Sponsors Link

7 Penyakit Akibat Kekurangan Enzim Amilase

Sponsors Link

Enzim amilase merupakan katalisator yang baik. Enzim ini adalah salah satu jenis enzim yang mampu memutuskan ikatan glikosida. Molekul ini mampu meningkatkan kecepatan reaksi kimia spesifik.

ads

Enzim amilase dihasilkan oleh berbagai jenis organisme hidup, mulai dari tumbuhan, hewan, dan manusia serta mikroorganisme seperti bakteri dan fungi. Kelompok enzim ini memiliki banyak variasi dalam aktivitasnya, bisa sangat efektif dan juga bisa menurun tergantung pada sumber organismenya dan tempat bekerjanya.
Perlu anda ketahui bahwa enzim amilase terbagi menjadi tiga, yaitu

1. Alfa amilase

Alfa amilase merupakan salah satu yang dibentuk oleh berbagai bakteri dan fungi. Aktifitas alfa amilase dapat dilihat dari hasil degradasi pati, biasanya dari penurunan kadar pati yang larut dengan menggunakan substrat jenuh.

2. Beta Amilase

Beta amilase merupakan exoenzim yang bertugas untuk memotong amilum menjadi gugus maltose. Proses pemotongan ini disebut eksoamilase. Kita bisa menemukan enzim jenis ini pada tanaman tingkat tinggi dan mikroorganisme.

3. Glukoamilase

Enzim jenis ini bertugas untuk memotong rantai pati secara acak menjadi molekul-molekul glukosa. Hasil dari reaksi ini hanya glukosa, inilah yang membedakan glukoamilase dengan alfa dan beta amilase. Enzim ini bisa kita temui dalam bakteri. Bakteri penghasil enzim ini dapat menghidrolisis pati menjadi molekul-molekul maltosa, glukosa dan dekstrin.

Akibat kekurangan enzim amilase dalam tubuh :

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran enzim amilase dalam tubuh kita sangat diperlukan. Jika kandungan enzim kurang atau bahkan tidak ada, maka kesehatan anda akan terganggu. Dalam artikel ini akan membahas tentang dampak negatif yang ditimbulkan dari kurangnya enzim amilase dalam tubuh.

1. Perut Sakit

Hal ini pasti akan terjadi ketika enzim amilase dalam tubuh kurang. Karena dengan kurangnya enzim amilase, perut menjadi berontak dengan semua makanan yang masuk ke dalam perut. Jadi ketika hal ini terjadi perut anda akan sakit karena tidak ada enzim yang bertugas untuk menguraikan makanan.

baca juga: obat sakit perut

2. Berat Badan Tak Menentu

Kekurangan enzim amilase membuat berat badan kita fluktuatif, kadang turun kadang naik. Dalam mulut terkandung enzim amilase yaitu berupa ludah. Air ludah ini bertugas untuk melicinkan makanan agar mudah ditelan. Jika dalam mulut kekurangann enzim amilase, maka makanan akan tersendat sehingga kita tidak nafsu makan, hal ini membuat asupan nutrisi dalam tubuh berkurang dan otomatis berat badan kita turun.

Sponsors Link

Bisa juga berat badan anda naik jika tubuh anda kekurangan enzim amilase. Perlu kita ketahui bahwa tugas enzim amilase adalah memecahkan atau menguraikan karbohidrat dalam tubuh sehingga mudah dicerna, bayangkan ketika keberadaan enzim amilase kurang, maka karbohidrat akan mengendap dalam tubuh dan membuat kita gemuk.

baca juga: kalkulator berat badan ideal

3. Gangguan Saluran Pencernaan

Ternyata kekurangan enzim amilase juga bisa mengakinatkan saluran gangguan pencernaan terganggu. Makanan yang belum lembut ketika dipaksa untuk dicerna maka organ pencernaan akan bekerja lebih keras, apabila terus menerus terjadi saluran pencernaan akan tersumbat karena organ pencernaan fungsinya menurun. Hal ini disebabkan ketika saat dalam mulut makanan tidak dikunyah dengan sempurna karena tidak adanya bantuan dari enzim amilase.

baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan

4. Membuat kekurangan gizi (Malagizi)

Enzim amilase memang mutlak dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena asupan gizi bisa seimbang ketika enzim amilase terpenuhi. Jika tidak ada enzim amilase maka asupan nutrisi ke dalam tubuh kurang. Seperti disebutkan pertama tadi kekurangan enzim membuat perut sulit menolak makanan.

baca juga: akibat kekurangan gizi

5. Daya Tahan Tubuh Turun

Ternyata kekurangan enzim amilase bisa mengakibatkan daya tahan atau imun kita menurun. Hal ini dikarenakan organ pencernaan tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa bantuan dari enzim amilase. Selain itu dengan kurangnya kandungan enzim amilase pasokan nutrisi akan berkurang. Jika hal terjadi maka tubuh anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh

Sponsors Link

6. Mudah Lelah dan Ngantuk

Karbohidrat berlebih dalam tubuh mengakibatkan kita mudah cepat lelah dan ngantuk. Salah satu penyebab dari kandungan karbohidrat berlebih adalah kurangnya enzim amilase dalam tubuh. Kita tahu sendiri bahwa enzim amilase bertugas sebagai pemecah atau pengurai karbohidrat. Jadi ketika tubuh kita kekurangan enzim amilase otomatis kita kan mudah lelah dan ngantuk, hal ini menyabakan aktivitas kita terganggu.

baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar

7. Memicu Penyakit Diabetes

Perlu anda ketahui bahwa penyabab diabetes adalah kadar gula yang terlalu tinggi. Dan salah satu sumber gula atau glukosa adalah karbohidrat. Tanpa adanya enzim amilase karbohidrat akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh karena tidak adanya enzim yang memecah dan menguraikan molekul-molekul karbohidrat sehingga kandungan glukosa akan terus meningkat dan menyebabkan terjadinya ciri-ciri diabetes.

Itulah beberapa akibat yang akan anda terima ketika kandungan enzim amilase. Jangan pernah anggap remeh keberadaan enzim ini, karena perannya sangat luar biasa bagi tubuh kita, terutama pada mulut, pankreas, lambung, dan serum darah. Mulai sekarang jagalah kesehatan anda dengan memperhatikan hal-hal kecil yang memiliki manfaat besar bagi anda, seperti enzim amilase ini. Usahakan untuk tetap menjaga kandungan normal enzim amilase dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi.

Artikel lainnya yang perlu anda baca:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 01st, April 2016 / 10:18 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi