Sponsors Link

8 Efek Samping Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Efek samping buah mahoni merupakan akibat buruk yang terjadi setelah mengkonsumsi secara berlebihan serta jangka panjang oleh tua maupun muda. Buah mahoni kaya manfaat dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang masuk dalam kategori penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, hipertensi, rematik kronis, penyakit jantung, penyakit alzheimer, parkinson, stroke parah, penyakit kulit dan sebagainya.

ads

Ciri ciri tumbuhan mahoni

1. Karakter pohon
Pohonnya yang besar dan kekar hingga bisa mencapai ketinggian 30 sampai 40 meter lebih dengan diameter 120 sampai 130 cm, dimana batanya berbentuk silinder yang tegak lurus dan berwarna cokelat tua sampai cokelat kehitaman.

2. Karakter batang
Kulit batang pohon mahoni memiliki sisik sisik yang mengelupas sendiri akibat kondisi usia dan cuaca. Ketika kulitnya mengelupas akan meregenerasi kulit batangnya sendiri menjadi warna cokelat lebih terang.

3. Karakter buah
Buahnya mempunyai karakter yang unik yaitu berbentuk kotak , oval telur, berbentuk lima ruas yang didalamnya terdapat biji yang pipih berwarna cokelat tua.

4. Karakter daun
Daun pohon mahoni berbentuk majemuk meruncing dan menyirip dalam jumlah genap dan bulat dan oval. Ketika daunnya masih muda maka berwarna kemerahan sedangkan ketika tua akan berubah menjadi hijau tua.

5. Karakter cara tumbuhnya
Pohon mahoni dapat tumbuh subur dan berkembang menjadi kuat dan kekar pada area hutan jati, hutan pinus dan area pasir payau di tepian atau dekat pantai. Ketika besar pohonnya dapat tumbuh lebih rindang dari pada pohon beringin.

Dampak buruk

6 Efek samping buah mahoni yang perlu diwaspadai :

1. Sakit kepala

Efek samping buah mahoni paling umum disebabkan karena seseorang mengkonsumsi rebusan buah mahoni secara berlebihan dan setiap hari dengan tujuan agar tubuh tetap prima dan sehat, justru cepat atau lambat zat saponin dan flavonoid yang terus menerus mengalir pada pembuluh darah seputar kepala akan menyebabkan penekanan dan sumbatan pada aliran darah menuju jaringan langsung kearah organ kepala. Kondisi ini menyebabkan seseorang menderita sakit kepala. Sakit kepala tersebut diawali dengan rasa nyeri dan berat pada kepala yang datang dan timbul secra tidak beraturan.

(Baca juga : Obat sakit kepala)

2. Gangguan kantung empedu

Efek samping buah mahoni yang sangat berbahaya adalah ketika seseorang mengkonsumsi minuman dari buah mahoni dengan takaran sembarangan dalam keadaan perut kosong. Kondisi itu dapat merangsang pembentukan batu empedu didalam saluran dan menyebar diseputar kantung empedu secara bertahap. Kondisi ini memicu terjadinya penumpukan kolesterol dan mempercepat terbentuknya batu empedu yang menyebabkan gejala kencing manis atau gejala penyakit gula.

Sponsors Link

3. Penurunan tekanan darah

Zat saponin dan flavonoid dalam buah mahoni terbukti sangat kuat dan aktif mengganggu kelancaran peredaran darah dan arteri menuju jantung. Jika dibiarkann saja dapat memicu munculnya tekanan darah yang sangat rendah dan dalam kondisi yang kronis seseorang dapat mengalami penurunan kesadaran.

4. Obesitas
Buah mahoni memiliki sifat yang mudah membuat lambung menjadi lapar kembali. Kondisi tersebut sangat cocok bagi seseorang yang ingin menaikkan bobot tubuhnya. namun bagi orang orang yang memiliki bentuk tubuh sangat gemuk sebaiknya hindari buah mahoni karena efek samping buah mahoni adalah meningkatkan bobot tubuh menjadi semakin bertambah.

(Baca juga : Gejala obesitas)

5. Keguguran dini
Bagi wanita yang sedang hamil dengan usia kandungan dibawah 3 bulan sebaiknya menghindari asupan minuman dari buah mahoni yang terlalu banyak karena dapat mencederai plasenta dan organ janin yang baru saja akan terbentuk. Efek samping buah mahoni dalam dosis yang besar dapat meluruhkan atau menghancurkan janin dan memicu keguguran lebih dini.

6. Keracunan
Anak anak dan balita belum saatnya mengkonsumsi buah mahoni karena lambung dan usus mereka dikhawatirkan belum siap dan kuat menerima zat saponin serta flavonoid yang terbukti berkadar sangat tinggi. Kedua zat tersebut mampu menimbulkan iritasi yang akhirnya menyebabkan anak anak keracunan yang biasanya diawali dengan gejala kepala sakit, Perut mual dan muntah muntah. Efek samping buah mahoni paling cepat terjadi pada anak anak dalam bentuk minuman atau rebusan serta serbuk instan yang biasanya telah dikemas menjadi bahan herbal kering dan obat tradisional.

Baca juga : Pertolongan pertama keracunan makanan

Sponsors Link

Efek samping buah mahoni pada lansia

  1. Ketika lansia daya tahan tubuh seseorang akan semakin menurun jika mengkonsumsi buah mahoni lebih dari 200 mg perharinya yang ditujukan untuk pengobatan stoke atau jantung maka akan mengalami penurunan fungsi jantung itu sendiri. Pembuluh arteri disekitar jantung lebih rentan untuk terjadi penyumbatan dan penyusutan akibat endapan zat saponin dan flavonoid dalaam jumlah yang tidak moderat atau tidak wajar.
  2. Sebaiknya para lansia berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat herbal yang berbahan dasar buah mahoni. Dokter atau ahli gizi akan menunjukan cara terbaik dalam penggunaan buah mahoni sebagai obat dalam dosis tertentu yang telah disesuaikan dengan usia dan kondisi riwayat penyakit yang pernah diderita sebelumnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 04:29 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya