Air – Fungsi, Sumber dari Makanan dan Perannya

Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup dan manusia. Tanpa air semua yang ada di bumi ini akan mati. Oleh sebab itu ada baiknya manusia yang ada di muka bumi ini wajib menjaga ketersediaan air yang ada di bumi. Sayangnya saat ini banyak manusia yang boros air, terutama air bersih. Saat musim kemarau banyak daerah yang mengalami kekeringan sehingga mereka harus membeli air bersih. Sungguh sangat miris sekali. Oleh sebab itulah mulai dari sekarang ini, manusia harus hemat air dan menjaga agar ketersediaan air tetap ada.

Mungkin kita semua sudah tahu bagaimana wujud air yang cair, namun tahukah anda semua apakah pengertian air itu ?. Air adalah senyawa yang begitu penting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Air adalah substansi dari kimia dimana perumusannya adalah H2O. Yang unik dari air ini adalah air menjadi kebutuhan primer bagi manusia dan makhluk hidup di muka bumi namun air tidak menjadi kebutuhan primer di planet lainnya. Saat ini air menutupi sebanyk 71 persen permukaan yang ada di muka bumi. Sedikitnya ada 1,4 triliun meter kubik air di atas muka bumi ini.

Kebutuhan Air per Hari

Manusia membutuhkan H2O setiap harinya, begitupula dengan makhluk hidup. Jika makhluk hidup tidak mengkonsumsi cukup air akibatnya adalah makhluk hidup akan mengalami hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan. Setiap harinya manusia membutuhkan sebanyak 2 liter air minum, tidak kurang dan juga tidak lebih. H2O minum yang baik untuk manusia adalah air putih yang tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Manusia juga sebaiknya membatasi konsumsi air minum yang berwarna, berasa dan berbau sebab terlalu banyak mengkonsumsi H2O dengan kondisi seperti itu bisa menyebabkan terkena diabetes. ( Baca : Ciri ciri diabetes kering dan basahMakanan untuk gula darah tinggi )

Khusus untuk orang yang memiliiki aktifitas padat dan mengeluarkan banyak keringat bisa mengkonsumsi lebih dari 2 liter per hari. Hal itu dikarenakan orang yang memiliki aktifitas yang padat mengeluarkan keringat yang berlebihan. Dia membutuhkan air yang cukup untuk menggantikan air yang disekresikan melalui keringat.

Fungsi Air

Tahukah anda, apa fungsi H2O secara umum?. Berikut ini adalah fungsi dan manfaat H2O secara umum bagi kehidupan manusia :

  1. Keperluan Rumah Tangga

Fungsi H2O yang pertama adalah digunakan untuk melakukan keperluan rumah tangga. Seperti yang sudah kita ketahui bawa semua keperluan rumah tangga membutuhkan H2O mulai dari minum, memasak, mandi, cuci baju dan berbagai macam keperluan rumah tangga lainnya.

  1. Keperluan Umum

Keperluan masyarakat umum pun juga banyak yang membutuhkan H2O, contohnya saja adalah untuk membersihkan jalan dan untuk membersihkan pasar, mengangkut H2O limbah, untuk menghias taman kota, untuk sarana rekerasi, pengH2Oan dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Keperluan Industri

H2O juga sangat bermanfaat untuk keperluan industri. H2O banyak digunakan di pabrik dan di tempat yang digunakan sebaai pembngkit tenaga listrik.

  1. Perdagangan

H2O sangat bermanfaat untuk keperluan perdagangan. Semua bangunan perdagangan dan kegiatan perdagangan banyak membutuhkan H2O misalnya saja adalah di hotel, di restoran dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pertanian dan Peternakan

H2O berfungsi untuk kegiatan pertanian dan juga peternakan. Lihat saja untuk mengH2Oi area persawahan petani membutuhkan H2O yang cukup agar padinya tidak kekeringan. Untuk peternakan, peternak membutuhkan H2O untuk memberikan makan dan minum terna-ternak mereka. H2O juga banyak digunakan untuk membersihkkan hewan ternak mereka.


  1. Pelayaran

H2O juga sangat berfungsi dalam kegiatan pelayaran laut maupun sungai.

Efek Kekurangan Air Putih

Ada banyak sekali efek berbahaya yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan air putih. Mungkin banyak orang yang menyepelekan efek ini, sehingga mereka membiarkan diri mereka dehidrasi. Tubuh harus tetap dalam keadaan terhidasi agar mendpatkan kesehatan yang prima. Berikut ini adalah bahaya kekurangan air putih yang harus diwaspadai :

  1. Menyebabkan Pusing dan Mata Kunag-kunang

Salah satu efek seseorang yang kekurangan air putih adalah dia akan mudah sekali merasakan pusing. Hal tersebut merupakan efek ringan dari kurang mengkonsumsi H2O putih. Orang yang kekurangan air putih bisa terkena pusing sebab H2O yang ada di dalam tubuhnya akan membawa oksigen bersama darah menuju ke otak. Jika kekurangan H2O maka darah dan oksigen akan lambat menuju ke otak. Otak akan memberikan sinyal berupa rasa pusing dan mata yang berkunang-kunang.

Baca : Mata kunang-kunang kepala pusingKepala sering terasa berat

  1. Menyebabkan Darah Kental

Tahukah anda apa itu darah kental?, ya darah kental tidak hanya dialami oleh orang yang mengalami pengentalan darah saja namun bisa dialami oleh orang yang  tubuhnya terkena dehidrasi. Memang mengejutkan, terlebih lagi darah kental ini tidak boleh disepelekan. Jika disepelekan dan tidak segera diatas berbagai macam gangguan kesehatan akan muncul.

Komponen darah didominasi oleh H2O sehingga darah bersifat cair, jika darah tidak didominasi oleh H2O akibatnya adalah darah akan menjadi kental dan sulit untuk dialirkan. Hal tersebutlah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca : Cara mengatasi darah kentalBahaya darah kental

  1. Kerusakan Organ

Hal selanjutnya yang bisa terjadi pada orang yang terkena dehidrasi adalah orang tersebut akan mudah sekali terkena kerusakan organ. Alasanya adalah semua organ membutuhkan darah yang besifat cair untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika darah menjadi kental, maka darah itu akan sulit sekali mengalir bahkan bisa merusak pembuluh darah yang ada di organ tersebut. Jika pembuluh darah pecah dan rusak maka bisa memicu timbulnya pendarahan internal di dalam tubuh manusia.

  1. Cepat Lelah

Efek ringan akibat tubuh dehidrasi adalah akan mudah merasakan lelah. Orang yang kekurangan cairan akan mudah sekali lelah meskipun dia tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal itu disebabkan karena aliran oksigen menuju ke otak menjadi lambat sehingga lelah akan muncul. H2O yang ada di dalam tubuh manusia adalah pembawa oksigen dan darah. Jika H2O yang untuk membawa oksigen dan darah tidak mencukupi maka darah dan oksigen yang menuju ke otak pun menjadi tidak tercukupi.

Baca : Cepat lelah dan jantung berdebar

  1. Memiliki Mulut Kering dan Bibir Pecah-pecah

Salah satu hal yang menjadi efek kekurangan H2O adalah bisa menjadikan tubuh manusia mengalami mulut kering dan juga bibir pecah-pecah. H2O yang masuk ke dalam tubuh manusia berperan penting dalam sekresi saliva atau H2O ludah. Jika sekresi saliva berkurang maka mulut dan bibir menjadi kering bahkan bisa pecah-pecah. Hal itu tentunya bisa menjadikan penampilan menjadi terganggu terutama bagi wanita.

Baca : Penyebab mulut terasa kering dan pahitJenis-jenis penyakit gigi dan mulut

  1. Nafas Bau

Efek kekurangan air mineral lainnya adalah bisa menyebabkan nafas bau. Saat seseorang mengalami dehidrasi maka produksi air liur menjadi berkurang. Jika berkurang bisa menyebabkan seseorang mengalami nafas bau atau bau mulut. Contohnya saja pada orang yang melakukan puasa. Seharian penuh dia tidak memasukkan makanan ataupun minuman ke dalam tubuhnya. Akibatnya produksi air liur mejadi berkurang. Hal itulah yang nantinya bisa menyebabkan nafas orang yang puasa cednderung berbau.

Baca : Cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai dan jengkolCara mencegah bau mulut

  1. Darah Tinggi

Efek kekurangan air putih lainnya yang harus diwaspadai adalah munculnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Alasannya adalah saat seseorang membiarkan tubuhnya mengalami dehidrasi, darah akan menjadi kental. Saat darah kental, tubuh akan meningkatkan tekanananya agar darah bisa melewati pembuluh darah dan mengalir ke seluruh tubuh. Hal itulah yang menjadi penyebab seseroang mengalami tekana darah tinggi.

Baca : Cara menurunkan darah tinggiCara mencegah darah tinggi

  1. Alergi Kambuh

Orang yang mengalami dehidrasi akan mengalami alergi yang kambuh. Salah satu gejala alergi yang kambuh bisa ditandai dengan munculnya asma dan sesak nafas. Saat tubuh kekurangan cairan, saluran pernafasan akan menyempit. Saat saluran nafas menyempit saat itulah sesak nafas pada orang yang alergi dingin akan muncul.

  1. Kulit Kering dan Penyakit Kulit

Salah satu rahasia kecantikan alami bagi wanita adalah mengkonsumsi cukup H2O putih. Hal itu dikarenakan air putih yang masuk ke dalam tubuh wanita bisa melembabkan kulit dan tubuh sehingga kulit tidak akan mudah kusam. Tidak hanya itu saja, dehidrasi juga bisa membuat seseorang terkena penyakit kulit sebab H2O bisa menjadi minuman detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan dikeluarkan melalui keringat. Jika manusia tidak mengkonsumsi H2O akibatnya adalah racun tersbeut justru akan mengendap di dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit kulit.

  1. Sembelit

Jika anda sering merasakan BAB bisa jadi penyebabnya adalah anda kurang minum H2O putih. Oleh sebab itu jika anda kesultan BAB usahakan untuk mengkonsumsi cukup cairan agar fesesnya menjadi tidak keras.

Baca : Cara mengatasi sembelitMakanan penyebab sembelit

  1. Gangguan Ginjal

Mungkin anda sudah pernah dengar jika orang yang minum air putihnya sedikit bisa menyebabkan penyakit ginjal?, ya hal tersebut memang benar sekali sebab saat dehidrasi racun akan terkumpul dan limbah asam di racun tersebut bisa mencipakan ingkungan untuk perkembangan virus dan bakteri di dalam ginjal manusia. Ginjal pun akan menjadi terganggu dengan kehadiran bakteri dan virus yang ada di dalam tubuhnya.

  1. Obesitas

Terapi H2O juga bisa digunakan sebagai pelangsing badan. Banyak orang yang meragukan statement tersebut. Namun kenyataannya memang benar, orang yang kekurangan ar putih cenderung gemuk dan rentan terkena obesitas. Alasannya adalah cairan yang ada di dalam tubuh bisa menghancurkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, H2O pun bisa digunakan sebagai pemecah energi bagi makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu snagat dianjurkan sekali sehabis makan harus mengonsumsi H2O dan jangan mengkonsumsi es. Air putih bisa memecahkan nutrisi makanan yang baru saja anda makan sehingga nutirisi tiu bisa terserap tubuh secara cepat.

Jangan pernah menganggap remeh bahaya obesitas seba obesitas digadang-gaang sebagai penyebab berbagai macam penyakit krons seperti diabetes ata kencing manis, liver, jantung dan juga stroke.

Baca : Bahaya obesitasPenyebab obesitas

Efek Kelebihan Air Putih

Banyak orang yang salah kaprah. Mengingat banyak sekali manfaat H2O untuk kesehatan dan kecantikan, banyak orang yang mengkonsumsi H2O di luar batas takaran normal. Padahal hal seperti itu tidak bagus untuk kesehatan. Jangan pernah berebihan dalam mengkonsumsi sesuatu sebab sesuatu yang berlebihan pun sangatlah tidak bagus. Berikut ini adalah efek kelebihan H2O yang harus diwasadai bagi kita semua :

  1. Gagal Ginjal

H2O memang bagus untuk kesehatan ginjal jika tidak berlebihan namun jika sesuatu yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. H2O sebanyak 2 liter bagus dikonsumsi bagi orang yang belum terkena panyakit ginjal, sedangkan untuk orang yang sudah sakit ginjal, banyak minum H2O justru membahayakan kesehatan ginjalnya. Bayangkan saja, ginjal yang sudah sakit diharuskan untuk menyaring dan memproses H2O yang masuk ke dalam tubuh kita dalam jumlah yang banyak kemudian dikeluarkan melalui saluran kemih. Jika hal tiu terjaid terus menerus bukan tidak mungkin penyakit gagal ginjal semakin dekat menghampiri.

Baca : Cara mengobati gagal ginjalCiri ciri gagal ginjal

  1. Menyebabkan Kembung

Akibat berlebihan minum H2O bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Hal itu dkarenakan cairan yang berlebihan masuk ke dalam perut dan mendesak lambung. Orang yang kembung bisa mendengarkan ada suara cairan di dalam perutnya. Jika sudah kembung rang tersebut akan merasakan ketidaknyamanan di dalam perutnya. Orang yang kembung pun akan merasakan mual sebab posisi lambung tertekan oleh cairan yang berlebihan memenuhi rongga perut manusia.

Baca : Cara mencegah masuk angin dan perut kembungPenyebab perut kembung

  1. Volume Darah Meningkat

Efek buruk akibat mengkonsumsi H2O yang terlalu banyak lainnya adalah bisa menyebabkan volume darah menjadi meningkat. Saat volume darah meningkat dampak yang bisa terjadi pada manusia adalah sistem pembuluh darah akan menjadi tertutup. Pembuluh darah yang tertutup bisa meningatkan kinerja jantung sehingga jantung akan semakin terbebani.

  1. Hiponatraemia

Kondisi fatal bagi orang yang mengkonsumsi banyak H2O adalah bisa terkena hiponatraemia. Mungkin banyak orang yang belum tahu apa hiponatraemia tersebut. Hiponatraemia adalah kondisi yang bisa terjadi saat tubuh kekurangan kadar natrium atau biasa yang disebut dengan kadar garam. Natrium sendiri merupakan elektrolit yang bisa digunakan untuk pengaturan kadar H2O yang ada di dalam tubuh manusia. Terlalu banyak mengkonsumsi H2O bisa menyebabkan kadar garam atau natrium yang ada di dalam tubuh manusia menjadi encer. Saat hal itu terjadi akibatnya adalah kadar cairan yang ada di dalam tubuh menjadi meningkat dan sel yang ada di dalam tubuh justru mengalami pembengkakan. Jika sel tubuh membengkak yang bisa terjadi selanjutnya adalah sel menjadi sulit dalam mengembang.

Sel yang ada di otak terkurung di dalam tulang tengkorak yang keras sehingga tidak bisa mengembang seperti sel tubuh di bagian lain. Sel yang membengkak di bagian otak bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang lain. Contoh gejala orang yang mengalami hiponatraemia adalah orang tersebut mudah mengantuk meski sudah memiiki jam tidur yang cukup.

  1. Keracunan H2O

Akibat mengkonsumsi H2O yang berlebihan selanjutnya adalah menyebabkan terkena keracunan H2O. Keracunan H2O ini disebut juga dengan hiper hidrasi. Hiper hidrasi adalah gangguan yang potensial di fungsi otak ketika keseimbangan cairan terganggu. Keseimbangan cH2Oan yang terganggu ini disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi H2O. Kasus keracunan H2O ini dialami oleh Jennifer Strange. Kondisi keracunan H2O memang cukup langka namun bukan berarti tidak bisa terjadi. Kasus yang menimpa Jennifer membuat kita menyadari bahwa konsumsi H2O yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Jennifer yang mengkonsumsi H2O berlebihan mengalami koma kemudian dia mengalami kematian mendadak akibat sel yang ada di otaknya mengalami pembengkakan. Orang yang beresiko tinggi untuk mengalam kasus keracunan H2O adalah atlet yang melakukan lomba lari marathon. Kebanyakan atlet kebanyakan mengkonsumsi H2O selama latihan atau saat perlombaan.

Baca : Ciri ciri keracunan kalium sianidaPertolongan pertama keracunan makanan

  1. Komposisi Darah Berubah

Hal yang bisa terjadi selanjutnya saat seseorang mengkonsumsi H2O terlalu banyak adalah dia akan mengalami perubahan komposisi darah. Misalnya saja adalah seseorang yang kurang mengkonsumsi H2O dia akan memiliki darah yang kental sedangkan orang yang mengkonsumsi H2O kebanyakan dia akan memiiki darah yang terlalu cair. Jika hal itu terjadi maka komposisi darah menjadi berubah. Agar bisa bermanfaat bagi fungsi organ ada baiknya darah jangan terlalu kental dan darah jangan terlalu cair.

  1. Peredaran Darah Terganggu

Saat komposisi darah berubah akibatnya adalah peredaran darah menjadi terganggu. Oleh sebab itu agar kesehatan peredaran darah erjaga sebaiknya menjaga komposisi darah agar tidak terlalu kental atau tidak terlalu cair

  1. Pingsan

Akibat mengkonsumsi H2O terlalu banyak adalah orang akan mengalami pingsan. Pingsan merupakan dampak akibat sel yang ada di otak mengalami pembengkakan. Tidak hanya itu saja, kejang-kejang pun bisa dialami oleh orang yang mengkonsumsi H2O terlalu banyak dan berlebihan dari takaran yang selanjutnya.

Baca : Cara menangani orang pingsanPetolongan pertama pada orang pingsan

  1. Kematian Mendadak

Dampak terburuk dari mengkonsumsi H2O yang berlebihan adalah akan mengalami kematian. Kematian adalah resiko terburuk dari orang yang mengkonsumsi H2O terlalu banyak. Kematian juga dampak terburuk akibat sel yang ada di otak mengalami pembengkakan.

Baca : Makanan yang dapat menyebakan kematian mendadakPenyebab kematian mendadak

Sumber Makanan dan Minuman Mengandung Air

Agar bisa menjaga kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh kita ada baiknya kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak H2O. Makanan dan minuman yang menjadi sumber H2O ini banyak kita temui di sekitar kita. Berikut ini adalah sumber makanan dan minuman yang bisa mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh kita :

  1. Ketimun, mengandung ari sebanyak 97 persen.
  2. Lobak memiliki kandungan H2O sebanyak 95 persen.
  3. Seledri mengandung H2O sebanyak 5 persen.
  4. Semangka mengandung H2O sebanyak 91 persen.
  5. Brokoli mengandung H2O sebanya 89 persen.
  6. Peach mengandung H2O sebanyak 89 persen.
  7. Yoghurt mengandung H2O sebanyak 88 persen.
  8. Wortel mengandung H2O sebanyak 88 persen.
  9. Plum mengandung H2O sebanyak 87 persen.
  10. Apel mengandung H2O sebanyak 86 persen.
  11. Melon
  12. Blewah
  13. Jeruk
  14. Selada dengan kandungan H2O sebanyak 95 persen.
  15. Saus tomat mengadung H2O sebanyak 5 persen.
  16. Sup ayam memiliki kandungan H2O sebanyak 0 persen dalam setiap 840 miligramnya.
  17. Terong memiliki kandungan H2O yang banyak yaitu sebanyak 85 persen.
  18. Saus apel.
  19. Zucchini
  20. Jus
  21. Paprika memiliki kandungan H2O sebanyak 92 persen.
  22. Nanas mengandung H2O yang tinggi yaitu sebanyak 95 persen.
  23. Mangga merupakan buah yang mengandung H2O sebanyak 90 persen.
  24. Stroberi memiliki kandungan H2O sekitar 85 persen.
  25. Buah berry memiiki kandungan H2O yang lumayan banyak yaitu sekitar 80 persen.
  26. Bayam mengandung kandungan H2O sebanyak 90 persen.
  27. Buah anggur memiliki kandungan H2O sebanyak 95 persen.
  28. Tomat mengandung H2O sebanyak 95 persen.
  29. Kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan kaya akan H2O sekitar 90 persen.

Tips Mengkonsumsi Air Putih yang Benar

Meskipun sepele, namun ada orang yang salah saat mengkonsumsi H2O. Kita semua harus tahu bagaimana caranya mengonsumsi H2O yang baik dan benar. Berikut ini adalah tips mengkonsumsi H2O yang benar :

  1. Mengkonsumsi dengan Batas yang Normal

Cara pertama yang harus anda perhatikan ketika mengkonsumsi H2O putih adalah dengan batas yang normal yaitu sebanyak dua liter dalam per hari. Jika anda adalah seorang atlet, kebutuhan akan H2O lebih banyak namun usahakan agar tetap seimbang jangan sampai berlebihan.

Baca : ThiaminVitamin B6

  1. Menyesuaikan Berat Badan

Selama ini orang tahu jika batas normal mengkonsumsi H2O sebanyak dua liter dalam sehari. Namun dalam dunia medis mengharuskan mengkonsumsi H2O berdasarkan dengan berat badan. Bagi orang yang kurus mengkonsumsi H2O tidak lebih dari 1,5 liter per harinya, namun untuk orang yang gemuk pengonsumsian H2O harus lebih banyak dari itu sebab orang yang gemuk lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan orang yang kurus. Hal itulah yang membuat mengapa orang yang gemuk harus mengkonsumsi H2O yang cukup.

Baca : Penyebab berat badan turun drastisCara menambah berat badan dengan cepat

  1. Tidak Hanya AirPutih Saja

Anjuran untuk mengkonsumsi H2O sebanyak 2 liter per hari sebenarnya tidak sepenuhnya dari H2O semata. Namun anjuran itu juga termasuk alam makanan dan minuman yang mengandung kadar H2O yang tinggi. Misalnya saja adalah buah yang mengandung kadar H2O yang tinggi.

  1. Bertahap

Mengkonsumsi H2O sebaiknya secara bertahap, jangan langsung sekaligus. Misalnya saja adalah sebagai berikut ini :

  • 1 gelas sehabis bangun tidur.
  • 1 gelas sehabis sarapan.
  • 1 gelas sesudah dan sebelum makan siang.
  • 1 gelas sebelum tidur.

Itulah berbagai macam informasi mengenai air yang penting untuk kita ketahui. Meski H2O bagus untuk kesehatan namun alangkah baiknya kita semua mengkonsumsi air dalam kadar yang cukup tidak berlebihan ataupun tidak kurang. Jangan lupa diimbangi dengan pola makan dan hidup yang sehat.

, ,
Post Date: Saturday 28th, May 2016 / 13:43 Oleh :
Kategori : Mineral