Sponsors Link

Threonin : Pengertian – Manfaat – Sumber Makanan – Efek Kelebihan dan Kekurangan    

ads

Threonin merupakan salah satu jenis asam amino esensial sehingga tubuh Anda tidak mampu membuat threonin sendiri. Threonin akan disimpan dalam beberapa organ penting tubuh seperti otot, sistem syaraf dan hati. Anda bisa mendapatkan sumber threonin dari berbagai jenis makanan. Threonin akan membuat tubuh kita memiliki kesehatan yang lebih baik serta bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kekurangan threonin juga bisa menyebabkan penyakit jangka panjang. Keseimbangan threonin dalam tubuh harus dipelihara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Threonin untuk Kesehatan Tubuh

  1. Pembentukan Tulang dan Gigi

Threonin sangat penting untuk membantu tubuh dalam mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Bahkan asam amino ini sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi sejak masih dalam kandungan. Threonin akan bekerja bersama dengan kalsium, vitamin K dan mineral lain dalam memelihara kepadatan dan fungsi tulang serta gigi. (baca juga: cara mencegah tulang keropos secara alami – bahaya gigi berlubang jika dibiarkan)

  1. Mengendalikan Sistem Kesehatan Tubuh

Threonin sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh termasuk untuk menjaga fungsi organ tubuh tetap normal. Beberapa organ seperti jantung, sistem pembuluh darah, fungsi hati dan sistem pusat bisa mengalami gangguan. Threonin akan menjaga agar semua organ tersebut bisa berfungsi dengan baik sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit.

Cara memelihara kesehatan tubuh:

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Threonin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu tubuh dalam menghasilkan antibodi yang lebih kuat. Antibodi akan membantu tubuh ketika tubuh Anda terkena infeksi dari bakteri, jamur atau sumber virus. Asam amino ini akan membuat tubuh kebal terhadap penyakit dan kuat. (baca juga: Cara meningkatkan antibodi dalam tubuh agar tidak mudah sakit)

  1. Mempertahankan Protein dalam Tubuh

Threonin sangat penting untuk membantu mempertahankan protein dalam tubuh. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan bahkan membantu tubuh menghasilkan kolagen yang bisa membuat kulit menjadi elastis. Threonin akan membuat kondisi kulit Anda menjadi lebih elastis dan sehat. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein bagi tubuh – cara mengatasi kekurangan protein secara alami – protein : pengertian – jenis – manfaat – efek kekurangan dan kelebihan)

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Threonin sangat penting untuk menjaga kesehatan hati, mengurangi lemak dalam hati, dan menjaga aktifitas hati agar tetap berfungsi dengan baik. Gangguan kesehatan hati sering menyebabkan kondisi kesehatan yang fatal seperti sirosis hati dan penyakit akibat gangguan fungsi hati . Hati sangat penting untuk menyaring racun dalam tubuh sehingga tubuh Anda tetap sehat. Selain itu lakukan beberapa cara mencegah kerusakan hati secara alami agar tubuh tetap sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Threonin juga penting untuk memelihara kesehatan mental. Cara ini membantu tubuh ketika mental atau kondisi psikologis mengalami gangguan. Stres dan tekanan berlebihan menyebabkan masalah kesehatan karena secara langsung akan membuat kondisi fisik menjadi lebih lemah dan mudah terserang penyakit. (baca juga: cara menjaga kesehatan mental – penyebab dan gejala)

Sponsors Link

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Threonin sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan syaraf. Sistem syaraf mengendalikan berbagai fungsi tubuh. Gangguan kekurangan nutrisi tertentu bisa membuat masalah kesehatan syaraf seperti gangguan tremor dan penyakit neurotransmiter. Masalah kesehatan syaraf sering menyebabkan gangguan terutama untuk orang lanjut usia. (baca juga: jenis jenis penyakit syaraf dan gejalanya)

  1. Membantu Proses Metabolisme Lemak

Threonin sangat penting untuk membantu proses metabolisme lemak dalam tubuh. Threonin akan menghilangkan lemak dalam hati sehingga membantu fungsi hati tetap sehat. Lemak yang berlebihan dalam tubuh juga tidak sehat karena bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Threonin akan memecah lemak menjadi sumber energi dengan bantuan enzim dan hormon tubuh. (baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat – penyakit penumpukan lemak di hati paling berbahaya)

  1. Menjaga Fungsi Pencernaan

Threonin akan bekerja dengan mineral, serat dan enzim untuk menjaga fungsi pencernaan. Threonin akan membantu fungsi usus agar menjadi lebih sehat, mencegah mual, diare, dan berbagai gangguan pencernaan lain. Bahkan threonin akan membantu untuk mencegah luka atau bisul pada bagian usus. (baca juga: sariawan usus – gejala, penyebab dan perawatan – gangguan pencernaan pada tubuh manusia dan cara pencegahannya)

  1. Membantu Penyembuhan Luka dan Cedera

Kadar threonin yang tinggi dalam tubuh bisa membantu tubuh dalam menyembuhkan luka atau cedera. Mekanisme threonin dalam tubuh akan membuat kekebalan tubuh meningkat. Hal ini yang bisa meningkatkan fungsi jaringan, syaraf dan metabolisme menjadi lebih baik. Bagi atlet yang baru cedera atau luka, maka threonin bisa meningkatkan fungsi tubuh untuk memulihkan luka atau cedera tersebut. (baca juga: penyebab luka tidak cepat kering dan cara pengobatannya – cara mengatasi keseleo pergelangan kaki paling ampuh)

Makanan Sumber Threonin Tinggi

1. Daging Kambing (1729 mg/100 gram)

  • Daging domba menguntungkan untuk kesehatan karena menjadi sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan sumber asam amino penting termasuk threonin.
  • Daging kambing mengandung seng yang bisa memelihara kadar testosteron, zat besi yang baik untuk sel darah merah, dan tembaga untuk membantu metabolisme zat besi.
  • Daging kambing mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga batasi asupan untuk mencegah kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: bahaya daging kambing bagi kesehatan

2. Produk kedelai (1719 mg/100 gram)

  • Produk kedelai mengandung protein yang tinggi, mineral, vitamin dan juga serat yang tidak larut.
  • Tempe sebagai olahan kedelai sangat baik untuk kesehatan karena mengandung mineral, vitamin B, protein dan threonin.
  • Tahu mengandung magnesium, kalsium, zat besi dan protein yang tinggi untuk meningkatkan fungsi pertumbuhan.
  • Bagi penderita asam urat tinggi, maka hindari mengkonsumsi produk kedelai berlebihan. (baca juga: bahaya asam urat tinggi bagi tubuh)

3. Dada Ayam (1438 mg/100 gram)

  • Dada ayam mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat bagus untuk perkembangan otot serta memelihara berat badan.
  • Dada ayam mengandung asam amino seperti threonin dan triptofan yang bisa mengurangi gejala flu serta meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Nutrisi protein dan kalsium dalam daging ayam bisa membantu mencegah kehilangan masa tulang yang sering menyebabkan penyakit osteoporosis.

4. Hati Ayam / Sapi (1322 mg/100 gram)

  • Hati sapi atau ayam mengandung protein tinggi yang bisa menjadi sumber energi, produksi antibodi, dan berbagai asam amino termasuk threonin.
  • Hati sapi mengandung vitamin seperti vitamin B12 yang bisa membantu produksi sel darah merah dan vitamin A yang mendukung fungsi mata.
  • Hati sapi mengandung mineral seperti zat besi yang bisa membantu pertumbuhan, pembelahan sel tubuh dan mencegah anemia.

5. Keju (1317 mg/100 gram)

  • Keju mengandung protein yang sangat baik untuk fungsi otot, organ tubuh, dan semua fungsi kelenjar dalam tubuh.
  • Keju mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Keju juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan penglihatan.
sponsored links

Sumber makanan lain yang mengandung threonin:

  1. Ikan Salmon (1728 mg/100 gram)
  2. Kerang (1099 mg/100 gram) (baca juga: bahaya makanan laut bagi kesehatan)
  3. Kacang-kacangan
  4. Gandum
  5. Jamur
  6. Biji-bijian

Efek Kekurangan Threonin

  1. Kekurangan threonin bisa menyebabkan kondisi agitasi. Agitasi merupakan sebuah masalah yang sangat rumit terjadi pada tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan perasaan tidak menyenangkan, perasaan benci pada diri sendiri. Hal ini bisa membuat penderita merasa gelisah, panik, tidak senang dan bisa merusak waktu produktif. Kondisi ini juga bisa terjadi karena akibat kelebihan dan kekurangan vitamin B1 bagi tubuh.
  2. Kekurangan threonin jangka panjang bisa menyebabkan masalah mental yang berat termasuk kerusakan mental.
  3. Kekurangan threonin juga akan membuat nafsu makan menurun, tidak suka minum, badan menjadi kurus dan mudah terkena berbagai penyakit. (baca juga: cara meningkatkan nafsu makan secara alami)
  4. Orang yang kekurangan threonin juga bisa mengalami gangguan fungsi usus sehingga tubuh kekurangan nutrisi atau gizi serta tidak bisa mengkonsumsi makanan dan minuman dengan baik. (baca juga: akibat kekurangan gizi pada balita, anak dan orang dewasa)
  5. Orang yang kekurangan threonin juga bisa mengalami penumpukan lemak dibagian hati sehingga membuat fungsi hati mengalami penurunan. Gangguan hati ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan karena hati berfungsi untuk menyaring racun.
  6. Kekurangan gizi menjadi masalah yang umum untuk orang yang kekurangan threonin. Kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi sangat kurus dan umumnya mudah terkena penyakit.
  7. Kekurangan threonin juga bisa membuat tubuh kekurangan protein, karena tubuh tidak bisa menyerap protein dengan baik. Hal ini juga bisa menyebabkan dampak pada sistem pertumbuhan tubuh. (baca juga: penyakit akibat kekurangan protein dan ciri-cirinya)
  8. Orang yang kekurangan threonin juga bisa mengalami rambut rontok berlebihan, kulit yang kusam, dan mata merah. (baca juga: bahaya rambut rontok berlebihan – penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah dan kebotakan)

Siapa yang Bisa Terkena Threonin?

  1. Orang yang mengalami depresi berkepanjangan dan tidak mendapatkan perawatan yang baik.
  2. Orang yang menderita penyakit HIV/AIDS (baca juga: bahaya HIV AIDS bagi tubuh penderitanya)
  3. Orang yang mengalami masalah kesehatan otot termasuk penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis)
  4. Orang yang menerapkan sistem diet yang sangat ketat, seperti tidak mengkonsumsi produk hewan dan daging dan bisa menyebabkan penyakit bulimia.
  5. Orang yang menderita penyakit epilepsi.

Efek Kelebihan Threonin

Umumnya kondisi kelebihan threonin sangat jarang terjadi, seperti kasus kekurangan yang hanya terjadi pada penyakit tertentu. Namun orang yang mengkonsumsi threonin berupa suplemen sering mengalami kelebihan threonin. Dampak yang berbahaya dari kelebihan threonin adalah terbentuknya urea yang terlalu tinggi dalam tubuh sehingga membuat tubuh mengalami keracunan amonia.

Threonin merupakan asam amino yang penting untuk tubuh, seperti jenis asam amino lain. Untuk menjaga keseimbangan jumlah threonin dalam tubuh maka konsumsi sumber threonin setiap hari sangat diperlukan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 01:35 Oleh :
Kategori : Protein