Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Makanan Yang Mengandung Zat Kapur Paling Tinggi

ads

Makanan yang mengandung zat kapur pada dasarnya mudah didapat pada menu makanan sehari hari misalnya pada masakan dikedai makan umum.

Zat kapur adalah jenis mineral yang paling banyak didalam tubuh dan zat kapur pada makanan mudah terserap oleh tubuh lalu menyebar kealiran darah untuk kemudian dibutuhkan untuk perlindungan tulang dan gigi serta jaringan tubuh lain.

Jenis makanan
Ada 10 jenis makanan terbaik yang mengandung zat kapur

1. Jenis kacang kacangan
misalnya kacang almond, Kacang kedelai, Kacang merah atau kacang tanah yang dapat diolah dan dimasak menjadi bahan dasar campuran untuk berbagai menu masakan yang berbeda. Jenis kacang kacangan baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak anak dan baik untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang serta gigi dimasa tua.

2. Jenis sayuran
Misalnya bayam, Brokoli, Kol, Lobak, Kubis, Sawi hijau, Kale atau Daun selada mengandung kalsium yang cuukup untuk dijadikan menu sehat harian yang bisa diberikan pada anaka anak dan orang dewasa. Kandungan zat kalsium yang ada didalmnya sangat baik untuk kesehatan jaringan tulang , Gigi dan kepadatan persendian pada usia lanjut.

3. Jenis buah buahan
Misalnya Mangga, Alpukat, Buah naga, Pisang, Jeruk, Jmabu biji, Apel atau strawberry yang bisa dikonsumsi setipa hari untuk pemenuhan kalsium selain susu dan keju. Contohnya Makan satu buah apel atau mangga setiap hari secara teratur maka sudah cukup tubuh mendapatkan zat kalsium dalam 24 jam.

4. Jenis ikan
Misalnya ikan teri, Sarden, Lele dan salmon mengandung zat kalsium yang tinggi dan bermanfaat bagi kepadatan tulang selama janin masih dalam kandungan. Ikan sangat baik bagi ibu hamil yang menginginkan bayinya lahir dengan kondisi tulang yang padat dan sehat.

5. Jenis Sea food
Makanan laut kaya zat kalsium dan sangat baik bagi pertumbuhan tulang serta gigi anak anak misalnya udang, Kepiting atau tiram. Makanan laut tersebut dapat ditambahakan dengan sayuran yang juga mengandung zat kapur atau kalsium agar manfaat dari seafood menjadi berlipat ganda untuk kepadatan tulang anak anak.

6. Tempe dan telur
Tempe dan telur adalah makanan yang mengandung zat kapur dan kaya akan protein serta Omega 3. Manfaat zat kalsium akan semakin baik karena didukung dengan adanya zat protein dan omega 3 didalmnya. Jika anak anak atau orang dewasa membiasakan diri untuk menyantap tempe dan telur ketika makan nasi, Maka pemenuhan akan zat kalsium sudah cukup memadai untuk satu hari.

7. Yoghurt
Banyak orang menganggap susu dan keju adalah sumber kalsium tertinggi dan terbaik yang cocok dikonsumsi anak anak dan usia dewasa, Namun yoghurt juga menduduki nilai teratas sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi yang dilapisi dengan kekuatan lain yaitu adanya bakteri baik hasil fermentasi yang mampu menbunuh aktifitas bakteri jahat dalam tubuh.

Sponsors Link

8. Jenis produk olahan
Misalnya tahu tofu, Susu kacang kedelai atau oatmeal yang terbukti memiliki kandungan kalsium sangat tinggi dan dapat dikonsumsi segala usia. Produk olahan tersebut aman dan bisa dikonsumsi tiga kali sehari bahkan baik bagi orang orang yang menderita hipertensi .

9. Jenis susu
Susu adalah jenis minuman yang diharuskan dikonsumsi anak anak usia balita hingga dewasa, Karena susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik unyuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan tubuh. Susu yang dimaksud adalah jenis susu sapi dan Susu kambing yang juga mengandung vitamin D dan protein tinggi. Kepadatan dan pertumbuhan tulang serta gigi balita biasanya didapatkan dari susu tersebut.

10. Keju

Keju paling banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan Roti, Dimana manfaat keju menjadi berlipat ganda jika digabungkan dengan roti yang dibuat dari gandum utuh atau campuran kacang merah didalamnya.

Manfaat
Ada 5 manfaat terbaik mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kapur.

Makanan yang mengandung zaat kapur sebaiknya dikonsumsi secra moderat (wajar) agar tubuh dapat menyerapnya dengan baik melalui aliran darah.
. Pertumbuhan tulang dan gigi
. Menstabilkan tekanan darah
. Memperkuat pembuluh darah
. Memnperkuat otot jantung
. Melindungi tubuh dari racun

Bahaya
Ada 5 Bahaya mengkonsumsi zat kapur berlebihan

Makanan yang mengandung zat kapur sebaiknya dikonsumsi disesuaikan dengan usia dan tidak berlebihan Agar tubuh tidak mengalami overdosis yang menyebabkan masalah kesehatan, Diantaranya:
. Otot kaku dan kejang
. Kesemutan pada kaki
. Kanker prostat
. Pertumbuhan batu ginjal
. Kesulitan buang air besar

Kebutuhan zat kapur pada makanan harus sesuai usia

Pemenuhan zat kapur pada makanan dapat pula diperoleh secara instan melalui suplemen. Suplemen yang mengandung kalsium tinggi lebih baik diberikan pada anak anak yang tidak mau makan sayur dan buah serta baik bagi orang dewasa yang tidak memiliki waktu banyak untuk memilih makan makanan yang mengandung banyak kalsium akibat kesibukan aktifitas sehari hari.

Sponsors Link

. Belum berusia 1 tahun 220 sampai 270 mg
. Usia 1 sampai 3 tahun 500 mg
. Usia 4 sampai 8 tahun 800 mg
. Usia 9 sampai 18 tahun 1300 mg
. Usia 19 sampai 45 tahun 1000 mg
. Usia diatas 45 tahun tidak lebih dari 1200 mg

Sinar matahari
Manfaat sinar matahari bagi zat kapur pada makanan

Makanan yang mengandung zat kapur atau kalsium setelah berada didalam sistem pencernaan tidak akan mengalami proses penyebaran kalsium secra merata keseluruh tubuh dengan cepat, Jika tubuh tidak dibantu dengan adanya sinar matahari. Sinar matahari memgandung 80 persen vitamin D yang baik bagi kepadatan tulang dan gigi serta memiliki kemampuan mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh.
Baca juga : bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit

Makanan alternatif pengganti susu
Penting bagi masyarakat mengetahui dan memahami bahwa zat kapur pada makanan bukan hanya terdapat pada susu dan keju saja tetapi masih banyak makanan lain. Diberikan pemahaman tentang makanan yang mengandung zat kapur atau kalsium bertujuan agar masyarakat tidak mampu yang tidak bisa mengkonsumsi susu setiap hari dapat mengambil jalan alternatif lain yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, Sehingga kebutuhan kalsium dalam tubuh tetap tercukupi walaupun pada kenyataannya jarang minum susu atau makan keju.

Pentingnya zat kapur bagi ibu hamil
Makanan yang mengandung zat kapur bukan hanya bermanfaat bagi anak anak dan orang dewasa saja, Tetapi juga baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Tubuh janin yang dikandungpun akan senantiasa sehat, tidak mengalami masalah karena memiliki struktur tulang yang lebih padat. Makanan yang mengandung zat kapur dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilannya hingga menjelang masa persalinan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 02nd, July 2016 / 01:48 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi