Sponsors Link

18 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh

Sponsors Link

Sebagian besar dari kita pasti pernah yang namanya mengantuk di pagi hari dan seakan merasa enggan untuk memulai aktivitas dan justru ingin kembali tidur lagi. Mengantuk adalah hal yang wajar, apalagi kalau tubuh merasa letih dan lelah. Hanya saja, hal ini bisa berbahaya bagi kita ketika rasa ngantuk dialami saat sedang belajar di sekolah atau saat bekerja.

ads

Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang cukup ampuh bagi Anda. Supaya tidak merugikan diri sendiri, Anda perlu menyiasati kondisi ngantuk di pagi hari, apalagi kalau sudah sangat sering dialami. Berikut ini adalah beberapa cara yang layak dilirik dan dilakukan.

(Baca juga: penyebab sering mengantuk)

  1. Melakukan Aktivitas Pagi Favorit Anda

Tak ada salahnya untuk melakukan aktivitas yang kiranya Anda gemari di pagi hari, misalnya berjalan di sekeliling rumah, menonton televisi sejenak, atau berolahraga ringan supaya tidak mudah dikuasai rasa ngantuk. Dengan cara-cara tersebut, biasanya gairah akan muncul secara perlahan sehingga rasa malas pun akan tersingkir.

  1. Mematikan Lampu sebelum Tidur

Setiap sebelum tidur, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mematikan lampu karena cahaya lampu yang sangat terang bisa mengganggu tidur. Tak hanya itu, cahaya lampu yang terlalu terang bakal membuat kinerja mata lebih keras sehingga akan lebih susah tidur. Untuk intensitasi cahaya yang lebih rendah, Anda bisa coba menggunakan lampu tidur saja.

  1. Menjauhkan Diri dari Alat Elektronik sebelum Tidur

Sebelum tidur, ada baiknya juga untuk menghindari yang namanya alat-alat elektronik, terutama ponsel dan komputer. Bahkan TV dan alat lainnya yang beradiasi tinggi sebaiknya dihindari. Ini karena alat-alat elektronik tersebut mampu memicu rasa cepat lelah pada tubuh kita.

Bagi yang tengah kecanduan memakai smartphone, sebaiknya batasi penggunaan di mana sebelum tidur Anda sudah mematikannya dan menjauhkannya dari posisi Anda tidur. Ini karena radiasi smartphone dapat menjadi penyebab kualitas tidur yang berkurang. Selain pilihan mematikannya, Anda bisa mengaturnya pada airplane mode saja.

(Baca juga: penyebab sering mengantuk dan lemas)

  1. Mengatur Kualitas Tidur Malam

Pastikan Anda mendapatkan tidur cukup di malam hari agar di pagi hari rasa ngantuk tidak timbul. Tidur yang paling berkualitas adalah 7-9 jam per harinya, jadi kalau terlalu sering kurang tidur maka tentu pagi saat bangun akan merasa lebih gampang ngantuk. Pastikan juga menghindari begadang yang bisa mengurangi durasi tidur seharusnya.

  1. Menghindari Tidur Siang

Ada sebagian orang yang tak masalah dengan tidur siang di mana malam harinya bisa tetap tidur seperti biasa. Namun ada beberapa orang yang jika tidur siang, maka malam harinya bakal mengalami sulit tidur. Supaya bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan pagi tak merasa ngantuk terus, hindari tidur siang sebisa mungkin.

  1. Minum Air Putih setiap Bangun Tidur

Supaya menghilangkan ngantuk di pagi hari, Anda perlu juga mencoba membiasakan diri minum air putih segelas setiap bangun tidur. Semalaman sewaktu kita tidur, cairan tubuh pada dasarnya bakal terkuras dan untuk mengembalikan kadarnya lagi, maka Anda butuh minum air putih. Air putih dingin lebih dianjurkan sebab memang jauh lebih ampuh dalam menyegarkan tubuh ketimbang minum air hangat. Tapi kalaupun Anda merasa lebih nyaman dengan air hangat pun tak masalah jika meminum 1 gelas setiap pagi.

(Baca juga: ngantuk setelah makan pagi dan siang)

  1. Menahan Napas

Supaya tak mudah mengantuk di pagi hari, Anda bisa mencoba untuk menarik napas dalam-dalam dari hidung, tahan selama beberapa detik sesuai dengan kemampuan Anda, barulah hembuskan melalui mulut. Saat mengeluarkan napas dari mulut, lakukan secara perlahan dan jangan langsung dikeluarkan seluruhnya.

Saat bangun pagi dan kemudian beraktivitas di tempat-tempat sepi, seperti ujian di dalam kelas atau di kantor dengan ruangan yang masih sepi orang, otomatis rasa ngantuk dapat menghinggapi diri kita. Oleh karena itu, mencoba menahan napas seperti yang dianjurkan bisa sangat membantu. Ini karena dengan menahan napas kerja jantung akan dapat terpicu dengan baik di mana setelah kerjanya meningkat dan penekanan terjadi, rasa ngantuk juga dijamin jadi hilang.

Sponsors Link

  1. Meregangkan Tubuh

Saat rasa ngantuk datang di pagi hari, padahal seharusnya Anda harus memulai kegiatan, cobalah untuk melakukan peregangan. Peregangan tubuh sangat berfungsi dalam meningkatkan hormon endorfin sekaligus juga membuat aliran darah lebih lancar. Inilah yang akan membuat tubuh lebih bertenaga dan menghilangkan rasa ngantuk secara efektif.

  1. Selalu Sarapan

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari karena ketika perut terisi dengan sarapan, otomatis tubuh akan lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas. Hanya saja, jangan juga makan terlalu banyak, khususnya makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena mampu membuat kita makin ngantuk nantinya. Mengonsumsi susu, sereal, roti gandum, serta buah-buahan seperti pisang dan pepaya lebih disarankan.

(Baca juga: cara menghilangkan ngantuk saat bekerja)

  1. Berjemur

Berjemur adalah cara yang alami dan tepat memang bagi yang ingin mendapatkan asupan lebih akan vitamin D. Namun selain dapat memperoleh vitamin D tinggi, Anda juga bisa menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari dengan berjemur. Sinar matahari pagi adalah yang terbaik supaya aliran darah semakin lancar berikut juga agar tulang lebih kuat.

  1. Mandi

Supaya tidak ngantuk atau supaya ngantuk hilang di pagi hari, mandilah supaya tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Sesudah tidur beberapa jam, tubuh tentu akan terasa begitu tak bersemangat, maka mandi pagi hari adalah cara ampuh untuk menghilangkan ngantuk sekaligus meningkatkan kesegaran, terutama mandi subuh-subuh.

  1. Minum Air Lemon

Untuk menghilangkan ngantuk yang mulai datang di pagi hari, Anda bisa minum air lemon setiap pagi. Selain menghidrasi tubuh dan menghindarkan dari rasa ngantuk, tubuh juga akan terdetoksifikasi dengan air lemon sehat ini. Pastikan sebelum sarapan Anda minum air lemon 1 gelas dan di siang hari 1-2 gelas lagi.

(Baca juga: ngantuk saat olahraga)

  1. Minum Teh Hijau

Selain air lemon, teh hijau juga sangat berguna dalam menghilangkan ngantuk pagi-pagi. Ini karena teh hijau menyediakan energi plus stamina tinggi bagi tubuh Anda sehingga rasa ngantuk bisa hilang. Seduhlah 1 sendok teh daun teh hijau dan biarkan 5 menit, sesudah itu saringlah dan tambahkan madu murni sebagai pemanis sebelum dikonsumsi.

  1. Mencuci Wajah

Saat mengantuk, ada kalanya membasuh wajah adalah cara sederhana yang terbaik. Rasa ngantuk dapat hilang berkat perubahan drastis suhu tubuh setelah dibasuh pada bagian wajah. Bahkan setelah membasuh wajah, Anda dijamin akan lebih segar sekaligus fokus dalam belajar atau bekerja.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Aromaterapi

Mungkin Anda ngantuk di pagi dan siang hari di mana hal ini cukup mengganggu juga bagi kegiatan harian. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan aromaterapi supaya rasa lelah, sakit kepala, energi yang rendah dan rasa kantuk bisa hilang.

Sejumlah minyak aromaterapi bisa didapatkan dengan mudah, termasuk juga minyak peppermint dan rosemary. Cukup teteskan beberapa kali ke saputangan Anda dan hiruplah beberapa waktu sekali agar tetap segar dan jauh dari rasa ngantuk. Atau, bisa juga Anda menaruh aromaterapi di ruangan Anda supaya bisa lebih fokus dalam bekerja.

(Baca juga: penyebab tubuh letih lemah lesu)

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Bila masalah ngantuk pagi-pagi dikarenakan kurang tidur di malam hari, maka sebaiknya Anda bisa makan makanan yang mengandung omega-3 saja. Untuk menghilangkan rasa ngantuk pagi, Anda perlu cukup tidur dan untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas, Anda memerlukan makanan-makanan seperti:

  • Produk olahan kedelai.
  • Telur
  • Minyak canola
  • Selai kacang
  • Biji rami
  • Kacang kenari
  • Ikan tuna
  • Ikan makarel
  • Sarden
  • Salmon
  1. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Supaya bisa terhindar atau menghilangkan rasa ngantuk, pagi-pagi Anda juga bisa mengunyah permen karet. Tapi pastikan bahwa permen karet yang dikunyah adalah yang bebas gula agar tak memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

  1. Mendengarkan Musik Berirama Cepat

Supaya ngantuk hilang dan pagi-pagi menjadi lebih semangat, cobalah memulai hari dengan mendengarkan lagu atau musik berirama cepat dengan lirik yang bisa meningkatkan gairah. Saat pagi-pagi mendengarkan lagu yang lambat atau lagu sedih, maka kemungkinan hanya akan menurunkan semangat saja dan menjadikan Anda lebih ngantuk.

(Baca juga: makanan penyebab kantuk)

Apabila cara-cara menghilangkan ngantuk di pagi hari tersebut tidak juga mempan bagi Anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Tubuh lemas dan mudah ngantuk, apalagi ketika sudah cukup tidur bukanlah hal yang wajar dan sebaiknya diperiksakan untuk bisa diatasi sedari awal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 07th, May 2017 / 15:51 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk