Sponsors Link

20 Bahaya Tidur Dibawah AC Bagi Tubuh

ads

AC adalah pengatur suhu ruangan untuk menghasilkan kelembaban udara yang diinginkan agar ketika sedang bersantai atau beristirahat tubuh akan terasa lebih nyaman. Kebiasaan masyarakat menggunakan ac terlalu dekat dengan ranjang dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa bahaya tidur dibawah AC :

1. Gangguan saraf wajah

Suhu ruangan yang terlalu dingin akibat meletakan ac tepat diatas kepala dapat menyebabkan bentuk wajah menjadi tidak simetris (wajah miring dan tidak dapat berbicara dengan normal). Kondisi tersebut disebabkan wajah tersembur udara sejuk secara langsung dan berlebihan. Udara dingin buatan mampu menyebabkan kelumpuhahn sementara pada wajah (Bell’s palsy)

Baca juga : jenis kelainan saraf

2. Leher kaku dan pegal

Semburan udara sejuk yang langsung menimpa tubuh dalam jarak dekat mengakibatkan urat saraf dan pembuluh darah diseputar leher menjadi kaku, tegang dan kencang lalu timbul peradangan didalamnya, Akibatnya leher akan terasa kaku dan timbul pegal pegal luar biasa setelah bangun tidur dikeesokan harinya.

Baca juga : leher terasa kaku dan pegal

3. Gangguan saraf seputar tangan

Suhu udara yang terlalu dingin karena letak ac terlalu dekat dengan ranjang dapat mengakibatkan aliran darah disepanjang tangan termasuk lengan dan bahu akan mengalami penyempitan yang memicu rasa nyeri jika tangan digerakan.Kondisi ini dapat terasa ketika seseorang terbangun dari tidur dipagi hari.

4. Tangan dan kaki Kesemutan

Suhu udara ruanagn yang terlalu dingin karena pemakaian ac yang tidak disesuaikan dengan ukuran kamar dapat menyebabkan jari jari tangan dan kaki menjadi kesemutan lalu lama kelamaan timbul mati rasa sehingga kaki dann tangan terasa tebal dan tidak bisa merasakan apa apa ketika disentuh ataupun dipukul.

Baca juga : bahaya kesemutan

5. Tubuh cepat lelah

Pemasangan ac tepat dibawah ranjang tidur dapat menyebabkan udara disekitarnya sangat dingin dan kondisi itu jika terus berkelanjutan lebih dari 9 jam maka dapat mengendalikan akliran darah diseputar saraf saraf kepala menjadi tersendat sendat. Hal ini menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak, Keadaan ini dapoat memicu depresi dan tubuh cepat lelah.

Baca juga : cepat lelah

6. Gangguan pernafasan

Didalam sejuknya suhu yang dikeluarkan oleh komponen ac terdapat zat formaldehide dan P-dichlorobenzene yang mampu menghambat sistem saluran pernafasan dan menghambat pula masuknya oksigen pada rongga mulut sehingga menyebabkan seseorang terserang sesak nafas.

7. Mengganggu hormon kesuburan

Didalam kesejukan ac yang terpasang pada dinding yang terlalu dekat dengan ranjang dapat mempengaruhi hormon kesuburan pria dan wanita. Zat asam phtalic yang ada pada kesejukan ac mampu merusak jaringan peredaran darah dan merusak kestabilan hormon yang ada di dalam tubuh.

Sponsors Link

8. Dehidrasi

Suhu udara yang terlalu dingin akibat pemasangan ac yang terlalu dekat dengan ranjang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sering haus, dan tubuh menjadi lama. Karena udara sejuk ac mampu mengikat dan menyerap cairan tubuh secara bertahap sehingga tubuh mudah terserang dehidrasi.

Baca juga : bahaya dehidrasi

9. Penuaan dini

Suhu udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif lalu mudah menjadi kering dan memicu kelembaban alami kulit menjadi hilang. Kondisi ini memungkinkan munculnya kerutan halus pada wajah dan beresiko memicu penuaan dini pada pria dan wanita yang masih berusia muda.

Baca juga : penyebab penuaan dini

10. Penyebaran bakteri dan virus

Suhu ac yang terlalu dingin dapat mempercepat penularan bakteri atau virus dari orang yang sakit kepadaa orang yang sehat yang tidak sengaja berada pada satu ruangan yang sama. Ruangan ac adalah ruangan tertutup dimana segala bakteri yang melayang layang disekitarnya tidak akan menemukan jalan keluar untuk menyebar kelokasi lain kecuali hanya pada satu ruangan saja. Itulah sebabnya bakteri atu virus akan menyebar dan menulari orang orang yang ada diruangan itu saja.

11. Daya tahan tubuh terganggu

Suhu sejuk yang disebabkan penggunaan ac yang terlalu dekat dengan ranjang tempat dimana kita tidur dapat menyebabkan udara dalam kamar menjadi kering dan melenyapkan kelembaban alaminya. Kondisi ini sangat beresiko merusak sistem daya tahan tubuh seseorang.

Baca juga : cara meningkatkan daya tahan tubuh

12. Masuk angin dan perut kembung

Ac adalah pendingin ruangan yang mengalami proses penguapan yang bisa mempengaruhi kesehatan selaput lendir diantaranya rongga mulut dan hidung. Suhu udara terlalu dingin mampu merusak jaringan saraf diseluruh jaringan tubuh melalui saluran tenggorokan. Terlalu banyak udara dingin yang masuk dalam tubuh menyebabkan seseorang terserang masuk angin yang juga bisa menyebabkan komplikasi keluhan lain misalnya terserang pilek, flu dan demam yang datang tiba tiba.

Baca juga : cara mencegah masuk angin dan perut kembung

13. Memicu obesitas

Suhu ruangan yang sejuk mampu mempengaruhi metabolisme tubuh menjadi meningkat, Akibatnya pemecahan lemak dan kolesterol dalam tubuh menjadi sangat lambat, menemui hambatan dan kegagalan, Kondisi tersebut dapat menyebabkan perut tidak pernah merasa kenyang karena rasa lapar kembali datang. Hal itulah yang menyebabkan mengapa pada udara yang sejuk seseorang cenderung ingin selalu makan. Jika kondisi tersebut berkelanjutan setiap hari maka akan memicu kegemukan atau obesitas.

14. Persendian sakit

Udar yang terlalu dingin akibat penempatan ac yang terlalu dekat dengan tempat tidur dapat mempengaruhi cairan lubrikasi yang ada pada persendian menjadi terkikis dan otot otot tubuh mengalami penyusiutan akibat peredaran darah terhambat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan otot dan persendian menjadi sakit jika digerakan.

15. Rambut rontok

Udara sejuk yang diakibatkan pemasangan ac yang berada tepat diatas kepala dapat mengakibatkan rambut kering dan mudah patah. Minyak alami kulit kepala menjadi berkurang dan kelembaban alami pada kutikula rambut semakin berkurang, Akibatnya setiap helai rambut rentan menderita dehidrasi dan kekeringan . Rambut yang kering mudah untuk mengalami kerontokkan dalam jumlah yang banyak.

Baca juga : bahaya rambut rontok berlebihan

16. Mata berair dan belekan

Semburan udara sejuk yang terus menerus mengenai tubuh secara jarak dekat dapat menyebabkan mata menjadi gatal gatal, berait, belekan , tiumbul pembengkakan dan mengalami konjungtivis serta blepharitis.

Baca juga : Penyebab mata sering berair dan belekan

sponsored links

17. Sakit kepala

Udara sejuik yang disemburkan oleh ac yang terlalu dekat dengan ranjang tempat tidur dapat mengakumulasi zat karbon dioksida dalam ruangan yang dapat menghambat penekanan dan mnenghambat aliran darah kepala. Kondisi ini menyebabkan seseorang terserang sakit kepala yang berulang.

Baca juga : obat sakit kepala paling ampuh dan aman

18. Rematik

Penderita rematik yang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter atau penderita rematik akut sebaiknya tidak memakai ac terlalu dingin dan tidak berkepanjangan karena dapat menyebabkan penyakit rematik kambuh secara tiba tiba.

Baca juga : pantangan Rematik

19. Gangguan kandung kemih

Pemakaian ac yang terlalu dekat dengan ranjang dapat mempengaruhi kinerja kandung kemih menjadi kehilangan kemampuannya dalam menahan dan menekan air kencing yang seharusnya belum saatnya dikeluarkan. Udara ruangan yang terlalu dingin akibat ac sering membuat seseorang harus bolak balik masuk toilet untuk buang air kecil.

20.Denyut jantung tak beraturan

Udara ruangan terlalu dingin yang disebabkan penggunaan ac yang terlalu dekat dengan ranjang dapat menyebabkan aliran darah pada arteri menuju jantung menjadi tersendat sendat sehingga jantung tidak memiliki kekuatan untuk memompa darah dengan normal. Kondisi sangat berbahaya bagi bayi karena dapat menyebabkan fungsi jantung menjadi terganggu.

Tips Menggunakan Air conditioner (AC) dengan benar

Posisi diletakannya ac pada ruangan rumah sangat menentukan kesehatan tubuh seseorang, Karena jika diletakkan pada tempat yang tidak tepat maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada anak anak maupun orang dewasa.

  • Tidak dianjurkan meletakkan ac diatas ranjang dimana posisinya satu garis dengan posisi kepala ketika sedang tidur. Letakkan ac setidaknya jauh dari tubuh kira kira 4 sampai 5 meter. Letak ac bisa diletakkan disisi kanan atau kiri ranjang.
  • Aturlah suhu sesuai kebutuhan namun disarankan untuk memakai suhu yang stabil dan tidak menimbulkan keluhan kesehatan dalam jangka panjang misalnya membiasakan mengatur suhu antara 22 sampai 25 derajat celsius.
  • Jika ac mengalami masalah misalnya ada air kecil yang menetes dari perangkat ac sebaiknya segeralah diperbaiki oleh orang orang yang ahli memperbaiki ac. AC yang rusak bisa mempengaruhi kestabilan kelembababan didalam ruangan. Suhu bisa menjadi dingin dan tiba tiba menjadi panas.
  • AC yang bersuara gaduh dapat mengganggu tidur kita dan segeralah perbaiki komponenya yang rusak agar dapat segera dipergunakan lagi.
  • Membiasakan diri untuk membersihkan ac setiap 3 bulan sekali. Dalam 3 bulan kotoran dan debu sudah cukup membentuk gumpalan dan endapan yang bisa mengganggu kelancaran ac ketika dinyalakan dalam waktu lebih dari 5 jam.Jika rajin membersihkan ac maka fungsi dan suhu ac akan tetap stabil dalam jangka panjang.
  • 6. Gunakan ukuran ac yang sesuai dengan ukuran atau lebar kamar. Jika ruangan terlalu besar dan anda menggunakan ac dengan ukuran 1/2 pk, Maka suhu ruangan tidak akan terasa sejuk melainkan panas karena arus bolak balik yang membawa kristal kristal kelembaban yang terasa sejuk tidak mampu menyebar dengan merata dan sulit mencapai sudut ruangan yang terlalu jauh.
  • Memberi ventilasi kecil dekat ac agar ruangan tetap bisa terjadi penggantian udara ketika ac dimatikan. Ruangan yang terlalu rapat dan jarang mendapat pergantian udara cenderung memicu kelembaban yang disukai jamur dan bakteri untuk berkembang biak
  • Memakai ac sesuai dengan kebutuhan dan tidak harus dinyalakan sepanjang waktu. Selain untuk penghematan biaya , Penggunaan ac yang terus menerus tanpa ada istirahat menyebabkan komponen dalam ac cepat mengalami kerusakan
  • Tidak memajang atribut pajangan apapun yang berbahan logam karena dikhawatirkan suhu dingin dalam ruangan dapat mengakibatkan reaksi kimia yang memicu bahan logam menjadi berkarat. Benda benda logam yang berkarat akibat penggunaan ac dapat menyebabkan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit kulit berkembang biak.
  • Pada sebagian orang ada yang masih menggunakan cara yang tidak nalar dalam memperlakukan acyang berisik atau karena suhu udara yag keluar kurang sejuk. Mereka beranggapan dengan memukul ac maka kerusakan ac bisa diperbaiki secara alami. Komponen ac yang rusak hanya bisa distabilkan kembali dengan cara diperbaiki oleh tenaga yang terampil.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 20th, June 2016 / 02:45 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk