Sponsors Link

17 Bahaya akibat kekurangan Yodium Bagi Ibu Hamil – Janin – Anak

ads

Bahaya akibat kekurangan yodium bagi ibu hamil dan janin serta kesehatan anak memang penting kita ketahui. Yodium merupakan salah satu bahan dasar yang sangat di perlukan oleh tubuh. Meskipun tergolong menjadi salah satu bentuk mikro molekul, namun tetap mutlak di perlukan. Iodium juga merupakan salah satu dari golongan mineral tubuh. Tidak seperti protein, lemak, karbohidrat apalagi vitamin, bahan bahan tersebut sangat kentara sekali jika tidak di penuhi salah satu gizinya. Sedangkan iodium lebih bersifat jangka panjang diferensiasinya.

Ada kasus menyebutkan bahwa seseorang wanita yang mengalami penurunan tingkat kecerdasannya. Ia merasa lebih bodoh, bahkan jika awalnya ia bisa mengerti pada suatu hal. Namun sekarang ini ia merasa sudah tidak bisa menguasai hal tersebut. Bukan karena lupa, tapi seperti kemampuannya sudah hilang. Ia terbiasa mengandalkan sesuatu. Jika hal yang di andalkan tadi sudah hilang, ia akan kehilangan arah dan tidak bisa mengerjakannya. Proses berpikir nalarnya berkurang. Setelah di tes inteligensi, ternyata tingkat kecerdasan atau IQ menurun.

Di teliti lebih lanjut lagi, siapa sangka wanita tersebut mengalami degenerasi sel otaknya. Hal ini di sebabkan karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung iodium. Maka setelah itu ia di anjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan iodium. Bisa di peroleh dari ikan ikanan maupun dari sayur atau buah buahan. Dokter juga menganjurkan wanita tersebut untuk banyak membaca buku, demi mengembalikan kecerdasannya.

Setelah cara cara ini dilakukan, ternyata memang berhasil. Wanita ini menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Ia tidak lagi menggantungkan suatu pekerjaan pada satu hal saja. Namun ia bisa menemukan dan mencari solusi untuk setiap masalah yang di hadapinya. Tingkat kreatifitas yang tinggi inilah yang memacunya untuk semakin meningkatkan IQ atau kecerdasannya.

Adanya masalah kekurangan atau direfensiasi iodium memang tidak bisa di lihat langsung secara kasat mata. namun anda bisa mengamati perlahan lahan, merasakannya sedikit demi sedikit perubahan pada diri anda. maka meskipun iodium bukan barang yang penting dan selalu di butuhkan oleh tubuh, namun dalam dosis tertentu tetap mutlak di perlukan. Berikut bahaya kekurangan yodium bagi kesehatan kita.

1. Penurunan tingkat inteligensi

Sama seperti kisah di atas. Bahwa seseorang akan lama menyadari bahwa ia sudah tidak sepandai dahulu lagi. Namun ia akan menyadari perlahan lahan. Usut punya usut, setelah di selidiki ternyata bermasalah pada bagian kebutuhan gizi yang masih kurang. Salah satu gizi yang di perlukan untuk membantu meningkatkan kebutuhan inteligensi adalah iodium.

2. Beresiko terkena penyakit gangguan mental

Akibat kekurangan yodium bagi kesehatan adalah adanya gangguan mental. Penyakit gangguan mental memang sangat banyak sekali jenis dan macamnya. Kebanyakan mereka yang sedang mengalami sakit gangguan mental, tidak menyadari bahwa diri mereka sakit. Maka diri mereka menganggap bahwa mereka baik baik saja. Biasanya orang orang sekitarnya paling paham dan mengerti keadaanya. Ternyata menurut penelitan, akibat kekurangan iodium juga mampu menyebabkan seseorang mengalami resiko terkena penyakit gangguan mental.

3. Resiko bayi mati saat kelahiran

Ternyata kekurangn iodium akan membawa dampak buruk pada ibu hamil. Sebab menurut  hasil penelitian yang sudah di lakukan, resiko terjadi kematian bayi yang baru saja lahir. Bahkan sampai 30.000 bayi mati setiap tahun mengalami kematian karena kekurangan iodium.

4. Resiko bayi kretin

Bahaya kekurangan yodium Selain itu, wanita hamil juga sangat di wanti wanti untuk bisa mengkonsumsi iodium setiap hari. Bahkan komposisinya sampai 470 mikro gram setiap hari untuk membantu dalam permbuatan hormon serta memperbaiki sistem sel tubuh. Salah satu dampak buruk jika sampai kekurangan iodium adalah resiko bayi terkena kretin. Ada sekitar 120.000 kasus yang beresiko bayi terkena kretin saat kelahiran dari seluruh dunia.

Sponsors Link

5. Tubuh pendek, bisu, serta tuli

Resiko bayi lahir dengan kondisi cacat juga bisa terjadi jika anda kekurangan iodium. Seperti kondisi pendek, bisu, serta tuli yang paling parah. Maka perlulah seorang ibu hamil mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung iodium. Selain bermanfaat untuk dirinya sendiri, iodium juga berguna untuk anak yang sedang di kandungnya.

6. Membuat masyarakat tidak berkembang

Apakah anda tahu, mengapa orang jepang bisa pandai pandai? Salah satu jawabannya adalah karena mengkonsumsi makanan yang berpotensi untuk menunjang kecerdasannya. Apa sajakah makanan tersebut? Beberapa jenis ikan ikanan, seperti tuna dan salmon. Selain itu di biasakan untuk memakan kodok atau swieke. Dan sering meminum susu setiap hari. Jika anda lihat komposisinya, makanan makanan tersebut mengandung gizi dan protein tinggi. apalagi kandungan iodiumnya. Maka tak salah jika masyarakatnya pintar semua. Sebab penunjang gizinya juga memadai

7. Resiko terkena penyakit gondok

Selain bisa menyebabkan otak tidak berkembang alias bodoh, kekurangan iodium juga menyebabkan penyakit tertentu. Salah satunya adalah terkena penyakit gondok. Penyakit ini terjadi karena adanya pembesaran kelenjar tiroid di leher. Biasanya penderita akan mengalami panas tinggi, serta pembengkakan di belakang telinga. Salah satu solusi untuk sembuh adalah memperbaiki konsumsi yodium dalam makanannya.

8. Membantu pertumbuhan hormon

Kegunaan Yodium salah satunya adalah untuk membantu pertumbuhan hormon yang ada di dalam tubuh. Jenis hormon ini adalah hormon tiroid. Maka jika anda memenuhi kebutuhan dari iodium untuk tubuh anda, maka produksi atau pembuatan hormon tiroid juga semakin baik dan berkualitas.

9. Terjadinya hipotiroidisme

Pada kasus wanita hamil, bayi yang ada di dalam kandungan sebenarnya sudah bisa memproduksi hormon tiroid sendiri. pada usia trimester ke 3, kemampuan tubuh janin sudah mulai berkembang pesat. Namun mungkin menemui suatu hambatan. Misalnya jia kebutuhan hormon yang kurang atau tidak mencukupi. Maka proses produksi hormon tiroid menjadi terhambat. Kondisi inilah yang menyebabkan janin mengalami masa hipotiroidisme.

10. Anak menjadi malas dan lesu

Dampak kekurangan yodium pada anak dapat membuatnya malas. Bahkan makanan juga berpengaruh pada proses belajar seseorang. Ketika seorang anak tidak di berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizinya, maka ia akan merasa kurang bersemangat dan malas. Sama seperti anak yang kurang konsumsi iodium. Maka perasaan malas bergerak, malas belajar juga akan muncul. Daya kreatifnya tidak akan tumbuh. Untuk itulah perlu untuk memfasilitasi anak dengan makanan yang baik dan bergizi. Salah satunya adalah dengan makanan yang mengandung banyak konsumsi iodium.

sponsored links

11. Resiko terkena kanker kelenjar tiroid

Pada orang dewasa, kekurangan kelenjar tiroid akan membawa dampak buruk. Bahkan sampai muncul benjolan atau modul pada kelenjar tiroid. Padahal bagian ini berfungsi sebagai autonom. Nah karena kekurangan ini bisa meningkatkan terjadinya efek resiko radiasi. Salah satunya radiasi yang mampu menyebabkan terjadinya kanker kelenjar tiroid.

12. Susah berhubungan sosial

Seseorang yang mengalami kekurangan iodium juga berpengaruh pada hubungannya dengan sosial. Sebab mereka kurang memiliki kemampuan atau ketrampilan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Orang bodoh atau tidak pintar tidak bisa atau sulit untuk membentuk hubungan dengan orang lain. Dalam memulai kehidupan baru, seperti membentuk relasi akan terhalang. Salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi iodium. Nutrisi ini membantu dalam membentuk atau meningkatkan kecerdasan dan inteligensi seseorang

13. Resiko mengalami gangguan berbicara

Anak yang dari lahir tidak di tunjang dalam pemenuhan gizi, seperti pemenuhan nutrisi iodium akan mengalami masalah baru. Misalnya terkena resiko tidak memiliki kemampuan lebih dalam berbicara. Anak akan cenderung diam atau pasif saja. Sebab dalam otaknya tidak mampu mengkoneksikan antara apa yang ia pikirkan dengan yang hendak di utarakan. Makanya kemampuan berbicaranya tidak bisa muncul.

14. Resiko kelahiran anak dengan mulut menganga dan lidah tampak dari luar

Anda biasa mengenal orang orang ini dengan sebutan sebagai orang idiot. Memang secara inteligensi, mereka jongkok. Ia hanya diam, menatap dalam sendu, serta tidak mengungkapkan apan yang ingin di lakukan. Maka kemampuan secara general baik ability maupun non ability sangat kurang. Bahkan kemampuan psikomotor juga kurang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena kekurangan zat iodiom.

15. Hambatan pertumbuhan bagi janin

Dampak akibat kekurangan yodium bagi ibu hamil dan janinnya adalah menghambat pertumbuhan janin. Seorang ibu hamil yang tidak mengkonsumsi iodium akan mengalami beberapa hambatan. Salah satunya dalam perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam perutnya. Misalnya seperti gangguan pertumbuhan sel syaraf dan otaknya. Maka bayi akan mengalami gangguan ketika masa kelahirannya. Hal inilah yang sering terjadi pada kebanyakan mansyarakat. Maka penting untuk ibu hamil mengkonsumsi iodiumm, meskipun dalam proporsi sedikit saja.

16. Tubuh mudah lelah

Kemudian kinerja dan tingkat energi seseorang bisa di ukur dengan bagaimana ia menghasilkan kualitas kerjanya. Biasanya di tandai dengan tubuh mudah lelah, lesu, dan lemas. Maka semakin kuat kandungan iodium di dalam tubuh, kualitas kesehatan seseorang juga meningkat.

17. Beresiko tinggi abortus

Banyak sekali cerita dan kasus wanita yang banyak mengalami abortus. Apakah itu abortus? Merupakan ancaman atau pengeluaran hasil dari konsepsi, padahal kondisi janin belum bisa hidup di luar kandungan. Dalam bahasa sehari hari, abortus di kenal dengan istilah keguguran. Wanita hamil yang hanya sedikit sekali mengkonsumsi iodium, maka ia juga akan beresiko terkena abortus. Itulah mengapa, prioritas dan proporsi wanita yang hamil lebih besar membutuhkan kandungan iodium bagi tubuhnya. Apalagi wanita yang sedang menyusui. Bisa sampai 2x lipat dari orang normal biasanya.

Inilah beberapa bahayanya jika sampai kita kekurangan zat iodium. Memang manfaatnya sangat banyak sekali. Maka tiada salahnya untuk memenuhi kebutuhan gizi ini. Jangan sampai diferensiasi. Sebab bahaya mengintai dalam waktu jangka panjang siap menjangkiti diri anda. selamat makan!!

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 13:36 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi