Sponsors Link

6 Akibat Kelebihan Lemak dalam Tubuh

ads

Kelebihan lemak adalah masalah yang sangat serius untuk tubuh. Lemak yang berlebihan bisa disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung kalori yang terus meningkat dalam tubuh. Lemak kemudian akan terus menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan beberapa resiko kesehatan jangka panjang. Tidak hanya berbagai jenis penyakit yang bisa mengancam jiwa tapi juga resiko nutrisi yang tidak seimbang pada tubuh. Banyak orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi lemak namun tidak bisa menyerap kebutuhan nutrisi, mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Fungsi Lemak

Lemak adalah sebuah senyawa yang didapatkan tubuh dari bagian luar dengan kandungan utamanya adalah oksigen, karbon dan hidrogen. Lemak bisa berbentuk padat maupun cair, dengan kandungan lemak jenuh dan tak jenuh. Sebenarnya fungsi lemak ini memang dibutuhkan oleh tubuh yakni :

1- Lemak menyediakan asam essensial yang tidak dapat diproduski oleh tubuh dan harus didapatkan dari berbagai jenis makanan. Peran dari jenis asam lemak essensisial linoleat dan asam linoleat penting untuk mengatasi peradangan, perkembangan otak dan juga mengurangi resiko penyakit pembuluh darah (penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah).

2- Lemak juga memiliki peranan untuk menyimpan kalori dalam tubuh. Lemak kemudian akan digunakan untuk melindungi semua jenis sel-sel tubuh dari kerusakan. Lemak akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber tenaga sehingga menjadi salah satu poin penting bagi manusia.

3- Lemak membantu menyerap berbagai jenis vitamin dan mengedarkan vitamin ke berbagai bagian tubuh lain. Lemak juga memudahkan tubuh untuk menyerap berbagai jenis vitamin seperti A, D, E, dan K yang masuk ke dalam tubuh melalui darah.

Apa Resiko Kelebihan Lemak ?

Akibat kelebihan lemak dalam tubuh ternyata menyebabkan berbagai jenis penyakit yang sangat fatal untuk tubuh. Tubuh akan terasa tidak sehat dan tidak bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Berikut ini adalah berbagai resiko karena kelebihan asupan lemak dalam tubuh :

1. Obesitas

Semua jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa jadi adalah lemak lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh dan juga lemak trans. Berbagai jenis sumber lemak yang terus menumpuk dalam tubuh tidak bisa dimanfaatkan semua oleh tubuh. Akibatnya maka lemak akan terus menumpuk dalam jaringan tubuh di berbagai tempat. Jika kondisi dibiarkan terus menerus maka bisa tubuh bisa menjadi sangat gemuk dan bahaya obesitas ini akan mengancam tubuh dengan berbagai jenis penyakit seperti :

2. Kerusakan Dinding Arteri

Konsumsi lemak jenuh berlebihan akan membuat kandungan kolesterol dalam darah meningkat. Hal ini juga akan memberikan efek buruk untuk arteri jantung. Jika sudah terjadi kerusakan arteri maka bisa menyebabkan masalah pada otak dan ginjal. Kolesterol tinggi dalam darah kemudian akan menekan arteri dan dapat menyebabkan beberapa kerusakan seperti pendarahan arteri dan penumpukan plak arteri. Semakin lama gangguan ini terjadi, maka bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik dan bisa menyebabkan gejala penyakit jantung.

Kerusakan dinding arteri juga bisa terjadi karena :

3. Meningkatkan Resiko Kanker

Pola makan yang buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan tidak mengkonsumsi makanan kaya serat dengan baik akan memicu tumbuhnya sel kanker di berbagai organ tubuh. Beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi adalah kanker usus besar, kandung empedu, ginjal dan berbagai kanker yang menyerang organ reproduski.

Peningkatan resiko kanker ini juga bisa terjadi karena :

4. Sembelit

Sponsors Link

Orang yang terbiasa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak tinggi bisa mempengaruhi sistem kerja organ tubuh. Akibat yang paling mudah terjadi adalah gangguan pada organ pencernaan seperti usus dan perut. Lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikonsumsi sehingga terkadang organ lambung tidak bisa kosong sepenuhnya. Penyakit yang paling sering terjadi adalah sembelit. Sembelit menjadi salah satu pertanda bahwa perut dan sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik.

Sembelit ini juga bisa terjadi karena :

5. Kerusakan Otak

Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak juga bisa menyebabkan kerusakan otak karena, kandungan lemak jenuh bisa merusak bagian hipotalamus. Hipotalamus adalah salah satu bagian di dalam otak yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan energi. Perubahan pengaruh lemak kepada protein dan gen sangat erat hubungannya dengan konsumsi lemak berlebihan.

Kerusakan otak ini juga bisa terjadi karena banyak hal seperti :

6. Kolesterol Tinggi

Konsumsi berbagai jenis lemak bisa meningkatkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah seperti kerusakan arteri, penumpukan plak pada pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah dan berbagai jenis resiko penyakit jantung. Bahkan kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang apabila terus terjadi maka bisa menyebabkan komplikasi jantung, penyakit ginjal dan gejala stroke.

Bagi yang sudah mengalami masalah kadar kolesterol tinggi ini, ketahui informasi mengenai kolesterol yang tepat seperti :

Jenis Lemak dan Sumber Lemak

sponsored links

Ada berbagai jenis makanan yang mengandung lemak, namun anda harus bisa memilih jenis lemak sesuai dengan bahan dan efeknya terhadap kesehatan. Berikut ini adalah berbagai jenis lemak yang perlu kita kenal :

Lemak Jenuh – Lemak jenuh adalah sumber kolesterol jahat yang sangat buruk untuk tubuh. Lemak jenuh bisa membuat tubuh terkena berbagai jenis penyakit terutama apabila dikonsumsi dalam waktu lama. sumber lemak jenuh adalah seperti mentega, es krim, keju, susu dan semua jenis daging yang mengandung lemak.

Unsaturated Lemak – Lemak yang bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh namun tetap sehat apabila dikonsumsi dalam waktu yang tertentu saja. Anda bisa membuat jadwalnya sendiri. Sumber makanan yang mengendung unsaturated adalah seperti, lemak tak jenuh tunggal adalah seperti minyak zaitun dan canola.

Lemak Trans
Lemak trans memiliki bentuk yang lebih cepat menferas serta berpengaruh untuk meningkatkan kadar LDL. Lemak trans juga bisa menurunkan kadar HDL Termasuk ke dalam bahaya mengkonsumsi gorengan dan dipanggang mengandung lemak trans, termasuk makanan olahan dimasak dengan orgarin.

Lemak Terhidrogenasi – Ini adalah jenis lemak yang sudah mengeras seperti ditemukan pada margarin dan mentega. Konsumsi berbagai jenis makanan ini merupakan jenis makanan yang bikin gemuk, akan menempatkan pada resiko penyakit jantung.

Cara Menurunkan Lemak dalam Tubuh

Jika anda memiliki berat badan berlebih atau indikasi memiliki kandungan lemak yang banyak dalam tubuh, maka Anda harus segera mencari pertolongan. Anda bisa menggunakan beberapa tehnik dibawah ini :

  • Lakukan olahraga membakar kalori atau latihan secara teratur untuk membuat cadangan lemak dalam tubuh, bisa digunakan sebagai sumber makanan.
  • Pilih jenis makanan sehat untuk diet,  ketika anda sedang menjalankan program untuk menurunkan berat badan.
  • Hindari kebiasaan mengkonsumsi bahaya makanan cepat saji dan lebih baik jika anda mencoba untuk memasak sendiri. Anda akan merasa lebih sehat karena semua bumbu dan bahan masakan dipilih dari makanan yang sehat.
  • Buat jadwal menu makanan sehat selama satu minggu, sehingga anda bisa memilih jenis makanan yang akan dibuat serta tidak perlu merasa lelah.
  • Hindari semua kebiasaan mengkonsumsi bahaya merokok dan bahaya alkohol

Tips Mengurangi Lemak

Jika anda sedang berhadapan dengan kandungan lemak yang tinggi, maka cobalah untuk mengikuti beberapa cara alami dibawah ini :

  • Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti kedelai, ikan, ayam, daging sapi has, dan berbagai produk susu tanpa lemak
  • Konsumsi banyak makanan yang bersumber dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan segar
  • Konsumsi berbagai jenis makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, sereal, dan gandum
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng atau dipanggang dan ganti dengan makanan yang di kukus
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang didapatkan dari hewan seperti bahaya daging kambing, bahaya daging sapi, susu, keju, kuning telur dan semua jenis makanan kemasan cepat saji.

Jadi, lemak memang menjadi sumber energi untuk tubuh, tapi jika Anda merasa lemak sudah menumpuk maka lakukan cara untuk menurunkan lemak. Akibat kelebihan lemak terus-menerus bisa memberikan efek kesehatan jangka panjang dan bersifat tiba-tiba.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 01st, September 2015 / 02:58 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi