Retinol AE : Pengertian – Manfaat – Efek Kekurangan dan Kelebihan – Makanan

Retinol AE mungkin masih jarang Anda dengar dibandingkan dengan retinol. Seperti halnya retinol, retinol AE juga menjadi bagian dari vitamin A. Hanya saja, jika retinol ditemukan pada makanan dengan kandungan vitamin A yang berasal dari sumber makanan hewani, maka retinol AE merupakan komponen vitamin A yang dapat ditemukan dalam sumber makanan nabati yang mengandung vitamin A. Sayangnya, selama ini masih banyak yang berpendapat bahwa vitamin A sama dengan retinol. Padahal, menurut data dari berbagai sumber dipaparkan bahwa berbagai jenis makanan nabati yang mengandung vitamin A tidak mengandung retinol, melainkan mengandung retinol AE dan juga berbagai jenis komponen vitamin A lainnya seperti karotenoid.

Jadi bisa dikatakan bahwa retinol AE merupakan kata lain dari komponen vitamin A yang bisa diperoleh dari sumber makanan nabati, sedangkan retinol merupakan komponen vitamin A yang bisa diperoleh dari sumber makanan hewani. Seperti halnya jenis vitamin A lainnya maupun vitamin A itu sendiri, retinol AE merupakan salah satu senyawa yang larut di dalam lemak. Jadi asupan makanan yang mengandung retinol AE akan diserap dengan baik oleh tubuh ketika didukung dengan asupan lemak.

Manfaat Retinol AE

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, retinol AE merupakan komponen vitamin A yang diperoleh dari sumber makanan nabati. Dengan kata lain, retinol AE memiliki manfaat yang hampir serupa dengan retinol dan juga vitamin A pada umumnya. Adapun manfaat retinol AE bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Penglihatan

Karena retinol AE merupakan bagian dari vitamin A, senyawa ini juga memiliki fungsi utama yang serupa dengan vitamin A yaitu untuk menjaga kesehatan penglihatan. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan bahwa banyaknya kasus kebutaan terjadi karena kurangnya asupan vitamin bagi tubuh. Sebagai salah satu komponen vitamin A, retinol AE diketahui dapat menjaga kesehatan lensa mata dan melindungi retina dari paparan sinar ultraviolet dan bahaya oksidatif dari luar tubuh.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan mata)

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain menjaga kesehatan mata, retinol AE juga memiliki peran dalam sistem pertahanan tubuh. Asupan retinol AE efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari infeksi penyakit dan juga virus. Sebagai salah satu komponen vitamin A, retinol AE juga ikut berperan dalam mengaktifkan kelenjar T yakni kelenjar yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit autoimun)

3. Antioksidan

Sama halnya dengan jenis komponen vitamin A lainnya seperti retinol, beta karoten, alpha karoten, beta cryptoxanthin, dan lain sebagainya, retinol AE juga berperan penting sebagai salah satu antioksidan alami. Sebagai antioksidan alami, retinol AE berperan besar dalam menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari paparan dampak buruk radikal bebas. Beberapa hal yang terkait dengan radikal bebas seperti penuaan dini dapat Anda cegah dengan mengkonsumsi retinol AE.


4. Mendukung Pertumbuhan Janin dalam Kandungan

Sebagai salah satu jenis komponen vitamin A, retinol AE juga menjadi salah satu senyawa yang mudah larut di dalam tubuh asalkan ada lemak. Alhasil, senyawa ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan asupan nutrisinya. Karena sifatnya yang mudah larut, retinol AE lebih mudah diserap oleh tubuh dan disalurkan kepada janin yang ada di dalam kandungan sehingga pertumbuhan janin menjadi lebih optimal.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sebagai antioksidan alami, retinol AE memiliki peran penting dalam proses penangkalan dampak buruk radikal bebas. Salah satu dampak buruk radikal bebas tersebut adalah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Perkembangan sel kanker tersenut terjadi karena DNA dan juga RNA di dalam tubuh mengalami kerusakan sel sehingga terjadilah penyimpangan dalam proses pembelahan sel di dalam tubuh.

6. Proses Penyembuhan Luka

Retinol AE juga memiliki peranan penting dalam mendukung kesehatan jaringan dalam tubuh kita. Jadi, senyawa juga memiliki peranan dalam proses penyembuhan luka. Seseorang yang mengkonsumsi vitamin A, termasuk retinol AE, secara terkontrol terbukti memiliki kesehatan jaringan tubuh yang lebih baik. Alhasil, ketika mengalami luka, proses penyembuhan luka akan terjadi dengan lebih cepat. Maka jangan heran jika orang-orang yang kurang mengkonsumsi vitamin A dan juga berbagai jenis komponennya biasanya akan mengalami kondisi ketika terluka maka lukanya akan sulit sembuh.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

Itulah beberapa manfaat retinol AE bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai salah satu bagian dari vitamin A, retinol AE memiliki sifat juga fungsi yang hampir sama dengan vitamin A.

Efek Kekurangan dan Kelebihan Retinol AE

Seperti halnya jenis vitamin A lainnya, retinol AE harus dikonsumsi dalam jumlah yang terkontrol, todak kurang dan juga tidak berlebihan. Dalam satu hari, tubuh kita membutuhkan vitamin A sekitar 750 mcg atau sama dengan 2500 IU. Dalam komponen vitamin A tersebut terkandung beberapa jenis senyawa, seperti retinol, retiol AE, alpha karoten, beta karoten, zeaxanthin, beta cryptoxanthin, dan lain sebagainya. Jadi kebutuhan tubuh akan retinol AE tidak bisa ditentukan oleh satu patokan angka saja. Kebutuhan tubuh akan retinol AE sangat bergantung pada pemenuhan jenis senyawa lain yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Sebagai salah satu jenis vitamin A, kekurangan asupan retinol AE ternyata dapat memberikan banyak dampak, seperti:

  • terjadi masalah pada mata, seperti gangguan penglihatan, mata terasa kering, mudah lelah, dan terjadi kelainan pada selaput lendir mata
  • sistem pencernaan terganggu
  • kulit menjadi kering dan bersisik sebab produksi mukus yang seharusnya didukung oleh retinol AE dan juga berbagai jenis vitamin A lainnya akan terhambat
  • proses penyembuhan luka menjadi lama karena kesehatan jaringan terganggu
  • menghambat pertumbuhan, karena retinol AE bersama dengan vitamin A lainnya berperan besar mendukung pertumbuhan tulang

Beberapa masalah di atas akan Anda alami jika asupan retinol AE kurang. Sementara itu, asupan retinol AE yang berlebihan ternyata juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Adapun beberapa masalah yang dialami apabila asupan retinol AE berlebihan adalah:

  • kepala pusing
  • kesehatan rambut terganggu, rambut rontok
  • kulit mengalami iritasi
  • emosi menjadi tidak stabil dan mudah marah
  • gangguan pada hati (karena berbagai jenis vitamin A disimpan di dalam hati)
  • penglihatan menjadi kabur
  • kulit, telapak tangan, dan telapak kaki berwarna kuning
  • bayi lahir cacat, dalam kasus yang lebih parah bisa menyebabkan keguguran

Kasus kelebihan asupan retinol AE dan juga vitamin A di Indonesia sangat jarang terjadi. Kebanyakan kasus menunjukkan orang Indonesia kurang mendapatkan asupan nutrisi termasuk retinol AE. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyak orang Indonesia yang berada pada garis kemiskinan, selain itu, pola hidup tidak sehat dan juga sering melakukan diet dengan cara yang salah juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, termasuk retinol AE.

Makanan yang Mengandung Retinol AE

Kasus kelebihan retinol dan juga vitamin A biasanya terjadi karena seseorang mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin A. Karena itu, untuk menghindari kasus kelebihan retinol AE, ada baiknya Anda memperoleh manfaat retinol AE dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

  • wortel
  • jagung kuning
  • ubi jalar
  • kacang merah
  • bayam
  • daun talas
  • bayam merah
  • kacang panjang
  • labu kuning
  • sawi
  • pisang
  • apel
  • tomat
  • jeruk
  • aprikot
  • mangga

Selain memperoleh manfaat retinol AE, dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayur dan buah di atas Anda juga akan mendapatkan bonus tubuh yang lebih sehat karena beberapa jenis makanan di atas tidak hanya mengandung retinol AE, tetapi juga berbagai jenis nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan juga berbagai jenis senyawa bermanfaat lainnya.

, , ,
Post Date: Sunday 22nd, May 2016 / 20:33 Oleh :
Kategori : Vitamin