Sponsors Link

34 Makanan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Sponsors Link

Makanan yang mengandung vitamin B kompleks cukup banyak dari buah-buahan, sayuran, dan dari daging serat olahan hewan. Vitamin B menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sama seperti jenis vitamin A, vitamin C, vitamin D dan semua jenis vitamin lainnya. Namun karena salah satu kharakteristik khusus dari vitamin B, maka kita perlu menjaga asupan nutrisi yang mengandung vitamin B. Vitamin B memiliki sifat yang bisa larut dalam air, sehingga tidak bisa disimpan dalam tubuh. Tapi tubuh kita terus membutuhkan vitamin B untuk menunjang kesehatan tubuh dan berbagai peran lain.

ads

Manfaat Vitamin B

Pada awalnya vitamin B ditemukan dalam bentuk tunggal seperti jenis vitamin A, vitamin D dan jenis vitamin lain. Namun dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan nutrisi, mereka menemukan kehadiran vitamin B kompleks dari berbagai sumber makanan. Vitamin B bisa melengkapi berbagai jenis kebutuhan kesehatan yang sangat kritis seperti mempengaruhi semua jenis sistem tubuh dan semua aspek yang mendukung kesehatan tubuh. Jadi, ada berbagai jenis vitamin B yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin B dan manfaatnya untuk tubuh.


Jenis-Jenis Vitamin B

Jenis Jenis Vitamin B

  1. Vitamin B 1 (Thiamin)
  2. Vitamin B2 atau riboflavin
  3. Vitamin B3 atau niasin
  4. Vitamin B5 atau asam pantotenat
  5. Vitamin B6 atau piridoksin
  6. Vitamin B9 atau asam folat
  7. Vitamin B12 (Kobalamin)


Makanan Yang Mengandung Vitamin B Dari Sayuran


1. Asparagus dan Manfaatnya

Asparagus B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
Per 6 batang 0,145 mg 0.120 mg 0,97 mg 0.2 mg 0,075 mg 135 mcg

Asparagus adalah sayuran khas adalah sayuran yang tumbuh saat musim semi. Asparagus belum banyak tumbuh di Indonesia dan menjadi salah satu jenis sayuran impor yang bisa ditemukan di pasar sayur organik atau supermarket. Asparagus bisa dimasak menjadi campuran sup atau beberapa jenis sayur rebus lain.

Manfaat sayur asparagus untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Asparagus sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan karena kandungan serat dan protein.
  • Asparagus bermanfaat untuk mencegah diabetes tipe 2 dan memelihara kesehatan jantung.
  • Dalam asparagus ditemukan senyawa glutatin yang bisa menangkal kerusakan kulit karena efek sinar matahari secara langsung.
  • Asparagus memiliki sumber vitamin B yang sangat besar sehingga bisa bermanfaat untuk mengatur gula darah.
  • Asparagus juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit ginjal.


2. Bayam dan Manfaatnya

Bayam B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0,025 mg 0.059 mg 0.220 mg 0.04 mg 0.058 mg 55 mcg

Bayam menjadi sayuran hijau yang sangat umum. Bayam mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Anda bisa memasak sayur bayam menjadi sup atau tumis. Kandungan vitamin B dalam bayam mudah dicerna oleh tubuh bila telah direbus paling tidak selama 2 menit. Berikut ini manfaat mengkonsumsi bayam untuk kesehatan.

  • Bayam membantu mengatasi masalah sembelit, melindungi lambung dan mencegah penumpukan racun dalam usus besar.
  • Bayam juga sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit, mengatasi masalah infeksi kulit dan juga melindungi kulit dari efek sinar matahari.


3. Sawi Hijau dan Manfaatnya

Sawi Hijau B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.08 mg 0.122 mg 0.384 mg 0.15 mg 0.063 mg 88 mvg

Sawi hijau lebih dikenal dengan nama haishin. Sawi ini memiliki warna hijau segar pada daun dan batang yang berwarna putih. Cara mengkonsumsi sawi putih adalah dengan di masak atau campuran beberapa menu masakan. Beberapa jenis sawi memiliki rasa manis, sedikit pahit dan segar. Mengkonsumsi sawi bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin B, selain itu sawi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Sawi memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus, memperlancar proses metabolisme dan mencegah peradangan pada usus.
  • Sawi memiliki anti oksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah racun. Selain itu sawi juga memiliki zat anti inflamasi yang bisa mencegah peradangan pada kandung kemih.
  • Sawi bisa mencegah penyakit jantung dan kanker karena memiliki zat sulfur yang menjadi zat detoksifikasi alami dalam tubuh.


4. Kale dan Manfaatnya

Kale B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.067 mg 0.095 mg 0.67 mg 0.069 mg 0,180 mg 18 mcg

Kale disebut juga sebagai kailan. Sayuran hijau ini memiliki rasa yang lembut dan renyah. Anda bisa mengolah kale menjadi masakan sup atau jenis olahan lain. Budidaya kale di Indonesia memang belum banyak dikenal. Makanan ini memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kale secara rutin.

  • Kale memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini membuat kale menjadi makanan yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan, menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol serta membatu menurunkan berat badan.
  • Kale bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan anemia.
  • Kesimbangan nutrisi kandungan vitamin B dan omega-3 dalam kale membuat tubuh menjadi lebih kuat, berenergi dan penting untuk kesehatan kuku dan rambut.
  • Kale juga penting untuk membantu melawan penyakit, mencegah kanker (kanker usus, ovarium dan prostat), menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit jantung.


5. Pak Choy dan Manfaatnya

Pak Choy B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.055 mg 0.105 mg 0.730 mg 0.135 mg 0.289 mg 73 mcg

Pak Choy adalah jenis sayuran yang masuk dalam golongan sayur persilangan. Ini adalah salah satu jenis sawi yang dengan rasa manis dan menyegarkan. Olahan pak choy paling banyak ditemukan pada masakan China, tapi Anda juga bisa memasak sendiri dengan beberapa campuran sayuran lain. Pak choy memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Pak choy mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan dan mengatur tekanan darah.
  • Senyawa glukosinolat dalam pak choy bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat dan kanker endometrium.
  • Karotenoid dalam pak choy sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti kebutaan dan katarak.

6. Brokoli dan Manfaatnya

Brokoli B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.047 mg 0.095 mg 0.43 mg 0.48 mg 0.15 mg 89 mcg

Brokoli adalah sayur hijau dengan ciri khas rasa yang lezat dan renyah. Brokoli bisa dimasak menjadi sup atau campuran sayur lain. Selain manis dan lezat, brokoli juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan.

  • Brokoli memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi sehingga berkhasiaat untuk menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan dan mendukung proses metabolisme tubuh.
  • Kandungan senyawa anti oksidan , flavonoid dan vitamin C dalam brokoli bisa menjadi zat pencegah kanker yang sangat efektif.
  • Brokoli menjadi makanan yang bisa mengendalikan sejumlah reaksi alergi dan peradangan karena mengandung kaemferol, zat omega-3 dan zat anti inflamasi.
  • Brokoli mendukung fungsi pertumbuhan dan kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin K.

7. Buncis dan Manfaatnya

Buncis B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.25 mg 0.15 mg 0.98 mg 0.397 mg 0.189 mg 135 mcg

Buncis adalah sayuran hijau yang menyegarkan. Ada kandungan nutrisi penting yang ada dalam buncis. Buncis mengandung vitamin, mineral, protein, dan rendah karbohidrat. Selain itu buncis juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Buncis bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan Indonsia sesuai dengan selera. Buncis tidak hanya makanan kaya serat dan nutrisi, namun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, seperti :

  • Buncis bisa dimakan dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak mengandung tinggi kalori, sehingga bisa menurunkan berat badan. Selain itu buncis juga tidak mengandung kolesterol dan sodium.
  • Kandungan serat dalam buncis bisa mengatasi beberapa keluhan seperti penyakit gangguan pencernaan, wasir, masalah kolesterol tinggi dan menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Kandungan folat dalam buncis sangat baik untuk mendukung proses pembelahan sel-sel baru dalam tubuh dan juga sintesis protein untuk DNA. Buncis sangat layak dikonsumsi untuk ibu hamil dan wanita yang sedang menjalani program kehamilan.
  • Bunsi mengandung thiamin dan niasin dengan jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah masalah infeksi dan berbagai jenis penyakit peradangan.

8. Kembang Kol dan Manfaatnya

Kembang Kol B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.027  mg 0.035 mg 0.35 mg 0.317 mg 0.102 mg 29 mcg

Anda pasti bisa menemukan kembang kol dalam bahan sup? Sayur dengan bentuk seperti bunga dan berwarna putih ini mirip seperti brokoli. Sayuran ini memiliki rasa yang manis dan renyah. Sayur ini lebih baik jika dikonsumsi segar tanpa disimpan dalam kulkas, agar kandungan vitamin B dalam kembang kol tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi sayur kembang kol secara rutin.

  • Kembang kol memiliki semua jenis vitamin B dalam berbagai kadar ukuran. Selain itu kembang kol juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium, dan sumber protein yang tinggi. Bahkan kembang kol juga memiliki vitamin C dan mangan yang kuat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Kembang kol memiliki khasiat yang sangat tinggi untuk menyerang radikal bebas dalam tubuh karena mengandung karotenoid (fitonutrisi dan beta-karoten, sehingga bisa mencegah resiko penyakit kanker dan jantung.
  • Kembang kol memiliki beberapa zat anti inflamasi yang sangat penting untuk mencegah penyakit peradangan pada tulang, diabetes, jantung, dan radang usus. Kandungan ini diperkuat dengan fungsi glukobrasicinn yang menghasilkan glukosinolates.

9. Seledri dan Manfaatnya

Seledri B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0,067  mg 0.09 mg 0.474 mg 0.2996 mg 0.127 mg 35 mcg

Seledri menjadi sayuran pelengkap untuk sup atau berbagai jenis olahan lain. Konsumsi seledri biasanya ditemukan dalam ukuran yang lebih kecil. Tapi salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi cukup dari seledri adalah dengan membuat jus. Namun jus seledri harus dibuat dari seledri dengan warna hijau yang kuat dan masih segar. Jangan membuat jus seledri yang sudah disimpan dalam kulkas. Berikut ini beberapa manfaat seledri untuk kesehatan.

  • Seledri memiliki kalori yang sangat rendah sehingga baik untuk program diet, selain itu bisa mencegah semua penyakit peradangan seperti infeksi paru-paru, jerawat, asma dan penyakit sendi.
  • Kandungan magnesium dan senyawa minyak esensial dalam seledri mampu menenangkan saraf sehingga bisa meredakan rasa stress dan tertekan.
  • Seledri mengandung jumlah serat dan air yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan.
  • Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di University of Illnois, ditemukan bahwa kandungan flavonoid (lutein) dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Bahkan konsumsi rutin seledri dapat mencegah kanker payudara.

Seledri juga dikenal sebagai makanan sehat untuk paru paru yang dapat membantu menyehatkan paru paru perokok.

10. Sawi Putih dan Manfaatnya

Sawi Putih B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
150 gram 0.057  mg 0.057 mg 0.598 mg 0.094 mg 0,0217 mg 63 mcg

Sawi putih menjadi sayur campuran yang mudah diolah bersama dengan bahan sayur lain. Rasa sawi putih bisa memiliki rasa yang berbeda-beda seperti manis, agak sedikit pahit dan renyah. Sayuran ini termasuk dalam jenis kubis-kubisan sehingga memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Sayuran sawi putih sebaiknya dikonsumsi menjadi olahan. Berikut ini adalah beberapa jenis manfaat mengkonsumsi sawi putih untuk kesehatan.

  • Kandungan kalium dan kalsium dalam sawi putih sangat penting untuk membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu sawi putih juga penting untuk menjaga sistem kesehatan otak.
  • Sawi putih mengandung zat besi yang sangat penting mendukung pembentukan sel-sel darah merah sehingga sangat baik untuk penderita anemia. Hal ini disebabkan karena sawi putih mengandung semua jenis vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Kandungan brasinin dan glukosinates sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Kadar flavonoid dalam sawi bisa mencegah serangan radikal bebas bersama dengan kombinasi vitamin C.
  • Sawi juga memiliki kandungan antibakteri dan anti inflamasi yang penting untuk menangkal semua infeksi bakteri, kuman dan penyebab penyakit lain.

11. Mentimun dan Manfaatnya

Mentimun B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
150 gram 0.017  mg 0.02 mg 0.057 mg 0.137 mg 0.023 mg 4 mcg

Mentimun adalah salah satu jenis yang paling banyak digunakan sebagai lalapan atau sayur mentah. Mentimun banyak mengandung air dan memiliki tekstur rasa yang renyah dan menyegarkan. Cara mengkonsumsi mentimun juga bisa diolah menjadi jus atau campuran bahan masakan lain. Mentimun murah dan mudah untuk didapatkan. Selain itu mentimun juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Mentimun mengandung semua jenis vitamin B yang berkhasiat untuk membuat efek menyegarkan dan menyenangkan pada pikiran. Jika Anda merasa stres dan tertekan, maka cobalah untuk makan mentimun.
  • Senyawa flavonol sebagai zat anti inflamasi yang ditemukan dalam mentimun sangat berperan untuk meningkatkan sistem kerja otak terutama untuk meningkatkan kemampuan memori, melindungi sistem syaraf dari penurunan fungsi dan juga mencegah Alzheimer.
  • Senyawa lignan yang terdiri dari lariciresinol, secoisolariciresinol dan pinoresinol dalam mentimun berkhasiat untuk mencegah pembentukan sel kanker terutama kanker payudara, kanker prostat dan kanker rahim.

12. Daun Bawang dan Manfaatnya

Daun Bawang B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
1 Batang 0.256  mg 0.027 mg 0.249 mg 0.087 mg 0.16 mg 30 mcg

Daun bawang memiliki tekstur rasa yang menyegarkan dan manis. Daun bawang banyak dipakai sebagai campuran bumbu dengan masakan lain. Daun bawang bisa membuat masakan memiliki rasa yang gurih dan berbau khas yang harum. Selain itu daun bawang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun bawang untuk tubuh.

  • Senyawa alisin dan alium yang menimbulkan bau khas pada daun bawang sangat baik untuk mencegah serangan radikal bebas.
  • Senyawa kaemferol dalam daun bawang juga berpotensi untuk mengurangi resiko pembentukan sel kanker, melindungi pembuluh darah dan membantu memperbesar pembuluh darah sehingga memberi efek santai dan segar.
  • Senyawa kandungan vitamin B dalam daun bawang terutama folat berperan penting untuk ibu hamil terutama untuk mencegah resiko cacat syaraf dan tulang belakang pada janin.

13. Paprika Hijau dan Manfaatnya

Paprika Hijau B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
1 buah 0.045  mg 0.024 mg 0.357 mg 0.079 mg 0.168 mg 7 mcg

Paprika hijau adalah salah satu jenis paprika yang memiliki rasa renyah dan lezat. Paprika sering digunakan sebagai bumbu pengganti cabai. Paprika tidak memiliki kalori, mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang cukup. Konsumsi paprika bisa dimakan secara langsung sebagai campuran dengan salad atau menjadi bumbu masakan. Manfaat paprika untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Paprika hijau ukuran sedang mengandung lebih dari 2 gram serat sehingga sangat baik untuk menunjang proses pencernaan, mengobat wasir, mengurangi resiko serangan jantung, dan membantu proses penurunan berat badan.
  • Kandungan vitamin C dan E dalam paprika hijau sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah penyakit infeksi pada gigi, kulit dan gusi.
  • Mengkonsumsi paprika secara rutin akan bisa mencukup kebutuhan vitamin B, mencegah serangan radikal bebas, dan mendukung kesehatan mata.

Paprika juga dikenal sebagai :

14. Terong dan Manfaatnya

Terong B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
1 buah 0.078  mg 0.03 mg 0.599 mg 0.076 mg 0.087 mg 14 mcg

Ada berbagai jenis terong yang tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. meskipun terong sering dianggap sebagai sayuran yang rendah gizi, namun semua itu tidak terbukti. Terong mengandung berbagai macam nutrisi yang penting untuk tubuh. Selain itu terong juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan. Manfaat terong untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Kandungan zat besi dan kalsium pada terong bisa menjadi nutrisi yang dibutukkan sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Beberapa nutrisi terong bisa membantu proses sirkulasi darah dan memberikan aliran nutrisi untuk otak.
  • Serat dalam terong sangat baik untuk memperlancar saluran pencernaan dan melindungi usus besar dari serangan kanker.
  • Terong memiliki senyawa bioflavonoid yang cukup tinggi sehingga bisa mengatur kadar gula darah, tekanan darah tinggi dan menenangkan syaraf otak.

15. Rebung dan Manaatnya

Rebung B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.024  mg 0.06 mg 0.39 mg 0.079 mg 0.113 mg 2 mcg

Rebung adalah akar bambu yang masih kecil. Rebung sering diolah dalam berbagai masakan atau menjadi makanan ringan. Rebung pada awalnya adalah bahan makanan yang paling sering digunakan di kawasan Asia Timur. Rebung memiliki daging putih dengan bentuk kerucut pada ujung akarnya. Biasanya rebung akan direbus sebelum di konsumsi atau diolah menjadi masakan. Selain menyehatkan rebung juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi rebung untuk kesehatan.

  • Rebung sangat baik menjadi sumber makanan saat diet karena hanya mengandung sekitar 28 kalori/100 gram. Selain itu rebung juga memiliki kandungan serat sebanyak 2.5 gram. Serat dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi jumlah kolesterol dan mengatasi masalah sembelit.
  • Kandungan rebung yang banyak memiliki vitamin B dipercaya bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh dan berperan untuk mendukun pekerjaan enzim dalam tubuh.
  • Rebung juga memiliki kandungan mangan dan tembaga yang berfungsi sebagai zat anti oksidan, pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.
  • Kalium dalam rebung bisa mengatur fungsi detak jantung dan mencegah tekanan darah tinggi.

16. Bit dan Manfaatnya

Bit B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.025  mg 0.035 mg 0.289 mg 0.127 mg 0.059 mg 69 mcg

Bit atau akar buah bit banyak dikonsumsi sebagai campuran salad atau jus. Di Indonesia bit biasanya dipakai untuk pengobatan kanker. Bit memiliki warna ungu atau merah dengan rasa yang renyah, sedikit beraroma dan getar. Namun bit memiliki nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan untuk tubuh. Manfaat mengkonsumsi buah bit adalah sebagai berikut.

  • Bit mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zat besi yang sangat penting untuk proses pembentukan sel-sel darah merah dan metabolisme tubuh.
  • Kandungan vitamin B yang lengkap dalam sayur bit sangat baik untuk ibu hamil dan wanita yang sedang ingin hamil.
  • Kandungan betaine dan triptopan dalam buah bit bisa mencegah pikiran yang tertekan dan depresi. Hal ini membuat bit bisa memberikan efek nyaman dan tenang pada pikiran.
  • Bit memiliki kalori yang sangat rendah dan juga gula yang lebih tinggi. Hal ini membuat bisa dijadikan makanan pendamping untuk diet.

17. Wortel dan Manfaatnya

Wortel B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.057  mg 0.037 mg 0.509 mg 0.186 mg 0.120 mg 11 mcg

Wortel merupakan sayuran yang sangat umum. Struktur wortel memiliki warna oranye yang menyenangkan. Wortel sayur yang sangat menyehatkan , memiliki kalori yang rendah, dan mengandung vitamin dan mineral yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan.

  • Kandungan vitamin A dalam wortel memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menunjang kesehatan mata.
  • Kandungan falkarinol dan falcarindol dalam wortel bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan zat anti kanker.
  • Jumlah vitamin B komplek yang ditemukan dalam wortel sangat baik untuk membantu proses metabolisme.
  • Zat anti oksidan dalam wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dari efek sinar matahari.

Wortel adalah makanan yang mengandung vitamin A super tinggi serta makanan penurun darah tinggi yang cukup sehat.

18. Jagung dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Jagung

Jagung B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.13  mg 0.069 mg 1.2 mg 0.985 mg 0.172 mg 29 mcg

Jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan baik dalam bentuk jagung segar maupun tepung. Jagung bisa menjadi pengganti asupan karbohidrat dan juga banyak mengandung nutrisi dan mineral. Selain itu jagung juga banyak mengandung berbagai zat yang sangat menyehatkan. Anda bisa mengolah jagung menjadi sayuran, kue maupun dalam bentuk olahan lain. Berikut ini manfaat jagung untuk kesehatan.

  • Jagung sangat penting untuk nutrisi pertumbuhan janin semasa dalam kandungan. Jagung bisa mencukupi kebutuhan asam folat yang penting untuk menghindari cacat bayi.
  • Jagung berfungsi untuk mendukung proses perubaha enzim dalam tubuh yang bisa membantu perkembangan fungsi syaraf. Jagung juga berperan untuk mendukung proses pemecahan asetikolin yaitu proses yang penting untuk sistem syaraf dan memori sehingga bisa mencegah Alzheimer.
  • Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Jagung akan mendukung perkembangan fungsi syaraf dan otak agar selalu seimbang dan memudahkan sistem pencernaan.

Jagung juga dikenal sebagai makanan yang mengandung asam folat yang cukup tinggi.

19. Lobak dan Manfaatnya

Lobak B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.036 mg 0.222 mg 0.169 mg 0.059 mg 25 mcg

Lobak adalah salah satu jenis sayuran khas Asia Timur seperti China dan Jepang. Bagian lobak yang bisa dikonsumsi adalah pada bagian akar dan daun. Warna lobak yang putih terlihat sangat menyegarkan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sesuai dengan selera. Selain itu lobak juga memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa macam manfaat lobak untuk kesehatan.

  • Lobak memiliki zat anti oksidan tinggi yang bisa mencegah perkembangan radikal bebas pada tubuh.
  • Lobak memiliki zat anti oksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk mencegah berbagai proses peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit kerapuhan tulang.
  • Lobak yang dikonsumsi mentah sangat baik untuk proses pencernaan dan membantu proses sintesis lemak, protein dan karbohidrat.

20. Jamur dan manfaatnya

Jamur B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B6
100 gram 0.029 mg 0.145 mg 1.362 mg 0.037 mg

Jamur menjadi bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.  Jamur mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu jamur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dengan tambahan beberapa bumbu yang tidak merusak nutrisi. Contoh jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur merang, jamur kuping, jamur shitake dan beberapa jenis lain. Berikut ini manfaat jamur untuk kesehatan.

  • Jamur memiliki berbagai macam zat fitokimia yang bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara.
  • Jamur bisa memiliki mineral yang tidak bisa rusak ketika mengalami berbagai jenis cara pengolahan, termasuk mineral tembaga, kalium dan zat besi yang sangat penting dalam proses metabolisme dan untuk menjaga kesehatan jantung.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B Dari Buah-Buahan

Sponsors Link


1. Alpukat dan Manfaatnya

Alpukat B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0. 135 mg 0.267 mg 3.5 mg 0.985 mg 0.518 mg 165 mcg

Alpukat merupakan buah yang memiliki rasa lezat. Alpukat banyak diolah menjadi jus yang sangat menyegarkan. Alpukat juga memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor dan berbagai sumber nutrisi lain. Berikut ini manfaat mengkonsumsi alpukat untuk kesehatan.

  • Alpukat memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung seperti vitamin E, folat, kalium dan pitosterol.
  • Zat anti inflamasi dalam alpukat mampu mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang tulang.
  • Alpukat dapat berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol buruk dan jahat sehingga seimbang dalam tubuh. Alpukat sangat baik untuk nutrisi sumber energi saat diet.


2. Apel dan Manfaatnya

Apel B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0. 034 mg 0.045 mg 0.17 mg 0.121 mg 0.076mg 5 mcg

Apel adalah buah yang sangat lezat. Apel banyak disukai oleh semua orang. Struktur rasa apel juga sangat lengkap seperti renyah, manis, dan asam. Di Indonesia ada berbagai jenis apel sesuai dengan asal daerah tanam. Namun pada dasarnya apel memiliki jenis dan kandungan nutrisi yang sama. Apel menjadi sumber nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat apel untuk kesehatan.

  • Apel dapat merangsang fungsi air liur yang bisa mencegah infeksi bakteri dan kuman penyakit.
  • Kandungan berbagai jenis vitamin B dalam apel bisa membuat reaksi neurotransmiter dalam otak sehingga bisa meningkatkan fungsi memori.
  • Mengkonsumsi apel secara rutin dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena gangguan memori otak dan kerusakan sel saraf.
  • Kandungan flavonol dalam apel berfungsi untuk mencegah radikal bebas sehingga mengkonsumsi apel bisa mencegah resiko penyakit kanker.

Apel adalah salah satu jenis makanan sehat untuk penderita stroke yang dapat dikonsumsi secara rutin.


3. Pisang dan Manfaatnya

Pisang B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0. 038 mg 0.087 mg 0.79 mg 0.392 mg 0.45 mg 24 mcg

Apakah Anda suka makan pisang? Pisang adalah buah yang sangat mudah didapatkan selain itu juga memiliki harga yang terjangkau. Buah yang memiliki rasa manis dan lezat ini juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan vitamin. Selain itu kandungan vitamin B dalam pisang sangat tinggi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi pisang secara rutin.

  • Kandungan triptopan dalam buah pisang bisa meningkatkan sistem neurotransmiter yang mencegah depresi dan membuat efek menyenangkan. Pisang sangat baik untuk orang yang sedang PMS atau berada dalam masa menstruasi.
  • Kandungan serat dalam pisang sangat baik untuk pencernaan.
  • Kandungan vitamin B6 dalam pisang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan diabetes (tipe 2), membantu menurunkan berat badan, meningkatkan produksi sel darah putih, dan mengurangi pembengkakan dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin B dan zat besi dalam pisang bisa bermanfaat untuk mencegah anemia, menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Pisang dikenal sebagai makanan penambah berat badan yang cukup kaya kalori.


4. Blueberi dan Manfaatnya

Blueberri B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0. 030 mg 0.032 mg 0.92 mg 0.39 mg 0.04 mg 36 mcg

Blueberi terkenal sebagai buah yang mengandung anti oksidan tinggi. Semua zat antioksidan bisa bermanfaat untuk mencegah dan menyerang zat radikal bebas yang masuk ke tubuh. Khasian buah blueberi tidak hanya untuk mencegah kanker, namun masih ada manfaat lain seperti berikut ini.

  • Dalam 100 gram blueberi mengandung sekitar 80 kalori, tidak mengandung lemak dan tinggi sera sehingga blueberi bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan.
  • Blueberi memiliki kandungan mangan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan membantu vitamin B dalam memecah karbohidrat menjadi sumber energi.
  • Blueberi juga bisa meningkan sistem memori dan fungsi otak dengan kandungan vitamin B yang sangat lengkap.


5. Melon dan Manfaatnya

Melon B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0. 021 mg 0.01 mg 0.5 mg 0.07 mg 0.04 mg 14 mcg

Melon sebenarnya masuk dalam tumbuhan mentimun, namun memiliki karakter bentuk dan buah yang bisa dikonsumsi dengan baik. Melon bisa memiliki warna daging buah berwarna putih dan kuning. Rasa melon sangat manis dan menyegarkan. Melon mengandung banyak air, serat dan rendah kalori. Berikut ini beberapa manfaat buah melon.

  • Kandungan senyawa adenosin dalam buah melon bermanfaat untuk mengencerkan darah, mengatur sistem pembekuan darah sehingga bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Kandungan vitamin B yang lengkap dan folat dalam melon membantu sistem kerja jantung dan mencegah serangan jantung.
  • Melon menjadi buah yang bisa memberikan efek menyegarkan sehingga bisa bermanfaat untuk mencegah stres, pikiran yang tertekan dan bisa membantu aliran oksigen ke otak.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B dari Daging dan Olahan Hewan


1. Daging Merah dan Manfaatnya

Daging B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0. 1 mg 0.3 mg 6.9 mg 0.92 mg 0.04 mg 15 mcg

Daging merah bisa menjadi sumber vitamin B yang lengkap untuk tubuh. Kandungan vitamin B dari daging merah bisa menjadi pelengkap dengan vitamin B yang didapatkan dari sayur dan buah-buahan. Selain itu daginga merah juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi lain yang menjadi sumber energi untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daging untuk kesehatan.

  • Kandungan zat kreatin dalam daging merah bisa bekerjasama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi, mendukung sistem kesehatan mental dan mencegah kekurangan gizi.
  • Karnosin dalam daging sapi berperan sebagai zat anti oksidan yang memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap berbagai serangan zat radikal bebas.


2. Dada Ayam dan Manfaatnya

Dada Ayam B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
200 gram 0.068 mg 0.12 mg 12.7 mg 0.9 mg 0.56 mg 4 mcg

Dada ayam tanpa kulit adalah sumber protein yang sangat tinggi untuk tubuh. Protein dalam dada ayam mampu mendukung tubuh untuk menyimpan energi yang lebih banyak. Dada ayam juga bisa dimasak menjadi berbagai macam olahan yang menyenangkan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi dada ayam secara teratur.

  • Kandungan vitamin B6 dalam dada ayam sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kadar vitamin B6 mampu melindungi tubuh dari proses homosistein penyebab penyakit jantung.
  • Kandungan vitamin B komplek membantu tubuh dalam membentuk energi sebagai sumber tenaga. Selain itu kandungan niasin yang tinggi dalam dada ayam bisa menjadi pemecah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi.
  • Vitamin B komplek dalam dada ayam juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.
  • Dada ayam bisa menjadi sumber kalori untuk tubuh sehingga Anda bisa memakai dada ayam sebagai sumber protein untuk menurunkan berat badan.


3. Susu Sapi dan Manfaatnya

Susu Sapi B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
240 ml 0.12 mg 0.042 mg 0.21 mg 0.9 mg 0.086 mg 12 mcg

Susu sapi biasanya banyak dikonsumsi saat masih anak-anak dan remaja, namun sebenarnya asupan dari susu sapi juga sangat penting sesuai dengan pertambahan usia. Banyak orang yang berpikir bahwa minum susu sapi akan membuat badan menjadi gemuk karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Tapi, minum susu sapi secara rutin terbukti sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi susu sapi untuk kesehatan.

  • Susu sapi mengandung kalsium dan vitamin D yang bisa bermanfaat untuk memperkuat struktur tulang dan gigi.
  • Kandungan protein yang ditemukan pada susu bisa membantu pemecahan karbohidrat oleh vitamin B sehingga tubuh mendapatkan sumber energi.
  • Susu sapi dengan kandungan lemak yang rendah bisa membantu program diet karena bisa menurunkan berat badan dengan cepat.
  • Kandungan vitamin B kompleks dalam susu bisa memberikan efek santai pada otot dan syaraf otak. Minum susu sapi saat sedang masa menstruasi bisa memberikan efek santai sehingga bisa mengurangi rasa stres.
  • Kandungan vitamin A dan vitamin B kompleks bisa membatu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata dan membuat sistem kekebalan tubuh.


4. Telur dan Manfaatnya

Telur B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
2 butir 0.062 mg 0.51 mg 0.092 mg 1.3 mg 0.13 mg 37 mcg

Telur menjadi lauk yang disukai semua orang. Telur memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan sehingga tidak membosankan. Selain itu telur juga bisa menjadi sumber energi karena mengandung protein tinggi dan beberapa jenis sumber mineral untuk tubuh. Berikut ini manfaat telur untuk kesehatan.

  • Telur bisa menjadi sumber tenaga untuk tubuh. Kandungan protein tinggi dalam telur bisa membantu vitamin B komplek sehingga membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.
  • Kandungan zat besi dalam kuning telur mendorong pembentukan sel-sel darah merah sehingga oksigen bisa mengalir ke berbagai organ penting. Hal ini juga membuat telur bisa meringankan sakit kepala dan gejala kelelahan karena kekurangan asupan zat besi dan vitamin B.
  • Kandungan nutrisi vitamin B komplek terutama folat dan total vitamin B 12 mampu membuat telur bisa menjadi sumber energi yang cukup gizi terutama untuk program diet.
  • Telur memiliki peran yang sangat besar untuk membantu meningkatkan kesehatan otak janin karena kandungan vitamin B12, zat kolin dan protein yang tinggi.
  • Konsumsi telur, brokoli dan bayam bisa menjadi asupan yang baik untuk memperbaiki kesehatan mata, mencegah katarak dan penyakit rabun.


5. Ikan Salmon dan Manfaatnya

Salmon B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.27 mg 0.43 mg 10.2 mg 1.93 mg 0.942 mg 29 mcg

Salmon adalah jenis ikan yang sering disebut sebagai raja nutrisi. Ikan salmon memiliki berbagai jenis kandungan gizi yang sangat lengkap. Namun harga ikan salmon biasanya sangat mahal. Meskipun begitu dengan mengkonsumsi ikan salmon selama dua kali seminggu bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

  • Ikan salmon mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat lengkap (vitamin A, vitamin B, dan vitamin D), selenium, fosfor, zat besi dan kalsium yang membantu sistem kerja memori menjadi lebih baik.
  • Kandungan kalsitonin dan protein membuat ikan salmon sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah berbagai macam penyakit sendi.
  • Kandungan folat dalam ikan salmon sangat baik untuk ibu hamil karena bisa mencegah masalah cacat otak dan syaraf tulang belakang pada janin.
  • Asam omega-3 dalam ikan salmon bisa meningkatkan fungsi otak dan mencegah cacat mental pada janin.

6. Ikan sarden dan Manfaatnya

Sarden B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
100 gram 0.09 mg 0.23 mg 5.22 mg 0.67 mg 0.157 mg 10 mcg

Ikan sarden banyak ditemukan dalam olahan seperti sarden yang dikemas dalam menjadi makanan kaleng. Ikan sarden memiliki rasa yang gurih, ringan dan daging yang sangat lembut. Ikan sarden juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Berikut ini adalah manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh.

  • Dalam 23 gram ikan sarden ditemukan berbagai jenis nutrisi yang penting untuk tubuh seperti asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, kalium dan kalori. Mengkonsumsi sarden dengan minyak zaitun bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Kandungan vitamin B kompleks dalam ikan sarden sangat baik untuk ibu hamil dan anak-anak. Selain itu ikan sarden tidak mengandung berbagai zat bahaya dari laut seperti merkuri dan berbagai jenis racun lain dari laut.

Sponsors Link

Sumber Makanan Vitamin B Dari Kacang-kacangan


1. Almond dan Manfaatnya

Almond B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
28 gram 0.07 mg 0.288 mg 0.92 mg 0.132 mg 0.04 mg 14 mcg

Almond adalah kacang yang banyak disukai orang. Meskipun kacang almond memiliki harga yang cukup tinggi karena termasuk dalam kacang impor namun bisa mencukupi sejumlah kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kacang almond memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. berikut ini beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh.

  • Almond bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga baik untuk penderita jantung dan juga untuk diet.
  • Almond mengandung zat flavonoid dan vitamin E sehingga sangat baik untuk melindungi jantung dari kerusakan arteri dan juga serangan jantung.
  • Kandungan vitamin B kompleks dalam almond sangat baik untuk ibu hamil karena bisa menurunkan resiko cacat janin.
  • Almond memiliki riboflavin dan L-cartinin yang bisa membantu kecerdasan otak dan mengurangi resiko sakit Alzheimer.


2. Kacang Mete dan Manfaatnya

Mete B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
28 gram 0.13 mg 0.017 mg 0.3 mg 0.23 mg 0.113 mg 7 mcg

Mete adalah salah satu jenis kacang favorit di Indonesia. Kacang mete memiliki rasa yang gurih dan lezat. Kacang mete bisa diolah menjadi cemilan seperti di goreng dengan beberapa campuran. Struktur kacang mete yang renyah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kacang mete untuk kesehatan.

  • Kacang mete memiliki kandungan proanthosianidin yang bisa menghentikan proses pembentukan sel kanker, melindungi usus dari resiko kanker dan baik untuk mencegah serangan zat radikal bebas.
  • Kacang mete juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung.
  • Kacang mete memiliki berbagai jenis kandungan vitamin B kompleks sehingga membantu protein dalam memecahkan karbohidrat menjadi sumber energi.
  • Kandungan magnesium dan kalsium dalam mete berkhasiat untuk memperkuat kepadatan tulang sehingga sangat baik mencegah berbagai macam penyakit kerapuhan tulang.


3. Kacang Tanah dan Manfaatnya

Kacang tanah B1(thiamin) B2(Riboflavin) B3(Niasin) B5 (Asam Pantotenat) B6 B9 (folat)
28 gram 0.12 mg 0.023 mg 3.82 mg 0.32 mg 0.07 mg 41 mcg

Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang yang paling umum dan mudah ditemukan di Indonesia. Kacang tanah bisa memiliki berbagai jenis nutrisi sehingga sangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh.

  • Kandungan protein dan serat dalam kacang tanah bisa membuat efek kenyang sehingga bisa membantu menjaga berat badan dan juga baik untuk diet.
  • Kacang tanah mengandung berbagai jenis vitamin B yang lengkap dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjadi sumber energi dan menurunkan berat badan.
  • Kacang mengandung berbagai jenis mineral seperti fosfor, magnesium, kalium, kolin, tembaga, mangan dan selenium sehingga bisa membantu tubuh dalam mengendalikan penyakit seperti jantung, kolesterol dan diabetes.


Vitamin B alami banyak ditemukan dari berbagai sumber yang berasal sayuran, buah-buahan, ikan dan daging. Mengkonsumsi berbagai jenis sumber makanan vitamin B bisa mencukupi kebutuhan vitamin B harian. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan beberapa jenis sumber vitamin seperti yang masuk dalam daftar di atas.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 03rd, March 2015 / 11:23 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi