Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Fungsi Vitamin B Kompleks

ads

Vitamin B adalah salah satu vitamin yang diperlukan bagi semua orang. Semua vitamin itu memiliki kelebihan dan keunggulannya masing masing. Vitamin B tersebut terdiri dari beberapa vitamin B dan bisa dikatakan vitamin B memiliki jenis bermacam macam. Kumpulan dari semua jenis vitamin B tersebut dinamakan sebagai vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B7, biotin, kolin dn inositol. Semua vitamin yang termasuk dalam vitamin B kompleks tersebut memiliki fungsi yang hampir sama di dalam tubuh manusia. Manfaat dan fungsi tersebutlah yang harus diketahui oleh semua masyarakat sebab saat ini banyak masyarakat yang tidak mencukupi kebutuhan akan vitamin B dengan benar. Berikut ini adalah fungsi vitamin B yang harus kita semua ketahui :

  1. Menciptakan Energi

Orang yang kekurangan energi dan merasakan lesu setiap hari bisa saja di dalam dirinya kekurangan vitamin B. Hal itu dikarenakan fungsi vitamin B salah satunya adalah menciptakan energi di dalam tubuh manusia. Hal itu dikarenakan vitamin B yang masuk ke dalam tubuh kita bisa mengubah karbohidrat yang ada di dalam tubuh berubah menjadi glukosa. Orang yang tidak mencukupi kebutuhan vitamin B yang ada di dalam tubuhnya bisa menyebabkan pengubahan glukosa dari karbohidrat yang dimakan manusia lebih lamban. Vitamin B yang bisa menciptakan energi ini adalah vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan yang terakhir adalah vitamin B7.

Baca : Efek bahaya minuman energiPenyebab kaki lemas tak bertenaga

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Saraf

Fungsi dari vitamin B lainnya adalah menjaga kesehatan saraf dan juga kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan vitamin B tersebut berguna untuk menjaga kelenjar adrenal agar bisa bekerja dengan baik. Kelenjar adrenal tersebut berguna untuk menghasilkan hormon yang bisa digunakan untuk mengatur saraf manusia. Vitamin B yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menjaga kesehatan saraf adalah vitamin B1, vitamin B6 dan juga vitamin B12. Semua vitamin tersebut bermanfaat sebagai pengatr kesehatan saraf dan pengatur kerja saraf agar saraf bisa bekerja dengan benar. Salah satu sistem saraf yang dijaga kesehatannya adaah sitem saraf otak. Tentu kita semua tahu betapa pentingnya sistem saraf yang ada di otak tersebut. Jika saraf otak sedikit saha mengalami masaah, manusia akan terganggu kesehatannya dan keseimbangan tubuh juga terganggu.

Baca : Kesehatan sistem saraf otakJenis kelainan saraf

  1. Membantu Memproduksi Sel Darah Merah

Fungsi vitamin B yang patut untuk kita ketahui selanjutnya adalah vitamin B khususnya vitamin B6 sangat berguna untuk memproduksi sel darah merah. Orang yang kekurangan vitamin B6 akan mudah sekali terkena anemia. Orang yang anemia akan membahayakan kesehatan. Ketika jumlah sel darah merah tidak tercukupi, maka tubuh akan kekurangan oksigen. Tubuh yang kekurangan oksigen akan mudah sekali mengalami gangguan dan juga mengalami kegagalan fungsi organ. Semua organ yang ada di dalam tubuh manusia membutuhkan sel darah merah untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca : Tanda tanda anemiaObat anemia aplastik herbal

  1. Mencegah Kecacatan Janin

Fungsi vitamin B lainnya adalah untuk mencegah kecacatan janin. Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi vitamin B ini bisa memiliki bayi yang cacat. Vitamin B yang bisa mencegah kecacatan janin adalah vitamin B9. Vitamin B9 disebut juga dengan asam folat. Kecacatan yang bisa disebabkan karena tidak mengkonsumsi vitamin ini adalah kecacatan yang ada di bagian tabung saraf janin. Janin yang kekurangan  vitamin B9 ini akan memiliki perkembangan otak yang tidak maksimal. Jika otak tidak berkembang secara maksimal akibatnya janin bisa mengalami berbagai macam masaah dengan daya pikir, daya ingat bahkan bisa mengalami cacat mental bahkan lemah mental.

Baca : Perbedaan sakit jiwa dan lemah mentalPerbedaan sakit fisik dan sakit mental

sponsored links
  1. Menenangkan

Fungsi dari vitamin B lainnya adalah bersifat menenangkan, hal itu dikarenakan jika seseorang kekurangan vitamin B tersebut mudah merasakan stres, depresi dan mudah berkeluh kesah. Kelenjar hormon di dalam tubuh manusia tidak diproduksi secara sempurna dan hormon itu tidak bisa dikendalikan. Efeknya adalah orang tersebut jadi mudah stres, depresi dan mudah berkeluh kesah.

Baca : Cara menghilangkan stresPenyebab stres berkepanjangan

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Fungsi vitamin B lainnya adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B tersebut juga bermanfaat untuk menghindari gangguan pencernaan dan masalah pencernaan. Mengkonsumsi vitamin B secara teratur bisa digunakan untuk menghindari gangguan pencernaan seperti diare, sembelit dan masih banyak lagi lainnya. Vitamin B yang masuk ke dalam tubuh bisa meringankan kinerja organ pencernaan sebab vitamin tersebut mampu memproduksi asam klorida. Asam klorida tersebut berguna untuk membantu lemak dan protein terpecah secara sempurna. Kekurangan vitamin itu bisa menyebabkan proses pemecahan lemak, protein dan juga kerbohidrat tidak berjalan dengan sempurna. Vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin B6.

Baca : Vitamin B12Akibat kelebihan vitamin B kompleks

  1. Menyehatkan Rambut dan Kuku

Rambut dan kuku merupakan organ yang ada di dalam tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya. Terutama bagi wanita, penting sekali untuk menjaga kesehatan rambut dan juga kukunya. Rambut dan kuku yang tidak terjaga kesehatannya akan mudah sekali patah dan juga rontok. Alasan vitamin B sangat bagus untuk kesehatan kuku dan rambut dikarenakan vitamin B tersebut bermanfaat bagi RNA, DNA dan juga reproduksi sel yang ada di dalam tubuh manusia. Kuku dan rambut pada orang yang suka mengkonsumsi vitamin B tersebut akan terus beregenerasi dan sel sel nya akan memperbarui diri akibatnya rambut dan kuku yang rajin memperbarui diri tersebut akan sehat bebeda dengan rambut dan kuku yang tidak pernah beregenerasi. Vitamin B yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kuku adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B7 dan juga kolin. Berbagai macam masalah rambut dan kuku bisa diatasi dengan mencukupi kebutuhan vitamin B tersebut. Penyakit yang bisa dihindari adalah kuku pecah, rambut rontok, cantengan dan masih banyak lagi lainnya.

Baca : Penyakit yang menyebabkan rambut rontokBahaya rambut rontok berlebihan

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Fungsi dari vitamin B lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah manusia. Kadar kolesterol jahat tersebut jika dibiarkan terlalu lama di dalam tubuh manusia berakibat fatal. Misalnya saja bisa menyebabkan pengentalan darah yang nantinya akan merusak ginjal dan lain sebagainya. Mengkonsumsi vitamin B ini berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam darah manusia, sebaliknya kadar kolesterol yang jahat pun akan dikurangi dan menurun setelah mengkonsumsi vitamin B ini. Sayangnya mengkonsumsi vitaamin B ini secukupnya saja, jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya sebab sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus untuk kesehatan.

  1. Menghindarkan Dari Penyakit Beri Beri

Orang yang kekurangan vitamin B akan mudah sekali terkena penyakit beri beri.  Penyakit beri beri ini bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Penyakit ini biasanya bisa menyerang orang yang kekurangan gizi dan kecukupan gizi. Beri beri adalah peyakit yang sering menyerang betis manusia. Meski identik dengan kaki, namun beri beri ini pun bisa menyerang jantung dimana ciri cirinya aadalah merasakan sakit di ulu hati, sesak nafas dan jantung berdebar tidak teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Bagi anda yang ingin menjaga kecantikan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi. Hal itu dikarenakan di dalam makanan yang bergizi banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Salah satunya adalah vitamin B2 atau biasa yang disebut dengan riboflavin. Vitamin ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Hal itu dikarenakan vitamin B tersebut bisa menyehatkan syaraf mata. Untuk kulit vitamin tersebut berguna untuk menjaga regenerasi sel sel kulit manusia. Kulit manusia yang sering beregenerasi bisa terhindar dari kusam, kulit kering dan berbagai macam penyakit kulit seperti dermatitis.

Baca : Cara mencegah dermatitisCiri ciri dermatitis

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat vitamin B lainnya yang perlu kita ketahui adalah bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Hal itu dikarenakan vitamin B bisa digunakan untuk menjaga kesehatan saraf, menjaga kesehatan darah, menjaga kadar kolesterol di dalam darah agar stabil. Jika semua komponen kesehatan tersebut dalam kondisi baik maka kesehatan jantung pun bisa terjaga. Misalnya saja adalah jika saraf tersebut mengalami gangguan, saraf dan dinding otot jantung itu bisa lemah dan menyebabkan penyakit kelainan jantung. Begitupula saat seseorang terkena kolesterol tinggi, kadar kolesterol yang tinggi itu bisa menyebabkan pembuluh darah di jantung mengalami penyumbatan. Oleh sebab itu penyakit jantung tidak bisa terelakkan kembali bahkan jantung koroner pun bisa terjadi pada orang yang menderita kolesterol tinggi ini.

Baca : Obat herbal untuk kolesterol tinggiMakanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol

  1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Fungsi vitamin B adalah mengurangi resiko terkena kanker payudara. Salah satu jenis vitamin B yaitu vitamin B12 berguna untuk mengurangi resiko terkena kanker. Oleh sebab itu jika seseorang memiliki genetik kanker sebaiknya mencukupi kebutuhan akan vitamin B. Ingat, cukup berbeda dengan berlebihan. Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan dampaknya tidak bagus bagi kesehatan.

  1. Membentuk Hemoglobin

Hemoglobin sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, selain bisa digunakan untuk memproduksi sel darah merah vitamin B ini bisa digunakan untuk pembentukan hemoglobin. Hemoglobin itu sangat bermnfaat dalam pembentukan sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia. Jika hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah tidak cukup akibatnya adalah produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh pun akan menjadi berkurang.

Baca : Cara mengobati batuk berdarah

Bahaya Kelebihan Vitamin B Kompleks

Sesuatu yang berlebihan itu justru berbahaya bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adaah contoh bahaya kelebihan vitamin B kompleks yang harus kita semua waspadai :

  1. Kompikasi Jantung dan Hati

Kadar vitamin B kompleks yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh justru memberatkan kinerja jantung dan juga hati. Jantung menjadi berdebar tidak menentu dan fungsi hati menjadi terganggu. Hati tidak bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh secara sempurna sehingga racun sisa metabolisme itu justru mengendap di dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Diabetes

Vitamin B kompleks memang bisa digunakan untuk menguraikan karbohidrat menjadi gula. Sayangnya terlalu banyak memecah karbohidrat menjadi gula justru akan membuat orang tersebut tekena diabetes. Gula yang banyak menumpuk di dalam darah manusia bisa menyebabkan orang tersebut terkena diabetes. Apalagi jika orang tersbeut malas bergerak dan malas beraktivitas. Orang tersebut akan menumpuk gula darah di dalam tubuhnya.

Baca : Cara mencegah penyakit kencing manisPenyebab diabetes mellitus

Itulah berbagai macam fungsi vitamin B dan bahaya kelebihan vitamin B kompleks. Mengkonsumsi vitamin B dan juga makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks memang bagus untuk kesehatan, namun jangan sampai berlebihan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 13:27 Oleh :
Kategori : Vitamin