Sponsors Link

11 Bahaya Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh

ads

Bahaya buah kelengkeng merupakan dampak buruk yang akan dialami anak dan orang dewasa selama belum memahami cara mengkonsumsi yang benar. Buah kelengkeng adalah jenis buah yang disukai banyak orang karena memiliki citarasa yang manis, harga terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat yang menjual aneka macam buah buahan.

Kandungan gizi kelengkeng

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat pangan
  • Protein
  • Besi
  • Mangan
  • Seng
  • Kalium
  • Kalsium
  • Vitamin B1, B2, B3 Dan C

Bahaya buah kelengkeng yang wajib anda ketahui :

1. Meningkatkan kadar gula
Kandungan zat fruktosa yang cukup kuat pada kelengkeng dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam memproses pemecahan lemak dan Asam urat sehingga memicu tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi sangat mudah terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat diabetes walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang pada seseorang yang tidak memiliki keturunan diabetes, jika mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan.

2. Kegemukan
Karbohidrat pada buah kelengkeng dapat membentuk jumlah gula menjadi meningkat dan mengubahnya menjadi lemak. Jika mengkonsumsi buah kelengkeng secara berlebihan dan dalam jangka panjang maka anak anak atau dewasa dapat mengalami peningkatan bobot tubuh atau kegemukan.

3. Nafsu makan berkurang
Buah kelengkeng mengandung zat kalium dan Karbohidrat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari maka akan menyebabkan kehilangan nafsu maka. Buah kelengkeng memiliki efek mengenyangkan dan ketagihan yang berpotensi menyebabkan seseorang tidak mau lagi makan nasi setelah makan buah kelengkeng.

Sponsors Link

4. Keracunan
Mengkonsumsi kelengkeng terlebih dahulu secara berlebihan sebelum sarapan pagi dapat menyebabkan keracunan. Gejala awal berupa mual mual, sakit perut, muntah muntah dan sakit kepala.

5. Mengganggu hormon pria
Bahaya Buah kelengkeng dapat disebabkan karena tumbuhan kelengkeng rajin disemprot dengan pestisida jenis antiandrogenetif ketika belum dipanen buahnya , Maka ketika dipetik pestisida tersebut meninggalkan jejak pada permukaan kulitnya dan mampu menembus kedalam dagingnya. Jika pria membuka kulitnya dengan menggunakan mulut dan bukan jarinya ketika ingin makan buah kelengkeng maka dapat menyebabkan efek buruk pestisida masuk kedalam rongga mulut dan menyebabkan demaskulinisasi yaitu perubahan hormon yang menyebabkan seorang pria menjadi terlihat lebih feminin dan memperkecil bentuk serta fisik dari alat kelaminnya.

6.Menghambat proses kelahiran
Ibu hamil yang mengkosumsi buah kelengkeng secara berlebihan di usia kehamilan antara 7 sampai 9 bulan secara rutin dapat menghambat proses kelahirannya menjadi lebih sulit karena buah kelengkeng bersifat panas dan menekan rahim serta posisi bayi menjadi lebih aktif untuk melakukan pergerakan.

7. Gangguan pencernaan
Seseorang yang memiliki gangguan lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kelengkeng sedikit saja agar asam lambungnya tidak meningkat secara mendadak dan mengiritasi dinding lambung serta menekan jaringan organ usus. Jika hal ini terjadi maka Gangguan pencernaan tidak dapat dihindari karena efek panas pada kelengkeng dapat memicu sakit perut serta diare.
Baca juga : Gangguan pencernaan

8. Merusak organ janin
Mengkonsumsi buah kelengkeng yang telah tercemar pestisida dan radikal bebas termasuk bakteri maka dapat mengiritasi organ janin secara bertahap dan mempersulit perkembangan tubuhnya. Janin akan mengalami bobot dan ukuran tuibuh yang kecil/kurus karena kelainan organ tubuh misalnya hati, Jantung, paru atau limpa ketika dilahirkan.

9. Mempercepat keguguran
Berhati hatilah pada bahaya buah kelengkeng ketika yang mengkonsumsinya adalah ibu hamil. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak setiap hari Ibu hamil yang masih pada trimester kehamilan 3 bulan kebawah karena efek panas dan bahan kimia pestisida yang masuk pada buah kelengkeng ketika penyemprotan mampu mengiritasi dan meluruhkan janin yang terbentuk belum sempurna.

Sponsors Link

10. sakit kepala
Mengkonsumsi banyak buah kelengkeng yang tidak diimbangi makan nasi, Sayuran hijau, Jenis daging dan buah buahan lain yang memadai dapat menyebabkan sakit kepala yang berulang. Bahaya buah kelengkeng jenis ini sering dialami siapa saja yang menggemari kelengkeng tetapi tidak mau makan makanan yang memiliki nutrisi lain.
Baca juga : Obat Sakit kepala

11.Gangguan motorik anak
Jangan biarkan anak anak usia dibawah 3 tahun mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan setiap hari karena dapat mengganggu perkembangan motoriknya . Bahaya buah Kelengkeng dikaibatkan karena kelengkeng memiliki sifat panas dan efek ketagihan yang dapat memicu anak tidak menyukai buah buahan lain atau makann bernutrisi lain sehingga perkembangan inteletual gerak dan instingnya secara visual menjadi lambat.

12. Memicu munculnya penyakit ginjal
Bahaya buah kelengkeng bisa disebabkan karena Buah tersebut mengandung kalium yang tinggi dan tidak baik bagi penderita ginjal atau seseorang yang sedang menjalani program pemulihan pasca operasi organ ginjal. Zat kalium yang berlebihan dapat menyebabkan ginjal iritasi dan kehilangan kemampuannya dalam mengontrol racun yang ada dalam aliran darah hasil dari makanan dan radikal bebas.
Baca juga : Tanda tanda penyakit ginjal

Solusi terbaik

Tips mudah cara menghindari keluhan kesehatan akibat buah kelengkeng :

Hendaknya usia muda ataupun dewasa mengkonsumsi buah kelengkeng tidak berlebihan . Buah kelengkeng memiliki kandungan zat kalium yang cukup tinggi yang jika berlebihan tidak baik bagi organ internal. Ketika makan kelengkeng Bisa diimbangi dengan makan buah lain seperti buah pear dan melon yang memiliki kadar kalium sangat rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh terhindar dari keluhan kesehatan akibat mengkonsumsi kelengkeng.

Bukalah kulit buah kelengkeng dengan jari bukan dengan gigi atau mulut, Kondisi ini untuk menghindari pestisida yang kemungkinan ada yang melekat pada kulitnya agar tidak ikut masuk ke rongga mulut dan tertelan. Ada baiknya cucilah terlebih dahulu buah kelengkeng yang masih berkulit dengan air bersih yang tujuannya agar efek buruk pestisida yang melekat pada kulit buah kelengkeng dan telah terakumulasi dengan radikal bebas dapat dihindari.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, September 2016 / 05:37 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya