Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama dan Setelah Makan

ads

Anda semua pastinya sudah tahu dengan salah satu kegiatan ini. Ya, tidur siang merupakan salah satu alternatif yang dapat anda lakukan untuk beristirahat. Apalagi ketika mengalami insomnia dan juga kesulitan untuk tidur pada malam harinya. Biasanya ketika anda merasakan gejala sulit tidur pada malam harinya, hal ini akan berdampak pada aktivitas anda seharian.


Efek Kurang Tidur

Ciri-ciri kurang tidur atau bahkan tidak bisa tidur pada malam akan terlihat pada :

  • Hilangnya konsentrasi dan fokus
  • Dehidrasi
  • penyebab mengantuk pada siang hari
  • Mudah merasa lelah dan capek
  • Tubuh terasa lemas
  • Tidak dapat beraktivitas secara optimal
  • Sulit dalam membuat keputusan
  • Memicu tubuh menjadi lapar
  • Kemungkinan dapat menyebabkan insomnia lanjutan


Manfaat tidur siang

Itulah beberapa akibat yang ditimbulkan ketika anda mengalami kekurangan tidur pada malam harinya. Karena itu, para ahli kesehatan menjelaskan untuk menggantikan waktu tidur yang hilang pada malam hari. Anda disarankan untuk melakukan, kegiatan tidur siang kira-kira 30 menit pada siang hari antara pukul 11 hingga 14.00. Tidur siang ini disebutkan mampu membuat tubuh menjadi :

  • Lebih segar
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Mengistirahatkan Otak dan juga mata


Namun demikian, meskipun ternyata tidur siang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama ketika kekurangan tidur pada malam harinya, ternyata tidur siang juga dapat berdampak buruk, alias bahaya. Berikut ini adalah dua kondisi yang menyebabkan tidur siang menjadi berbalik dan berbahaya :

Bahaya Tidur siang Terlalu lama, Lebih dari 30 Menit

Ya, tidur siang terlalu lama merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan tidur siang menjadi sesuatu yang berbahaya. Yang dimaksud dengan tidur siang terlalu lama adalah kondisi dimana tidur siang berlangsung selama lebih dari 30 menit, bahkan hingga beberapa jam. Mengapa tidur siang yang lama dan lebih dari 30 menit ini berbahaya? Berikut ini adalah alasan yang membuat tidur siang terlalu lama adalah bahaya :

1. Menghambat produksi insulin, dan meningkatkan resiko diabetes

Salah satu penelitian mengatakan bahwa tidur siang yang terlalu lama, lebih dari 30 hingga 60 menit ternyata dapat memicu tubuh mengalami penghambatan dalam produksi insulin. Insulin merupakan zat yang secara alami diproduksi oleh ginjal untuk membantu mencerna gula darah, sehingga dapa meringankan kadar gula darah di dalam tubuh.Bayangkan apabila produksi insulin menjadi terhambat. Hal ini akan menyebabkan gula darah did alam tubuh anda menjadi tidak terkontrol dan tidak tercerna dengan baik. Hal ini apabila dibiarkan terlalu lama dan berubah menjadi kebiasaan, maka dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

Sponsors Link

Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan diabetes yakni :

2. Mengganggu jam biologis

Bahaya lainnya yang muncul akibat tidur siang terlalu lama yaitu lebih dari 30 hingga 60 menit adalah dapat menyebabkan gangguan jam biologis. Terganggunya jam biologis ini mirip-mirip seperti kemunculan gejala “jet lag” ketika kita bepergian menggunakan pesawat. Keadaan ini dapat menyebabkan kita akan merasa kebingungan dan juga kemungkinan mengganggu jam tidur kita secara normal, begitu pula juga dengan pola makan.

Gangguan jam biologis tubuh ini juga bisa terjadi karena :

3. Tubuh semakin mengantuk dan lemas setelah bangun tidur

Tidur siang memang sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus ketika merasa lelah. Namun demikian, bahaya tidur siang yang dilakukan terlalu lama malahan akan menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh kita. Ketika kita tidur siang terlalu lama tubuh kita bukannya akan merasakan segar, namun malahan akan merasa lemas dan juga semakin mengantuk ketika terlalu lama tidur siang. Hal ini akan menyebabkan focus dan juga konsentrasi kita akan terganggu.

Sering mengantuk ini juga bisa karena beberapa kondisi seperti :

4. Dapat menyebabkab insomnia

Dampak lainnya dari bahaya tidur siang, apalagi yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan insomnia. Insomnia merupakan salah satu gangguan dimana seseorang tidak bisa tidur pada waktu malam, yang salah satunya disebabkan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kita merasa segar pada malam hari, sehingga kita tidak bisa tidur dan mengalami insomnia.

Kondisi insomnia ini juga terjadi karena :

5. Menimbulkan pusing dan sakit kepala

Sponsors Link

Bahaya tidur siang yang terlalu lama juga dapat menyebabkan timbulnya kepala sering pusing dan sakit kepala. Ya, kelamaan tidur akan membuat suplai oksigen ke otak menjadi minim, begitu pula dengan suplai darah ke otak. Hal ini akan menyebabkan kepala akan terasa sangat pusing dan juga sakit.

Bahaya Tidur Siang Setelah Makan

Bahaya berikutnya yang dapat muncul ketika tidur siang adalah apabila anda tidur siang setelah anda makan siang. Ya, siang adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali energi tubuh yang terkuras dari pagi hari. Salah satu cara mengisi energi adalah dengan makan siang. Kebiasaan kita adalah kita makan siang dengan makanan yang mengandung kalori yang tidak terkontrol dan cenderung mengarah kepada porsi yang berlebihan. Tidak ada salahnya makan dengan porsi besar, asalkan kita tidak tidur siang setelah makan siang.

Berikut ini adalah bahaya yang dapat muncul apabila kita tidur siang setelah makan siang :

1. Menumpuk Kalori

Tidur siang setelah makan sangatlah tidak dianjurkan, karena hal teersebut dapat memicu menumpuknya kalori di dalam tubuh, yang dapat memicu terjadinya diabetes dan juga obesitas, serta dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh, apalagi makan dengan porsi yang banyak.

2. Kenaikan Asam Lambung

Selain itu, tidur siang setelah makan juga bisa saja menyebabkan naiknya asam lambung. Dan juga menyebabkan rongga dada serta kerongkongan menjadi panas, karena gas yang dihasilkan oleh lambung naik ke bagian rongga dada dan kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan sesak nafas. Bagi yang telah mengalami asal lambung, perhatikanlah beberapa hal berikut :

Itulah beberapa bahaya dari tidur siang. Meskipun penting, namun ada baiknya tidur siang dibatasa waktunya, kira-kira 30 hingga maksimal 60 menit saja antara pukul 11 hingga pukul 1 siang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 09:13 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk