menjadi sakit. Selalu jaga asupan makanan anda, dan hindari konsumsi buah naga ini secara brlebihan, karena sesuatu yang berlebihan memang berbahaya bagi kesehatan kita.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 20th, April 2016 / 02:23 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya