Sponsors Link

29 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

ads

Kalsium merupakan salah satu mineral yang jumlahnya paling banyak diantara mineral-mineral lainnya yang terkandung dalam tubuh kita. Kalsium sangat berguna dalam membantu pertumbuhan, terutama pada bagian tulang, untuk mencegah tulang keropos, dan membantu memperkuat struktur tulang kita.

makanan yang mengandung kalsiumKebutuhan Kalsium Terbanyak

Tubuh manusia memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda, tergantung usianya. Kebutuhan kalsium tertinggi ada pada wanita dewasa yang berusia 51 – 71 tahun, dengan rata-rata membuthkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari nya. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia kita, maka kalsium yang ada di dalam tubuh akan semakin menurun kandungannya.

Lalu bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan kalsium kita sehari –hari? Apakah sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita sehari – hari? Ternyata tidak sulit, bahkan bahan-bahan makanan yang biasa kita konsumsi, ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak bisa dianggap remeh.

Berikut daftar bahan-bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi :

PRODUK OLAHAN DARI SAPI

1. Susu

Susu merupakan produk yang paling populer di kalangan masyarakat, sebagai salah satu bahan makanan yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium. Satu gelas susu memiliki kandungan kalsium sebanyak 270 mg, karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi susu secara rutin 2 kali sehari agar kebutuhan kalsium dapat tercukupi.

2. Keju

Selain susu, keju juga ternyata memiliki kalsium yang tinggi. Mengkonsumsi keju dapat menggantkan konsumsi susu, bagi yang alergi akan protein susu. Campurkanlah keju di dalam menu makanan sehat sehari-hari, untuk membantu mengoptimalkan kebutuhan kalsium dalam sehari.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan dari susu yang sangat populer. Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, ternyata yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh sehari-hari. Hal ini tidaklah mengejutkan, karena yoghurt merupakan produk olahan susu yang sangat memiliki kandungan mineral dan gizi yang banyak,

4. Sumsum Tulang Sapi

Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium tertinggi. Sumsum tulang sapi mampu memberikan kalsium sebanyak 40x lipat kalsium daripada susu sapi biasa.

SAYUR-SAYURAN

5. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening atau sup, sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak main-main. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari. 

7. Lobak

Lobak menghasilakn 200 mg kalsium per batang, yang akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsium anda sehari hari. Sayuran yang biasa ditemui pada masakan soto atau acar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemenuhan kalsium anda sehari-hari.

8. Kol

Jenis sayuran yang bisa kitaa temukan dalam sup, cap cay, siomay dan berguna sebagai makanan rendah kolesterol. Kol atau kubis ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90 mg kalsium.

9. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang digemari oleh masyarakat luas. Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya yang memiliki serat tinggi yang banya dikonsumsi sebagai makanan untuk diet sehat. Disamping itu, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebanyak 180 mg.

10. Bokchoy

Bokchoy merupakan sayuran hijau yang mirip seperti daun sawi. Memiliki kandungan serat yang tinggi, bokchoy juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 74 mg.

11. Kangkung

Sayuran hijau memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kangkung, selain memiliki serat yang tinggi, juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan sangat baik bagi konsumsi sehari – hari.

KACANG-KACANGAN / BIJI-BIJIAN

12. Kacang Kedelai

Bagi yang menyukai kacang-kacangan kemungkinan sudah tidak asing dengan kacang kedelai ini. Kacang kedelai biasa dijual secara kiloan di pasar-pasar tradisional ini ternyata merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar  261 mg.

13. Kacang Putih

sponsored links

Merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah diperoleh di pasar trafisional ataupun pasar modern sekalipun. Kacang putih ini memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg.

14. Biji Wijen

Biji wijen biasa digunakan sebagai garnish atau topping dari suatu makanan saja. Namun siapa sangka, walaupun biasa digunakan dalam jumlah yang sedikik, setiap 1 ons  biji wijen ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 280 mg.

15. Kacang Almond

Almond biasa dicampurkan ke dalam olahan lain, seperti kue dan coklat. Namun ternyata selain kaya kandunagn vitamin E, kalium dan zat besi, kacang almond memiliki kandungan kalsium sebanyak 72 mg perr ¼ cangkirnya.

16. Edamame

Edamame atau kacang kedelai jepang memiliki kadar kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 98 mg kalsium. Kacang edamame ini bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya dan lbisa angsung dimakan.

BUAH-BUAHAN

17. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, yaitu sebanyak 65 mg kalsium.

18. Buah Ara

Buah ara mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, buah ara merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 107 mg kalsium per 2 buahnya.

19. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat. Memiliki kandungan mineral yang sangat banyak, antara lain kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.

20. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak keunggulan. Selain baik untuk kesehatan kulit, dan memiliki banyak sekali vitamin yang terkandung, buah alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat memnuhi kebutuhan kalsium anda dalam sehari.

MAKANAN LAUT

21. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak kandungan mineral yang tinggi yang sangat berguna bagi tubuh sebagai makanan untuk penderita diabetes. Selain mengandung protein, ternyata  3 ons ikan salmon kalengan memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 181 mg.

22. Sarden

Jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah ikan sarden. Ikan yang biasa dikemas dalam bentuk kalengan ini ternyata mampu memenuhi 30 % kalsium yang diperlukan tubuh.

Sponsors Link

23. Udang

Udang merupakan seafood yang memiliki banyak kandungan mineral. Anda bisa mengkonsumsi udang ataupun rebon alias udang kering yang juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi pula.

24. Kerang

Sama seperti udang, kerang juga merupakan hasil laut yang memiliki kalsium yang tinggi yang mampu membantu anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium dalam satu hari.

JENIS MAKANAN OLAHAN

25. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis sereal yang sangat populer di kalangan masyarakat yang gemar menerapkan pola hidup sehat. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 105 mg dalam setiap mangkuknya.

26. Susu Kedelai

Bagi yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu sapi, jangan khawatir cobalah untuk mengkonsumsi susu kedelai ini. Tidak kalah menyehatkan dari produk olahan susu sapi. Satu cangkir susu kedelai ini memiliki kandungan kalsium sebesar 300 mg.

27. Tahu

Tahu merupakan salah satu produk kacang kedelai yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Tahu merupakan menu yang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dapat diperoleh dengan sangat mudah di pasar – pasar sekitar.

28. Tempe

Sama seperti tahu, tempe yang merupakan olahan dari kacang kedelai juga memiliki kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, tempe juga memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh.

29. Crackers

Crackers atau biscuit ternyata memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tubuh juga. Beberapa jenis crackers, seperti malkist dan regal memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium anda sehari-hari.

Tidak hanya diperlukan untuk wanita yang lanjut usia, namun kalsium sangat diwajibkan bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, dan juga bagi ibu hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu yang memiliki kalsium tinggi selama masa kehamilan agar janin memperoleh kandungan mineral kalsium yang cukup.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, February 2015 / 08:07 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi