Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Kekurangan Kalium Secara Alami

ads

Kalium dikenal juga dengan sebutan potassium, mineral jenis ini sangat dibutuhkan tubuh dalam beberapa kegiatan penting tubuh layaknya menjaga tekanan darah dalam ambang normal dan juga menjaga jaringan tubuh yang vital agar tetap senantiasa terjaga tetap sehat dan berkinerja dengan optimal sebagaimana mestinya. Kekurangan kalium dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Sebenarnya mineral kalium ini cukup mudah diperoleh dalam beragam jenis bahan makanan alami dan aman di sekitar kita untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

artikel terkait: gejala kekurangan kaliumbahaya kekurangan kaliummakanan yang mengandung kalium tinggi dan manfaatnyamakanan yang mengandung potasium

Ada beberapa cara mengatasi kekurangan kalium secara alami dalam tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah, antara lain :

1. Konsumsi Jeruk

Jenis buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat bermanfaat dalam peningkatan imunitas tubuh dalam melawan bibit penyakit. Ternyata, buah ini pun memiliki kandungan kalium dalam kadar yang patut dijadikan pilihan dalam rangka memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis mineral yang satu ini. Fungsi kalium ini sendiri teramat baik dalam menjaga kesehatan kardiovaskular bagi organ jantung agar senantiasa dalam kondisi optimal.

Di samping itu, kandungan serat yang mencukupi dari buah jeruk yang dikonsumsi memiliki fungsi khusus untuk membantu mengeliminasi dan mengontrol jumlah kolesterol dalam aliran darah agar senantiasa dalam kadar normal dan tak berlebihan. Seseorang yang rutin mengonsumsi buah yang satu ini ataupun mengonsumsinya dengan cara mengolah jeruk menjadi minuman jus yang segar dan dikonsumsi setiap pagi, maka secara langsung kebutuhan tubuh akan kalium pun dapat terpenuhi dengan baik.

artikel terkait: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya

2. Konsumsi Kentang

Sumber makanan yang satu ini memang sangat populer sebagai menu makanan pilihan yang dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan ringan layaknya dalam bentuk keripik atau dapat dijadikan pelengkap sayur bening. Selain itu, jenis makanan yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai menu makanan berat dengan cara mengupas dan membersihkannya untuk selanjutnya direbus dalam air mendidih. Rasa kentang yang gurih dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang sehat, mencukupi kebutuhan tubuh, dan banyak jadi pilihan orang yang mencintai gaya hidup praktis namun tetap mengedepankan faktor kesehatan.

Jika dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan kalium tubuh, maka kentang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi dalam bentuk kudapan untuk sarapan, karena ternyata dalam tiap satu buah kentang utuh terdapat kurang lebih 610 mg kandungan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

artikel terkait: bahaya kentang gorengmakanan untuk penderita asam uratmakanan untuk penderita maag kronis yang sehat

Sponsors Link

3. Konsumsi Alpukat

Jenis buah yang satu ini apabila telah masak dapat diolah menjadi bahan minuman yang lezat dan menyegarkan cukup dengan mengeruk daging buahnya dan tambahkan madu murni secukupnya dan air es. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memblendernya sampai halus dan menjadikannya jus sebagai bentuk olahan dalam variasi lainnya.

Kandungan buah alpukat mampu menurunkan lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik yang akan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dari serangan jantung ataupun serangan stroke. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang mengandung mineral kalium sebesar 485 mg, memang tak sebesar yang terdapat dalam kentang, namun mengonsumsi buah dengan rasa lezat dan menyegarkan ini dapat menjadi alternatif dalam rangka memenuhi kebutuhan kalium tubuh.

artikel terkait: khasiat biji alpukatmakanan sehat untuk kulitcara mengatasi darah kotor secara alamimakanan sehat untuk diet menurunkan berat badan

4. Konsumsi Bayam

Pada umumnya jenis bahan makanan ini diolah menjadi beragam macam sayur sehat sebagai lauk pelengkap saat makan nasi. Hal ini disebabkan rasanya lezat dan lembut, sangat mudah dicerna, dan merupakan sumber serat yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, bayam memiliki fungsi utama sebagai suplai zat besi dalam pembentukan sel darah merah secara sempurna dan mencegah anemia.

Ternyata dalam ukuran satu mangkok bayam dapat jumpai mineral kalium dalam kadar sekitar 466 mg. Jadi saat seseorang mengonsumsi sayur bayam, selain sel darah merah menjadi sehat dan normal, kandungan kaliumnya yang tinggi juga membantu memelihara pusat pemompa darah yaitu jantung.

artikel terkait: bayam bagi penderita asam uratbayam untuk penderita asam uratbahaya sayur bayam yang dihangatkanmakanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang

sponsored links

5. Konsumsi Pisang

Jika membahas mineral kalium, jenis buah yang satu ini telah sejak dahulu menjadi yang terpopuler dalam daftar buah yang mengandung kalium. Buah pisang memiliki kandungan mineral kalium sekitar 358 mg. Selain itu, buah pisang juga memiliki banyak keutamaan lainnya, seperti rasa daging buahnya yang manis, kaya akan karbohidrat, dan mengandung serat, serta rendahnya nilai lemak jahat yang terkandung di dalamnya sangat baik dalam rangka meningkatkan energi tubuh dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

artikel terkait: kandungan gizi pisangkhasiat buah pisang untuk kesehatanefek terlalu banyak makan buah pisangbahaya pisang karbit

6. Konsumsi Ikan Salmon

Ragam ikan laut senantiasa dikaitkan dengan kandungan kaya akan omega 3. Ikan salmon merupakan slah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi selian dari kandungan omega 3. Dengan mengonsumsi satu porsi ikan salmon akan mendapat asupan mineral kalium bagi tubuh sebanyak 460 mg. Jenis ikan laut memiliki kandungan lemak jahat yang rendah jika dibanding dengan jenis daging yang lainnya. Rasa dan tekstur dari ikan salmon ini pun sangat lezat serta lembut sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan.

artikel terkait: makanan yang mengandung omega 3makanan untuk otak anakmakanan penurun kolesterol tinggi super cepat

7. Konsumsi Jamur

Salah satu kandungan jamur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu kandungan mineral kalium. Sebagai contoh, dalam satu porsi jamur berjenis Shiitake, kandungan kaliumnya sebesar 356 mg. Jamur memiliki rasa lezat gurih yang tak jauh berbeda dengan lezatnya daging dan ikan, namun dengan kandungan nutrisi yang lebih terjaga tingkat sehatnya. Kandungan kalium dalam jamur  dapat menghindarkan seseorang dari penyakit kulit dan menjaga sistem saraf sehingga kesehatan saraf terjaga, maupun menjaga organ penting seperti jantung, otak, serta menjadi salah satu cara menjaga agar ginjal tetap sehat sehingga organ-organ tersebut dapat bekerja secara optimal.

8. Konsumsi Air kelapa

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan kepungan lautan menjadikan air kelapa sebagai salah satu minuman segar yang dapat ditemui dengan mudah, dimana bibir pantai merupakan persebaran utama dari komoditas pohon kelapa yang mnghasilkan air segar dan sehat dengan kandungan beragam mineral penting dalam rangka memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan yang tentunya sehat dan bebas dari kandungan zat tambahan berbahaya. Di dalam satu cangkir air kelapa terdapat kandungan mineral kalium yang berkisar dalam angka 600 mg. Selain itu, dengan meminum air kelapa tubuh akan terdetoks secara otomatis dari beragam zat racun yang berbahaya agar segara dikeluarkan dalam bentuk zat limbah berupa urine dan atau keringat.

artikel terkait: akibat kelebihan air kelapabahaya air kelapacara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit

Demikian daftar makanan yang sangat efektif untuk meningkatkan kadar kalium dalam rangka menjaga kinerja organ dalam tubuh agar senantiasa dalam kondisi optimal tentunya dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrisi yang seimbang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 10:16 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi