Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Paling Berhasil

ads

Cara mengatasi kecanduan rokok banyak dicari oleh orang orang yang menjadi perokok aktif. Orang yang telah lama merokok dan bergantung pada rokok banyak yang sadar dan ingin mengubah pola hidup mereka. Semakin banyaknya iklan dan aksi tanpa rokok membuat masyarakat Indonesia sadar bahwa rokok merugikan kesehatan. Yang namanya candu tentu susah untuk dihilangkan, namun bukan berarti anda tidak bisa terbebas dari candu tersebut. Sama halnya dengan narkoba, rokok pun menjadi candu yang menggiurkan yang bisa menggoyahkan keinginan anda untuk bisa terbebas dari rokok tersebut. ( Baca : Cara megatasi kecanduan narkobaCara meghindari narkobaJenis jenis narkoba )

Bagi anda yang ingin mengatasi kecanduan rokok jangan khawatir, karena kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi kecanduan rokok yang efektif, efisien dan terbukti berhasil mengatasi orang orang yang telah kecanduan rokok. Berikut ini adalah cara mengatasi kecnduan roko yang layak untuk anda coba :

  1. Kuatkan Niat dan Tekat

Hal pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kecanduan rokok adalah dengan menguatkan niat dan tekat. Semua hal yang akan dilakukan sangat penting untuk dilandasi dengan niat. Tanpa niat dan tekat yang bulat, keinginan anda bisa goyah kapan saja dan anda bisa melupakan keinginan anda untuk mengatasi kecanduan rokok tersebut. Ketika tekat dan keinginan anda sudah bulat, akan menjadi lebih mudah untuk melakukan beberapa cara berikutnya sebab hati dan pikiran anda telah terbuka sehingga bisa melakukan cara cara tersebut dengan mudah.  Berbeda halnya dengan mereka yang tidak memiliki niat dan tekat yang kuat, untuk melangkah maju ke depan dan melakukan berbagai macam cara mengatasi kencanduan rokok langkahnya akan terasa berat. Langkahnya pun bisa goyah kapan saja.

Baca : Bahaya merokok di ruang ber ACPenyebab anak anak merokok

  1. Bentuk Komitmen

Langkah selanjutnya yang bisa membuat anda berhenti dari merokok adalah anda harus membentuk komitmen anda. Yang namanya komitmen ini harus anda pegang selama anda melakukan berbagai macam cara mengatasi kecanduan rokok tersebut. Komitmen tersebut akan semakin menguatkan langkah anda dalam melakukan berbagai macam cara mengatasi kecanduan rokok. Jika anda tidak memiliki komitmen, anda bisa goyah dan kembali lagi merokok. Contoh komitmen yang bisa anda bentuk dan buat adalah “Anda harus bisa berhasil berhenti merokok dan mengehnetikan kecnduan rokok”. Saat anda akan goyah dengan godaan yang ada di sekitar anda, ingat kembali komitmen anda dan ingat kembali niat anda tersebut apa.

Baca : Bahaya suami perokokBahaya merokok bagi alat pernafasan

  1. Mencari Lingkungan Pergaulan yang Tepat

Salah satu cara yang bisa menghentikan anda dari kecanduaan rokok adalah anda harus bisa mencari lingkungan pergaulan yang tepat. Lingkungan pergaulan adalah menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya anda dalam mengatasi kecanduan anda tentang rokok. Orang yang kecanduan rokok sebaiknya meghindari pergaulan dari rekannya yang sama sama merokok. Alasannya adalah berada di lingkup orang perokok akan membuat anda mudah goyah dan ingin bergabung bersama mereka, terlebih lagi teman anda nantinya akan mengajak anda untuk merokok kembali.

Sponsors Link

Oleh sebab itulah anda harus mulai mencari lingkungan pergaulan yang tepat dan kondusif. Carilah teman yang tidak merokok, anda bisa mengambil sisi positif dari mereka dan berusaha untuk meniru gya hidup mereka yang tidak merokok.

Baca : Bahaya rokok terhadap otakBahaya rokok bagi jantung

  1. Cari Kegiatan Positif

Setelah anda menemukan teman yang memiliki energi positif karena tidak merokok, anda bisa mulai dengan mencari kegiatan positif. Saat ini banyak sekali kampanye anti rokok. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang menyerukan tentang bahaya dari merokok. Selain bisa mengisi waktu anda lebih bermanfaat, di dalam komunitas tersebut anda akan dikelilingi oleh energi positif. Selain itu anda akan memiliki banyak teman dengan misi yang sama yaitu menghentikan kegiatan merokok atau kecanduan rokok. Dalam komunitas itu anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan semakin mengenal bahaya akan rokok. Ikut dalam komunitas anti rokok akan semakin membuat langkah anda untuk berhenti merokok semakin ringan sebab anda tidak sendiri, di sekeliling anda ada banyak teman teman yang memiliki visi misi sama dan tentunya mereka memiliki niat seperti anda yaitu ingin berhenti merokok.

  1. Simpan Bahaya Merokok Di Tempat yang Terlihat

Untuk mengatasi kecanduan rokok anda bisa mencari berbagai amcam baaya tentang rokok yang ada di kemasan belakang rokok di empat yang mudan untuk anda lihat. Anda bisa meletakkannya di dalam dompet anda. Dalam dompet, anda bisa meletakknya khusus di bagian khusus foto. Anda juga bisa meletakkan gambar akan bahaya merokok tersebut di lemari kaca anda. Sehingga ketika anda melihatnya, anda sellau ingat bahaya akan meorkok tersebut. Ketika anda ingin kembali merokok, buka gambar tersebut dan ingatlah bahaya yang akan mengancam anda ketika anda kembali mencicipi rokok. Yang harus diinat disini adlaha anda harus meletakkan gambar tersebut ke bagian yang mudah terlihat, jangan menyelipkannya di bagian atau di tempat yang tidak mudah terlihat.

Baca : Bahaya tembakau rokokCara mencegah anak agar tidak merokok

  1. Temukan Fakta Tentang Bahaya Rokok

Untuk mengatasi kecanduan rokok, anda bisa menemukan fakta tentang bahaya merokok. Bagaimana caranya?, berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan berbagai macam fakta tentang rokok yang berbahaya bagi kesehatan :

  • Pergi ke rumah sakit khusus kanker. Anda bisa menemui pasien rumah sakit khusus kanker yang mengidap penyakit kanker paru-paru. Dari tahun ke tahun pasien pengidap kanker paru paru ini semakin meningkat sehingga anda perlu melakukan observasi kepada pasien yang mengalami kanker paru paru tersebut. Berapa lama dia berteman dengan rokok, berapa banyak rokok yang sudah masuk ke dalam tubuhnya serta efek apa saja yang dirasakannya setelah mengidap penyakit kanker paru paru tersebut. Darinya anda bisa memetik pelajaran bahwa hidup tidak boleh disia-siakan, hidup tidak boleh dirugikan hanya dengan merokok. Nikmat sehat dari tuhan tidak boleh disia-siakan, sebab hidup anda lebih beruntung dibandingkan dengan mereka yang telah mengalami efek dari merokok tersebut..
  • Rumah sakit khusus paru-paru. Di Indonesia ada beberapa rumahsakit spesialis paru-paru dimana rumah sakit tersebut berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah fungsi paru paru. Anda bisa menemukan pasien yang fungsgi paru parunya terganggu akibat merokok tersebut. Anda bisa memetik hikmah dan mengambil pelajaran dari pasien pasien yang ada di sana. ( Baca : Makanan sehat untuk paru paruBahaya merokok bagi kesehatan )
sponsored links
  • Membuka wawasan. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke rumah sakit, anda bisa membuka inernet dan mencari tahu siapa saja yang telah menjadi korban rokok. Dari sana wawasan anda menjadi terbuka dan hati anda menjadi terbuka untuk tidak menyentuh rokok kembali. Sebagai salah satu contoh korban keganasan rokok adalah pemuda bernama “Robby Indra Wahyuda”. Anda bisa memetik hikmah dari apa yang dia alami sehingga anda akan enggan untuk menyentuh rokok kembali. ( Baca : Bahaya menelan asap rokokCara memebersihkan paru paru dari nikotin rokok )
  1. Mengurangi Batang Rokok

Jika memang anda tidak bisa berhenti merokok dalam satu waktu sekaligus, anda bisa memulai dengan cara yang perlahan. Misalnya saja jika dalam sehari anda bisa menghabiskan satu bungkus rokok, hari setelahnya cobalah ada untuk mengkonsumsi setengah bungkus rokok saja. Begitupula seterusnya sampai batang rokok yang anda sulut setiap harinya jumlahnya semakin kecil bahkan tidak ada samasekali. Memang kebanyakan orang yang telah kecanduan rokok tidak bisa langsung berhenti dari merokok. Namun bukan berarti anda tidak bisa berhenti dari kecanduan rokk. Anda bisa memulainya dengan cara yng mudah dan simpel yaitu mengurangi batang rokok setiap harinya.

Baca : Bahaya tar pada rokokPenyakit akibat merokok

  1. Menentukan Target

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kecanduan rokok anda adalah dengan menentukan target. Target yang dimaksud disini adalah waktu. Anda harus menentukan waktu yang tepat, berapa lama anda harus benar benar bisa terbebas dari jeratan rokok tersebut.

Baca : Bahaya makan abu rokokCara menghindari asap rokok

  1. Hindari Kegiatan Pemancing Rokok

Ada berbagai kegiatan yang bisa memancing orang yang melakukannya menjadi merokok. Kegiatan yang bisa memancing seseorang menyulut rokok adalah minum kopi, minum alkohol, bergadang serta bercengkrama dengan teman perokok. Kegiatan tersebut sangat erat kaitannya dengan kegiatan merokok. Bisa anda bayangkan, orang yang merokok biasanya akan diselingi dengan minum kopi atau dilakukan setelah minum kopi, begitupula saat anda bergadang atau bercengkrama dengan orang yang merokok. Bau asap rokok akan membuat anda semakin tertarik untuk menyulut rokok anda kembali. Sebaiknya mulai dari sekarang ini anda menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari alkohol, menghindari bergadang, mengindari bercengkrama dengan teman yang merokok terlalu lama serta masih banyak lagi lainnya.

Baca : Akibat berhenti merokok secara tiba tibaBahaya nikotin rokok

  1. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kecanduan rokok adalah dengan minum lebih banyak air putih. Mineral dan elektrolit yang ada di dalam air ptih tersbeut sangat bermanfaat untuk menetralkan racun rokok yang ada di dalam tubuh ana. Air putih juga membuat ada tidak akan merasakan kenikmatan merokok. Sebab kandungan kimia pada rokok tidak akan nikmat jika dipadukan dengan mineral yang ada di air putih. Berbeda halya jika rokok dipadukan dengan kopi atau alkohol. Kopi dan alkohol justru akan membuat rokok yang anda konsumsi semakin terasa nikmat.

Baca : Bahaya merokok bagi remajaBahaya perokok pasifBahaya asap rokok

  1. Mencari Kesibukan Sehabis Makan

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kecanduan rokok adalah mencari kesibukan setelah makan. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan?, hal itu dikarenakan banyak orag yang sehabis makan melanjutkan aktivitasnya dengan merokok. Oleh sebab itu bagi anda yang sehabis makan tidak dianjurkan untuk merokok atau menyentuh rkok. Sehabis makan anda bisa berjalan jalan santai di jalan sekitar rumah untuk melancarkan salura pencernaan anda.

Baca : Bahaya merokok sehabis makanBahaya rokok elektrik

Itulah beberapa cara mengatasi kecanduran rokok yang bisa anda coba. Keberhasilan masing masing orang tergantung dengan niat dan tekatnya masing-masing. Memang menghentikan kecanduan rokok tidak mudah, namun akan selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha untuk berhenti merokok.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 25th, June 2016 / 16:02 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk