Sponsors Link

Bahaya Getah Mangga untuk Kulit

Sponsors Link

Mangga adalah salah satu jenis buah yang berasal dari India dan Asia Timur. Rasa buah mangga yang manis dan sedikit asam membuatnya disukai oleh banyak orang dan sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat jus. Tahukah Anda kalau buah mangga adalah salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia? Selain banyak dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia, mangga juga sering digunakan sebagai salah satu komposisi ramuan obat tradisional di India dan beberapa negara di Asia. Bahkan mangga juga termasuk buah untuk penderita diabetes yang aman. Namun jika Anda memiliki gangguan penyakit asam lambung atau ciri ciri maag kronis dan akut sebaiknya memilih jenis mangga yang manis.

ads

Nutrisi Buah Mangga

Mangga memang menjadi salah satu buah yang hampir disukai oleh setiap orang. Selain rasanya yang sangat manis dan sedikit asam, mangga juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Antioksidan: antioksidan adalah zat yang berguna untuk menangkal dampak negatif dari radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu pemicu munculnya penyakit kanker. (baca juga: makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan manfaatnya – akibat kelebihan antioksidan bagi tubuh manusia)
  2. Pektin dan vitamin C: yaitu zat berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah agar tidak terjadi kolesterol tinggi. Seperti yang kita tahu, kolesterol adalah pemicu penyakit darah tinggi, penyebab penyakit jantung pada manusia yang mematikan dan diabetes. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya – makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi – penyakit akibat kekurangan vitamin C)
  3. Vitamin A dan flavonoid: yaitu nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut juga berguna untuk mencegah kebutaan malam dan mencegah mata kering. (baca juga: daftar buah yang mengandung vitamin A tertinggi – makanan yang mengandung vitamin A super tinggiefek bahaya akibat kekurangan vitamin A – jenis – jenis penyakit mata : gejala, penyebab, dan gambarnya)
  4. Vitamin E: yaitu vitamin yang berguna untuk mengatur hormon seks dan meningkatkan libido. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnyadaftar 25 buah yang mengandung vitamin E tinggi)
  5. Serat: yaitu sebuah nutrisi yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir. (baca juga: makanan kaya serat alami dan produk olahan – makanan yang mengandung serat tinggi paling sehat –  akibat kelebihan serat bagi tubuhakibat kurang serat bagi tubuh)

Bahaya Getah Mangga

Meskipun buah mangga adalah buah yang menjadi primadona bagi banyak orang, namun perlu disayangkan karena adanya getah buah mangga yang bisa menyebabkan iritasi. Bagian buah mangga, yaitu kulit buah mangga mengandung getah yang berwarna bening.Getah tersebut bernama urushiol. Getah berwarna bening tersebut biasanya akan menyebabkan iritasi berupa ruam kulit apabila terkena langsung pada kulit. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah mangga.Kandungan getah buah mangga yang terdapat pada kulit buah mangga tidaklah terlalu banyak. Dengan kata lain, mengkonsumsi buah mangga adalah hal yang sangat tidak membahayakan sama sekali. Tentunya, Anda dapat mencuci buah mangga yang telah dikupas jika ingin terbebas dari getahnya. (Baca juga: penyebab alergi kulit – mengatasi dan penyembuhannya – obat gatal gatal seluruh badan pada kulit)

Sponsors Link

Iritasi Akibat Getah Buah Mangga

Getah buah mangga yang terkena langsung di bagian kulit akan menyebabkan reaksi alergi yang disebut dengan dermatitis kontak. Alergi tersebut biasanya berupa ruam pada kulit dan terkadang juga menimbulkan gatal dan rasa agak perih. Kulit mangga, terutama terletak pada getahnya, memang mengandung zat yang menyebabkan adanya alergi pada kulit (zat alergen). Zat alergen tersebut adalah penyebab dermatitis kontak pada sebagian orang. Jadi, tidak semua orang akan mengalami ruam jika terkena getah buah mangga. Pada beberapa kasus, ruam yang diakibatkan oleh getah mangga dapat menyebabkan luka seperti melepuh dan biasanya mampu bertahan selama beberapa hari. (Baca juga: penyebab dermatitis – gejala dan penanganannya – gejala dermatitis berdasarkan jenis dan cara mengatasinya – cara tes alergi)

Cara Mengobati Kulit Ruam Akibat Getah Buah Mangga

Dua orang ahli nutrisi yang berasal dari College of Tropical Agriculture and Human Resources-University of Hawaii bernama Alan Titchenal dan Joannie Dobbs menyarankan penggunaan sabun bernama Zanfel untuk meredakan dan mengobati ruam kulit akibat getah mangga. Akan tetapi, jika Anda tidak dapat menemukan sabun yang bernama Zanfel, Anda dapat mengkonsumsi obat jenis anthistamin untuk mengobati ruam pada kulit.

Anda juga bisa menggunakan krim steroid yang dioleskan pada kulit yang mengalami ruam sebagai tindakan untuk pertolongan pertama. Untuk mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit akibat ruam kulit yang telah berubah melepuh, Anda dapat menggunakan es untuk mengompres bagian kulit yang melepuh. Akan tetapi, apabila gejala ruam dan kulit melepuh sifatnya sangat parah maka Anda dapat melakukan pemeriksaan secara medis. (baca juga: obat alergi gatal kulit alami dan medis di apotek – efek samping minum obat jangka panjang – jenis obat analgesik : fungsi, efek samping, dosisnya)

Sponsors Link

Tips Mencegah Bahaya Getah Mangga

  1. Jika Anda takut terkena getah buah mangga, maka cucilah buah mangga yang telah Anda kupas hingga bersih. Cara ini juga bisa mencegah penyakit diare.
  2. Selain itu, pisau yang telah Anda gunakan untuk mengupas buah mangga juga harus dicuci untuk menghilangkan getah yang menempel di pisau tersebut.
  3. Jika perlu ganti pisau untuk memotong daging buah mangga sehingga pisau tidak bercampur dengan yang sudah terkena getah. Jadi, saat digunakan untuk memotong daging buah mangga, pisau sudah bersih dan terbebas dari getah yang menyebabkan ruam pada kulit.
  4. Pisahkan tempat yang digunakan untuk mengupas kulit buah mangga dan untuk tempat daging buah mangga.
  5. Jangan lupa untuk melakukan cara mencuci tangan yang benar dan steril sebelum makan buah mangga. (baca juga: bahaya akibat tidak mencuci tangan sebelum makan)

Jadi kuncinya adalah jangan menghindari buah mangga, tapi hindarilah getah buah mangga yang berwarna bening dengan melakukan pencucian buah mangga yang telah dikupas sehingga Anda tidak lagi khawatir ketika mengkonsumsi buah yang kaya akan manfaat tersebut.Tentu Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan ketika ingin mengkonsumsi buah mangga. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah mangga sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kasus mengenai alergi yang disebabkan oleh getah buah mangga memang ada. Namun, jumlahnya memang sangat sedikit.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 01:30 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya