Sponsors Link

9 Akibat Kekurangan Lemak Jenuh yang Perlu Anda Ketahui

ads

Berbagai macam penyakit yang muncul akibat lemak trans membuat sebagian orang menganggap buruk lemak secara umum. Penyakit yang disebabkan konsumsi makanan mengandung lemak contohnya penyakit jantung koronerkolesterol, dan penyebab obesitas. Namun, kita tidak bisa selalu menilai dari sisi negatifnya karena pada dasarnya tubuh kita memerlukan lemak dalam jumlah tertentu. Lemak tidak akan berbahaya bagi kesehatan selama kita masih mengkonsumsi dalam batas kewajaran. (baca juga: cara membakar lemak)

Mungkin selama ini anda mengenal bahwa lemak jenuh adalah lemak jahat. Banyak sekali orang yang melakukan diet dan fitnes memiliki ketakutan yang tinggi untuk mengkonsumsi makanan berlemak jenuh bahkan sampai berinisiatif untuk terus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut, seperti susu penuh lemak, daging, kuning telur, mentega, kelapa, dan lain-lain.

Lemak Jenuh dalam Tubuh

Lemak jenuh bukanlah salah satu lemak yang harus Anda hindari karena lemak jenuh juga memiliki manfaat penting bagi tubuh. Pada umumnya nilai asupan lemak jenuh yang diperlukan bagi orang yang aktif beraktivitas sebesar 25% dari nilai asupan lemak yang sudah disarankan. Contohnya: jika tubuh kita memerlukan 80g asupan lemak dalam seharinya maka 20g diantaranya harus berupa lemak jenuh. Namun, besar asupan lemak jenuh ini berbeda dengan orang yang melakukan diet rendah lemak. (baca juga: contoh lemak jenuh pada makanan)

Jika konsumsi akan makanan berlemak jenuh ini melebihi kadarnya pasti akan memicu berbagai penyakit, tetapi jika mengkonsumsi sesuai porsinya maka akan memberi manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini kita akan mengulas akibat yang akan terjadi akibat kekurangan lemak jenuh dalam tubuh kita.

1. Kekurangan lemak jenuh mengakibatkan kesehatan tulang terganggu

Ketakutan Anda untuk mengkonsumsi jenis-jenis lemak jenuh akan menghambat pembentukan tukang anda. Ketika kadar lemak jenuh dalam tubuh tercukupi, maka akan membuat pertumbuhan tulang kerangka terbentuk lebih sempurna dan lebih sehat. Malah sebaliknya, jika anda tidak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh secukupnya maka akan membuat kesehatan tulang terganggu.

2. Kurangnya lemak jenuh membuat daya tahan tubuh lemah

Jangan heran jika mendengar bahwa orang yang tinggal di daerah yang dingin sepert kutub utara sering mengkonsumsi daging. Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh.Namun dalam kadar yang normal, bahaya lemak jenuh yang ada di makanan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh lebih hangat sehingga mampu bertahan di suhu udara yang relative dingin.

3. Memperlambat pembentukan empedu

Sponsors Link

Empedu memiliki peranan penting dalam melindungi beberapa organ vital dalam tubuh manusia, salah satunya hati. Asupan alkohol yang berlebihan akan merusak organ hati kita. Oleh karena itu kita memerlukan empedu yang cukup baik agar mampu melindungi organ penting seperti hati dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi lemak jenuh dapat mempercepat pembentukan empedu. (baca juga: makanan yang menurunkan lemak jahat)

4. Menghambat kelancaran metabolisme tubuh

Asam lemak jenuh sangat penting bagi kelancaran metabolisme tubuh kita, seperti yang terdapat pada minyak kelapa sawit. Komposisi asam lemak pada minyak kelapa sawit sebagian besarnya adalah asam lemak jenuh yaitu 51%. Lemak jenuh melindungi kita dari mikroorganisme yang dapat masuk ke dalam pencernaan. (baca juga: bahaya lemak di perut)

5. Kekurangan monolaurin yaitu senyawa monogliserida yang berperan sebagai antivirus, antimikroba

Salah satu asam lemak jenuh yang sangat bermanfaat adalah asam laurat. Asam laurat ini lah yang hadir dalam tubuh dan berubah menjadi monolaurin. monolaurin berfungsi membunuh berbagai macam mikroba dengan sifatnya melarutkan membran sel sehingga mengganggu kekebalan virus. Asam laurat ini bisa mengobati infeksi virus gejala flu babi, ciri-ciri influenza, penyebab pilek tidak kunjung sembuh, demam naik turun, dan lain-lain. (baca juga: penyakit akibat kekurangan lemak bagi tubuh)

6. Kekurangan asam lemak jenuh miristat membuat kulit kusam

Asam miristat merupakan salah satu asam lemak jenuh yang banyak terdapat di minyak kelapa sawit. Asam ini biasanya banyak digunakan dalam dunia kosmetik karena fungsinya yang mampu menyerap minyak dan mengangkat kotoran kulit sehingga kulit tidak terlihat kusam. Namun tanpa pemakaian kosmetik, wajah kita tidak akan terlihat kusam jika kadar lemak jenuh seperti asam miristat ini terpenuhi dalam tubuh kita. (baca juga: khasiat lidah buaya untuk kulit)

7. Kurangnya asam lemak membuat sel-sel dalam tubuh tidak terintegritas

Kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dalam kadar yang secukupnya. Hal ini dikarenakan, jika kita mengkonsumsi makanan dengan asam lemak jenuh sedikitnya 50% memenuhi membran sel sehingga akan membuat sel-sel kita terintegritas.

Sponsors Link

8. Kurangnya lemak jenuh mengurangi cadangan lemak di sekitar jantung

Jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung adalah asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic. Asam carbon ini berada pada di sekitar otot jantung. Oleh karena itulah, di otot jantung banyak lemak jenuh. Ketika depresi, jantung akan mengambil cadangan lemak di sekitar otot jantung ini sehingga depresi tidak akan berkelanjutan. Bayangkan, jika anda kekurangan lemak jenuh maka tidak akan ada lemak cadangan dalam otot jantung. (baca juga: penyebab penyakit jantung)

9. Kekurangan lemak jenuh menurunkan penggunaan asam lemak penting dalam tubuh

Adanya asam lemak jenuh seperti asam lemak omega-3 akan bertahan lebih lama dalam jaringan dibandingkan asam lemak tak jenuh. Ketika makanan mengandung lemak jenuh yang cukup maka penggunaan asam lemak dalam tubuh akan terpenuhi. (baca juga: akibat kelebihan lemak)

Itulah beberapa akibat yang akan terjadi jika kita kekurangan lemak jenuh dalam tubuh kita. Jadi mulai saat ini jangan pernah takut mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Dengan kadar konsumsi yang pas dan sesuai dengan tubuh anda, lemak jenuh akan memberi manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 03rd, April 2016 / 15:12 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi