Sponsors Link

12 Gejala Kekurangan Kalium dalam Tubuh

ads

Kalium merupakan salah satu dari jenis mineral yang ada di dalam tubuh dan kalium sendiri di dalam tubuh menempati urutan ke tiga dari zat mineral terbanyak yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama zat kalium ini adalah sebagai pembentuk sel dan juga berfungsi sebagai pengendali dari beberapa organ di dalam tubuh seperti jantung, ginjal, hati, paru-paru dan juga pada kesehatan otot. Jadi mungkin sudah ada gambaran di dalam kepala anda bahwa keberadaan kalium ini sangat penting di dalam tubuh.

Kalium ini juga berkolaborasi dengan zat lainnya di dalam tubuh yaitu natrium. Ketika keduanya bekerja sama maka akan terjadi keseimbangan asam basa dan mengatur keseimbangan air yang sangat penting bagi tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan zat kalium ini maka akan sangat berbahaya. Ada beberpa gejala yang bisa dilihat bahwa anda mengalami kekurangan kalium atau tidak. beberapa gejalanya adalah berikut ini:

  1. Kelelahan

Kelelahan ini tidak hanya menjadi ciri ciri anemia  saja namun juga menjadi ciri orang yang kekurangan kalium dan juga menjadi ciri ciri gula darah rendah. Akibat kekurangan kalium membuat kelelahan karena kalium juga mengendalikan cairan tubuh maka jika zat ini kurang di dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh menjadi kelelahan. Kelelahan ini akan berlangsung secara terus-menerus dan sangat sulit dihilangkan setelah minum air yang cukup banyak.

  1. Kulit Kering

Masih tidak jauh berbeda karena kekurangan cairan tubuh maka kulit akan menjadi kering karena kelembabannya sudah hilang akibat kurangnya cairan. Untuk itu nada harus mencukupi kebutuhan akan kalium dan juga kebutuhan akan caran.

Baca : Bahaya akibat kurang minum air putihEfek kekurangan air putih

  1. Kelemahan Otot

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kalium salah satu fungsinya juga sebagai penjaga kesehatan otot. Jadi, jika anda merasa bahwa bagian otot anda mengalami kelemahan dan sulit digerakkan mungkin itu karena anda kekurangan zat kalium ini. Kelemahan otot ini ditandai dengan nyeri sendi lutut yang tidk kunjung hilang.

  1. Refleks yang Lambat

Anda digigit nyamuk dan anda tidak merasakan langsung saat nyamuk itu mulai menusuk kulit anda padahal orang lain akan langsung merasakannya, nah jangan-jangan anda mengalami kekurangan zat kalium ini.

Akibat Kekurangan Kalium

Jika anda mengalami beberapa gejala kekurangan kalium seperti yang telah disebutkan di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena jika gejala ini diabaikan maka dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung.

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa akibat yang disebabkan oleh adanya kekurangan kalium di dalam tubuh:

  1. Sakit Kepala

Mungkin anda sering mengalami sakit kepala namun menganggapnya hanya sebagai sakit kepala biasa. Bila anda merasa beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas disertai dengan rasa sakit kepala yang tak tertahankan mungkin anda mengalami kekurangan kalium di dalam tubuh. Kalium ini juga sangat penting keberadaannya sebagai penyehat jaringan tubuh termasuk yang ada di dalam kepala.

Baca : Obat sakit kepalaPenyebab sakit kepala

  1. Liver

Bukan hanya bagian kepala saja yang akan merasa terganggu dengan adanya kekuranga kalium ini di dalam tubuh. gejala yang paling banyak mengindikasikan bahwa anda mengalami kekurangan kalium adalah dengan timbulnya berbagai jenis penyakit yang terjadi di dalam liver. Jadi, jangan sampai anda mengabaikan gejala kekurangan kalium ini ya jika tidak ingin mengalami penyakit liver ini.

  1. Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu fungsi dari adanya kalium di dalam tubuh adalah untuk melancarkan peredaran darah dan menhindarkan terjadinya berbagai penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskuler. Nah, penyakit kardiovaskuler ini diantaranya adalah jantung dan stroke. Penyakit tersebut terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah utama di jantung sehingga penderitanya tidak mendapatkan peradaran darah yang sempurna.

  1. Keracunan Logam

Jika jumlah kalium lebih sedikit dari jumlah natrium di dalam tubuh maka bisa menjadi salah satu adanya indikasi keracunan logam di dalam tubuh. Keracunan logam ini sangat berbahaya bagi tubuh apalagi jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai jenis penyakit yang lebih serius lagi nantinya. Nah, ini menjadikan berbagai hal menjadi tidak stabil lagi di dalam tubuh.

Baca : Dampak bahaya keracunan timbal bagi kesehatan

  1. Stres

Selain beberapa jenis penyakit yang sudah dipaparakan di atas, akibat dari adanya kekurangan kalium di dalam darah ini adalah penderitanya dapat mengalami stress.

sponsored links

Stress yang ditimbulkan ini akan membuat penderitanya menjadi bingung dan cemas sehingga tidak bisa fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi para penderitanya.

Baca : Cara menghilangkan stres  – Penyebab stres

  1. Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur juga bisa disebabkan oleh adanya kekurangan kalium di dalam tubuh. hal ini membuat tubuh menjadi terasa tidak enak dan sangat sulit digerakkan. Hal bisa jadi karena tubuh mengalami kekurangan zat kalium di dalam tubuh. Insomnia ini akan sangat menganggu para penderitanya terutama mereka yang memiliki kegiatan di pagi hari dan insomnia juga bisa memicu timbulnya berbagai jenis penyakit lainnya yang cukup serius.

  1. Nyeri pada Saraf

Orang yang mengalami kekurangan kalium juga akan mengalami rasa nyeri pada sarafnya. Nyeri pada saraf ini sangatlah berbahaya jika dibiarkan saja dan ini bisa memicu terjadinya berbagai jenis penyakit pada saraf. Oleh karena itu harus segera diobat supaya tidak menjadi penyakit lain yang lebih serius nantinya.

  1. Detak Jantung Terlalu Cepat

Ini juga cukup menganggu papra penderita kekurangan kalium karena dirinya akan mengalami jantung yang berdetak dengan cepat dan dibandingkan dengan detakan biasnaya. Hal ini bisa menyebabkan serangan jantung jika tidak segera dilakukan pengobatan.

Pencegahan Kekurangan Kalium

Itulah beberapa hal akibat yang akan anda dapatkan jika tubuh kekurangan zat kalium. Nah untuk menghindari adanya kekurangan kalium ini maka harus dicukupi kebutuhannya. Berikut ini cara mencegah kekurangan kalium :

  • Makanan berkalium. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung kalium tinggi karena sebagian besar makanan memiliki zat kalium di dalamnya. Sumber terbaik dari zat kalium dan penyedian kalium terbesar adalah dari buah dan sayuran yang masih segar. Pilihan yang bisa anda pilih antara lain adalah kentang, wortel, kubis, bawang namun sumber kalium terbesar ada di dalam buah pisang. Oleh karena itu anda jangan takut untuk mengkonsumsi pisang karena memiliki kalium terbesar. Sumber kalium lainnya dapat ditemukan pada produk susu dan turunannya seperti keju, yogurt dan lainnya.
  • Supplemen kalium. Saat ini banyak orang yang menggunakan suplemen sebagai pemenuhan kebutuhan zat kalium di dalam tubuhnya. Padahal hal ini tidaklah baik karena tidak semua kalium yang ada di dalam suplemen itu alami seperti yang disediakan oleh buah dan sayur.

Itulah beberapa gejala kekurangan kalium yang harus selalu kita wasppadai, lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobati. Anda bisa menggunakan cara pencegahan yang telah disebutkan di atas agar gejala kekurangan kalium tidak anda rasakan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 28th, March 2016 / 16:11 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi