20 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan gizi rubuh, vitamin tidak bisa diproduksi di dalam tubuh atau dengan kata lain harus mendapatkan asupan dari luar supaya tubuh mendapatkan vitamin yang sesuai. Nama vitamin sendiri terdiri dari 2 kata yang berasal dari bahasa latin yaitu kata “vita” yang berarti hidup dan “anima” yang berarti sebuah gugusan organik, dimana didalamnya terkandung atom nitrogen (N).

Hal ini disebabkan karena pada zaman dahulu memang dipercaya vitamin mengandung atom nitrogen. Namun seiring dengan berjalannya waktu dimana penelitian sudah sedemikian pesatnya, diketahui bahwa ternyata di dalam vitamin tidak terdapat atom Nitrogen.

Jenis Vitamin dalam Keilmuwan

Menurut pandangan dari ahli enzim (ilmu yang mempelajari enzim disebut sebagai enzimologi) mengatakan bahwa vitamin merupakan senyawa kofaktor yang terdapat dalam sebuah reaksi kimia, yang selanjutnya di katalisasi menjadi sesuatu enzim baru. Nah, senyawa enzim ini sangat diperlukan oleh tubuh sebagai bahan atau sumber metabolisme dalam tubuh sehingga, dapat melakukan pertumbuhan dan perkembangan secara lebih optimal.

Setidaknya terdapat 13 jenis vitamin yang diperlukan tubuh sebagai bahan metabolisme supaya tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. 13 jenis vitamin tersebut adalah vitamin A, C, D, E, K, B, B6, B12, niasin, tiamin, fiboflavin, asam pantonetat dan asam folat. Vitamin sangat penting untuk tubuh meskipun di dalam tubuh hanya mampu memproduksi provitamin (calon vitamin) D dan K saja. selanjutnya tubuh membutuhkan asupan vitamin dari luar seperti makanan dan minuman bahkan untuk dapat memproduksi vitamin D, tubuh memerlukan sinar matahari pada pagi hari.

Vitamin D

Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai vitamin D secara khusus. Dimulai dari apa itu vitamin D? vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat dengan mudah di dapatkan dari sumber makanan dan minuman sehari-hari. Biasanya yang terdapat banyak sumber vitamin D ada di dalam makanan dan minuman hewani diantaranya seperti telur, keju, susu, daging dan ikan. Vitamin D sangat baik untuk tubuh terutama untuk bagian tulang dan gigi. Karena memang bagian tersebut yang paling banyak membutuhkan vitamin D.

Cara yang sangat efektif untuk mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin D dalam tubuh salah satunya adalah dengan cara memaparkan tubuh pada sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Hal ini disebabkan karena sinar matahari pada pagi hari mengandung sinar ultraviolet yang mengandung banyak vitamin D. jadi anda tidak perlu takut berjemur di bawah sinar matahari langsung karena tidak akan membuat kulit hitam namun justru menyehatkan tubuh terutama untuk cara menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Akibat kekurangan vitamin D dalam tubuh

Di dalam tubuh manusia sebenarnya sudah ada provitamin D namun akan sempurna menjadi vitamin D jika dilakukan pemantapan dengan menggunakan asupan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Karena sangat pentingnya vitamin D ini dalam tubuh maka akan sangat berbahaya jika tubuh kekurangan vitamin D. anda dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah atau dosis yang telah ditentukan untuk setiap usia.

Kebutuhan vitamin D harian (daily value) pada usia 9 hingga 70 tahun disepekati oleh institute of medicine berkisar pada angka 600 IU perharinya hingga tidak lebih dari 4000 IU dalam seharinya. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2010 dan sampai saat ini menjadi acuan utama dalam ketentuan asupan vitamin D yang tepat. Lalu kir-kira apa saja dampak yang bisa timbul jika tubuh kekurangan vitamin D? selengkapnya simak berikut ini :

1. Betis O atau X


Jika di dalam tubuh mengalami kekurangan vitamin D akan menyebabkan bentuk kaki dan betis menjadi melengkung hingga menyerupai O dan X. hal ini disebabkan karena tulang kaki tidak mendapatkan asupan vitamin D sebagai pembentuk tulang. Disempurnakan dengan konsumsi makanan yang mengandung kalsium.

2. Osteomalasia

Merupakan kondisi dimana tulang mengalami pelapukan dan pengeroposan dan terjadi pada saat usia muda. Oleh karena itu untuk para remaja juga harus mewaspadai adanya penyakit yang satu ini.

3. Osteoporosis

Hampir sama dengan penyakit osteomalasia yang merupakan kondisi dimana terjadi pengapuran dan pengeroposan tulang namun biasanya ini terjadi pada orang yang sudah tua. Orang yang sudah masuk dalam menepouse akan sangat beresiko terkena osteoporosis karena kalsium dalam tulang lambat laun akan menghilang sehingga membuat tulang menjadi rapuh. Kabar buruknya penyakit osteoporosis ini lebih mungkin terjadi pada wanita diibandingkan dengan pria. Namun anda juga tidak perlu terlalu khawatir karena osteoporosis dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D saat masih mudah dan dengan melakukan olahraga yang bisa memperkuat tulang seperti jalan dan yoga.

Berikut ini sejumlah bahaya kekurangan vitamin D lainnya :

  1. Kejang otot dan kerusakan gigi
  2. Kanker penyakit jantung
  3. Darah tinggi
  4. Sindrom metabolic dan diabetes
  5. Penyakit Parkinson
  6. Periodontal disease (salah satu jenis penyakit yang menyerang di bagian gigi dan mulut)
  7. Depresi dan seasonal affective syndrome
  8. Penyakit autoimmune multiple sceloris
  9. Sindrom kelelehan yang sudah kronis
  10. Fibromyalgia
  11. Bursitis
  12. Nyeri badan atau pegal yang sangat terasa atau yang sudah kronis
  13. Rheumatoid arthritis

Meskipun vitamin D sangat baik untuk tubuh dan tubuh akan terasa lebih lemas jika kekurangan vitamin D, namun mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah yang berlebihan pun sangat tidak baik pula. Beberapa penyakit yang bisa muncul karena kelebihan vitamin D ini antara lain dehidrasi, muntah-muntah, mual dan diare serta bisa menyebabkan beberapa penyakit yang lebih serius yaitu seperti penyakit jantung dan batu ginjal.

Hal ini disebabkan karena tubuh menyerap terlalu banyak kalsium dibandingkan dengan yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. kemudian hal tersebut akan memicu terjadinya penyebab batu ginjal bahkan kencing batu dari kalsium yang tidak terserap tubuh tersebut. Jadi, lebih baik untuk mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah yang normal dan sesuai dengan batasannya saja.

Manfaat vitamin D

Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang bisa diproduksi di dalam tubuh dan akan sangat efektif dalam mendapatkan vitamin D jika membiarkan tubuh terkena matahari saat pagi hari yang tidak terlalu panas karena bisa membantu kalsium dalam menyerap vitamin D dalam tubuh. namun sebaiknya anda tidak berjemur di bawah sinar matahari pada siang bolong pada jam 12 siang ke atas karena bisa membuat kulit anda terbakar. Hal ini disebabkan karena sinar matahari pada jam 12 siang sangat panas dan berada di atas kepala sehingga mampu menggosongkan kulit. Jika anda keluar rumah pada siang hari sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen.

Manfaat vitamin D adalah berikut ini:

  • sebagai cara untuk meningkatkan penyerapan kalsium dari saluran pencernaan serta membantu penyimpanan kalsium di dalam tulang dan gigi supaya tulang dan gigi bisa menjadi lebih kuat
  • Vitamin D juga bisa membantu menurunkan berbagai jenis resiko penyakit kanker
  • memperkuat sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh
  • mengurangi resiko penyakit jantung
  • vitamin D juga bisa mencegah tubuh terkena flu
  • mengurangi resiko terkena penyait multiple sceloris
  • dan bisa mencegah penyakit lainnya baik yang berhubungan dengan tulang atau tidak

Makanan yang Dijadikan Sumber Vitamin D

Berikut ini ada beberapa bahan makanan dan minuman yang dapat anda gunakan sebagai sumber asupan dari vitamin D :

  • Minyak Ikan Cod – minyak hasil ektrak dari ikan kod ini sangat kaya akan vitamin D dan sudah dikenal oleh banyak kalangan sebagai sumber vitamin D yang tinggi. Di dalam satu sendok teh minyak ikan kod, para ahli menyebutkan bahwa terdapat 800 IU atau setara dengan 83% kebutuhan vitamin D dan kalsium.
  • Ikan yang berlemak – jenis ikan yang berlemak memang memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi diantaranya adalah ikat trout, ikan salmon, ikan tenggiri, ikan herring, ikan tuna dan ikan todak. Dalam 100 gram ikan tersebut terdapat 759 IU yang bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin D dan kalsium harian.
  • Jamur potabela – Dalam setiap 100 gram jamur portabella mengandung 446 IU atau setara denga 70% kebutuhan kalsium dan vitamin D harian dalam tubuh. Jamur portabella ini bisa diolah dengan berbagai jenis masakan yang sangat disukai banyak orang terutama anak-anak yang tidak nafsu makan.
  • Tahu – Tahu yang merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia ini bisa dijadikan aneka berbagai makanan dengan cita rasa yang khas. Di dalam tahu terdapat setidaknya 157 IU dalam setiap 100 gramnya.
  • Kaviar – Kaviar merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dari jenis ikan tertentu yang digarami. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan sturgeon yang mengandung vitamin D tinggi sebanyak 117 IU atau setara dengan 20% kebutuhan kalsium dan vitamin D harian dalam tubuh.

, , ,
Post Date: Monday 14th, December 2015 / 06:47 Oleh :
Kategori : Vitamin