Sponsors Link

Alanin : Pengertian – Manfaat – Dosis dan Efek Samping – Makanan

ads

Alanin merupakan senyawa yang tergolong sebagai asam amino non esensial, artinya alanin dapat dihasilkan oleh tubuh. Akan tetapi, kebutuhan alanin yang relatif tinggi ternyata tidak mampu dipenuhi oleh tubuh sehingga kita harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan alanin. Alanin merupakan salah satu jenis asam amino yang paling signifikan di antara 20 asam amino lainnya. Dalam kinerja tubuh kita tentu dibutuhkan energi. Energi tersebut diberikan oleh alanin sehingga tubuh bisa beraktifitas dengan lebih optimal. Bentuk paling umum alanin yang bisa kita temukan di alam adalah L-alanin dan S-alanin.

Alanin dibuat melalui transfer satu gugus amina ke asam piruvat. Reaksi transaminasi pada alanin bersifat reversibel sehingga alanin mudah dibuat dari piruvat dan berhubungan dengan jalur metabolik utama seperti jalur glikolisis, glukoneogenesis, dan juga daur sitrat.

Manfaat Alanin

Sebagai salah satu asam amino, alanin memegang perananan penting layaknya protein. Di dalam tubuh kita, alanin berperan penting menjaga kadar gula darah, memasok sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan selengkapnya manfaat alanin bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kadar Glukosa dalam Darah

Melalui serangkaian pemecahan di dalam tubuh, alanin akan membentu menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari hipoglikemia atau kekurangan glukosa. Melalui rangkaian pemecahan glukosa di dalam tubuh, alanin juga akan memberikan pasokan energi yang cukup bagi tubuh sehingga tubuh bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan baik. Alanin akan membantu mengkonversi glukosa sederhana menjadi energi bagi tubuh kita.

2. Membersihkan Racun dari dalam Hati

Serangkaian sistem pemecahan alanin di dalam tubuh juga akan membersihkan racun di dalam hati sehingga kesehatan hati tetap terjaga. Alanin akan mencegah penumpukan racun yang dilepaskan oleh sel-sel di dalam tubuh ketika terjadi proses pemecahan protein terutama saat tubuh melakukan aktivitas berat seperti saat latihan aerobik.

3. Mencegah Kerusakan Sel

Asupan alanin juga sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan aktivitas berat seperti olah raga. Alanin yang tergolong sebagai asam amino merupakan blok bangunan protein dan berperan penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh kita. Di dalam tubuh kita, alanin akan mencegah kerusakan sel-sel ketika melakukan berbagai aktivitas yang berat seperti olah raga atau latihan fisik lainnya.

(Baca juga: manfaat olah raga bagi kesehatan tubuholah raga lompat tali bagi wanitatips olah raga)

4. Menjaga Keseimbangan Nitrogen di dalam Tubuh

Manfaat alanin selanjutnya adalah menjaga keseimbangan nitrogen di dalam tubuh. Selama terjadi siklus alanin di dalam tubuh, setiap asam amino yang berlebih di dalam sel-sel jaringan yang ditranfer ke molekul reseptor disebut dengan piruvat. Ektrak nitrogen yang berasal dari alanin yang berada di dalam hati akan dikonversi menjadi piruvat. Kemudian piruvat tersebut berguna untuk menghasilkan glukosa yang lebih banyak. Kelebihan nitrogen yang ada di dalam tubuh kemudian diubah menjadi urea dan keluar dari dalam tubuh dalam bentuk urin.

Sponsors Link

5. Menjaga Kesehatan Prostat

Menurut penelitian, cairan prostat mengandung alanin sehingga banyak peneliti yang memiliki teori bahwa asam amino, termasuk alanin, akan mencegah/mengobati hiperplasia prostat jinak (BPH), yaitu suatu kondisi di mana prostat mengalami pembengkakan dan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Bahkan berdasarkan sebuah studi, penderita BPH yang mengkonsumsi alanin 780 mg setiap harinya selama dua minggu diikuti asupan alanin 390 mg setiap harinya selama dua minggu menunjukkan penurunan gejala BPH secara signifikan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asupan alanin secara terkontrol diketahui dapat meningkatkan produksi antibodi, di mana antibodi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan alanin.

(Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

7. Mencegah Kelelahan

Manfaat utama alanin adalah menjaga ketersediaan glukosa sekaligus menjaga keseimbangan glukosa di dalam darah. Dengan kata lain, alanin akan mencegah hipoglikemia dan juga kelelahan akibat melakukan berbagai macam aktivitas. Berdasarkan penelitian, kelelahan kronis dan juga virus epstein-barr sering dikaitkan sebagai akibat kadar alanin yang terlalu rendah di dalam tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat alanin bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, alanin diketahui juga bermanfaat besar untuk membantu proses metabolisme triptofan, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, proses metabolisme vitamin B6, bahkan mampu membantu proses deteksi penyakit di dalam hati seperti penyakit hepatitis.

(Baca juga: gejala hepatitishepatitis Ahepatitis B)

Dosis dan Efek Samping Alanin

Asupan alanin yang dianggap sebagai kadar aman ialah 2 sampai 5 gram setiap harinya. Namun, asupan alanin bisa saja ditambah jika kondisi tubuh memang sangat membutuhkan, misal berada dalam kondisi kekurangan nutrisi atau sedang sakit. Namun ada baiknya asupan alanin dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Asupan alanin yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan akibat asupan alanin yang berlebihan adalah :

sponsored links
  • terjadi penurunan kadar insulin dan glukagon
  • resiko terkena penyakit diabetes melitus
  • merasa kelaparan
  • terjadi ketidakseimbangan nitrogen di dalam tubuh
  • memperberat kerja hati dan ginjal (hati dan ginjal akan kesulitan membuang limbah atau racun yang menumpuk)

Meskipun alanin diketahui mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh namun ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis alanin yang paling tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, prostatitis, gangguan hati dan ginjal sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi alanin.

Asupan alanin yang tidak sesuai dosis atau kurang dari jumlah yang ditentukan ternyata juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Adapun beberapa dampak buruk akibat kekurangan alanin adalah :

  • hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah
  • kerusakan jaringan otot
  • kelelahan kronis
  • infeksi virus
  • peningkatan kadar insulin dan glukagon yang berlebihan

Dampak yang ditimbulkan akibat asupan alanin yang tidak sesuai dosis ternyata sangat buruk. Karena itulah perhatikan asupan makanan harian Anda, terutama asupan makanan yang mengandung alanin.

Makanan yang Mengandung Alanin

Untuk memperoleh manfaat alanin ada baiknya Anda mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini. Selain memperoleh manfaat alanin, Anda juga akan memperoleh bonus berupa kandungan nutrisi dan mineral lainnya. Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan alanin (dalam setiap 100 gram):

  • Bubuk gelatin mengandung 8 gram alanin
  • Kulit babi mengandung 5,8 gram alanin
  • Telur mengandung 5,16 gram alanin
  • Rumput laut mengandung 4,5 gram alanin
  • Daging ikan paus mengandung 4,2 gram alanin
  • Ikan cod mengandung 3,8 gram alanin
  • Biji-bijian, seperti biji labu, biji bunga matahari, dan lainnya, mengandung 2,4 gram alanin
  • Daging sapi mengandung 2,3 gram alanin
  • Tepung kedelai mengandung 2,2 gram alanin
  • Kacang kering mengandung 1,1 gram alanin
  • Ikan makarel mengandung 1 gram alanin
  • Biji wijen mengandung 1 gram alanin
  • Kacang hijau mengandung 1 gram alanin
  • Daging ayam mengandung 980 mg alanin
  • Jamur sitake mengandung 890 mg alanin
  • Kacang almond mengandung 860 mg alanin
  • Biji coklat mengandung 740 mg alanin
  • Keju cheddar mengandung 740 mg alanin

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung alanin. Selain mengandung alanin, berbagai jenis makanan di atas juga kaya akan kandungan nutrisi dan mineral lainnya, seperti protein, kalsium, vitamin, zat besi, potasium, magnesium, dan lain sebagainya. Jadi, selain memperoleh manfaat alanin, Anda juga bisa memperoleh berbagai manfaat lain dari kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 06th, June 2016 / 04:29 Oleh :
Kategori : Protein