Sponsors Link

Omega 6 – Fungsi, Sumber dan Efeknya

Sponsors Link

Omega 6 atau asam linoleat sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat mengingat nutrisi ini sudah banyak di gembor-gemborkan di berbagai macam media. Omega 6 ini termasuk nutrisi yang penting sehingga nutrisi ini begitu terkenal di teiga masyarakat. Namun sudah tahukah anda apakah omega 6 itu?

ads

Asam linoleat merupakan salah satu asam lemak yang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Jika asam lemak tidak didapatkan oleh tubuh akibatnya adalah tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sama hanya dengan omega 3, omega 6 ini merupakan asam lemak esensial. Asam linoleat bisa disintesis menjadi GLA, DGLA dan AA DARI namun ketiga senyawa tersebut yang paling penting adalag DGLA. DGLA itu di dalam tubuh bisa idubah menadi prostalglandin tipe 1 atau biasa disebut dengan PGE1. PGE1 sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. ( Baca : Makanan yang mengandung omega 3 tinggiMakanan yang mengandung omega 3 )

Fungsi dan Manfaat Omega 6

Omega 6 sangat penting bagi tubuh dikarenakan memiliki fungsi dan manfaat yang menakjubkan bagi tubuh. Berikut ini adaah fungsi dan manfaat omega 6 yag sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh :

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Darah

Salah satu fungsi dan manfaat penting asam lemak omega 6 adalah sebagai penurun kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan juga stroke. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah manusia. Omega 6 terbukti menjadi salah satu makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah manusia.

Baca : Tanda kolesterol tinggiHDL rendah Bahaya kolesterol LDL Tinggi

  1. Pencegah dan Obat Penyakit Jantung Koroner

Saah satu fungsi dari asam linoleat adalah bisa diguakan sebagai pencegah dan obat bagi penyakti jantung koroner. Kebanyakan penyakit jantung koroner disebabkan oleh adanya penyempitan dan penyumbatan di pembuluh darah. Penyempitan dan penyumbatan itu banyak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi terutama kolesterol jahat yang ada di dalam darah manusia. Kolesterol jahat di dalam darah itu akan menumpuk bahkan mengeras di pembuluh darah.

Omega 6 bisa digunakan sebagai penurun kadar kolesterol tinggi terutama LDL di dalam darah maka penyumbatan dan penyempitan itu bisa dihindari. Tidak hanya itu saja, bagi yang sudah mengalami penyempitan dan penyumbatan di pembuluh darah, kondisi itu tidak akan semakin buruk jika seseorang rutin mengkonsumsi asam inoleat secara wajar.

Baca : Ciri ciri penyakit jantung koronerGejala jantung koronerBahaya penyakit jantung koroner

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi tidak boleh diabaikan sebab penyakit ini menjadi pemicu berbagai macam penyakit kronis seperti stroke dan juga penyakit jantung. Kebanyakan orang yang mengalami hipertensi dikarenakan mereka tidak bisa mengontrol asupan garam yang ada di dalam tubuhnya. Omega 6 bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah tinggi sebab saat pembuuh darah menyempit tubuh akan menambah tekanan agar darah bisa mengalir ke seluruh tubuh. Hal itulah yang menyebabkan tekana darah menjadi tinggi. Namun jika pembuluh darah longgar dan tidak mengalami penyumbatan tentulah tekanan darah akan menjadi normal kembali.

Baca : Bahaya garam bagi penderita hipertensiBahaya udang bagi penderita hipertensi

Sponsors Link

  1. Penormal Kadar Gula

Salah satu fungsi dari asam linoleat adalah bisa digunakan untuk menormalkan kadar gula seseorang. Jangan dianggap remeh sebab jika kadar gula terus tinggi bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi. Bagi anda yang memiliki kadar gula darah tinggi anda bisa mengonsumsi asam lemak omega 6 ini untuk menormalkan tekanan  gula darah.

Baca : Makanan untuk gula darah tinggiCiri ciri gula darah tinggi

  1. Mengobati Rematik

Reumatik merupakan penyakit yang bisa terjadi di persendian manusia. Orang yang mengalami rematik sering merasakan sakit di bagian persendiannya seperti linu, ngilu dan panas. Gerak pada orang yang engalami rematik begitu terbatas sehingga jika tidak segera diatasi penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan misalnya saja adalah tubuh menjadi sulit bergerak bahkan lumpuh.

Berbagai macam penelitian yang dilakukan menunjukkan fakta bahwa asam linoleat bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit reumatik dan penyakit sendi lainnya. Cara kerja asam linoleat ini adalah dengan menekan senyawa yang bisa menjadi penyebab radang dan kerusakan yang ada di sendi.

Baca : Makanan penyebab rematikBahaya rematik

  1. Mencegah dan Mengurangi Gejala Stroke

Salah satu fungsi dan manfaat asam lemak omega 6 adalah digunakan untuk mencegah dan mengurangi gejala stroke. Bisa anda bayangkan, bagaimana sakitnya ketika gejala stroke menyerang?, rasa sakit akibat gejala stroke itu bisa diatasi menggunakan asam linoleat. Kebanyakan stroke disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah yang ada di otak dan penyumbatan pembuluh darah yang ada di otak, jika ha tu terjadi otak pun fungsinya akan mengalami penurunan.

Saat stroke tidak diobati stroke akan mengakibatkan kecacatan misalnya saja adalah lumpuh sebagian atau lumpuh total.

Stroke kebanyakan disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi dan bisa juga disebabkan oleh penyakit diabetes. Penelitian yang dilakukan mengemukakan fakta jika omega 6 bisa memperbaiki kerusakan syaraf yang ada di otak sehingga kerusakan syaraf tidak berlangsung terus menerus dan kerusakan tidak semakin parah.

Baca : Bahaya strokeCara mencegah stroke

  1. Membantu Regenerasi Sel

Omega 6 memiliki pran yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Asam linoleat berguna untuk membantu regenerasi sel  kulit sehingga kulit akan terhindar dari kekusaman. Kekurangan omega 6 sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit. Kurangnya asam linoleat bisa membuat kulit menjadi kering dan menjadi kasar. Tidak hanya itu saja, kekurangan asam linoleat bisa membuat rambut menjadi rontok. Bagi wanita yang ingin menjaga kecantikan dari dalam bisa mengkonsumsi omega 6 untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut.

Kebutuhan Omega 6 per Hari

Omega 6 sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Oleh sebab itu setiap hari kita harus mengusahakan agar tubuh tidak kekurangan asam linoleat atau omega 6. Setiap harinya tubuh membutuhkan asam linoleat sebanyak 6 gram dalam per hari. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan justru tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Efek Kekurangan Omega 6

Ada berbagai macam efek kesehatan yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan asam lemak omega 6. Hal itu dikarenakan jika asam lemak linoleat tidak tercukupi maka fungsi dari asam linoleat tidak bisa didapatkan. Berikut ini adalah efek kekurangan asam linoleat yang penting untuk diperhatikan :

  1. Menyebabkan Gangguan Metabolisme

Hal pertama yang bisa terjadi pada orang yang kekurangan omega 6 adalah dia bisa terkena gangguan metabolisme. Metabolisme adalah sistem yang mengatur seluruh fungsi tubuh. Keika fungsi metabolisme terganggu akibatnya adalah tubuh tidak bisa menjalankan sebagaimana mestinya.

Baca : Cara meningkatkan metabolisme

  1. Menyebabkan Penyakit Jantung

Fungsi dari omega 6 ini adalah sebagai pengatur kardiovaskuler. Jika kebutuhan akan omega 6 ini tidak tercukupi maka pengaturan kardiovaskular tidak bisa terjadi. Oleh sebab itu kardiovaskular yang tidak bekerja sebagaimana mestinya bisa menyebabkan penyakit jantung termasuk jantung koroner.

Efek Kelebihan Omega 6

ads

Apapun yang berlebihan itu tidak bagus untuk kesehatan salah satunya adalah asam linoleat. Omega 6 jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak negatif bagi tubuh Banyak ulasan yang membahas jika kelebihan omega 6 tanpa diimbagi dengan omega 3. Berikut ini adalah dampak negatifnya :

  1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Hal pertama yang bisa terjadi pada orang yang mengkonsumsi asam inoleat berlebihan adalah dia akan mengalami gangguan pencernaan. Jika gangguan pencernaan ini terjadi imbasnya adalah usus dan lambung menjadi terasa sakit atau infeksi.Kelebihan asam linoleat bisa menyebabkan gangguan pencernaan sebab tekstur dari omega 6 ini lebih tebal dibandingkan dengan asam lemak sepupunya yang lain. Sehingga asam linoleat itu jika dikosumsi dalam jumlah yang berlebihan akan memberatkan kinerja usus dan pencernaan yang mencernanya.

Baca : Cara menjaga kesehatan lambungCara menjaga kesehatan lambung dan usus

  1. Penyumbatan Pembuluh Darah

Dampak buruk akibat mengkonsumsi omega 6 terlalu berlebihan adalah orang bisa terkena penyakit penyumbatan pembuluh darah. Saat penyumbatan pembuluh darah terjadi akibatnya adalah aliran darah menuju ke seluruh organ tubuh menjadi terganggu. Darah merupakan komponen penting bagi setiap organ sehingga nantinya organ yang kekurangan darah bisa mengalami gangguan fungsi.

Alasan asam linoleat bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dikarenakan sifat asam linoleat yang tidak bisa dicerna justru menempel di pembuluh darah dan menymbat pembuluh darah jika berlebihan.

Baca : Cara menjaga kesehatan alat peredaran darahCara mengatasi kekurangan darah )

  1. Menyebabkan Stroke

Saat pembuluh darah mengalami penyumbatan salah satunya aliran darah menuju ke otak maka bisa dipastikan jika lambat laun orang tersebut akan mengalami stroke. Stroke tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan kualitas hidup seseorang menjadi menurun. Jika sudah menurun, gerak orang tersebut menjadi sangat terbatas sekali. Stroke juga bisa menyebabkan kematian terutama jika sampai menyebabkan pendarahan otak. Pembuluh darah yang tersumbat lama kelamaan bisa pecah dan menyebabkan pendarahan.

  1. Arthritis

Jika kelebihan asam linoleat bisa menyebabkan penyakit arthritis. Penyakit ini merupakanpenyakit kronis dan seumur hidup. Bisa menyerang wanita maupun pria. Pasien dengan penyakit ini akan terkena pembengkakan sendi dan juga kekauan sendi sehingga gerakan tubuh menjadi tiak terkontrol. Jika tidak diatasi dengan segera, jaringan bisa mengalami kerusakan.

Sumber Makanan Kaya Omega 6

Untuk mencukupi kebutuhan asam linoleat, anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 6 tinggi. Berikut ini adalah sumber makanan kaya akan omega 6 yang bisa anda konsumsi setiap harinya dalam baas yang normal :

  • Telur ayam. Telur ayam bisa anda dapatkan dimana saja. Mengkonsumsi sebutir telur setiap hari bisa memenuhi kebutuhan omge 6 sebanyak 40-250 miligram. ( Baca : Bahaya konsumsi telur berlebihanAlergi telur )
  • Kacang kenari. Kacang kenari juga sumber asam linoleat yang baik. Dalam secangkir kacang kenari ada omega 6 sebanyak 2.600 mg.
  • Ikan salmon. Kandungan omega 6 dalam ikan salmon sebanyak 1.600 mg.
  • Ikan tuna. Sama halnya dengan kan salmon, ikan tuna memiliki kandungan omega 6 yang lumayang tinggi yaitu 1.100 mg. ( Baca : Obat tradisional mata ikanBahaya daun singkong )
  • Biji rami. Biji rami merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan. Selain kaya akan omega 3, biji rami juga kaya akan omega 6.
  • Biji chia. Semua biji-bijian banyak mengandung omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Biji chia ini bisa dikonsumsi dengan cara mengunyahnya atau menaburkannya pada salad. ( baca : Khasiat biji alpukat )
  • Minyak ikan. Sudah tidk diragukan lagi jika minyak ikan bagus untuk kesehatan otak janin dan bayi. Minyak ikan memiliki omega 3 dan omega 6 yang tinggi.

Itulah berbagai macam informasi mengenai omega 6 yang penting untuk kita ketahui. Semakin kita sadar akan nutrisi dan gizi maka semakin sehat dan bugar pula tubuh kita.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 27th, May 2016 / 04:58 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi