5 Akibat Kelebihan Asam Pantotenat bagi Tubuh

Pada dasarnya tubuh tidak terlalu banyak membutuhkan asam pantotenat ,tetapi jika kekurangna asam pantotenat tubuhpun akan mengalami gangguan kesehatan, demikian pula jika kelebihan asam pantotenat atau vitamin B5 ini, tubuh akan mengalami keluhan kesehatan. biarpun tubuh hanya membutuhkan vitamin B5 tetapi kehadirannya didalam tubuh tetaplah dibutuhkan namun pada kadar yang sedang yaitu sekitar 4 sampai 7 mg saja.

Inilah akibtnyaa jika asam pantotenat terlalu banyak dalam tubuh anda

1.Dapat menyebabkan depresi berat

Fungsi utama vitamin B5 atau asam pantotenat adalah mengatur dan mengontrol serta mempertahankan kesimbangan saraf tubuh, maka jika didalam tubuh terdapat asam pantotenant dalam jumlah yang berlebihan justru akan mengacukan hormon dan mengakibatkan seseorang menjadi depresi berkepanjangan. (baca juga: cara mencegah depresi)

2. Menyebabkan dehidrasi

Sebenarnya vitamin B5 sedikit sulit untuk larut dan diserap dalam tubuh sehingga membutuhkan pasokan banyak air putih untuk memperlancar proses penyerapan. Jika tubuh seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan dapat terlihat dari warna urin yang nampak keruh dan pekat. (baca juga: bahaya dehidrasi)

3. Menyebabkan nyeri dan pegal pada persendian dan sekitar  lutut

Kelebihan asam pantotenat (vitamin B5) akan mempengaruhi kinerja metabolisme yang juga akan mengalami kelebihan zat zat asam pantotenat tersebut sehingga mampu mengendap dan membuat penyumbatan pada pembuliuh darah disekitar lutut, akibatnnya akan timbul rasa nyeri pada lutut dan persendian kaki. (baca juga: nyeri sendi lutut)

4. Mengakibatkan diare atau Muntaber

Kelebihan asam pantotenat (vitamin B5) dalam tubuh dapat mengganggu kinerja sistem dan enzim pencernaan walauoun pasokan cairan tubuh tercukupi, tertapi sayangnya usus halus dan usus besar tidak mampu melakukan penyerapan air dengan maksimal (lancar).Kondisi ini dapat menyebabkan pembentukan feses (kotoran tubuh) tidak dapat menggumpal daan memadat lalu keluar dengan bentuk ciran seperti air yang keruh dan berbau menyengat (diare). pada sebagian orang dapat mengalami mual mual dan muntah muntah karena rasa tidak aman paad ulu hati yang tidak kunjung hilang. Untuyk menghindari ini sebaiknya kurangi pasokan makanan yang mengandung asam pantotenat dan perbanyak asupan air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari atau lebih banyak lebih baik. (baca juga: cara mencegah diare)

5. Menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh

Asam pantotenat (vitamin B5) yang berlebih pada tubuh dapat mengakiibatkan penumpukan cairan pada jaringan tubuh dibagian kaki , tangan dan seputar wajah. Pembengkakakn yang terjadi akan memberi efek panas dan terasa gatal gatal . Pembengkakan tersebut dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih buruk dan tubuh akan mengalami peningkatan sensitifitas (rasa sakit) terhadap sentuhan. (baca juga: obat gusi bengkak)

Inilah keunikan dari asam pantotenat yang belum banyak orang tahu

  • Kebutuhan Vitamin B5 padaa tubuh manusia ditentukan oleh usia dan gaya hidup seseorang. jika gaya hidupnya sehat dan sesuia dengan standar kesehatan dalam memgkonsumsi makanan maka makin seimbanglah kadar asam paantotenat dalam tubuhnya. pada usia bayi, balita dan anak anak kebutuhan akan asam pantotenat berkisar 1.7 sampai 4 mcg dalam satu hari. (baca juga: kandungan vitamin B6 pada makanan)
  • Bagi pria dan wanita yang berusia dewasa disarankan untuk mengkonsumsi asam pantotenat sekitar 5 mcg dalam satu hari, sedangkan pada wanita yang sedang hamil membutuhkan asam pantotenat sebesar 6 saampai 7 mcq dalam satu hari.
  • Jangan mengkonsumsi suplemen vitamin B komplek secara berlebihan agar terhindar dari peningkatan asam pantotenat dalam tubuh. tanpa adanya suplemen vitamin B komplek sebenarnya tubuh tidak akan kekurangan asam pantotenat karena pada dasarnya tubuh dapat menghasilkan zat tersebut dengan sendirinya.
  • Pada pecandu alkohol dan orang orang yang berusia lanjut mempunyai gangguan pencernaan yang tidak mereka sadari sebelumnya yaitu berupa menurunnya daya cerna makanan dan mwmereka sangat mudah terserang kejang otot dan kulit terasa tidak berasa apa apa atau mati rasa, timbul sakit kepala dan kesulitan untuk tidur.
  • Asam pantotenat pertama kali ditemukan oleh ilmuwan genius Roger.J. William pada tahun 1919, dimana dia telah mempelopori tentang manfaat sam pantotenat yang ternyata dapat digunakan untuk mensintesis koenzim A (C0A) dan beberapa makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat.
  • Kadar asam pantotenat yang normal dalam tubuh dengan sendirinya dapat menyembuhkan jerawat dan  bintil merah berair pada wajah  dan memiliki kemampuan memperkecil pori pori yang lebar serta mempercantik dan merawat kulit wajah  jika asam pantotenat diolah dan dikemas dalam bentuk kosmetik.
  • Asam amino dengan kadar seimbang dalam tubuh mampu menyembuhkan  peradangan dan luka dimana sel serl untuk regenerasi meningkat sehingga pengeringan luka dapat terjadi dengan cepat. tetapi jika asam amino pada tubuh berlebihan maka yang akan terjadi adalah sebaliknya.
  • Asam pantotenat memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar lemak LDL dalam darah serta mampu pula menaikkannya dengan cepat jika kadar asam tersebut meningkat tajam. kondisi ini dapat meenjadi acuan bahwa kadar asam pantotenat dalam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan dalaam hitungan jam saja.
  • Asam amino dapat menyuburkan repoduksi dan rahim pada wanita tetapi pada kadaar yaang normal dalam tubuh, jika berlebihan dalam kondisi berbulan bulan maka yang akan terjadi rahim akan mengalami iritasi dan penyempitan saluran indung telur yang dapat menyebabkan kesulitan untuk mengandung.

Inilah beberapa jenis makanan yang mengandung asam pantotenat. konsumsilah setiap hari dalam takaran yang sedang sedang saja.

1.Daging

Dging jenis apapun selama dihalalkan oleh agama dan tidak merugikan kesehatn semuanya mengandung vitamin B5 atau asam pantotenat yang tinggi. Konsumsilah dengan bijak setiap hari nbersamaan dengan asupan sayuran dan buah agar terhindar dari lonjakan asam pantotenat.

2. Ikan

Apapun jenis ikan ( salmon, tuna, bandeng,  dan lain lain) sangat baik untuk kesehatan mata dan kecerdasan otak. protein dan omega 3nya sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel sel otak dan melindunginya dari radikal bebas dan mempercepat penyembuhan pada peradangan . Jenis ikan apapun memiliki kandungan vitamin B5 yang tinggi dan tidak mengandung kolesterol jahat, tetapi bagimanapun juga lebih bijak jika mengkonsumsi ikan setiap hari dalam jumlah yang sedang antara 1 sampai 2 ekor saja perharinya, ini berlaku pada segala usia.

3. Telur

Telur memiliki kandungan vitamin B5 yang tinggi dan baik untuk kesehatan jaringan mata dan bagian tubuh lain jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. asam pantotenat yang ada didalamnya bisa sangat merugikan kesehatan jika perharinya dikonsumsi lebih dari 3 butir.

4. Jenis kacang kacangan

Kacang kedelai, kacang hijau, kacang mete, kacang tanah, kacang polong , kacaang brazil, kacang merah, kacang kenari dan lain lain mengandung asam pantotenat yang sangat tinggi, dapat dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang sedikit saja atau takaran sedang agar terhindar dari peningkatan asam pantotenat.

5. Jenis sayuran


Sawi, bayam, selada, brokoli, labu dan jagung memiliki asam pantotenat yang tinggi , dapat menjadi santapan yang aman dan bernutrisi tinggi bagi kesehatan tubuh bila di iringi dengan asupan air putih yang mencukupi dan asupan vitamin lain dari buah buahan termasuk ubi jalar.

Catatan penting :

  • Tahukah anda bahwa Asam pantotenat atau vitamin B5 memiliki keunikan dalam mengendalikan kadar gula berlebih pada penderita diabetes sampai 50 persen yaitu mampu menurunkan kadar gula dalam aliran darah secar sistematik hingga kearah penyembuhan yang mengakibatkan penderita diabetes tidak perlu menghadapi amputasi kaki yang mengerikan.
  • Tahukah anda bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam pantotenat sangat disarankan bagi orang orang yang memiliki aktifitas berat yang membutuhkan energi ekstra. karena seberapa besar asam pantotenat yang ada dalam tubuh jika tubuh kita selalu melakukan pergerakan dan membutuhkan tenaga lebih misalnya mengabgkat barang berat, bolak balik tanpa mengendarai kendaraan atau sering berjalan naik turun tangga maka jumlah asam pantotenat tersebut akan berkurang dengan sendirinya karena untuk pemakaian energi.
  • Kadar asam pantotenat  yang berlebihan dalam tubuh ternyata dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah sekitar rongga mulut yang dapat menyebabkan sensitivitas pada email gigi.
  • Tahukah anda bahwa vitamin B dianggap dan dinilai sebagai vitamin tunggal yang dapat berdiri sendiri karena vitamin B adalah sekelompok nutrisi penting yang berbeda yang secara kimiawi tidak berkaiaatan sama sekali dan memiliki respon yang signifikan masing masing terhadap kesehatan tubuh. Mereka adalah Thiamin( B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam pantotenat (B5), Pyridoxine (B6), Biotin (B7),  asam folat (B9) dan vitamin B12.

Berhati hatilah Jika dalam tubuh kekurangan Asam pantotenat sedangkan anda mengonsumsi jenis buah yang asam dan segala jenis makanan yang mempunyai unsur keasaman tinggi seperti cuka, maka asam cuka dapat mengititasi lambung dan meningkatkan asam lambung secara mendadak yang disertai dengan sakit pada  perut, mual mual dan mulas .

Semoga bermanfaat

artikel lainnya yang berkaitan:

, ,
Post Date: Thursday 24th, March 2016 / 14:22 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi