Sponsors Link

Hidroksiprolin : Pengertian – Manfaat – Efek Kekurangan dan Kelebihan – Sumber Makanan

ads

Hidroksiprolin masih termasuk dalam keluarga asam amino di mana hidroksipolin ini biasanya dijumpai pada kolagen bersama dengan kandungan prolin. Hidroksiprolin ini berada pada kelompok 7 asam amino yang terkandung di dalam protein. Perlu diketahui bahwa ada 7 kelompok ketika kita mencoba untuk mengenal asam amino lebih jauh dan pembagian ini dibagi atas dasar struktur di mana asam amino tak bisa disintesis maupun dibuat di dalam tubuh, dan asam amino yang bisa dibentuk di dalam tubuh atau dengan kata lain asam amino esensial dan asam amino non esensial.

  1. Kelompok pertama adalah rantai karbon dengan sifat alifatik.
  2. Kelompok kedua terdapat gugus hidroksil.
  3. Kelompok ketiga terkandung atom belerang.
  4. Kelompok keempat terkandung amidanya atau gugus asam.
  5. Kelompok kelima terkandung gugus basa.
  6. Kelompok keenam terdapat kandungan cincin aromatik.
  7. Kelompok ketujuh adalah yang membuat adanya pembentukan ikatan pada gugus amino dengan atom N.

(Baca juga: akibat kelebihan asam amino)

Hidroksiprolin pertama kali diisolasi oleh Hermann Emil Fischer di tahun 1902 dari gelatin hidrolisat. Tiga tahun kemudian, yaitu pada 1905, Hermann Leuchs adalah seseorang yang melakukan proses sintesis campuran rasemat dari 4-hidroksiprolin. Meski bersama dengan prolin keduanya ada pada kolagen, bisa dikatakan bahwa keduanya memiliki perbedaan; beda hidroksiprolin dari prolin bisa dilihat dari eksistensi kelompok hidroksil atau OH yang terikat pada atom karbon gamma. (Baca: akibat kelebihan dan kekurangan asam amino)

Hidroksilasi asam amino prolin oleh enzim prolul hidroksilase bersama dengan sintesis proteinlah yang menghasilkan hidroksiprolin dan lumen dari retikulum endoplasma menjadi tempat di mana reaksi enzim katalis terjadi. Walau memang ada di protein secara tidak langsung, dari semua jenis asam amino, hidroksiprolin memiliki kadar 4 persen yang dijumpai pada jaringan hewan. Kadar tersebut termasuk besar apabila dibandingkan dengan asam amino lainnya.

Bila kita sudah tahu kolagen protein, maka komponen utamanya adalah hidroksiprolin ini yang asalnya dari kolagen mamalia dengan jumlah kadar 13,5 persen bersama dengan prolin bekerja sama untuk menjaga kestabilan kolagen. Glikoprotein didapati pada hidroksiprolin yang dengan kadar yang tinggi dan ini dapat ditemukan di dinding sel tumbuhan. Selain kolagen, hidroksiprolin juga ada pada sejumlah protein dan untuk menentukan kolagen beserta jumlah gelatin, hidroksiprolin akan dimanfaatkan sebagai indikator.

(Baca juga: akibat kelebihan multivitamin)

Rekomendasi Asupan Hidroksiprolin Harian

Pembentukan hidroksiprolin adalah melalui hidroksilasi yang bertempat di saluran pencernaan kita dan proses ini rupanya butuh asam askorbat atau vitamin C sebagai vitamin esensial karena memang tidak dapat dibuat oleh tubuh kita. Proses pencernaan vitamin C, baik dari makanan maupun suplemen perlu dipastikan berjalan dengan baik, maka dengan kata lain kita akan mendapatkan hidroksiprolin dengan memperoleh vitamin C pada kadar yang sesuai.

Sponsors Link

Konsumsi pada kadar yang cukup akan vitamin C tentu akan membantu kita memperoleh hidroksiprolin juga dengan setidaknya 90 mg per harinya menurut Mayo Clinic, dan dosis ini berlaku bagi orang dewasa. Khusus untuk wanita, asupan vitamin C dapat diperoleh sebanyak 75 mg atau maksikmalnya 85 mg jika sedang hamil. Sementara untuk para ibu yang menyusui, 120 mg per hari adalah yang dianjurkan.

(Baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C)

Manfaat Hidroksiprolin

Kolagen protein tak dapat diabaikan karena inilah bagian vital yang akan mendukung kesehatan jaringan kulit manusia. Inilah beberapa manfaat yang akan dirasakan ketika memenuhi asupan hidroksiprolin:

  1. Menyembuhkan Luka

Berada di dalam kolagen, tentu hidroksiprolinlah yang membuat kolagen mampu mengatasi luka apapun di kulit kita. Adanya kandungan tinggi hidroksiprolin, luka akan menjadi cepat sembuh dna pulih karena jaringan kulit bakal terbangun kembali.

(Baca juga: fungsi kolagen bagi kesehatan dan tubuh – penyebab penuaan dini)

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kolagen berperan besar dalam membuat kulit mulus, elastis dan jauh dari kusam serta kerutan. Hidroksiprolin sebagai kandungannya akan mencegah kerusakan kulit serta melawan faktor penyebab kulit mengendur. Proses regeneratif kulit akan terjadi secara cepat dan alami dengan kandungan senyawa ini.

(Baca juga: makanan untuk awet muda)

  1. Membuat Awet Muda

Peran hidroksiprolin di dalam tubuh salah satunya akan senantiasa mendukung kolagen agar tetap stabil sehingga kulit akan senantiasa fleksibel dan kencang. Ini artinya, kulit akan terjaga dari segala garis halus dan membuat kita awet muda. Itulah sebabnya mengapa hidroksiprolin menjadi bahan pada segala produk kecantikan, terutama serum dan krim kulit.

(Baca juga: tips awet muda)

  1. Menghilangkan Stretch Mark

Kondisi kulit yang kurang memuaskan karena adanya stretch mark rupanya juga dapat diatasi asalkan kadar hidroksiprolin di dalam tubuh cukup tinggi. Penampilan kulit yang kurang sedap akibat stretch mark akan dikembalikan secara alami dan bahkan ditingkatkan oleh senyawa hidroksiprolin. Hidroksiprolin ini akan mencari jalan menembus lapisan luar kulit dan mendukung produksi elastin serta kolagen lebih tinggi pada matriks subkutan.

(Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan mineral)

  1. Menjaga Kulit Terhidrasi

Kulit yang kering bisa jadi karena kurang terhidrasi dengan baik, maka tugas hidroksiprolin di sini adalah untuk membuat produksi ceramides meningkat. Ceramides ini dikenal sebagai salah satu jenis molekul lipid yang berperan dalam pencegahan kelembaban yang hilang dari sel kulit kita sehingga kulit akan senantiasa lembab.

Senyawa hidroksiprolin diduga mampu menjadi salah satu pengembang pemutih kulit dan ini masih dalam proses penelitian sebelum menentukan kebenarannya. Konsep yang akan diperkenalkan ini adalah bahwa produk yang dihasilkan mempunyai kemampuan dalam membuat produksi melanin terhambat, begitu juga dengan diferensiasi melanosit. Jenis produk pemutih kulit ini dikatakan dan diharapkan dapat menjadi solusi pada terjadinya kelainan pigmentasi.

(Baca juga: penyakit yang tidak boleh terkena sinar matahari)

Kelainan pigmentasi yang dimaksud tersebut adalah bintik-bintik atau flek akibat paparan cahaya matahari serta chloasma. Ada potensi di mana hidroksiprolin dapat diandalkan pada produk pemutih kulit ini, namun produknya sendiri masih dikembangkan sehingga masih belum jelas apakah hidroksiprolin seluar biasa itu untuk gangguan pigmentasi kulit.

Efek Kekurangan Hidroksiprolin

sponsored links

Dari manfaat dan fungsi hidroksiprolin di atas, sudah bisa ditebak apa saja yang bakal terjadi ketika tubuh kekurangan senyawa satu ini. Justru semakin tingginya hidroksiprolin akan semakin baik bagi tubuh dan kulit, namun jika sampai kekurangan, efek-efek ini yang bakal dialami :

  1. Kolagen Tidak Stabil

Ketika kandungan kolagen di dalam tubuh kurang stabil, kulit kitalah yang akan terkena imbas buruknya. Mungkin kita baru memasuki pertengahan usia 20 atau 30, tapi kulit wajah sudah mulai banyak kerutan, inilah yang dinamakan penuaan dini. Namun ada orang-orang yang walaupun sudah 40-50 tahun ke atas tidaklah tampak setua itu. Ini semua berkat adanya hidroksiprolin, jadi bisa disimpulkan bahwa penuaan dini serta jauh dari awet muda adalah efek dari kolagen yang rendah dan otomatis kandungan hidroksiprolin pun kurang.

(Baca juga: akibat kekurangan kolagen)

  1. Kulit Kering

Ketika di dalam tubuh kadar kolagen tak cukup banyak, ini tandanya hidroksiprolin pun kurang sehingga kulit dapat menjadi kering. Kulit yang normal selalu menunjukkan bahwa kelembabannya terjaga dengan baik, maka kalau kulit kering itu menandakan kulit kurang terhidrasi dan kurang akan ceramides karena ceramides-lah yang berfungsi membuat kulit senantiasa lembab di mana asalnya adalah dari hidroksiprolin.

(Baca juga: cara mencegah eksim)

  1. Luka Tak Kunjung Sembuh

Ketika kulit kita terluka, ada yang sangat lama kering dan sembuhnya, tapi ada juga yang kering dan sembuh tak berbekas dengan cepat. Ini tentu ada kaitannya dengan kandungan hidroksiprolin di dalam tubuh kita. Bila kita kekurangan hidroksiprolin dengan kolagen yang tak stabil, luka yang terjadi di kulit kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

Efek Kelebihan Hidroksiprolin

Tingginya asupan hidroksiprolin atau kolagen diketahui begitu baik dalam mendukung kulit tetap dan semakin sehat. Namun ketika kita memperoleh nutrisi ini dari suplemen dan konsumsinya berlebihan, maka diketahui ada sejumlah kemungkinan efek samping berbahaya.

  • Bau mulut – Ada rasa kurang sedap di dalam mulut yang ditinggalkan oleh beberapa suplemen kolagen oral sehingga memicu napas bau. (Baca juga: cara mengatasi bau mulutcara mencegah bau mulut)
  • Reaksi hipersensitif – Reaksi semacam ini dapat terjadi sebagai sebuah respon dari sistem imun yang justru melawan alergen yang berupa suplemen, obat-obatan maupun makanan/minuman.
  • Kelebihan kalsium – Suplemen kolagen yang dikonsumsi terlalu banyak malah bisa menjadi faktor dari adanya kalsium berlebih di dalam tubuh. Ini kemudian akan memunculkan gejala nyeri tulang, konstipasi, kelelahan, mual-mual, muntah, serta irama detak jantung abnormal. (Baca juga: akibat kelebihan kalsium)

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)

Sumber Hidroksiprolin

Demi memperoleh hidroksiprolin, vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini adalah daftar sumber makanan yang berkandungan vitamin C, kolagen serta hidroksiprolin yang dapat dipertimbangkan untuk lebih sering dikonsumsi:

  1. Jeruk
  2. Kiwi
  3. Stroberi
  4. Kentang
  5. Tomat
  6. Paprika
  7. Markisa
  8. Buah beri.
  9. Ceri
  10. Anggur ungu dan merah.
  11. Aprikot
  12. Buah ara kering.
  13. Kismis
  14. Sayur-sayuran

(Baca juga: makanan sehat untuk kulitmakanan yang mengandung kolagen super tinggi – akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C).

Demi memenuhi kebutuhan hidroksiprolin yang ada di dalam kolagen, tentu mengKonsumsi makanan yang kaya vitamin C serta kolagen itu sendiri amat dianjurkan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 28th, May 2016 / 02:03 Oleh :
Kategori : Protein