Sponsors Link

Lemak Tak Jenuh Tunggal : Pengertian – Manfaat – Efek – Makanan

ads

Lemak memang terdengar agak horor karena apa yang ada di benak kebanyakan orang lemak adalah yang membuat orang bertubuh gemuk dan memiliki banyak penyakit serius. Lemak tidak selalu berbahaya karena yang paling bahaya adalah mengonsumsi lemak jenuh yang akan memicu plak-plak penghambat pembuluh darah. Lemak tak jenuh tunggal berbeda dari lemak jenuh dan juga lemak tak jenuh ganda karena lemak dengan jenis tak jenuh tunggal susunan molekulnya adalah terdiri dari rangkaian sejumlah atom karbon dengan 1 ikatan ganda.

Molekul lemak akan dapat menjadi tak jenuh oleh ikatan ganda tersebut di mana atom hidrogen masih bisa ditambahkan. Jenis lemak ini berwujur cair yang dapat membeku apabila didinginkan. Mungkin masih ada dari kita yang masih agak sulit dalam membedakan antara lemak tak jenuh tunggal serta ganda. Khusus untuk lemak tak jenuh ganda, nutrisi ini bisa diperoleh dari sumber-sumber makanan dengan kandungan omega-6 dan omega-3, sedangkan untuk lemak tak jenuh tunggal dapat diperoleh dengan mengonsumsi sumber makanan berkandungan omega-9.

Pada sebagian benak kita akan muncul pertanyaan tentang apakah kandungan jumlah kalori di dalam lemak tak jenuh tunggal itu tak lebih banyak atau bahkan lebih sedikit dari jenis lemak lainnya. Jawaban pastinya adalah kandungan kalorinya sama dengan jenis lemak yang lain, di mana diketahui bahwa jumlah totalnya pada setiap gram adalah 9 kalori. Dengan konsumsi yang tepat, tubuh pasti akan dapat merasakan bedanya dan hal ini juga tak akan berbahaya untuk kesehatan seperti yang dipikirkan oleh banyak orang.

(Baca juga: asam lemak trans polyenoic)

Rekomendasi Asupan Lemak Tak Jenuh Tunggal Harian

Sebenarnya untuk seberapa banyak seorang manusia boleh mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal bisa dilihat pada takaran asupan harian lemak secara umum. Namun intinya untuk yang ingin tahu lemak tak jenuh tunggal dapat dikonsumsi seberapa banyak, telah direkomendasikan untuk kurang dari 35 persen dari keperluan kalori per hari dan ini berlaku pada orang yang sehat. Dari rekomendasi asupan tersebut, akan semakin baik bila semakin tinggi kadar lemak tak jenuh yang dikonsumsi, baik tak jenuh tunggal ataupun ganda.

Dosis tersebut diperuntukkan bagi yang memiliki keadaan sehat, sementara untuk yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, seperti adanya penyakit lain yang tengah diidap, silakan menghubungi dokter dan kemudian mengonsultasikan keadaan kesehatan dengan seberapa takaran lemak tak jenuh tunggal paling baik untuk penderita kondisi kesehatan tertentu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak malah memunculkan kondisi penyakit lainnya.

(Baca juga: akibat kekurangan kolesterol)

Manfaat Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak bukanlah suatu hal untuk ditakuti karena pada dasarnya tubuh pun membutuhkan nutrisi satu ini. Asalkan bukan lemak jenuh, dan kita memilih untuk memenuhi asupan lemak tak jenuh, termasuk tak jenuh tunggal, maka manfaat-manfaat inilah yang akan baik bagi tubuh.

  1. Mengurangi LDL

Pertama-tama tentu kita perlu tahu apa perbedaan kolesterol LDL dan HDL; HDL adalah kolesterol baik sementara LDL dikenal sebagai kolesterol jahat. Saat gaya hidup atau pola makan kita tertuju pada makanan dengan kandungan lemak jenuh, maka inilah yang akan menimbulkan potensi naiknya kadar LDL dalam tubuh dan memicu penyumbatan sirkulasi darah. Bila yang kita pilih adalah lemak tak jenuh tunggal serta ganda, justru lemak ini akan menjadi penolong kita dalam menurunkan kadar LDL tinggi; artinya penyumbatan pembuluh darah juga dapat dicegah dengan baik.

(Baca juga: hdl tinggi)

  1. Menurunkan Potensi Penyakit Kardiovaskular

Lemak selalu juga dihubungkan erat dengan penyakit jantung serta sistem kardiovaskular, maka untuk menurunkan risiko satu ini, ada baiknya untuk memenuhi asupan kadar lemak tak jenuh tunggal serta ganda. Ini dikarenakan gangguan kardiovaskular yang juga menimbulkan jenis-jenis penyakit jantung asalnya adalah dari asupan lemak jenuh terlalu banyak. Dari penyakit jantung biasanya stroke pun akan dapat menyerang tubuh sehingga menjadi lumpuh dan kesulitan bergerak serta melakukan aktivitas seperti orang pada umumnya.

  1. Menjaga Berat Badan
Sponsors Link

Obesitas adalah masalah penting yang tak hanya dikhawatirkan oleh banyak wanita, tapi juga para pria. Dari kegemukan ini, penyakit jantung serta stroke pun bisa timbul saking lemak jahat telah berkumpul dan menumpuk di dalam darah. Sebelumnya pasti kolesterol tinggi juga akan dialami bersama dengan tekanan darah tinggi di mana bila tak ditangani maka akan sangat membahayakan pembuluh darah. Membantu tubuh untuk mendapatkan lemak tak jenuh tunggal akan mampu membuat berat badan lebih stabil dan tak mudah menjadi naik.

  1. Meningkatkan HDL

Selain baik untuk menurunkan kadar LDL yang mengerikan, lemak tak jenuh tunggal adalah nutrisi atau jenis lemak yang diperlukan tubuh untuk menambah kadar HDL. HDL rendah dan LDL yang tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh, maka yang benar tentunya adalah HDL yang tinggi sedangkan LDL perlu diturunkan. Justru setinggi-tingginya HDL justru akan baik untuk tubuh karena HDL ini merupakan kolesterol baik yang memang dibutuhkan tubuh dalam mendukung setiap fungsinya. Bahkan peningkatan HDL dengan mengonsumsi jenis lemak baik ini pun terbilang sangat drastis.

(Baca juga: akibat kekurangan hdl)

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Penyumbatan sirkulasi darah dapat dengan mudah terjadi ketika lemak jenuhlah yang menguasai tubuh kita. Lemak jenuh dapat berubah menjadi plak karena tertimbun dalam jangka waktu lama di dalam darah sehingga akhirnya malah menghambat aliran darah menuju organ-organ tubuh kita. Ketika organ-organ tubuh penting tak mendapatkan darah serta oksigen yang cukup, mulailah timbul gangguan dalam sistem kerjanya dan akan semakin parah jika plak semakin menjadi. Maka dengan lemak tak jenuh tunggal, lemak ini adalah lemak baik yang bakal menolong melancarkan peredaran darah sebab ia mampu melawan lemak jenuh.

  1. Meningkatkan Proses Metabolisme

Proses metabolisme dalam tubuh memerlukan segala nutrisi yang cukup dan seimbang, termasuk juga lemak, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Proses metabolisme yang lancar secara otomatis akan menurunkan risiko diri kita untuk terkena segala penyakit serius. Metabolisme tubuh yang baik juga berimbas pada sistem daya tahan tubuh yang baik juga serta stamina yang tinggi juga; inilah kekuatan bagi kita untuk bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

(Baca juga: makanan yang berbahaya bagi penderita kolesterol)

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi sumber-sumber makanan tepat, seperti halnya makanan berkandungan lemak tak jenuh tunggal yang mengandung omega-9. Menimbunnya kolesterol jahat pada tubuh kita akan berdampak buruk di mana sistem kekebalan ikut menjadi lemah sehingga tubuh akan lebih rentan akan penyakit. Untuk itulah lemak baik seperti lemak tak jenuh tunggal akan menolong tubuh untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol sehingga tubuh ada kemampuan dalam memberikan perlawanan terhadap segala penyakit.

  1. Mengurangi Potensi Terkena Arthritis

Lemak tak jenuh tunggal bertugas salah satunya sebagai penurun risiko arthritis pada manusia. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit penyebab nyeri sendi parah yang memang kerap dialami oleh para orang tua. Peradangan yang mengenai bagian sendi adalah pemicu timbulnya penyakit arthritis. Maka dengan mengonsumsi makanan-makanan berkandungan omega-9 secara rutin akan dapat menolong proses pencegahannya.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf Otak

Dalam jaringan otak dan tubuh serta keseimbangan otot, saraf kita berperan vital dalam memberikan respon, dan kesehatan sistem saraf akan sangat terjaga baik bila kandungan lemak tak jenuh tunggal bisa senantiasa terpenuhi asupannya. Dari anak-anak hinga yang sudah lanjut usia membutuhkan lemak baik ini untuk mendukung kinerja sistem saraf.

(Baca juga: penyakit akibat kekurangan lemak bagi tubuh)

Efek Kekurangan Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak tak jenuh tunggal yang tak terpenuhi sesuai dengan apa yang sudah direkomendasikan tentu akan berdampak bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa efek dari kekurangan lemak baik dalam tubuh kita yang sebaiknya tidak terjadi.

  1. Obesitas
sponsored links

Kurangnya lemak baik yang diimbangi dengan berlebihannya lemak jahat atau lemak jenuh, hal ini tentu akan dengan mudah membawa kita mengalami obesitas atau kenaikan berat badan. Kadar lemak tak jenuh tunggal perlu ditambah melalui sumber makanan tepat dan sehat supaya lemak jenuh bisa kalah dan tidak membahayakan tubuh lewat kondisi berat badan berlebih ini.

(Baca juga: bahaya lemak jenuh)

  1. HDL Rendah dan LDL Tinggi

Karena fungsi dari lemak tak jenuh tunggal sebagai peningkat HDL, tentu ini akan membuat HDL rendah saat tubuh tak memiliki banyak jenis lemak baik ini. HDL yang berada pada kadar rendah, lalu kemudian LDL berkadar tinggi, ini merupakan kabar buruk sebab tubuh akan dengan gampang diserang penyakit serius yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular, semacam penyakit jantung dan stroke. Tak masalah apabila HDL berkadar tinggi, asal tidak menjadi rendah karena HDL sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

  1. Risiko Gangguan Jantung dan Stroke

Salah satu tugas lemak baik ini adalah untuk menurunkan risiko gangguan jantung dan kardiovaskular, jadi tentu saat asupannya tak terjaga seperti seharusnya, ini bisa meningkatkan potensi stroke dan penyakit jantung. Ketika kadar lemak baik terlalu rendah, hal tersebut menjadi kesempatan bagi lemak jahat untuk berkembang di dalam tubuh dan tidak akan ada yang akan mampu melawannya.

(Baca juga: bahaya lemak di perut)

  1. Penyumbatan Peredaran Darah

Tersumbatnya peredaran darah bisa dikarenakan penumpukan lemak jahat di mana juga asalnya adalah dari kurangnya lemak baik dalam tubuh untul melawan lemak jahat. Plak-plak akan timbul dan terjadi di dalam tubuh di mana ini akan otomatis memicu adanya berbagai penyakit kronis, termasuk tekanan darah tinggi serta asam urat. Semakin tersumbatnya aliran darah, organ-organ dalam tubuh kita akan terganggu fungsinya.

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Karena yang menjadi salah satu fungsi lemak tak jenuh tunggal adalah meningkatkan daya tahan tubuh kita, dengan berkurangnya kadar lemak ini di dalam tubuh akan berakibat buruk. Daya tahan tubuh bisa gampang turun yang otomatis dapat mengundang berbagai penyakit hinggap pada tubuh kita. Itulah mengapa sangat penting untuk memperoleh lemak tak jenuh tunggal pada dosis yang tepat; sebaiknya tidak kurang dan justru dilebihkan supaya kolesterol jahat terkalahkan.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)

  1. Risiko Arthritis

Radang sendi pun rupanya berpotensi terjadi pada tubuh kita saat tubuh tak mendapat atau mempunyai kadar lemak tak jenuh tunggal yang cukup. Karena salah satu manfaat lemak ini adalah untuk menurunkan risiko arthritis, potensi ini bisa meningkat kapan saja ketika dosis lemak baik yang kita konsumsi kurang banyak.

  1. Menurunnya Fungsi Saraf

Sistem saraf dianggap menjadi salah satu organ tervital yang tentunya tanpa kinerja yang baik akan membuat kita tak mampu melakukan kegiatan seperti seharusnya. Depresi, stres, dan perubahan emosi dapat terjadi ketika sistem saraf otak kita terganggu, bahkan nyeri otot pun dapat dialami ketika keseimbangannya tidak terjaga dengan baik.

(Baca juga: akibat kelebihan lemak)

Efek kelebihan akan lemak tak jenuh tunggal tak begitu diketahui, namun memang ada beberapa efek samping yang diketahui dan patut untuk diwaspadai betul. Stroke hemorrhagic serta perdarahan adalah dua risiko kesehatan yang akan terjadi bila tubuh sampai kelebihan lemak tak jenuh tunggal. Maka dari itu, untuk lebih amannya mengonsultasikan dosis penggunaan dengan dokter adalah yang terbaik daripada harus salah konsumsi dan mengakibatkan penyakit kronis.

(Baca juga: bahaya kolesterol ldl tinggi)

Sumber Makanan Lemak Tak Jenuh Tunggal

Sejumlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dapat dipertimbangkan dan bahkan lebih disarankan untuk dikonsumsi setiap hari dengan porsi tepat. Agar tubuh terjauh dari segala risiko penyakit, berikut adalah daftar makanan berlemak baik bagi kita:

  • Minyak wijen.
  • Minyak zaitun.
  • Minyak kacang.
  • Kacang-kacangan dan segala produknya.
  • Minyak biji bunga matahari.
  • Alpukat
  • Minyak canola.

(Baca juga: penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi buah penurun kolesterol)

Supaya lebih jelas, bisa juga langsung bertanya kepada ahli gizi tentang makanan apa saja yang baik untuk memberikan tubuh kita lemak tak jenuh tunggal secara cukup. Diharapkan juga untuk tidak ragu mengecek kesehatan secara rutin supaya terhindar dari lemak dan kolesterol tinggi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 13:44 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi