35 Jenis Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi

Pada dasarnya tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri jenis lemak yang tidak jenuh seperti yang ada di omega 3.  Untuk itu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh yang setiap hari dibutuhkan tubuh dan dapat dengan mudah kita dapatkan dari beberapa asupan makanan sehari hari. ( Baca : Makanan yang mengandung omega 3 tinggi )

Berikut ini adalah makanan yang mengandung omega 3 yang baik untuk anda konsumsi :

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 dan menjadi sumber protein tinggi yang berkualitas terbaik dan mampu mempercepat pembentukan jaringan otak yang lebih baik.

Baca : Kekurangan kalori dan proteinAkibat kelebihan protein

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 dan bertindak sebagai sumber vitamin D yang sangat dubutuhkan untuk kwsehatn tulang dan gigi.

Baca : Akibat kekurangan vitamin DMakanan yang mengandung vitamin D

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memililki kandunhg omega 3 yang sangat tinggi yang mampu memperbaiki tingkat kecerdasan anaka anak dan dapat memperbaiki kerusakan ingatan sehingga seseorang dapat terhindar dari lupa atau meningkatkan daya ingat.

Baca : Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasiCara meningkatkan daya ingatMakanan penambah daya ingat

  1. Telur Ayam dan Bebek

Telur ayam atau bebek mempunyai kandungan asam lemak omega 3 sangat tinggi misalnya sebutir telur ayam mempunyai kandungan omega 3 60 sampai 150 mg omega 3 utuh dan mampu memperbaiki  jaringan otak dan dapat mencegah  terserang penyakit alzheimer dimasa tua nanti.

Baca : Bahaya alzheimerPenyebab alzheimerGejala alzheimer

  1. Jenis Kacang Kacangan

Jenis kacang kacangan misalnya kacang almond, kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai memiliki kandungan Omega 3 yang cukup tinggi  dan sebagai sumber protein terbaik bagi kesehatan jantung dan jaringan otak.

  1. Sayur Bayam

Bayam merah atau hijau kaya akan zat besi, serat dan kalium yang dapat melindungi tubuh dari serangan anemia dan mengganggu kestabilan hormon tubuh, namun bayam juga memiliki kandungan Omega 3  dalam jumlah yang sedikit. Walaupun begitu mengkonsumsi bayam setiap hari dapat mencegah tubuh kekurangan Omega 3.

Baca : Bahaya bayam bagi penderita asam uratBahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Kangkung

Kangkung mempunyai kandungan serat yang tinggi dan vitamin A dan C yang bisa bertindak sebagai antioksiodan yang dapat melindungi jariungan mata dan peningkatan kekebalan tubuh, tetapi Kangkung juga memiliki kandungan Omega 3 yang mampu menyehatkan jaringan otak dan meningkatkan perkembangan kecerdasan anak anak dalam belajar.


  1. Daging Sapi

Daging sapi tanpa gajih mengandung banyak Omega 3 yang dapat memperbaiki kinerja jantung dan mamapu mencegah serangan stroke mendadak.

Baca : Bahaya daging sapiBahaya konsumsi daging merah

  1. Susu Kambing

Susu kambing yang belum terkontiminasi dengan pencampuran gula dan bahan lain, dan ketika dipelihara hanya memakan rumput, maka susu yang dihasilkan akan mengandung Omega 3 yang tinggi dan nikmat yang mampu melindungi pencernaan darai peradangan dan serangan bakteri atau radikal bebas serta mampu mengontrol kolesterol agar tidak mudah mengalami peningkatan.

  1. Susu Sapi

Susu sapi yang belum mendapat tambahaan gula atau bahan lain dan ketika dipelihara sapi hanya memakan rumput saja maka bisa dipastikan hasil susunya akan mengandung asam lemak Omega 3 yang tinggi dan baik bagi kesehatan jantung, menstabilkan kadar kolesterol dalm darh dan dapat mencerdaskan otak anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Baca : Khasiat susu sapi murni

  1. Hewan Hasil Laut

Tidak semua hasil laut memiliki banyak kandungan Omega 3 selain Ikan ada hewan lain yang ternyata memiliki kandungan Omegaa 3 yang cukup tinggi yakni  Udang, Kerang dan Kepiting.  Omega 3nya mamapu menyehatkan jantung dan mencegah penyumbatan aliran darah diseputar pemnbuluh arteri jantung.

  1. Kembang Kol

Jangan anggap sepele kembang kol yang memiliki kandungan kalium, magnesium dan niasin. Kembang kol juga memililki Kandungan Omega 3 yang cukup bisa memenuhi kebutuhan akan Omega 3 sehari hari. Omega 3 yang ada pada kembang kol ampuh untuk meningkatakan kesehatan jantung, mempercepat proses penyembuhan terhadap luka yang terbuka yang mengeluarkan darah. Omega 3 pada kembang kol mampu mempercepat penghentian pendarahan dan mencegah pembengkakan/peradangan.

Baca : Makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantungMakanan yang baik untuk jantung bengkak

  1. Belut

Belut memiliki kandungan protein yang baik bagi kesehatan tubuh anak aanak,  selainprotein tinggi  ternyata mempunyai kandungan Omega 3 yang bisa membantu tubuh terhindar dari serangan sembelit (sulit buang air besar dengan lancar), selain itu Omega 3 pada belut dapat meningkatkan perkembangn saraf otak dan memperbaiki kerusakan jaringan otak pafda anaka anak yang pernah mengalami pendarahan gegar otak, atau benturan keras akibat kecelakaan dan lain lain.

  1. Ikan Lele

Ikan lele mengandung protein dan Omega 3 yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan otak anak anak dan dapat mempercepat pertumbuhan tubuh anak anak sehingga cepat tinggi secara normal dan sekaligus dapat meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalaah jenis minuman sehat yang melewati proses fermentasi yang akhirnya mengaandung bakteri baik yang juga mengandung Omega 3 tinggi yang dapat menyehatkan pencernaaan dan ampuh mernyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan perut atau sistem pencernaan.

  1. Brokoli

Brokoli selain mempunyai kandungan betakaroten dan serat yang cukup tinggi, ternyata memiliki kandungan Omega 3 yang nantyinya menurunkan kadar kolesterol jahat yang aad didalaam tubuh dan menyehatkan jantung agar jantung lebih optimal dalam memompa darah.

Baca : Brokoli untuk penderita asam urat

  1. Selada

Selada mengandung omeg 3 dan Omega 6 yang mampu merningkatkaj dan mempertahankan imunitas tubuh sehingga tubuh dapat menolak serangan bakteri atau radikal bebas yang terbawa lewat makanan ataupun polusi udara.

  1. Ikan Air Tawar

Ikan air tawar mempunyai kandungan Omega 3 sama besarnya dengan ikan air laut misalnya Ikan mas, mujahir atau lele. Namun keistimewaan ikan air tawar adalah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan sama sekali tidak memilki kandungan logam seperti yang ada pada hewan hasil laut.

Sumber Buah Kaya Omega 3

Inilah jenis buah buahan yang mengandung Omega 3 yang bisa dikonsumsi untuk asupan Omega 3 sehari hari :

  1. Blewah ( 46 mg ).
  2. jambu biji ( 112 mg ).
  3. Rasperberry ( 126 mg ).
  4. Strawberry ( 65 mg ).
  5. Blackberry ( 95 mg ).
  6. Kismis ( 42 mg ).
  7. Blueberry ( 60 mg ).
  8. Buah ceri tua ( 45 mg ).
  9. Buah Kiwi ( 44 mg ).
  10. Mangga ( 38 mg ).
  11. Alpukat ( 110 mg ).
  12. Pepaya ( 100 mg )
  13. Buah labu biasa atau labu parang ( 50 mg ).

Jenis Minyak Sumber Omega 3

Minyak canola, minyak Biji rami,  minyak Ikan cod dan minyak zaitun sudah terkenal sebagai minyak sehat yang mengandung Omega 3 dan beberapa vitamin didalamnya. Tak heran ke 4 minyak tersebut bisa dijadikan pengganti minyak goreng biasa untuk memasak makanan yang di inginkan tanpa harus takut mengandung kolesterol atau minyak jenuh.

1. Minyak Canola

Pada dasarnya minyak goreng yang biasanya dimanfaatkan para ibu rumah tangga sebagai media memasak sebaiknya digantikan oleh jenis minyak canola yang mempunyai  kandungan Omega 3 tinggi sama denagn  minyak zaitun yang bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk memggoreng. namun minyak canola memiliki keunikan lainya bisa mengurangi kadar lemak atau meningkatkan kualitas makanan  yang memilki kadar Omega 3 rendah dengan cara meneteskan atau mengolesi makanan yang dikehendaki.

2. Minyak Biji rami

Biji rami memngandung asam lemak Omega 3 yang tinggi sehingga mampu mencegah penumpukan kolesterol, memopercepat penyerapan nutrisi dan menyehatkan jaringan jantung sehingg seseorang dapaat terhindar dari penyakit jantung. dapat dijadikan perngganti minyak goreng biasa, karena minyak biji rami bebas kolesterol dan tidak mengandung lemak jenuh.

3. Minyak Ikan Cod

Minyak ikan cod dihasilkan dari ikan Cod yang didalamnya mengandung Omega 3 tinggi yang juga mengandung vitamin A dan D yang bisaa mempercepat penyerapaan kalsium dari makanan dan mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan stroke dan tekanan darah tinggi. Minyak ikan cod cocok untuk paraa manula yang menginginkan jaantiung sehat dan kolesterol yang rendah.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung zat Asid Linoleik yang masih famili dari golongan asam lemak Omega 3 jenis Asam lemak essensial. Didalan ASid Linoleik terdapat Omega 3 dan 6 yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah dan menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan jantung, tekanan darah tinggi dan serangan stroke mendadak.

Memasak yang baik dapat di awali dengan pemakaian minyak yang mengandung Omega 3 karena dengan cara seperti itu kebutuhan Omega 3 yang tidak dapat terpenuhi akan dapat tercukupi setiap hari dengan baik. Minyak Omega 3 mampu menggantikan minyak goreng biasa yang rawan menimbulkan kolesterol dan meningkatkan lemak jahat dalam tubuh.

Jenis Omega 3

Asam lemak Omega 3 sebenarnya memopunyai tiga jenis yaitu :

  1. Alpha Lino Lenic Acid (ALA)

Alpha lino lenic aciod (ALA) adalah salah satu Omega 3 yang paling melimpah ditemukan padaa jenis minyak alami yang terdapat pada sayuran, jenis kacang dan pada jenis hewan pemakan rumput. Omega 3 yang ada pada jenis Alpha lino lenic sangat baik kestabilan stamina tubuh dan baik pula  bagi ketersediaan energi didalam tubuh sehingga seseorang dapat melakukan aktifitas tanpa harus cepat merasa lelah

  1. Eicosa Pentaenoic (EPA)

Eicosa pentaenoic Acid (EPA) adalah salah saru jenis Omega 3 yang cukup tersedia dengan melimpah yang dapat ditemukan pada berbagai macam hasil laut termasuk jenis ikan ikanan dan hasil laut lainnya misalnya Tiram, kerang, kepiting dan lain lain. Omega 3 tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak anaka anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan mampu memperbaiki daya ingat seseorang agar menjadi lebih baik

  1. Docosahenoic acid (DHA)

Docosahenoic Acid (DHA) adalah jenis Omega 3 yang juga terdapat pada jenis ikan laut dann juga pada ikan yang hidup pada ekosistenm air tawar. Omega 3 tersebut dapat menyehatkan jantung dan mencegah keterlambatan dalam berfikir, dan juga mampu menyehatkan jaringan mata.

Manfaat Omega 3

Berikut ini adaah manfaat omega 3 yang harus kita semua ketahui :

  1. Bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum, omega 3 sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh manusia:

  • Meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer
  • Memperbaiki jaringan mata terutama retina. ( Baca : Cara menghilangkan mata merahPenyebab mata sering berair dan belekan )
  • Menyehatkan jaringan jantung sehingga mencegah serangan jantung
  • Dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. ( Baca : Makanan yang berbahaya untuk kolesterol )
  • Dapat mencegah serangan stroke. ( Baca : Ciri ciri stroke ringanJenis jenis stroke )
  • Dapat melancarkan aliran darah dan pembuluh arteri disekitar kepala
  • Menpercepat pengeringan luka
  • Mempercepat proses penyembuhan terhadap peradangan
  • Dapat mengurangi nyeri haid. ( Baca : Cara mengatasi nyeri haid )
  • Dapat menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan perut (yang telah berada pada kondisi IBS, Ulcerative colitis)
  • Dapat menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes. ( Baca : Cara mencegah gula darah naik )
  • Dapat memperkuat rahim pada ibu yang hamil muda
  • Dapat menyuburkan alat reproduksi pada wanita
  • Dapat mencegah kelahiran bayi secara prematur dan mencegah bayi lahir dengan cacat
  • Menjaga kesehatan dan kekuatan plasenta dan organ tubuh bayi dalam kandungan
  1. Manfaat Omega 3 untuk ibu hamil

Asupan makanan yang mengandung Omega 3 mutlak dibutuhkan ibu hamil untuk menstabilkan produksi hormon Prostaglandin yang nantinya membantu mengatur banyak fungsi fisiologis seperti masalah tekanan darah, mencegah pembekuan darah ketika hamil tua, menjaga kesehatan jantung ibu dan dapat mengurangi resiko kelahiran prematur dan kelahiran bayi cacat. Omega 3 juga bisa memberikan stimulasi otak yang lebih cerdas terhadap bayi yang masih dalam kandungan berupa kecerdasan dalaam merespon musik dan bunyi bunyian yang terjadi diluar tubuh si ibu hamil. Bayi akan bergerak merespon sesuai lmusik atau suara suara yang didengarnya.

  1. Manfaat Omega 3 Untuk Bayi dan Anak Anak

Asupan makanan yang mengandung Omega 3 sangat dibutuhkan bayi dan anak untuk memperbaiki kesehatan tubuhnya terutama untuk peningkatan jaringan mata dan otak serta mamapu meningkatkan kemampuan kognitif dan gerak motorik agar lebih kreatif. Bagi yang cukup ketersediaan Omega 3 dalam tubuhnya maka tubuhnya akan memikiki kemajuan cara berfikir dan peningkatan keterampilan motoroknya 2 bulan lebih cepat daripada bayi dan anak anak yang tidak tercukupi asupan Omega 3nya sejak usia dini misalnya usia 1 sampai 3 tahun. Omega juga dapat meningkatkan kemampuaan anak anak dalam belajar membaca dan lebih cepat mengenal huruf diluar kepala.

Baca : Cara meningkatkan kecerdasan otak

  1. Manfaat Omega 3 Untuk Lanjut Usia

Asupan Omega 3 baik bagi kaum manula karena dapat mencegah serangan jantung mendadak, mengurangi penumpukan kolesterol dalam tubuh, menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat memperlancar peredaran darah. Jika rajin mengkonsumsi Omega 3 sejak usia dini hingga tua, maka diusia lanjut daya ingatnya tetap akan tajam dan tidak mudah menjadi lupa. Penggunaan Omega 3 sangat ampuh untuk pencegahan penyakit Alzheimer yang biasa menyerang para kaum manula.

  1. Menyembuhkan Luka

Seseorang yang mengalami luka dan peradangan akibat tergores,  gesekan, tusukan benda tajam, benturan atau hantaman benda keras tetapiu didalam tubuhnya tercukupi pemenuhan Omega 3nya maka Omega 3 tersebut akan menyembuhkan luka dan mempercepat proses pengeringan terhadap luka terbuka serta menghentikan pendarahan. Omega 3 mampu memperbaiki kembali susunan jaringan dalam kulit yang mengalami kerusakan akibat sobekan, goresan, irisan atau sabetan benda tajam dan lain lain. Jaringan kulit akan mengalami degenerasi dan mengalami pertumbyhan sel baru sehingga tidak akan meninggalkan berkas luka yang tidak terlalu jelas terlihat.

Pemberian antiseptik pada seseorang yang mengalami luka tidaklah terlalu diperlukan selama seseorang tersebut didalam tubuhnya tercukupi asupan Omega 3nya. Omega 3 sudah termasuk antibiotik alami dan bertindak sebagai antioksidan yang aktif karena dapat mengendalikan luka agar cepat merapat, kering dan sembuh.  Perawatan luka yang dibutuhkan hanyalah berupa pembersihan luka dengan air yang telah dibubuhi caairan antiseptik, setelah itu oleskan cairan anti luka misalnya Betadin atau obat jenis lain, dan jangan ditutup luka dengan kain kasa atau plester lain. Biarkan luka berinteraksi dengan udara bebas ( udara yang bersih yang tidak terkontiminasi dengan asap dan debu) . Omega 3 akan mengendalikan luka luar menjadi lebih cepat kering dan berhenti pendarahannya walaupun mungkin sebelumnya telah terjadi pendarahan.

  1. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang jaringan otak dan membuat seseorang menjadi cepat lupa dan tak mampu mengingat masa lalunya, linglung dan bahkan kesulitan untuk menangkap visual yang telah didapatkannya untuk kemudian di ingatnya kembali. Penyakit Alzheimer bukan hanya menyerang pada orang orang berusia lanjut tetapi dapat juga menyerang orang orang yang memilki usia yang msih tergolong produktif yaitu antara 30 sampai menjelang 40 tahun. Penyakit Alzheimer dapat terjadi karena kecelakaan yang membuat area kepala mendapatkan tekanan luka dan peradangan hebat yang membuatnya menjadi gegar otak dan menjadi pelupa karena jaringan otak ada yang mengalami kerusaakaan  atau juga dikarenakan seseorang didalam tubuhnya sangat minim dengan asupan Omega 3.

Keterlambatan berfikir, ketidakstabilan dalam belajar atau ketidakmampuan mengembangkan pelajaran dan ide ide yang lebih kreatif adalaah indikasi bahwa seseorang sedang kekurangan Omega 3 di dalam tubuhnya. Jika terus berlangsung hingga usiaa dewasa maka diusia sebelum memasuki 50 tahun sseorang akan terserang penyakit lupa  atau sering tidak mmapu mengingat hal hal yang berhubungan aktifitasnya sehari hari dan jika sudah parah akan mengalami Alzheimer. Karena tubuh kekurangan pasokan Omega 3 itulah otak tidak memiliki kemampuan untuk menerima atau sulit merespon secara spontan sinyal yang diberika dari luar tubuh. Otak kanan dan kiri cenderung tidak aktif dan tidak mendapatkan peningkatan respon yang positif.

Baca : Cara mencegah alzheimer

Akibat Kekurangan Omega 3

Berikut ini keluhan kesehatan yang berhubungan dengan kekurangan asupan Omega 3 :

  1. Dapat membuat detak jantung tak beraturan. ( Baca : Detak jantung normal )
  2. Sirkulasi darah tidak lancar. ( Baca : Cara menjaga kesehatan peredaran darah )
  3. Kesemutan di tangan dan kaki. ( Baca : Bahaya kesemutanSering kesemutan )
  4. Dada nyeri dan terasa seperti terhimpit benda berat
  5. Penyumbatan pembuluh darah
  6. Tekanan darah tinggi. ( Baca : Pantangan darah tinggiBahaya darah tinggi )
  7. Gejala stroke (mati rasa pada wajah )
  8. Terserang sakit kepala. ( Baca : Sakit kepala belakang )
  9. Dapat mengakibatkan keterlambatan dalam berfikir
  10. Kulit kering dan menderita gatal gatal
  11. Rambut mudah kering rontok dan patah. ( Baca : Penyakit yang menyebabkan rambut rontok )
  12. Kuku kuning menjamur dan mudah patah atau rapuh
  13. Penglihatan semakin kabur pada penderita diabetes
  14. Memperlambat proses penyembuhan luka
  15. Imunitas tubuh semakin menurun. ( Baca : Cara meningkatkan antibodi )
  16. Peningkatan kadar gula dalam darah
  17. Mudah terserang infeksi dan radang
  18. Bobot tubuh mudah menurun. ( Baca : Badan gemuk jadi kurus )
  19. Rongga mulut dan tenggorokan kering dan nyeri
  20. Perut mudah lapar. ( Baca : Penyebab cepat laparGemetar saat lapar )

Tips Aman Mengkonsumsi Supplemen Omega 3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 tidak memberi efek yang berbahaya walaupun dikonsumsi setiap hari dan jangka panjang. Karena Omega 3 secara alami memang dibutuhkan kesehatan tubuh dan akan langsung berinteraksi dengan organ tubuh sehingga manfaatnya bisa dapat di rasakan. Namun bagi anda yang tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan omega 3 bisa menggantinya dengan supplemen, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi supplemen omega 3:

  • Jangan berlebihan. Mengkonsumsi suplemen Omega 3 juga baik bagi kesehatan namun tidak bisa dikonsumsi sembarangan dan berlebihan, karena adanya zat lain sebagai bahan campuran atau sebagai bahan pengawet didalam suplemen. Meski baik jangan dikonsumsi berlebihan. Orang orang yang memiliki alergi tertentu terhadap obat obatan harus menghindarinya karena akan menyebabkan berbagai keluhan kesehatan misalnya terganggunya jaringan perut seperti diare, perut kembung dan nyeri ulu hati. ( Baca : Khasiat madu untuk penderita diareMakanan untuk penderita diare )
  • Sesuai dosis dan resep dokter. Suplemen Omega 3 yang dikonsumsi tanpa rekomendasi dokter dapat meningkatkan kadar gula dalam darah apalagi jika dikonsumsi pada penderita diabetes dalam jangka panjang. Efek yang akan diterima adalah kesulitan untuk menurunkan kadar gula dalam darah karean obat obatan dari dokter biasanya kehilangan kemampuannya untuk menstimulasi kadar gula dalam darah karena Suplemen Omega 3 mampu mengendalikan efektifitas dari obat obatan pemberian dokter yang ditujukan untuk penurunan kadar gula dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 justru akan lebih baik karena mampu mempercepat penyerapan obatdidalam tubuh dan meningkatan kesehatan orang orang yang mernderita penyakit diabetes.
  • Tidak dianjurkan bagi penderita stroke. Mengkonsumsi suplemen Omega 3 secara sembarangan dapat mengakibatkan serangan stroke dan meningkatkan tekanan darah pada orang oranag yang belum terserang stroke. Sebaiknya tetaplah konsisten untuk mengkonsumsi makanan asli yang mengandung Omega 3 seperti jenis ikan ikanan yang terbukti mampu mencegah serangan stroke.

Bagaimanapun juga mengkonsumsi makanan asli yang mengandung Omega 3 lebih dianjurkan  walauoun mengkonsumsi suplemen Omega 3 tidak dilarang.

Cara Meningkatkan Kandungan Omega 3 Pada Daging

Untuk meningkatkan produksi Omega 3, potassium, vitamin E dan kaya magnesium dalam daging ternak seperti sapi, kambing, domba atau kerbau adalah berikut ini:

  • Memberikan secara konsisten rumput sebagai makanan utama dan tidak memberikan hewan ternak dengan berbagai macam antibiotiok atau vitamin tubuh atau makanan lain selain rumput.
  • Kandungan Omega 3 cenderung berkurang dan akan dikendalikan oleh penyebaran lemak jenuh jika hewan ternak diberikan makanan selain rumput.
  • Pada dasarnya hewan ternak makan rumput, jika ditambahkan makanan lain kandungan Omega 3 yang ada di daging akan semakin berkurang dan tidak berkualitas!

Itulah berbagai macam makanan yang megandung omega 3 yang penting untuk kita konsumsi. Pemberian makanan yang mengandung Omega 3 sebaiknya diberikan pada anak anak usia dini agar ketika dewasa nanti didalam tubuhnya selalu tercukupi kebutuhan akan Omega 3 dan menpercepat pertumbuhan tubuhnya agar bisa tumbuh tinggi secara normal dan terhindar dari keterlambatan dalam berfikir. Untuk usia dini yang paling cepat untuk peningkatan kecerdasan anak adalah pemberian jenis ikan ikanan dan daging hewan ternak yang semasaa hidupnya hanya memakam rumput bukan makanan lain.

, ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 17:13 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi