Sponsors Link

7 Akibat Kelebihan Vitamin B Kompleks Berdasarkan Jenisnya

Sponsors Link

Vitamin B kompleks merupakan sekelompok vitamin B yang semuanya memiliki khasiat istimewa masing-masing bagi tubuh. Vitamin B kompleks meliputi vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (pantothenic acid atau asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxamine), vitamin B9 (folic acid atau asam folat), vitamin B12 (cyanocobalamin), vitamin B7 (biotin), kolin, dan inositol. Hampir semua proses dalam tubuh memerlukan manfaat dari vitamin B kompleks. Vitamin B bekerja secara bersama dalam satu proses, antara vitamin B jenis yang satu dengan jenis yang lainnya.

ads

Jadi kekurangan salah satu jenis vitamin B akan menyebabkan adanya ketimpangan atau ketidakseimbangan. Sebagian besar vitamin B kompleks memiliki sifat yang larut dalam air. Hasil sisa dari konsumsi vitamin B yang berlebih akan dikeluarkan melalui urine. Vitamin B merupakan vitamin yang esensial, artinya vitamin ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan juga menyimpannya. Vitamin B harus diasup oleh tubuh setiap hari. Berbagai makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung vitamin B, misalnya:

  • Nasi dan gandum mengandung vitamin B1.
  • Kedelai mengandung vitamin B2.
  • Jagung atau biji-bijian mengandung vitamin B6.
  • Ikan, keju, susu, ayam dan produk hewani mengandung vitamin B12.
  • Ikan juga mengandung vitamin B7.
  • Shiitake mengandung vitamin B5.

Itulah beberapa contoh makanan sehari-hari yang mengandung vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Namun sebenarnya apa saja manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh, berikut akan diulas mengenai manfaat vitamin B untuk tubuh.

Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses-proses yang terjadi dalam tubuh. Namun tubuh tidak sanggup untuk menyimpan dan menghasilkan vitamin B sendiri sehingga kebutuhan vitamin B murni kita diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin B tidak boleh diabaikan. Berikut ini beberapa manfaat dari vitamin B kompleks bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  • Memproduksi energi. Vitamin B1 diperlukan oleh tubuh untuk membantu mengubah karbohidrat dari makanan menjadi glukosa. Vitamin B diperlukan pada tingkat sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Untuk manfaat ini dibutuhkan vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan juga vitamin B7. Kekurangan vitamin B ini dapat menyebabkan kekurangan produksi energi yang dapat membuat tubuh menjadi lesu dan cepat lelah.
  • Sistem saraf dan tubuh yang sehat. Vitamin B juga sangat penting untuk kesehatan dan juga fungsi sistem saraf tubuh. Vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 sangat penting untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar.
  • Pencernaan yang baik. Vitamin B kompleks sangat penting dalam menjaga pencernaan dengan membantu produksi HCl (asam klorida), membantu pemecahan lemak, protein, dan karbohidrat. Terutama yang digunakan untuk membantu fungsi pencernaan antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. [baca juga: kesehatan pencernaangangguan pencernaan]
Sponsors Link

Seperti yang dijelaskan bahwa vitamin B merupakan vitamin yang esensial yang tidak dapat disimpan dan diproduksi oleh tubuh. Vitamin ini hanya dapat diperoleh melalui asupan makanan yang dikonsumsi. Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh untuk setiap hari dan akan dikeluarkan ketika ada kelebihan. Kelebihan vitamin B yang amat sangat akan memiliki dampak buruk bagi tubuh. Dampak yang akan diterima berbeda berdasarkan jenis vitamin B yang dikonsumsi. Berikut penjelasan mengenai akibat kelebihan vitamin B kompleks :

1. Akibat kelebihan vitamin B1 (Thiamin)

Thiamin dapat menyebabkan reaksi alergi, walaupun sangat jarang terjadi. Hal ini dapat mengakibatkan bercak kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Dalam kondisi yang serius, seseorang akan mengalami sakit kepala, wajah atau lidah membengkak, susah bernapas, menjadi penyebab dada sesak, dan warna kulit berubah. Selain itu, dapat menimbulkan rasa mual, gelisah, dan berkeringat.

baca juga: cara tes alergipenyebab alergi kulitcara menghilangkan alergiobat alergi gatal

2. Akibat kelebihan vitamin B2 (Riboflavin)

Jika terlalu berlebih mengonsumsi makanan yang mengandung banyak riboflavin maka yang umum terjadi adalah air seni berwarna kuning. Hal ini sangat umum terjadi dan tidak berbahaya. Namun dalam dosis yang lebih tinggi, riboflavin akan mengakibatkan sering buang air kecil dan diare. Inilah yang dapat menyebabkan efek samping lainnya. Akibat yang lebih serius adalah adanya reaksi alergi yang bisa menimbulkan rasa gatal, kesulitan bernapas, serta pembengkakan pada bagian wajah, bibir, lidah dan tenggorokan.

3. Akibat kelebihan vitamin B3 (Niacin)

Niacin menyebabkan efek samping yang umum yaitu terjadinya kemerahan pada kulit (pembilasan) yang berlangsung selama beberapa jam. Seiring dengan pembilasan kulit, juga kemungkinan mengalami kesemutan, terbakar, berkeringat, atau kedinginan. Kelebihan vitamin ini juga akan mengakibatkan kepala sering pusing, diare, sakit perut, mual dan muntah, serta mulas.

Jika kelebihan sudah parah maka dapat mengakibatkan detak jantung tidak teratur, sakit kepala terus menerus, nyeri sendi, pembengkakan lengan atau kaki, dan penglihatan kabur. Efek yang terjadi namun sangat jarang adalah tinja berdarah atau hitam, nyeri perut, mual dan muntah terus menerus, nyeri otot dan sendi, dan mata menguning. Selain itu efek alergi seperti yang terjadi pada kelebihan jenis vitamin lainnya juga akan terjadi.

baca juga: sering kesemutanbahaya kesemutankepala kesemutanmuka kesemutanlidah kesemutan

Sponsors Link

4. Akibat kelebihan vitamin B5 (Asam pantotenat)

Akibat kelebihan asam pantotenat adalah diare. Selain itu, memiliki efek reaksi alergi dan pembengkakan seperti kasus kelebihan vitamin yang lainnya.

5. Akibat kelebihan vitamin B6

Umumnya vitamin ini tidak akan menimbulkan efek samping. Namun dalam beberapa kasus terjadi sakit perut, kesemutan, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan akibat kelebihan vitamin jenis ini. Kelebihan vitamin ini jika dibiarkan terus menerus akan meningkatkan risiko gangguan otak dan saraf. Dalam kasus yang langka, akan mengalami mati rasa pada bagian tubuh yang berbeda dan dapat membuat seseorang sulit untuk mengendalikan tubuh. Kelelahan yang amat sangat juga dapat timbul.

6. Akibat kelebihan vitamin B9

Kelebihan vitamin ini dapat menyebabkan risiko serangan jantung pada orang yang memiliki gangguan jantung. Ada juga temuan yang mengatakan kelebihan vitamin jenis ini dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kanker prostat.

baca juga: gejala serangan jantungpertolongan pertama serangan jantung

7. Akibat kelebihan vitamin B12

Vitamin jenis ini tergolong aman, walaupun dapat menimbulkan diare dan gatal-gatal. Efek paling parah yang terjadi adalah adanya reaksi alergi seperti kelebihan vitamin B jenis lain.

Demikian beberapa akibat yang ditimbulkan oleh adanya kelebihan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks memang baik bagi tubuh, namun jika jumlahnya berlebih tentu akan mengganggu kesehatan. Begitu pula sebaliknya akibat kekurangan vitamin B kompleks juga akan buruk untuk tubuh. Dengan demikian, konsumsi vitamin dengan tepat dan sesuai tanpa menambah asupan suplemen vitamin jika tidak diperlukan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 05th, June 2016 / 18:22 Oleh :
Kategori : Vitamin