9 Fungsi Asam Folat untuk Tubuh

Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9 yang cukup banyak memiliki manfaat untuk kebutuhan gizi manusia. Khasiatnya sangat berguna untuk sel darah merah (eritrosit), fungsi pada sel DNA dan RNA, bekerja penuh untuk kesehatan ibu hamil, terjadinya menstruasi, pada jaringan tubuh manusia, perkembangan bayi yang baru saja lahir, serta beberapa fungsi organ tubuh vital seperti otak dan jantung.

Banyaknya fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh asam folat, mustahil tubuh kita tidak membutuhkannya. Kenyataanya banyak sekali gejala defisiensi jika tubuh anda terdeteksi tidak mengandung asam folat. Gangguan dan terjadi disfungsional beberapa organ mungkin akan menjadi salah satu faktor resikonya. Nmaun Bukan berarti anda harus memenuhi kandungan asam folat dalam jumlah besar. Ada, namun tidak banyak.

Anda memang harus memenuhinya setiap hari. Hanya saja kadar dosis tidak terlalu tinggi. Sebab kelebihan asam folat akan mengganggu sistem keseimbangan tubuh anda. Kelebihan asam folat akan menjadikan anda overdosis.

Batas kadar konsumsi asam folat

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi asam folat tentu saja tiap orang berbeda-beda. Hal ini di bedakan dari umur seseorang. Sebab di setiap pertumbuhan umur, juga memerlukan kadar dan taraf gizi tertentu. Misal untuk anak usia di bawah 3 tahun sangat bergantung pada susu pendamping ASI Hal ini sangat baik untuk menguatkan gigi dan tulangnya. Sedangkan untuk usia remaja, lebih di tekankan pada pemenuhan gizi seperti sayur sayuran dan buah buahan.

Mereka sangat sibuk dengan sekolah dan kegiatan lainnya yang membutuhkan gizi cukup untuk pemenuhan perkembangan primer dan sekunder. Bahkan kebanyakan remaja sangat berhati-hati dengan susu. Mereka khawatir minum susu akan membuatnya gendut dan mengurangi penampilan sempurnanya. (Baca juga : bahaya obesitas)

Ini adalah rincian usia pemenuhan asam folat :

  • Usia <3 tahun : ±300 mcg
  • Usia 4 – 8 tahun : ±400 mcg
  • Usia 9 – 13 tahun : ± 600 mcg
  • Usia 14 – 19 tahun : ± 800 mcg
  • Usia 20 < tahun :± 1000 mcg

Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat demi memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Misalnya dari sayuran hijau, telur, daging, gandunm, kacang kacangan kering, susu, ragi, sereal dan beberapa buah buahan seperti jeruk. Usahakanlah selalu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan gizi makro nutrient tinggi. Adapun gizi tersebut adalah karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Berikut ini fungsi asam folat bagi tubuh :

1. Memperbaiki sel DNA

Sel yang sangat membantu anda untuk hidup, membantuk diri anda, serta keturunan dari orang tua anda adalah sel DNA. Keberadaanya merupakan salah satu bentuk keturunan dari orang tua manakah yang melahirkan dan menjadikan anda anak. Sel ini pula yang akan mengikat anda dengan keturunan setelah anda nanti. Pentingnya peran sel DNA, maka perlu di jaga perbaikan sel dan produktivitasnya. Salah satu nutrisi yang baik untuk makanan sel DNA adalah asam folat.

Perbaikan sel DNA ini juga bisa didapatkan dari


2. Membentuk eritrosit

Eritrosit atau sel darah merah terbentuk dengan bantuan dari asam folat. Pembentukannya berada di sumsum tulang belakang. Fungsi dari sel darah merah sendiri juga sangat vital, yakni mengedarkan sari pati makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini sangat membantu untuk membentuk energi yang menjadi bahan bakar anda melakukan aktivitas harian. Jika kadar asam folat anda terpenuhi dengan baik, maka produksi sel darah merah dalam tubuh juga baik. Namun penyakit akibat kelebihan eritrosit juga bisa terjadi jika berlebihan.

3. Sangat dianjurkan untuk ibu hamil

Untuk para ibunda yang sedang hamil, asam folat sangat berguna sekali. Sebab dengan pemenuhan asam folat sekitar 600 mcg dapat membantu mengurangi rasa mual di dalam tubuh. Anda dapat menanganinya dengan memberikan susu khusus untuk ibu hamil.

4. Mengatasi rasa sakit saat haid

Datang bulan atau biasa di kenal dengan menstruasi menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita. Mereka banyak mendengar rumor bahwa proses datang bulan akan membuat perutnya sakit. Memang benar. Sebab saat itu terjadi peluruhan atau pengelupasan dinding rahim karena tidak dibuahi secara alami. Tentu saja akan terjadi sakit. Maka untuk membantu mengatasi rasa sakit dengan konsumsi asam folat yang membantu memproduksi sel darah merah. (Baca juga : makanan yang dilarang saat haid)

5. Mengurangi resiko kanker

Kanker salah satu penyakit mematikan di dunia. Seseorang yang mengalami kekurangan atau defisiensi dengan asam folat, mampu meningkatkan resikonya kanker. Hal ini berkaitan dengan usus besar yang sangat berkaitan dengan asam folat. Sehingga pencegahan dari masalah ini adalah mengkonsumsi asam folat dengan tepat sesuai dengan kadarnya.

Resiko kanker ini dikarenakan oleh :


6. Berguna untuk janin di dalam perut

Manfaat mengkonsumsi asam folat bukan hanya untuk kebutuhan ibu hamil saja. Baik untuk anak yang sedang di kandungnya juga ada. Dengan konsumsi asam folat cukup akan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang di dalam rahim. Bahkan resiko kelahiran anak cacat akan menurun ketika konsumsi asam folat sesuai dengan kebutuhan gizinya.

7. Menyembuhkan anemia

Anemia atau biasa dikenal sebagai penyakit kurang darah cukup banyak mengenai wanita yang banyak aktivitas namun enggan memakan sayuran. Kala siang hari ditengah sibuknya bekerja, ia akan merasakan pusing. Hal ini di sebabkan karena darah bersih yang mengandung oksigen harusnya mengalir sampai ke otak. Namun karena produksinya kurang, maka perjalanannya terhambat. Hal ini menyebabkan otak kekurangan kapasitas oksigen yang cukup, sehingga mengalami kepala sering pusing. Tak banyak mereka sampai penyebab pingsan.

8. Membantu perbaikan sel

Fungsi asam folat sangat baik dan diperlukan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Sebab masa sel di dalam tubuh hanya bisa hidup beberapa jam atau hari saja. Maka perlu di lakukan perbaikan terus untuk menjaganya agar sehat. Dengan sel yang baik, maka tumbuhlah jaringan yang baik pula.

9. Optimalkan fungsi otak

Orang yang sedang dalam depressi biasanya fungsi otaknya sedang terganggu. Secara psikologis ia tidak bisa mengatasi stress yang menimpa dirinya sehingga merubah eustress menjadi distress. Untuk itulah di perlukan bantuan asam folat untuk mengoptimalkan fungsi otak. Bahkan jika seseorang selalu menjaga nutrisi asam folat mampu membantunya dari gejala demensia di usia tua nanti.

Berikut ini sejumlah hal yang bisa merusak fungsi otak dan perlu dijauhi, seperti :

Itulah beberapa fungsi asam folat. Semoga bisa membantu 🙂

, ,
Post Date: Tuesday 20th, October 2015 / 03:38 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi