6 Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Amino bagi Tubuh

Asam amino merupakan grup dari jenis protein yang pada umumnya merupakan asupan utama yang musti dipenuhi kebutuhan hariannya demi berlangsungnya kegiatan keseluruhan anggota tubuh kita secara maksimal. Dan jika jumlah asam amino dalam tubuh keluar dari nilai normal baik itu kurang atau justru kelebihan pastilah akan ada saja hal yang berdampak buruk bagi kondisi tubuh kita sendiri. Dan berikut ini mari langsung kita simak saja beberapa dampak gejala yang diakibatkan dari berlebihnya kandungan asam amino dalam tubuh:

Akibat Kelebihan Asam Amino

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika grup protein layaknya asam amino ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembentukan keseluruhan jaringan dalam tubuh. Bisa kita bayangkan jika keberadaannya senantiasa menumpuk di dalam tubuh tanpa pengendalian yang baik maka yang terjadi adalah semakin menimbunnya zat bahan melebihi dari apa yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Timbunan protein akan menambah masa oto yang apabila tidak diberikan penanganan lebih seksama layaknya diimbangi dengan minum air putih secara mencukupi serta berolahraga secara teratur maka timbunan grup protein ini justru akan berdampak mengacaukan keseimbangan kinerja tubuh yang bisa saja berujung salah satunya pada gejala kelebihan berat badan. (baca juga: cara mencegah obesitas)

  • Gangguan organ

Segala sesuatu yang berlebih memanglah tidak akan berdampak baik sekalipun hal tersebut memiliki manfaat jika ditilik dari tabiat umumnya. Asam amino memanglah bermanfaat bagi kemaksimalan kinerja tubuh jika diimbangi dengan jumlah normal dengan berbagai jenis komponen nutrisi lainnya secara seimbang. Namun jika keberadaannya sudah sampai sangat berlebih maka grup protein satu ini bisa saja justru mengganggu kinerja organ tubuh yang paling utama yakni organ ginjal. Untuk segala sesuatu yang berlebih dan tidak normal mau tidak mau organ ginjal harus bekerja demi menyeimbangkannya. Segala zat yang berlebih butuh diencerkan oleh cairan dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang salah satunya dalam bentuk urine. Dan jika kelebihan jenis asam amino ini terus berkelanjutan tanpa adanya penanggulangan yang serius maka dalam jangka panjang ginjal pun akan terpengaruh fungsinya mengalami penurunan yang diakibatkan karena terlalu beratnya kinerja yang harus dia kerahkan di setiap waktunya dalam menyeimbangkan kondisi tubuh kita. (baca juga: ciri-ciri sakit pinggang karena ginjal)

Selanjutnya kali ini mari kita bahas lebih lanjut mengenai daftar beberapa dampak yang merugikan bagi kondisi tubuh kita bilamana terjadi kekurangan asupan asam amino. Mari berikut ini langsung saja kita simak daftarnya bersama ya:

Akibat Kekurangan Asam Amino

  • Gangguan pertumbuhan

Asam amino merupakan salah satu penyokong terpenting dalam penyusunan protein. Protein sangatlah diperlukan tubuh perihal dalam masa pertumbuhan jaringan apapun. Jika jumlah asam amino tubuh dalam kondisi kurang dari normal maka yang terjadi adalah ketidaksempurnaan ketersediaan protein tubuh sehingga sistem pertumbuhan tubuh pun akan terganggu. Dalam masa janin ini akan mempengaruhi pertumbuhan yang kurang sempurna. Pun pada masa dewasa kekurangan asam amino bisa saja menghambat perkembangan keadaan tubuh kita sehingga tidak bekerja secara maksimal. Beberapa gangguan bisa dirandai dengan melemahnya fungsi otot yang diakibatkan karena tidak mencukupinya kebutuhan bahan penguat otot yang sebagian besar adalah merupakan tanggung jawab dari jajaran pembentuk zat protein di dalam tubuh. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein)

  • Gangguan pencernakan

Asupan protein layaknya asam amino termasuk dalam jenis makanan yang sangat ramah terhadap sistem cerna manusia. Tak membutuhkan kerja keras bagi sistem cerna untuk mengurai grup asupan protein yang masuk dalam tubuh. Ini menjadi alasan jika keberadaan asam amino dalam tubuh kurang dari normal maka mau tak mau hal ini pun juga akan berpengaruh pada kinerja sistem cerna kita. (baca juga: amakanan yang mengandung serat tinggi)

  • Gangguan kulit

Secara lebih lanjut gangguan akibat kekurangan protein asam amino ini juga akan berdampak pada pembentukan pigmen tubuh yang kurang maksimal serta mengalami penurunan. Hal ini secara otomatis akan menimbulkan potensi munculnya gejala albino yang mungkin diserita oleh orang dengan gejala kurang protein asam amino dalam waktu berkepanjangan. (baca juga: kelainan genetika)

  • Penurunan sistem imun

Karena kurang lengkapnya zat nutrisi pendukung sistem imun untuk senantiasa bertahan dan menjadi lebih tangguh dalam membentengi tubuh dari gangguang zat asing dan radikal bebas maka secara berkala sistem imun pun akan mengalami penurunan. Jenis protein asam amino merupakan pendukung terbentuknya sistem imun secara optimal. Jika keberadaan jumlahnya di dalam tubuh kurang dari normal maka secara tidak langsung hal ini juga akan membuat tubuh jadi lebih mudah untuk terserang berabagi potensi penyakit. (baca juga: 12 vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya)

Dan berikut ini juga akan penulis berikan beberapa daftar jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan asam amino secara mencukupi. Namun ingat pula untuk mengkonsumsinya secara tidak berlebihan dan pastinya juga seimbangkanlah dengan ragam nutrisi lainnya agar semakin memenuhi setiap aspek gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mari sekarang langsung saja kita simak daftar berikut ini ya:


Jenis Makanan Tinggi Kandungan Asam Amino

  • Putih telur
    Putih telur merupakan suatu jenis bahan makanan yang sangat mudah kita temui dalam keseharian. Jenis makanan ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung kolesterol jahat. Disamping itu putih telur juga merupakan satu bahan makanan yang memiliki kandungan asam amino utamanya dalam bentuk isoleusin yang sangat bermanfaat bagi pengoptimalan kinerja sistem dalam tubuh kita. (baca juga: makanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol)
  • Dada ayam
    Berbagai macam daging memanglah gudangnya sumber protein. Namun khusu pada bagian dada ayam kita akan dapat temukan kandungan asam amino yang tinggi khususnya dalam bentuk lisin. Dada ayam ini dapat kita olah dalam berbagai pilihan menu menggugah selera plus juga kita dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita akan asam amino dari mengkonsumsinya. (baca juga: akibat kelebihan asam amino)
  • Rumput laut
    Di beberapa negara maju utamanya seperti Jepang dengan wilayah laut yang lumayan besar maka makanan dengan bahan dasar rumput laut selalu menjadi pilihan populer. Baik diolah sebagai camilan atau juga sebagai tambahan cita rasa makanan utama layaknya sushi dan yang sebangsanya. Namun tahukah anda jika di balik rasanya yang gurih inilah kita juga bisa mendapat asupan asam amino yang mencukupi utamanya dalam bentuk leusin dari bahan makanan jenis yang satu ini. Dengan fakta ini maka benarlah jika rumput laut dinobatkan sebagai kudapan nan penuh akan khasiat baiknya. (baca juga: akibat kelebihan asam pantotenat)

Demikianlah telah penulis berikan uraian mengenai beberapa akibat dari kelebihan maupun kekurangan asam amino yang disertai pula dengan contoh beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan asam amino tinggi demi menvcukupi kebutuhan harian tubuh akan asam amino. Semoga bermanfaat dan senantiasa budayakan gaya hidup sehat dan seimbang ya.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 09:09 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi