Sponsors Link

10 Bahaya Tidur Tanpa Alas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sponsors Link

Sering sekali rasa malas menyelimuti kita, bagi anak kost biasanya menggunakan kasur gulung, dan sering sekali setelah pulang malas untuk menggelar kasurnya sehingga lebih memilih tidur di lantai, padahal tidur di lantai tidak baik untuk kesehatan, selain itu faktor penyebab lain yang memilih tidur di lantai mungkin adalah karena cuaca, cuaca yang panas sehingga lebih memilih untuk tidur di lantai yang lumayan lebih dingin dibanding harus tidur di atas kasur, tidur di lantai selain bahaya untuk kesehatan juga tidak baik untuk kebersihan wajah, terkadang lantai yang digunakan untuk tidur itu sering kali digunakan untuk berjalan, mondar-mandir kesana kemari, sehingga lantai sudah banyak sekali kuman yang menempel disana, jika kita tidur di lantai, apalagi tanpa mengguanakan alas, maka kuman juga akan menempel pada kulit kita, hingga menyebabkan berbagai macam penyakit. ( baca : macam penyakit kulit ) Untuk lebih jelasnya akan dibahas mengenai bahaya tidur tanpa menggunakan alas. Berikut bahaya tidur tanpa menggunakan alas :

ads

1. Masuk Angin

Karena tidur di lantai sama halnya membiarkan suasana dingin itu masuk dengan cepat ke tubuh, dengan demikian akan membuat tubuh cepat masuk angin, memang pada awal nya tubuh akan menjadi nyaman ketika sedang tidur di bawah, apalagi ketika tidak mengguanakan alas, tidur di lantai dalam jangka waktu yang lama dan terlalu sering membuat tubuh harus bekerja lebih untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dari suhu kasur, mungkin ketika sudah biasa tidur di lantai tanpa alas akan merasa biasa biasa saja, namun ketahuilah bahwa organ tubuh, apalagi paru-paru tidak terlalu baik apabila terkena suhu yang terlalu dingin, hingga akan menyebabkan rasa masuk angin, dan biasanya ditandai dengan demam dan sakit kepala, jadi lebih baik jika ingin terus sehat, jangan terlalu sering tidur di lantai tanpa alas, bahkan kalau bisa dihindari.

Baca juga : Cara Mengobati Masuk Angin secara Alami tanpa Obat

2. Sinusitis

Rasa dingin yang terlalu dingin akan menyebabkan sinusitis menjadi terganggu. Biasanya sinusitis ini ditandai dengan gejala influenza seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga cairan dari hidung yang selalu keluar, seperti halnya pilek, dan lagi juga ditandai dengan bersin bersin.

Apabila sudah terserang penyakit sinusitis ini lebih baik segera diperiksakan ke dokter karena apabila tidak segera diperiksakan maka akan terjadi peradangan, dan radang pada rongga sinus ini bila terlanjur parah akan menjadi komplikasi seperti :

3. Sakit Paru-paru

Memang benar bahaya tidur tanpa alas di lantai akan menyebabkan penyakit pada paru-paru, seperti halnya sudah dijelaskan di atas tadi, bahwasanya paru-paru tidak terlalu kuat dengan suhu yang terlalu dingin, oleh sebab itu ketika Anda terlalu lama dalam kondisi dingin, paru-paru akan memberi tanda pada tubuh seperti halnya rasa sakit pada paru-paru yang menyebabkan sesak nafas dan lain sebagainya. ( baca : Cara Mengatasi Sesak Nafas secara Alami dan Cepat )

Sponsors Link

Selain dari suhu yang dingin, ternyata paru-paru dapat terserang penyakit dari beberapa faktor lain, seperti kondisi rumah yang tidak bersih. Sehingga hidung akan menghirup udara yang tidak bersih pula, seperti kuman-kuman yang ada di lantai akan ikut terhirup masuk bersama udara yang masuk ke dalam hidung dan menuju pada paru-paru, bahkan terkadang dengan menggunakan alas pun kuman juga dapat masuk dari hirupan udara, apalagi tidak menggunakan alas, lantai sangat sering di injak-injak dan digunakan untuk berlalu lalang, jadi pastilah kotor. Kondisi kotor ini dapat membuat paru-paru luka dan akibatnya menjadi peradangan pada paru-paru.

Baca juga : Ciri Radang Paru-paru

4. Flu dan Batuk

Flu dan batuk dapat terjadi akibat tubuh yang terlalu kedinginan, atau juga disebabkan karena paru-paru yang sedang berusaha untuk menyesuaikan dirinya dengan suhu yang ada disekitarnya, jika paru-paru tidak dapat menyesuaikan dan kalah, dengan begitu tubuh tidak akan mampu untuk bekerja dengan baik, sehingga virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh, terutama virus flu dan batuk yang akan menyerang pada tubuh yang memiliki suhu yang dingin.

5. Sakit Punggung

Tak hanya pada paru-paru saja, ternyata keadaan dingin yang dirasakan pada saat setelah tidur di lantai tanpa alas itu juga menyerang punggung Anda, karena punggung juga tidak tahan pada suhu yang terlalu dingin, seperti halnya pada saat mandi dengan air yang dingin punggung juga akan terangsang dan merasakan sakit.

6. Gigitan Serangga

Sudah lazim jika serangga berada di lantai, karena lantai memang tempat lalu lintas semua makhluk hidup terutama hewan. Jika Anda tidur di lantai secara terus menerus, dikhawatirkan ada binatang yang masuk ke dalam telinga Anda ataupun yang lainnya. Sehingga akan lebih berbahaya dan mengakibatkan penyakit yang lainnya.

7. Tidur Terganggu

Banyak hal yang menyebabkan tidur menjadi terganggu antara lain karena banyak binatang dan juga rasa dingin dari lantai itu, sehingga mengganggu kenyamanan dalam tidur Anda.

Sponsors Link

8. Asma

Sama halnya dengan yang dijelaskan sebelum-belumnya. Asma dapat disebabkan karena udara yang dihirup bisa saja tercampur dengan debu yang ada di lantai, yang tentunya tidak baik untuk paru-paru sehingga akan menyebabkan kesulitan untuk bernafas.

Baca juga  : Penanganan Asma pada Anak

9. Tubuh Menjadi Lebih Lemah

Hal ini disebabkan karena banyaknya penyakit yang menempel pada tubuh dan organ pernafasan serta organ-organ lainya, seperti saraf punggung, hingga tubuh menjadi lemah. Dengan demikian maka aktivitas Anda juga akan terganggu dan tidak bebas untuk beraktivitas lainnya, jadi lebih baik menjaga diri agar tidak membuat tubuh menjadi lemah.

10. Stroke

Yang lebih parah dari bahaya tidur tanpa alas adalah terserang penyakit stroke, stroke akan membuat sebagian tubuh kehilangan kemampuan untuk memproses segala hal yang diterima otak, jadi bagian tubuh juga tidak dapat beraktivitas dengan baik. Untuk itu, jagalah diri agar tidak terserang penyakit yang menakutkan ini.

Baca juga : Jenis Stroke yang Mematikan

Inti dari pembahasan diatas tentang bahaya tidur di lantai tanpa alas adalah dapat menyebabkan berbagai penyakit diatas dari mulai penyakit yang ringan seperti batuk pilek, sampai pada penyakit yang berat seperti stroke. Hal ini memang sudah biasa dilakukan, namun tidak boleh terlalu dianggap remeh. Karena hal kecil pun perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh Anda, untuk menghindari hal tersebut lebih baik tidur di kasur agar lebih sehat. Semoga bermanfaat !

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 01st, April 2016 / 11:23 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk