Sponsors Link

29 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Super Tinggi

ads

Makanan yang mengandung asam folat super tinggi dapat diperoleh dari berbagai jenis seperti sayuran, buah, dan daging. Asam folat adalah salah satu bentuk dari vitamin B yang memiliki sifat larut di dalam air. Asam folat adalah salah satu bentuk sintetis dari vitamin B9. Berbagai jenis asam folat sintetis ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti sereal, roti dan tepung roti. Selain itu berbagai jenis makanan alami juga mengandung asam folat seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat akan menghindarkan kita dari masalah atau penyakit karena kekurangan asam folat. Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain adalah.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dari Sayuran

  1. Bayam (194 mcg / 100 gr, 49% AKG)

Bayam adalah sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Bayam mengandung rendah kalori, hanya sekitar 23 kalori per 1 ons daun mentah. Kandungan serat tertinggi dalam bayam terletak pada daun. Bayam juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat digunakan untuk makanan diet.

Selain itu bayam mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan asam folat. Asam folat dalam daun bayam sangat penting untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat syaraf pada otak bayi dan tulang belakang. Bayam juga adalah satu makanan sehat untuk jantung untuk mencegah terjadinya kelainan jantung.

  1. Bit Merah (107 mcg / 100 gr, 27% AKG)

buah bitBuah bit memiliki bentuk seperti umbi dan berwarna merah keunguan. Buah ini dikonsumsi dengan olahan menjadi salad atau jus.

Kandungan Gizi Buah Bit

Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain adalah kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan asam folat, protein, karbohidrat, serat larut dalam air dan zat anti oksidan. Asam folat dalam bit merah sangat penting untuk:

  • Mendukung pertumbuhan janin pada tiga bulan pertama kehamilan.
  • Asam folat dibutuhkan untuk membentuk jaringan syaraf dan mencegah semua cacat pada bagian tulang belakang.
  • Asam folat juga mendukung kekuatan tulang sehingga ibu hamil tidak akan mudah merasa cepat lelah dan lemah.

Bit juga sangat baik untuk penderita diabetes karena termasuk salah satu makanan rendah kalori yang dibutuhkan tubuh.

  1. Kubis (43 mcg / 100 gr, 11% AKG)

Kubis adalah sayuran yang sangat variatif. Ada berbagai jenis kubis yang ada di pasaran seperti kubis hijau, kubis putih dan kubis ungu. Kandungan anthocyanin dalam kubis ungu sangat bermanfaat untuk mencegah sel kanker. Kubis juga menjadi salah satu sumber asam folat yang cukup tinggi.

Asam folat dalam kubis memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung DNA terutama untuk ibu yang sedang hamil. Beberapa kandungan vitamin yang sangat penting dari kubis adalah seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat. Jadi, sayuran kubis sangat kaya akan vitamin dan mineral yang membuatnya adalah salah satu makanan kaya serat dan makanan sehat untuk paru paru perokok

  1. Brokoli  (63 mcg / 100 gr, 16% AKG)

Brokoli adalah sayuran hijau yang masuk dalam kelompok tumbuhan persilangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah pada bagian daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Brokoli memiliki kandungan kalsium, asam folat dan vitamin C yang akan menyegarkan tubuh.

Selain itu masih ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang bisa Anda temukan. Kandungan asam folat dalam brokoli penting untuk semua orang termasuk ibu hamil atau perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan. Brokoli juga dapat dijadikan makanan penurun kolesterol dalam darah.

  1. Asparagus (135 mcg / 100 gr, 34% AKG)

asparagusAsparagus adalah sayuran batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga.

Asparagus memiliki beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan dan vitamin C.

Asparagus sangat penting untuk kesehatan ibu hamil, untuk melindungi janin bayi agar tidak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk ibu hamil sangat disarankan. Namun harus hati hati yah terutama bagi anda penderita asam urat, karena asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang wajib di waspadai.

  1. Seledri (36 mcg / 100 gr, 9% AKG)

Seledri adalah sayuran yang mengandung kalori dalam jumlah kecil. Beberapa zat penting yang ditemukan dalam seledri adalah seperti riboflavin, vitamin C dan asam folat. Kandungan asam folat dalam seledri sangat penting untuk penderita anemia dan ibu hamil. Seledri juga penting untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membantu pengaturan kolesterol dan melancarkan proses metabolisme. Seledri merupakan jenis makanan rendah kolesterol yang dapat anda konsumsi setiap hari.

  1. Selada (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Selada adalah sayuran yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral. Ini adalah sayuran segar yang bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadi bahan makanan olahan seperti salad.

Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain adalah serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K dan asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan mangan. Selada juga dikenal sebagai makanan untuk diet yang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan.

Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung, mencukupi nutrisi ibu hamil untuk perlindungan syaraf bayi dan tulang belakang bayi. Selain itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

  1. Jagung (19 mcg / 100 gr, 5% AKG)

Jagung adalah sayuran yang banyak mengandung kalori sehat untuk tubuh.

Kandungan Gizi Jagung

Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin E. selain itu jagung juga banyak mengandung serat sehingga penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga memiliki zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Salah satu sumber vitamin penting pada jagung adalah vitamin B ( thiamin dan niacin). Jagung juga menjadi sumber karbohidrat, protein dan lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung sangat penting untuk ibu hamil untuk melindungi kecacatan pada janin.

  1. Kale (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Kale atau lebih dikenal dengan nama kaelan adalah sayuran hijau seperti sawi. Kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, asam folat, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C. Folat dalam kale dapat bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan syaraf bayi dari kecacatan. Selain itu asam folat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dari Buah

  1. Pisang (20 mcg / 100 gr, 5%)

Pisang adalah buah yang sangat menyenangkan untuk dikonsumsi. Rasa pisang yang manis membuat semua orang menyukai pisang. Selain itu pisang memiliki kandungan vitamin, mineral dan sumber nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan asam folat dalam satu buah pisang mencapai sekitar 6% dari total kebutuhan orang dewasa. Pisang memiliki lemak jenuh yang sangat rendah, kolesterol jahat dan sodium. Beberapa nutrisi lain yang ditemukan pada pisang adalah serat larut dalam air, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan mangan.

Manfaat mengkonsumsi pisang untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Kandungan vitamin B6 dalam buah Pisang sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang biasanya banyak dialami oleh ibu hamil.
  • Pisang bisa meningkatkan produk sel darah merah dan sel darah putih.
  • Pisang bisa mencegah semua gangguan syaraf pada janin terutama untuk mendukung pembentukan tulang belakang dan syaraf otak.
  • Pisang menjadi buah yang bisa mengatasi mual dan muntah untuk ibu hamil pada trimester pertama.
  • Kandungan kalium dalam pisang bisa membantu penurunan tekanan darah dan melindungi pembuluh darah sehingga bermanfaat untuk penderita jantung dan stroke.

Namun anda harus sedikit waspada yah, karena pisang adalah makanan yang mengandung kalori yang cukup tinggi jika dikonsumsi terlalu banyak.

  1. Jeruk (30 mcg / 100 gr, 8%)

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jeruk menjadi sumber pemeliharaan kekebalan tubuh atau sistem imunitas. Jeruk juga mempunyai kandungan folat mencapai 28 mikrogram atau sekitar 7% dari kebutuhan orang dewasa dan total kalori 45. Manfaat asam folat dalam jeruk adalah sebagai berikut ini:

  • Kandungan asam folat dalam berbagai jenis jeruk bermanfaat untuk mendukung perkembangan sel-sel otak pada janin dan mencegah kecacatan organ vital pada otak.
  • Wanita hamil yang mengkonsumsi buah jeruk bisa mencegah cacat neurologis pada bayi.
  • Kandungan fitonutrisi pada jeruk juga sangat berperan dalam pengembangan fungsi dan memori otak.
  1. Persik (4 mcg / 100 gr, 1%)

Buah persik menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Dalam buah persik ditemukan beberapa sumber nutrisi seperti zat besi, mangan, kalsium, seng, magnesium, belerang dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B9, vitamin C dan vitamin E. Buah persik juga mengandung asam folat tinggi yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi jus buah persik secara rutin.

  • Kandungan asam folat dalam buah persik bisa melindungi bayi dari penyakit spina bifida (kelainan saraf dan tulang belakang karena proses pembentukan yang tidak sempurna pada trimester pertamaa).
  • Jus buah persik juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual dan gangguan pencernaan lain.
  • Jus buah persik bisa berguna untuk membantu melancarkan fungsi ginjal dan menurunkan resiko penyakit hati.
  • Buah persik memiliki nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Buah persik akan memperkuat otot jantung, melancarkan peredaran darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Semua kandungan vitamin dalam buah persik bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Persik adalah salah satu buah yang mengandung vitamin a cukup tinggi untuk nutrisi mata.

  1. Tomat (22.3 mcg / 100 gr, 6%)

Tomat menjadi buah yang memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan mineral seperti karbohidrat, serat larut, anti oksidan (alpha lipoic, kolin, beta karoten, lutein dan licopene), vitamin A, vitamin C dan asam folat.

Kandungan Gizi Tomat

Konsumsi tomat sebanyak 123 gram per hari sudah mencukupi kebutuhan 25 kalori dan 1 gram protein. Tomat juga sangat penting untuk diet karena sama sekali tidak mengandung lemak. Manfaat asam folat dalam tomat adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengurangi resiko kecacatan pada janin terutama untuk pembentukan syaraf di otak dan tulang belakang.
  • Untuk mencegah atau mengurangi berbagai macam gejala depresi termasuk gangguan tidur dan gelisah yang disebabkan karena kelebihan homosistein dalam tubuh.
  • Untuk mencegah gangguan nafsu makan karena tekanan homosistein (gangguan hormon serotonin dan dopamin yang mengganggu masalah gangguan perasaan dan nafsu makan).

Tomat juga dapat dikategorikan makanan sehat untuk penderita stroke yang aman di konsumsi setiap hari.

  1. Alpukat (20 mcg / 100 gr, 5%)

Alpukat menjadi buah yang sangat lezat untuk dijadikan jus atau salad. Dalam 100 gram buah alpukat ditemukan beberapa jenis nutrisi yaitu vitamin K (27%), vitamin C (16%), potasium (13%), vitamin E (10%), vitamin B5 (15%), folate (20%) dan asam folat (13%). Selain itu alpukat juga mengandung sumber mineral yang penting untuk tubuh seperti mangan, zat besi, seng, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin A dan fosfor. Asam folat dalam alpukat menjadi salah satu sumber makanan penting untuk mencegah penyakit jantung. Alpukat juga membantu pengaturan kadar homosistein dalam darah. Selain itu alpukat juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan.

  1. Melon (21 mcg / 100 gr, 5%)

Melon adalah buah yang sangat umum di Indonesia. Dalam melon ditemukan berbagai jenis nutrisi dan mineral namun tidak memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah. Selain itu dalam alpukat juga mengandung beta karoten, potasium, serat, vitamin C dan vitamin B kompleks (tiamin, vitamin B3, vitamin B6, dan vitamin B5. Melon juga  memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan penting untuk mencegah beberapa jenis kanker. Mengkonsumsi melon secara teratur sangat dianjurkan bagi ibu hamil pada trimester pertama (usia tiga bulan pertama kehamilan).

  1. Stroberi (24 mcg / 100 gr, 6%)

Stroberi menjadi buah favorit untuk semua orang. Stroberi memiliki permukaan buah yang kasar dan bergerigi dengan warna merah yang sangat cantik. dalam 165 gram stroberi ditemukan berbagai macam nutrisi, antara lain 50 kalori, karbohidrat (11 gram), protein (1 gram), serat larut (3,7 gram), kalsium (23 gram), fosfor (31 mg), magnesium (16 mg), zat besi 0.5( mg), vitamin C (94 mg), selenium ( 1 mg), potasium (43 mg), vitamin A (44 IU), dan asam folat (29 mcg). Dengan berbagai macam nutrisi ini maka stroberi mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung dan gangguan tekanan darah (hipertensi). Kadar vitamin C dan asam folat dalam stroberi juga bermanfaat untuk beberapa hal dibawah ini.

  • Asam folat pada buah stroberi menjadi sumber yang sangat baik untuk mencegah semua gangguan dan penyakit cacay saraf janin pada bagian otak dan tulang belakang.
  • Asam folat juga berperan untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada ibu hamil sehingga terhindari dari anemia.
  • Wanita usia subur disarankan untuk rajin mengkonsumsi stroberi sebagai upaya persiapan kehamilan.
  • Asam folat dalam stroberi juga berperan untuk menangani masalah gangguan penuaan seperti masalah penyakit tulang dan gangguan pembuluh darah.
  1. Pepaya (38 mcg / 100 gr, 10%)

Pepaya adalah salah satu buah yang mudah tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Buah dengan bentuk memanjang dengan kulit berwana kuning kehijauan ini memiliki rasa manis dan lezat. Pepaya menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram pepaya ditemukan vitamin A, vitamin C, kalium dan kalsium. Bahkan dalam pepaya dengan potongan kecil bisa mencukupi kebutuhan asam folat sekitar 56,9 mikrogram dan total 60 kalori. Manfaat pepaya dan kandungan asam folat untuk kesehatan adalah:

  • Pepaya mengandung enzim pencernaan yang sangat baik untuk mencegah semua jenis kanker usus. Bahkan asam folat dalam pepaya juga dipercaya untuk membantu mencegah semua penyakit pada usus besar.
  • Enzim papain dalam pepaya memberikan efek menenangkan untuk wanita yang mengalami nyeri haid atau PMS. Kandungan asam folat dalam pepaya juga sangat baik untuk menambah produksi sel darah merah dan mencegah anemia selama periote menstruasi.
  • Pepaya sangat disarankan untuk ibu hamil, karena memiliki kandungan asam folat yang bisa mencegah semua penyakit cacat syaraf dan tulang belakang pada janin.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Jenis Tepung

sponsored links
  1. Kentang (28 mcg / 100 gr, 7%)

Kentang menjadi makanan yang kaya akan karbohidrat. Nutrisi lain yang ditemukan dalam kentang adalah protein, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin B1, magnesium, potasium, dan seng. Kentang sering menjadi makanan alternatif pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes. Saran penyajian terbaik adalah dengan membuat kentang rebus. Kandungan vitamin B6 dalam kentang mampu mendukung proses pembentukan sel –sel darah merah, membentuk sistem kekebalan tubuh dan memperlancar proses metabolisme lemak.

Manfaat asam folat dalam kentang antara lain adalah :

  • Asam folat akan mendukung pembentukan sel darah merah pada ibu hamil maupun wanita usia subur.
  • Asam folat akan menjadi sumber makanan penting untuk pembentukan DNA.
  • Asam folat dalam kentang sangat baik untuk wanita yang ingi mendapatkan potensi kehamilan dan terhindar dari resiko cacat bayi.
  • Bahkan kandungan asam folat berperan untuk mengatasi masalah gangguan pernafasan seperti asma dan gangguan masalah tulang pada orang lanjut usia.

Kentang juga bermanfaat sebagai makanan untuk penderita asam lambung yang kronis agar tidak bertambah parah.

  1. Ubi Jalar (6 mcg / 100 gr, 1.5%)

Ubi jalar adalah jenis makanan yang sangat umum di Indonesia. Ubi jalar dapat ditemukan dalam berbagai jenis warna seperti kuning, ungu dan putih. Bahkan ubi jalar menjadi salah satu makanan khas dari daerah Cilembu dan ubi Cilembu menjadi ubi yang mudah ditemukan di pasar. Ubi tidak hanya makanan yang mengenyangkan, lezat dan manis, namun juga sangat kaya akan nutrisi dan mineral. Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa menjadi pengganti nasi. Selain itu, ubi  jalar juga mengandung vitamin A, asam folat, vitamin C, vitamin D, magnesium dan potasium. Ubi jalar menjadi salah satu makanan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, kesehatan tulang dan beberapa gangguan pencernaan. Asam folat dalam ubi jalar sangat baik untuk ibu hamil dan wanita usia subur.

  1. Roti Gandum (65 mcg / 100 gr, 15%)

Roti yang terbuat dari gandum  biasanya memiliki rasa yang lebih tawar. Roti gandum murni memiliki kandungan vitamin B yang sangat komplek. Beberapa jenis vitamin B yang ditemukan dalam roti gandum adalah thiamin, niacin, riboflavin, dan asam folat. Semua jenis kandungan vitamin B sangat baik untuk memperlancar proses metabolisme tubuh. Selain itu asam folat dalam roti gandum memiliki peran besar untuk mencegah cacat pada bayi. Bahkan konsumsi roti gandum juga bisa mengatasi masalah mual dan muntah pada ibu hamil. Roti gandum juga menjadi sumber utama penghasil mineral untuk tubuh yang bisa mengatasi masalah anemia dan kemampuan oksidasi darah.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dari Kacang-Kacangan

  1. Kacang Lentil (181mcg / 100 gr, 45%)

kacang lentilKacang lentil adalah jenis kacang yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang dari Timur Tengah. Di Indonesia, kacang lentil bisa didapatkan di supermarket. Di negara seperti Amerika kacang lentil juga sangat populer. Bahkan ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang lentil sebagai camilan sehat. Manfaat kacang lentil untuk ibu hamil antara lain adalah:

  • Kacang lentil mengandung tinggi asam folat yang bisa mencegah cacat pada bayi seperti kelainan spina bifida.
  • Konsumsi kacang lentil sebanyak satu cangkir kecil bisa mencukupi kebutuhan 600 mg asam folat untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan asam folat tinggi untuk pembentukan sel-sel darah merah.
  • Asam folat dalam lentil juga berfungsi untuk menyerang semua efek buruk dari berbagai macam zat kimia dalam tubuh. Ibu hamil yang pernah merokok dan mengkonsumsi alkohol sangat disarankan untuk melakukan terapi dengan aktif makan kacang lentil.
  • Kacang lentil bisa menjadi nutrisi yang sangat penting untuk pembangunan otot janin dalam kandungan. Bahkan kacang lentil bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada kehamilan (pre-klamsia).
  • Kacang lentil menjadi obat untuk masalah sembelit yang biasanya banyak dialami oleh ibu hamil.
  • Kacang lentil sangat penting untuk membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa stress, anemia dan kelelahan selama kehamilan.
  1. Kacang Polong  (63 mcg / 100 gr, 13%)

kacang polongKacang polong menjadi nutrisi penting sebagai sumber asam folat. Dalam 100 gram kacang polong bisa menyumbang 10 % asam folat.

Asam folat dari sumber kacang-kacangan menjadi makanan penting untuk ibu hamil.

Asam folat dari kacang polong bisa membantu proses sintesis DNA yang bisa mencegah rekayasa cacat pada bayi dan penyakit tulang belakang.

  1. Produk Olahan Kedelai

Produk olahan kedelai seperti tahu menjadi makanan yang banyak mengandung asam folat. Sekitar satu kotak kecil tahu mampu menyediakan kalori sebanyak 90 kalori, 5 gram lemak, 9 gram protein dan 2 gram karbohidrat. Bahkan jika Anda mengkonsumsi tahu sebagai makanan harian maka tubuh Anda akan mendapatkan asupan kalsium, vitamin K, tiamin, niasin, asam folat, fosfor, mangan dan selenium. Kandungan asam folat dalam tahu sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat bisa mencegah masalah kecacatan pada janin terutama yang berhubungan dengan resiko syaraf dan proses tidak terbentuknya tempurung otak dengan sempurna. Kandungan asam folat dalam tahu juga sangat berperan untuk mengatasi gangguan jantung dan masalah kanker.

Sponsors Link
  1. Kacang Almond (50 mcg / 100 gr, 12%)

Kacang almond menjadi salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi. Rasa almond kering yang lezat biasanya banyak dicampur dengan kue, tapi Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung. Dalam 30 gram kacang almond ditemukan karbohidrat (6 gram), protein (7 gram), serat (4 gram), lemak sehat (17 gram), dan 200 kalori. Selain itu kacang almond juga tidak memiliki kandungan kolesterol. Dalam satu cangkir kacang almond ditemukan sebanyak 70 mcg asam folat. Asam folat pada kacang almond bisa menjadi nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan (terutama masalah cacat janin yang disebuat spina bifida atau gangguan kelumpuhan karena perkembangan syaraf tulang belakang yang tidak sempurna).

  1. Kacang Tanah (120 mcg / 100 gr, 30%)

Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang yang paling dikenal di Indonesia. Kacang tanah memiliki rasa gurih, manis dan lezat. Selain itu harga kacang tanah di Indonesia juga sangat terjangkau. Meskipun kacang tanah memiliki harga yang murah namun mampu mencukup kebutuhan gizi harian. Kandungan asam folat dalam secangkir kacang tanah mencapai 100 mikrogram. Selain itu kacang tanah juga mengandung beberapa jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh seperti magnesium, seng, tembaga dan protein. Asam folat dalam kacang tanah bisa membantu nutrisi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil. Sementara asam folat sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak dan saraf motorik janin. Bagi orang tua konsumsi asam folat juga sangat bermanfaat untuk mencegah gejala stroke dan penyakit jantung.

  1. Kacang Kenari (98 mcg / 100 gr, 25%)

Kacang kenari adalah sumber makanan yang sangat kaya akan berbagai macam kandungan gizi. Dalam 100 gram kenari ditemukan karbohidrat (4 gram), protein ( 4 gram), lemak (18 gram), serat (1.8 gram). Selain itu kacang kenari juga memiliki kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, natrium, kalium, selenium, tembaga, seng, dan zat besi. Beberapa jenis vitamin yang ditemukan dalam kacang kenari adalah seperti vitamin C, niasin, tiamin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, vitamin A dan juga asam folat. Asam folat dalam kacang kenari menjadi penentu penting untuk pembentukan syaraf otak pada janin dan sumber nutrisi yang lengkap untuk ibu dan janin.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat dari Daging

  1. Ikan Salmon  (4mcg / 100 gr, 1%)

Ikan salmon menjadi sumber asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Ikan salmon memiliki beberapa jenis kandungan vitamin B seperti tiamin dan niasin. Selain itu dalam ikan salmon juga ditemukan kandungan fosfor, protein,  dan selenium. Ikan salmon memiliki kandungan asam folay yang sangat tinggi mencapai 87 mcg. Asam folat dalam ikan salmon bisa menjadi sumber gizi yang penting untuk pertumbuhan janin. Meskipun ikan salmon banyak disajikan mentah namun bagi ibu hamil disarankan untuk memasak hingga matang. Ikan salmon mentah banyak mengandung potensi bakteri dan kuman yang berbahaya untuk ibu hamil dan janin.

  1. Hati Ayam (578mcg / 100 gr, 144%)

Hati ayam menjadi makanan yang penuh dengan sumber gizi. Kandungan asam folat dalam hati ayam mencapai 578 mikrogram per 100 gram. Selain itu hati ayam juga memiliki kandungan protein tinggi, lemak, sodium dan sama sekali tidak mengandung karbohidrat. Kandungan asam folat dari hati ayam sangat penting sebagai nutrisi untuk janin. Asam folat juga mendorong pembentukan sel sel baru yang lebih sehat dan mencegah resiko anemia. Selain ibu hamil, wanita yang sedang menjalani program hamil juga bisa mengkonsumsi hati ayam dalam jumlah cukup. Cadangan asam folat dalam tubuh bisa menjadi persiapan untuk janin.

  1. Kuning Telur (146 mcg / 100 gr, 37%)

Telur menjadi makanan yang sangat umum dengan harga yang terjangkau. Bagian terpenting dari telur adalah kuning telur.

Kandungan Gizi Kuning Telur

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Kuning telur juga memiliki semua jenis kandungan vitamin B komplek seperti tiamin, riboflavin, pyridoxine, asam panthotenic, cobalamin dan asam folat. Asam folat menjadi salah satu sumber penting nutrisi ibu hamil dan menyusui. Bahkan asam folat tinggi dalam telur bisa mencegah masalah cacat bayi pada tulang belakang dan otak. Selain itu asam folat dalam kuning telur juga membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Jadi, kuning telur sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja baik orang tua maupun anak-anak.

Asam folat adalah sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Asam folat zat utama untuk calon ibu hamil dan ibu hamil dalam mencegah berbagai macam masalah cacat pada syaraf dan tulang belakang pada janin. Tapi kandungan asam folat dalam berbagai jenis makanan di atas juga penting untuk memelihara sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, stroke dan penting untuk menstimulasi pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan dengan asam folat tinggi.

Manfaat Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin yang penting untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan manusia.

  1. Asam folat berfungsi untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah rendahnya folat dalam darah. Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia.
  2. Asam folat sangat penting untuk mendukung sistem kerja usus agar usus bisa menyerap nutrisi untuk tubuh.
  3. Asam folat mencegah berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kekurangan zat folat seperti gagal ginjal, penyakit hati, dan gangguan aditif terhadap alkohol.
  4. Asam folat sangat berperan untuk kehamilan. Asam folat dibutuhkan sebagai asupan untuk mencegah masalah kecacatan pada otak dan tulang belakang janin. Selain itu asam folat juga mencegah keguguran.
  5. Asam folat dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit kanker termasuk kanker usus besar dan kanker leher rahim.
  6. Asam folat bisa mengurangi resiko penyakit jantung dengan sistem asam folat yang bisa mengurangi kadar homocistein dalam darah.
  7. Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan memori seperti Alzheimer dan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan penuaan seperti gangguan katarak, oesteoporosis, nyeri saraf, gangguan tidur dan depresi.

Penyebab Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat bisa terjadi pada siapa saja. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka kekurangan asam folat. Berikut ini adalah penyebab kekurangan asam folat.

  1. Gangguan kekurangan asam folat karena metode diet yang salah. Asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air sehingga tubuh harus terus menyerap folat dari makanan. Sedangkan jika Anda mengalami kelebihan vitamin termasuk asam folat maka akan keluar bersama urin. Beberapa jenis diet yang tidak mencukupi asupan buah dan sayuran adalah jenis diet yang salah dan bisa menyebabkan kekurangan asam folat.
  2. Gangguan kekurangan asam folat yang disebabkan karena tubuh tidak mampu menyerap asam folat dari makanan. Beberapa jenis penyakit yang memiliki efek terhadap saluran pencernaan dan metabolisme akan membuat penderitanya mengalami kekurangan folat. Beberapa jenis penyakit ini antara lain adalah:
  • Gangguan Chorn : penyakit yang menyebabkan gangguan pada sistem imun dan membuat bakteri menyerang sistem pencernaan secara menyeluruh dari mulut sampai anus.
  • Gangguan Celiac: penyakit yang disebabkan karena gangguan fungsi usus halus yang tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan termasuk asam folat.

Akibat Kekurangan Asam Folat

Asam folat adalah sumber vitamin yang sangat penting untuk sistem kerja tubuh. Asam folat alami bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. Berikut ini adalah gangguan penyakit yang disebabkan karena kekurangan asam folat.

  1. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki jumlah sel darah merah yang mencukupi. Anemia akan menghancurkan sistem aliran oksigen ke semua organ tubuh. Penyakit anemia parah dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh. Gejala anemia dapat ditandai dengan tubuh yang terasa lelah, letih, lesu, kulit akan terlihat lebih pucat, diare, mual, gangguan emosi dan tidak bersemangat.
  2. Kekurangan asam folat pada wanita yang memasuki usia subur dapat menyebabkan gangguan cacat pada janin terutama cacat pada bagian otak dan tulang belakang ketika sedang terjadi kehamilan.

Untuk itu konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi sangat wajib dilakukan untuk mendapatkan nutrisi yang sehat.  Menjalani gaya hidup sehat dan menghindari bahaya merokok adalah kunci untuk menjaga janin serta tubuh awet muda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, March 2015 / 15:33 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi