Sponsors Link

6 Akibat Kekurangan Kolesterol dalam Tubuh

ads

Kebanyakan orang menganggap kolesterol sebagai musuh yang berbahaya bagi tubuh mereka. Kolesterol seringkali dianggap sebagai biang berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung  koroner, stroke, obesitas dan sebagainya. Kolesterol tidak mutlak sebagai musuh bagi tubuh. Kolesterol memiliki berbagai manfaat untuk membantu kinerja organ tubuh kita terutama kolesterol HDL. Namun, kebanyakan orang mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat pesat terutama makanan yang mengandung lemak jenuh dan mengandung ldl tinggi. Padahal, kolesterol ldl yang berlebih dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti yang telah disebutkan tadi. Jika jumlah kolesterol dalam tubuh terkontrol, tentu saja kolesterol tersebut tidak akan menjadi musuh berbahaya bagi tubuh, karena pada hakikatnya kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Di dalam tubuh kita, kolesterol dihasilkan oleh hati dan produksi kolesterol dalam hati tersebut dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan kolesterol dalam kurun waktu yang cukup lama. Kolesterol menjadi musuh besar bagi tubuh ketika kita justru mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat meningkatkan kolesterol dengan pesat di dalam tubuh. Padahal, kolesterol yang diproduksi oleh hati saja sudah mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan kolesterol.

Apa yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Kolesterol ?

Meskipun kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, namun kadar kolesterol hdl rendah  juga berbahaya bagi seseorang. Berikut ini adalah bahaya akibat hdl di dalam tubuh seseorang rendah :

  1. Gangguan psikis. Kolesterol yang terlalu rendah berdampak pada kondisi buruk psikis seseorang. ( Baca juga : Faktor penyebab lemah mental )
  2. Kerusakan sistem saraf. Sistem pertahanan tubuh terganggu, dan kerja otak yang tidak optimal merupakan beberapa akibat yang dapat timbul ketika tubuh kekurangan kolesterol.
  3. Vitamin tidak terserap maksimal. Rendahnya kadar kolesterol juga dapat mengakibatkan vitamin yang ada dalam tubuh tidak dapat diserap dengan maksimal.
  4. Parkinson. Parkinson dan juga kanker merupakan beberapa penyakit yang dapat menjangkiti seseorang yang kekurangan kolesterol.
  5. Kekerasan. Bahkan menurut studi oleh California University menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kadar kolesterol rendah di dalam tubuhnya cenderung akan melakukan tindakan kekerasan.
  6. Depresi. Tidak hanya itu, kolesterol yang terlalu rendah juga bisa membuat orang cenderung melakukan bunuh diri. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mercola, ia menyatakan bahwa seseorang dengan kadar kolesterol yang rendah dalam tubuhnya memiliki kecenderungan untuk bunuh diri hingga enam kali lipat. ( Baca juga : Ciri ciri depresi )

Lalu bagaimana bisa seseorang kekurangan kolesterol padahal hati sudah mencukupi kebutuhan kolesterol bagi tubuh? Kekurangan kolesterol bisa terjadi pada orang-orang dengan tingkat kekhawatiran yang tinggi akan datangnya penyakit. Sebagai contoh, seseorang melakukan terapi atau pengobatan untuk menurunkan kolesterol, padahal kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah terbilang normal. Seseorang yang memiliki kekhawatiran berlebih akan kadar kolesterol dalam tubuhnya bisa saja mengalami kekurangan kolesterol.

Pencegahan Kekurangan Kolesterol

Meski jarang terjadi, kolesterol rendah bisa menjangkiti beberapa orang dan berakibat fatal bagi kesehatan dan juga psikis seseorang. Kolesterol akan dikatakan terlalu rendah apapbila kadarnya kurang dari 160mg/dL.

Sponsors Link

Kadar kolesterol yang dianggap aman adalah kurang dari 200 mg/dL dan lebih dari 160 mg/dL.Untuk itu, melakukan pemeriksaan terhadap kadar kolesterol total dalam tubuh Anda merupakan langkah awal yang paling tepat untuk mengetahui apakah kolesterol Anda terlalu tinggi, terlalu rendah, atau normal. Berikut ini beberapa pencegahan kekurangan kolesterol yang bisa anda lakukan setiap hari :

  • Jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda sudah terbilang normal, jangan melakukan diet terlalu ketat. Jangan pula terlalu khawatir dengan kondisi tubuh Anda. Kekhawatiran yang berlebih bisa membuat Anda melakukan diet tidak terkontrol hingga mengakibatkan kadar kolesterol menurun drastis.
  • Jika Anda ingin melakukan diet, lakukanlah dengan tetap menjaga asupan makanan Anda. Perhatikan kandungan nutrisi pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Pastikan semua asupan memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.
  • Terkadang, orang yang terlalu antipati dengan kolesterol akan menghindari atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol sama sekali. Padahal kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah normal. Akibatnya, bukan badan sehat yang diperoleh, namun badan yang rentan terhadap penyakit justru ia dapatkan.

Manfaat Kolesterol dalam Tubuh

Lalu, apa saja manfaat kolesterol bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat kolesterol bagi tubuh manusia.

  • Menjaga Perkembangan Janin pada Masa Kehamilan

Kolesterol berperan untuk menjaga perkembangan janin ketika proses kehamilan berlangsung. Kolesterol bekerja dengan meningkatkan aktivitas dari gen spesifik sehingga sel-sel embrionik akan berkembang menjadi bagian-bagian tubuh seperti lengan, kaki, tubuh, kepala, dan sebagainya. Maka dari itu, seseorang yang sedang hamil harus mengontrol kebutuhan kolesterol tubuhnya agar perkembangan janin lebih optimal. Akibat Kekurangan kolesterol pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir cacat karena pembentukan organ tubuhnya tidak berjalan dengan baik.

sponsored links
  • Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Jika kolesterol berbahaya bagi orang-orang dewasa, lain halnya dengan bayi. Bayi sangat membutuhkan kolesterol untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya. Kolesterol juga berperan dalam pembentukan jaringan saraf otak pada bayi. Asupan kolesterol pada bayi dapat dipenuhi melalui ASI. ASI mengandung banyak kolesterol yang baik untuk membantu perkembangan janin. Jika dibandingkan dengan susu formula biasa, ASI mengandung kolesterol yang lebih tinggi.

  • Berperan untuk Membentuk Hormon dalam Tubuh

Kolesterol merupakan senyawa sterol yang berfungsi untuk mensintesis senyawa sterol lain di dalam tubuh. Kolesterol membantu pembentukan hormon kortisol dan testosteron. Selain itu, kolesterol juga membantu mensistesis vitamin D yang larut di dalam lemak.

  • Membantu Penyusunan Membran Sel

Setiap penyusunan sel di dalam tubuh pasti membutuhkan kolesterol sebagai komponen utamanya. Kolesterol dapat menjaga integritas sel. Sekitar 90% kolesterol yang ada dalam tubuh kita berada di membran sel. Tanpa kolesterol, membran sel akan mengering dan menyebabkan kematian pada sel-sel tubuh. Maka dari itu, kolesterol merupakan komponen penting untuk menyusun sel-sel dalam tubuh kita.

  • Membantu Kinerja Otak untuk Berpikir

Tanpa adanya kolesterol, otak tidak akan mampu berpikir dengan baik. Bagaimana bisa? Otak kita terdiri atas berbagai senyawa penyusun, di antaranya 78% cairan, 8% protein, 3% komponen organik dan anorganik, 1% karbohidrat, dan sisanya adalah lemak. Di dalam lemak tersebut terkandung juga kolesterol. Dengan kata lain, otak kita tidak mampu berpikir jika komponen penyusunnya tidak terpenuhi, termasuk kolesterol sebagai salah satu senyawa penyusun otak.

Baca : Akibat kelebihan cairan otakCara meningkatkan kecerdasan otak  – Kesehatan sistem saraf otak  – Akibat kekurangan cairan otak

  • Kolesterol dapat Menstimulasi Pembentukan Sinaps di Otak

Sel-sel dalam otak kita 90%nya merupakan susunan sel-sel non saraf yang disebut dengan sel glial. Sel glial tersebut mengandung kolesterol yang membantu sekresi molekul dan menstimulasi pembentukan sinaps. Di dalam otak, sinaps berperan untuk melakukan pertukaran informasi di antara sel-sel saraf. Jadi, kolesterol merupakan senyawa penting bagi kinerja otak kita. Lalu apakah kita harus mencukupi kebutuhan otak akan kolesterol melalui makanan? Tentu saja tidak. Kolesterol yang ada di dalam sel glial secara otomatis dihasilkan sendiri oleh sel glial. Jadi, sebesar apapun asupan makanan yang mengandung kolesterol tidak akan menambah kecerdasan otak.

  • Membantu Proses Pencernaan

Proses pemecahan lemak yang masuk ke dalam tubuh dilakukan oleh empedu. Tahukah Anda bahwa empedu terbentuk dari bahan dasar kolesterol? Ya, kolesterol merupakan bahan dasar untuk membuat empedu atau asam empedu. Namun, kolesterol yang berguna untuk pembuatan empedu tersebut tidak dihasilkan oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Secara otomatis, hati telah membentuk kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca : Gangguan pencernaan  – Cara menjaga kesehatan lambung

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya kolesterol bagi tubuh manusia. Akibat kekurangan kolesterol dalam tubuh, ternyata bukan sesuatu yang baik, namun kadar kolesterol yang berlebihan pun juga tidak bagus. Mengatur pola makan dengan didukung pola hidup sehat akan menjaga kondisi tubuh Anda tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Akan tetapi, meski kolesterol penting bagi tubuh, sangat jarang sekali ditemukan orang yang kekurangan kolesterol. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, maka seimbangkan dengan mengkonsumsi makanan dengan banyak serat agar kolesterol baik (HDL) tetap optimal untuk mencegah perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 28th, March 2016 / 14:22 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi