Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku secara Alami

Sponsors Link

Kebiasaan menggigit kuku ternyata hampir dialami oleh mayoritas orang yang sedang stres atau gelisah. Kebiasaan ini tentunya menjadi pemandangan yang kurang nyaman bagi sebagian orang lainnya. Namun, hobi menggigit kuku yang sudah menjadi aktifitas keseharian ini ternyata tidak mudah untuk dihilangkan. Bahkan sebagian orang yang melakukannya menganggap hal ini sebagai tindakan wajar yang harus dimaklumi. Padahal, kebiasaan tersebut sejatinya tidak perlu dilakukan karena selain tidak bermanfaat juga bisa menimbulkan risiko yang lebih merugikan. (baca juga: Bahaya Menggunakan Kondom, Efek Samping KB Implan)

ads

Biasanya kebiasaan ini banyak dilakukan oleh anak-anak saat mengalami kecemasan, ketakutan atau gelisah. Sebagai orang tua, tentunya anda tidak ingin kebiasaan ini berlanjut hingga dewasa bukan? Menggigit kuku sejatinya bisa dihilangkan  dengan mudah. Namun, berbeda usia jelas berbeda penanganannya. Termasuk jika terjadi pada usia anak-anak. Untuk yang satu ini, anda orang tua harus berkonsultasi terlebih dulu secara intensif pada dokter dan anak anda, karena usia yang belum dewasa rentan terhadap kesalahan penafsiran.

Artikel Terkait: Cara Menurunkan Hormon Kortisol, Cara Mengatasi Mata Kering

Selain mendapatkan predikat “jorok” dalam hal ini menggigit kuku ternyata bisa menimbulkan berbagai dampak yang negatif untuk kesehatan orang tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa tangan merupakan sumber kuman kedua setelah mulut, kuku pun demikian. Kuku adalah tempat bersarang berbagai jenis kuman yang tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kita dan bisa-bisa menjadi penyebab jamur kuku.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kebiasaan menggigit kuku secara alami yang paling efektif untuk dicoba. Agar kebiasaan buruk ini secara perlahan dapat hilang, simak cara-cara berikut untuk dipraktikkan selanjutnya.

Baca Juga:

1. Niat Menghentikan Kebiasaan

Segala sesuatu yang ingin dilakukan tidak hanya berawal dan berakhir di mulut saja. Begitu petuah dari orang tua kita bukan? Segala harapan termasuk menghilangkan kebiasaan buruk harus disertai dengan niat yang ikhlas serta fokus menjalaninya. Kebiasaan menggigit kuku yang sudah jelas tidak positif ini harus dihilangkan dengan diawali niat pada diri sendiri secara mental untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

2. Menatap Cermin

Terapi mental bisa berlanjut pada hal berikut. Dengan menatap cermin yang menggambarkan anda tengah melakukan kebiasaan tersebut mungkin bisa bermanfaat. Anda bisa mengamati betapa kebiasaan tersebut mengganggu pemandangan dan bisa merusak citra anda secara sosial di mata rekan-rekan anda. Segala pembelaan terhadap hal ini bisa anda mentahkan karena sesungguhnya anda memang tengah menatap cermin dengan pemandangan tidak menyenangkan saat menggigit kuku.

Artikel Terkait: Gejala Migrain, Minuman Penurun Gula Darah

3. Mencari Sumber Masalah

Seringkali pembelaan akan dilakukan. Alih-alih mencoba menghilangkan stres atau tengah  dilanda kecemasan tertentu, anda meminta dimaklumi dengan kebiasaan anda tersebut. Padahal fakta mengharuskan anda untuk mencari solusi. Bukan diam sembari menghabiskan kuku anda sementara permasalahan atau kecemasan anda tidak segera teratasi. Oleh sebab itu, mengidentifikasi permasalahan atau sebab terlebih dulu sangat penting sehingga anda bisa menentukan bahwa menggigit kuku bukan menyediakan solusi bagi masalah anda. (baca juga: Efek Samping Kunyit , Penyembuhan Toxoplasma)

4. Mengonsumsi Permen Karet

Mulut atau gigi yang sibuk bisa mengalihkan perhatian anda untuk memasukan jari dan menggigit kuku anda. Anda bisa mengonsumsi permen karet sehingga tidak akan ada waktu luang yang memungkinkan anda memilih menghabiskan kuku dibanding permen karet yang lebih enak tentunya. Permen karet selain sebagai penghilang stres ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara alami untuk senam wajah. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh bagi tingkat kecemasan yang anda alami saat ingin menggigit kuku.

Sponsors Link

Baca Juga:

5. Memangkas Habis Kuku

Cara yang paling tepat untuk menghilangkan kebiasaan buruk anda menggigit kuku adalah dengan memotong habis kuku hingga batas yang wajar. Dengan begitu tidak ada lagi bagian kuku yang bisa anda gelitik dan membuat anda penasaran untuk menggigitnya.

6. Cat Kuku

Cat kuku bisa dimanfaatkan selain sebagai penghias kuku anda agar tampil cantik. Bagi anda yang hobi menggigit kuku tanpa manfaat, sebaiknya menggunakan trik menempelkan cat kuku pada jari tangan anda. Dengan cara tersebut maka mulut anda pasti enggan bersentuhan dengan kuku karena rasa pahit yang ada pada cat kuku.

Artikel Terkait: Gejala Kelebihan Sel Darah Putih, Terapi Sakit Jiwa

7. Lotion Tangan

Lotion tangan bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan kebiasaan menggigit kuku. Rasa lotion yang pahit serta wanginya yang menyengat akan mengurungkan niat anda saat ingin memasukan kuku ke dalam mulut, sehingga dengan perlahan kebiasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

8. Memakai Karet Gelang

Salah satu cara lain adalah dengan menggunakan karet gelang. Seperti lotion atau cat kuku, karet gelang diharapkan bisa menghentikan niat untuk menggigit kuku karena rasa pahitnya yang bisa menyebar bahkan ke area tangan anda secara menyeluruh.

Artikel Lainnya: Cara Mengusir Kutu Beras , Efek Samping Sering Minum Obat

Sponsors Link

9. Alihkan Perhatian

Mengalihkan perhatian saat anda ingin mengulangi kebiasaan menggigit kuku tersebut bisa dilakukan dengan cara seperti memakan camilan atau apa saja yang bisa membantu menghilangkan kecemasan anda. Faktor stres atau gelisah juga bisa diatasi dengan mendengarkan musik atau mengajak orang sekitar berbicara agar perhatian kita tidak pada kebiasaan tersebut.

10. Mempercantik Kuku

Tampilan kuku yang dirawat dengan bersih dan cantik akan mengurungkan sebagian besar niat anda untuk menggigitnya. Oleh sebab itu, saat memiliki waktu luang usahakan kuku selalu tampil cantik, sehingga secara otomatis anda bisa enggan untuk menghabiskannya hanya karena faktor stres (bagi wanita)

Baca Juga:

Secara umum kebiasaan menggigit kuku adalah kebiasaan buruk yang tidak bermanfaat. Terlebiih lagi jika dinilai secara medis, berbagai akibat fatal bagi kesehatan akan muncul karena kebiasaan tersebut. Sebagai contoh diantaranya adalah:

  • Bisa mengakibatkan ruam kemerahan pada jari, bahkan saat sudah mulai mengeluarkan darah maka bisa berlanjut pada infeksi di mana ini juga menjadi tanda dari kuku tangan sering bernanah nantinya.
  • Kuku adalah sarang kuman, jika anda melanjutkan kebiasaan ini maka akan berakibat bagi kesehatan anda khususnya saluran pencernaan.
  • Kuman yang masuk kedalam tubuh melalui interaksi kuku dengan mulut akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga kita lebih mudah terserang penyakit.
  • Infeksi pada kulit disekitar area kuku bisa menjadi akibat awal saat anda memutuskan untuk memotong kuku menggunakan gigi, bukan alat pemotong kuku.
  • Penelitian juga menunjukan bahwa memotong kuku menggunakan gigi akan berakibat rusaknya email gigi.

Artikel Terkait: Obat Tradisional Alergi Telur , Cara Membesarkan Otot Kaki

Demikian artikel informatif tentang cara menghilangkan kebiasaan menggigit kuku yang bisa anda praktikkan. Kiranya juga Anda selalu rajin dalam melakukan cara menjaga kesehatan kuku dengan baik dan benar agar kuku selalu terawat dan tampak indah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 14th, May 2017 / 16:30 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk